10 Manfaat Sensory Play Sejak Bayi, Mampu Menunjang Perkembangan Otak Anak

Senin 09 Oktober 2023, 16:49 WIB
Manfaat sensory play bagi tumbuh kembang anak | Foto : Pexels.com-Tatyana Syrikova

Manfaat sensory play bagi tumbuh kembang anak | Foto : Pexels.com-Tatyana Syrikova

SUKABUMIUPDATE.com - Melihat anak tumbuh dan berkembang sehat sesuai usianya, merupakan kebahagiaan bagi semua orangtua. Apalagi, jika perkembangan otak anak sejak bayi tumbuh dengan baik dan menjadikan anak cerdas.

Sensory play merupakan salah satu cara yang bisa ditempuh untuk membantu tumbuh kembang anak sejak bayi. Sensory play, bermanfaat untuk merangsang segala kemampuan anak, oleh karena itu akan sangat baik jika dilakukan sejak dini atau sejak masih bayi.

Dikutip dari pediasure.co.id, permainan sensoris atau sensory play adalah segala jenis permainan atau aktivitas yang dapat merangsang salah satu atau beberapa indra anak. Indra yang bisa dibor ini bisa pendengaran, penglihatan, sentuhan, penciuman, perasa, peraba, gerak, sampai keseimbangan.

Baca Juga: Wajib Tahu! 5 Tips Cegah Korsleting Listrik Agar Tidak Jadi Kebakaran

Pada situs pediasure.co.id, dijelaskan bahwa ada 10 manfaat yang bisa didapatkan, apabila anak bermain sensory play saat usianya masih bayi. Berikut ini 10 manfaat sensory play pada bayi bagi tumbuh kembang anak :

1. Menunjang Perkembangan Otak Bayi

Sensory play membuat koneksi saraf menjadi kuat, dan hal ini sangat penting bagi perkembangan otak bayi. Dengan stimulasi sensory play, ingatan bayi menjadi lebih kuat sehingga mampu memecahkan persoalan sulit.

2. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Anak

Bermain sensory play sejak bayi, membuat kemampuan berpikir anak seperti kecakapan mencermati, menganalisis, menghitung, membandingkan, hingga melihat hubungan dari beberapa hal.

Baca Juga: Nelayan Ujunggenteng Sukabumi Dambakan Dermaga, Ini Respons DPRD

3. Mengasah Kepercayaan Diri

Bermain sensory play, membuat anak bisa menyadari posisinya di suatu tempat, serta mengenali kekuatan dan kemampuannya. Bila dilatih sejak bayi, maka kepercayaan diri akan tumbuh pada anak.

4. Meningkatkan Kemampuan Beradaptasi

Terbiasa memainkan sensory play sejak bayi, membuat kemampuan beradaptasi anak meningkat. Sehingga nantinya, iya tidak kesulitan dan tidak takut menghadapi tantangan baru.

5. Menciptakan Ketenangan dan Kenyamanan

Memainkan sensory play, membuat anak bisa melupakan emosi negatif. Media yang bisa dimainkan yaitu seperti pasir, benda lunak seperti slime dan benda bertekstur seperti beras.

6. Meningkatkan Kemampuan Bahasa

Bermain sensory play tentunya dapat meningkatkan kemampuan bahasa anak. Sebab, ketika bermain anak dapat menyampaikan ide, keinginan atau pendapatnya. Keterampilan ini merupakan fondasi untuk belajar membaca.

Baca Juga: Hadir di IGF Kyoto 2023, Wamenkominfo: Perlu Kebijakan AI Hingga Level Praktis

7. Mengasah Kemampuan Motorik

Kemampuan motorik anak akan terlatih jika diberikan sensory play sejak bayi. Sebab kegiatan menyentuh, menuangkan, bahkan membentuk benda menggunakan otot-otot kecil anak bekerja. Lalu bermain pasir sambil bergulung-gulung, berlarian atau melompat, akan melatih otot besar untuk mengendalikan motorik kasarnya.

