Mengenal Prinsip Work Life Balance, Penting Bagi Pekerja

Jumat 04 Februari 2022, 11:45 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Work life balance atau keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi adalah suatu kondisi dimana keduanya berjalan seimbang.

Artinya seseorang yang bisa menerapkan prinsip work life balance berarti orang tersebut dapat membagi waktu dan pikirannya untuk pekerjaan, kehidupan keluarga dan lainnya.

Bekerja bukan hanya tentang waktu yang dihabiskan, lebih dari itu bekerja juga haruslah seefektif dan seefisien mungkin sehingga pekerjaan akan berjalan dengan benar.

Bekerja selama mungkin bukanlah hal yang baik, hal ini akan membuat kita cepat merasa lelah dan jenuh, efeknya stress pun meningkat bila hal ini terjadi bukan hanya pekerjaan saja yang dirugikan, kehidupan pribadi pun bisa ikut terpengaruh, sehingga membuat orang-orang disekitar kita merasa tak nyaman.

Untuk menghindari hal tersebut hadirlah konsep work life balance sehingga kehidupan yang dijalani akan lebih menyenangkan. Berikut manfaat menjalani hidup dengan prinsip work life balance.

Baca Juga :

1. Terhindar dari Perasaan Stress dan Jenuh

photoIlustrasi Stress Bekerja - (Unplash.com)</span

Orang yang memiliki prinsip work life balance berarti akan memiliki space waktu tak hanya untuk pekerjaan, tapi juga untuk kegiatan lain yang disenanginya.

Seperti melaksanakan hobi atau pun berlibur bersama keluarga. Tentu saja ini berpengaruh pada keadaan psikologis yang menjadi lebih stabil.

Seperti yang kita tahu, hobi atau kegiatan yang disenangi dapat menurunkan tingkat stress dan membuat bahagia. Tentu saja hal ini juga akan mempengaruhi interaksi kita dengan orang menjadi lebih bersemangat dan tidak jenuh.

2. Lebih Produktif

photoIlustrasi Lebih Produktif - (Unplash.com)</span

Memegang prinsip work life balance akan membuat perasaan jenuh dan stress berkurang.

Hal ini tentu berpengaruh kepada otak, dimana otak akan menjadi lebih segar dan pikiran akan lebih optimal untuk digunakan sehingga bisa meningkatkan produktivitas.

Baik produktivitas saat bekerja dimana bekerja akan menjadi lebih efektif dan efisien maupun diluar pekerjaan dimana waktu 24 jam akan berlalu dengan hal-hal yang tidak menjenuhkan.

3. Meningkatkan Kualitas Hidup

photoIlustrasi Orang Bahagia - (Pexels.com)</span

Saat stress dan jenuh dalam diri berkurang, maka perasaan akan cenderung lebih bahagia dan kehidupan akan terasa lebih menyenangkan.

Hal ini juga akan berpengaruh pada interaksi yang dilakukan dengan orang-orang di sekelilingnya.

Dimana saat berinteraksi dengan perasaan bahagia juga akan membuat orang yang berinteraksi tersebut ikut bahagia. Seperti yang kita ketahui, kebahagiaan dalam din akan membuat kualitas hidup menjadi lebih baik.

4. Tidak Mudah Terserang Penyakit

photoIlustrasi Sehat - (Pexels.com)</span

Banyak penyakit yang awalnya berasal dari pikiran yang tidak baik-baik saja.

Oleh karena itu, orang yang menerapkan prinsip hidup work life balance cenderung tidak mudah untuk terserang penyakit karena kondisi mentalnya yang selalu terhindar dari perasaan stress dan jenuh.

Itulah beberapa manfaat yang dapat diambil bila kita memegang prinsip work life balance. Tentu saja semua orang bisa memegang prinsip ini.

Untuk itu berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk menerapkan prinsip hidup work life balance.

1. Fokus pada Hal yang Ada di Depan Mata

photoIlustrasi Fokus - (Unplash.com)</span

Saat kamu sedang bekerja, fokuskan pikiranmu untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut. Jangan pernah membawa pikiran soal pekerjaan saat waktu bekerja selesai.

Apabila rekan kerja atau temanmu meminta untuk menyelesaikan pekerjaan diluar jam kerja, coba berdiskusilah agar pekerjaan tersebut dapat diselesaikan besoknya.

Begitu pula saat kamu di rumah, cobalah untuk fokus menikmati kegiatan yang sedang kamu lakukan, bila sedang bermain dengan anak, fokuskan diri untuk bersama anak Jangan biarkan pekerjaan mendistraksi pikiranmu saat di rumah sehingga pikiranmu akan kembali segar.

Ingat, Mulailah untuk fokus pada kegiatan yang ada di depan matamu.

2. Jangan Menunda Pekerjaan

photoIlustrasi Menunda Pekerjaan - (Unplash.com)</span

Menunda-nunda pekerjaan hanya akan membuat pikiran berfokus pada hal tersebut. Padahal Sebelumnya telah disebutkan bahwa untuk bisa hidup dengan prinsip work life balance adalah dengan fokus pada hal yang ada di depan mata.

Oleh karena itu sebisa mungkin kerjakan apa yang ada di hadapanmu jangan sampai karena terus ditunda-tunda pekerjaan tersebut menjadi tidak selesai dan akhirnya membuat terus kepikiran.

Biasakan untuk langsung dikerjakan dan selesaikan agar pikiran tidak stress.

3. Berbagi Beban

photoIlustrasi Berbagi Beban - (Unplash.com)</span

Pekerjaan akan terasa lebih ringan bila dikerjakan bersama. Tentu kita sudah tidak asing dengan istilah tersebut Pertanyaannya, apakah kamu sudah melaksanakan hal itu?

Bila pekerjaanmu saat ini terasa berat cobalah untuk berdiskusi dan berbagi keluh kesah dengan yang lainnya siapa tau rekan kerjamu bisa membantu sehingga pekerjaan akan lebih cepat selesai.

Tak jarang kita memilih diam dan memendam semuanya sendiri, hal itu bisa membuat pikiran menjadi stress dan tidak fokus loh.

Yuk mulai untuk saling membantu dengan teman-teman yang lain, supaya kita semua bisa menerapkan prinsip work life balance bersama- sama sehingga kita bisa bahagia bersama-sama.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi15 Mei 2024, 21:09 WIB

Utusan Gyeongsangnam-do Temui Bupati Sukabumi, Program Beasiswa Kuliah di Korsel Berlanjut

Kerjasama Pemkab Sukabumi dan Provinsi Gyeongsangnam-do terkait program beasiswa kuliah di Korsel berlanjut di 2025.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami saat menerima utusan provinsi Gyeongsangnam-do di Pendopo. (Sumber : Diskominfosan Kab. Sukabumi)
Food & Travel15 Mei 2024, 21:00 WIB

Seafood! 8 Rekomendasi Makanan Laut yang Aman Dikonsumsi Penderita Asam Urat

Berikut beberapa makanan laut yang relatif aman untuk dikonsumsi oleh penderita asam urat.
Ilustrasi. Seafood Rekomendasi Makanan Laut yang Aman Dikonsumsi Penderita Asam Urat | Foto: Pixabay/ShenXin
Sehat15 Mei 2024, 20:30 WIB

Teri Termasuk 4 Ikan Laut yang Tinggi Purin dan Tidak Aman untuk Penderita Asam Urat

Ikan laut ini sebaiknya dihindari karena kandungan tinggi purin yang tidak aman dikonsumsi penderita asam urat.
Ilustrasi - Ikan laut ini sebaiknya dihindari karena kandungan tinggi purin yang tidak aman dikonsumsi penderita asam urat. (Sumber : Pixabay.com/@Jinhahahaha).
Sukabumi15 Mei 2024, 20:22 WIB

Usai Autopsi, Jenazah Korban Pembunuhan di Kalibunder Sukabumi Dimakamkan

Korban pembunuhan anak kandung dimakamkan di kampung halamannya di Kalibunder Sukabumi.
Puluhan warga, sanak saudara hingga pemerintah kewilayahan setempat mengiri pemakaman jenazah korban pembunuhan anak kandung di Kalibunder Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Life15 Mei 2024, 20:00 WIB

Kenali 8 Ciri Anak Mengalami Stres Karena Sering Dimarahi Orang Tua!

Anak yang stres karena sering dimarahi orang tua mungkin menunjukkan rasa takut atau kecemasan yang berlebihan, terutama terhadap situasi yang terkait dengan orang tua atau lingkungan rumah.
Ilustrasi. Ciri Anak Mengalami Stres Karena Sering Dimarahi Orang Tua. (Sumber : Pexels/JuanPhotoAndVideo)
Sukabumi15 Mei 2024, 19:13 WIB

9 PPK Bermasalah di Pileg 2024 Lolos 10 Besar Penyelenggara Pilkada di Kota Sukabumi

Terdapat 9 nama PPK yang bermasalah di Pileg 2024 dinyatakan lolos 10 besar calon PPK Pilkada Serentak 2024, ini kata KPU Kota Sukabumi.
Ilustrasi PPK Pilkada Serentak 2024. | Foto : Sukabumi Update
Bola15 Mei 2024, 18:30 WIB

Link Live Streaming Madura United vs Borneo FC di Semifinal Leg 1 Championship Series

Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Semifinal Leg 1 Championship Series Liga 1 2023/2024 antara Madura United vs Borneo FC berikut kami sediakan layanan live streamingnya.
Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Semifinal Leg 1 Championship Series Liga 1 2023/2024 antara Madura United vs Borneo FC berikut kami sediakan layanan live streamingnya. (Sumber : maduraunitedfc.com/Ist).
Nasional15 Mei 2024, 18:01 WIB

Gempa M5,4 Guncang Kepulauan Seribu, BMKG: Tidak Berpotensi Tsunami

Berikut hasil analisis BMKG soal gempa M5,4 di Kepulauan Seribu DKI Jakarta.
Episenter Gempa M5,4 di Kepulauan Seribu DKI Jakarta (Sumber : BMKG)
Life15 Mei 2024, 18:00 WIB

3 Doa Penenang Hati untuk Diamalkan Sebagai Penangkal Masalah dan Kegelisahan Hidup

Doa penenang hati dapat membantu kita mengalihkan fokus dari masalah dan kekhawatiran dan mengingat hal-hal positif dalam hidup.
Ilustrasi sedih dan gelisah -  Doa penenang hati dapat membantu kita mengalihkan fokus dari masalah dan kekhawatiran dan mengingat hal-hal positif dalam hidup. | (Sumber : Freepik.com)
Sehat15 Mei 2024, 17:30 WIB

Jantung Sehat dan Hidup Bahagia, 3 Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi Pada Lansia

Ada beberapa cara menurunkan kolesterol tinggi pada lansia yang bisa dilakukan.
Ilustrasi - Ada beberapa cara menurunkan kolesterol tinggi pada lansia yang bisa dilakukan.(Sumber : Freepik.com/@Lifestylememory)