8. Melatih Kreativitas

Bermain dengan sensory play akan melatih kreativitas anak. Pada media pasir, slime atau bahkan menggambar, anak akan terlatih imajinasinya sehingga tumbuh menjadi kreatif.

9. Memecahkan Masalah

Bermain dengan sensory play sejak bayi, bermanfaat dan menjadikan anak terlatih menghadapi persoalan. Anak juga akan belajar mengambil keputusan dan mencari solusi alternatif ketika cara yang dicoba tidak berhasil.

Baca Juga: Potensi dan Tantangan Petani di Purabaya Sukabumi Olah Laja Gowah Jadi Minyak Atsiri

10. Menunjang Perkembangan Sosial dan Emosional

Ketika bermain sensory play bersama anak-anak lainnya, maka anak akan belajar bergaul, berkomunikasi, berbagi dan berempati. Hal ini bermanfaat terhadap perkembangan sosial dan emosionalnya.

Sumber : pediasure.co.id

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi Memilih16 Mei 2024, 14:33 WIB

Mendelegitimasi Pilkada, Pengamat Tanggapi Rekrutmen PPK Bermasalah di Kota Sukabumi

Jika rekrutmen PPK tidak memiliki integritas, maka rangkaian pilkada akan ternodai.
Kantor KPU Kota Sukabumi di Jalan Otto Iskandardinata, Kecamatan Citamiang, Kota Sukabumi. | Foto: SU/Asep Awaludin
Sehat16 Mei 2024, 14:30 WIB

4 Alasan Kenapa Penderita Asam Urat Sebaiknya Tidak Mengkonsumsi Buah Durian

Simak Alasan Kenapa Penderita Asam Urat Tidak Aman Makan Durian, Ternyata Ada Resiko Serangan Asam Urat!
Ilustrasi. Ketahui Alasan Kenapa Penderita Asam Urat Sebaiknya Tidak Mengkonsumsi Buah Durian (Sumber : Pexels/TomFisk)
Entertainment16 Mei 2024, 14:15 WIB

Selamat! Aaliyah Massaid Dilamar Oleh Thariq Halilintar

Aaliyah Massaid resmi dilamar oleh sang kekasih Thariq Halilintar pada 15 Mei 2024 di suatu tempat yang tidak diberitahu oleh keduanya. Aaliyah dan Thariq membagikan momen bahagia itu di instagram
Momen kebahagiaan Aaliyah Massaid yang dilamar Thariq Halilintar (Sumber : instagram @/thariqhalilintar)
Sehat16 Mei 2024, 14:00 WIB

Cara Membuat Infused Water Daun Sirsak untuk Asam Urat, Gula Darah dan Kolesterol Tinggi

Infused water daun sirsak dapat memberikan manfaat tambahan dalam mengatasi asam urat, pengelolaan gula darah tinggi dan kolesterol tinggi.
Ilustrasi - Infused water daun sirsak dapat memberikan manfaat tambahan dalam mengatasi asam urat, pengelolaan gula darah tinggi dan kolesterol tinggi. (Sumber : YouTube/@My Food Forest)
Sukabumi16 Mei 2024, 13:45 WIB

BPJS Ketenagakerjaan Launching Kerja Sama dengan SRC Area Sukabumi

Program quarterly dimulai sejak April 2024 dan berulang setiap tiga bulan sekali.
BPJS Ketenagakerjaan melakukan sosialisasi racing program bersama SRC di salah satu hotel di Kota Sukabumi pada Senin, 13 Mei 2024. | Foto: Istimewa
Nasional16 Mei 2024, 13:41 WIB

Sewa dari Maskapai Asing, Mesin Pesawat Garuda Terbakar Saat Angkut Jemaah Haji

Insiden ini terjadi pada Rabu (15/5/2024), saat pesawat Garuda Indonesia yang membawa 450 jemaah haji sesaat setelah lepas landas dari Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar.
Insiden ini terjadi pada Rabu (15/5/2024), saat pesawat Garuda Indonesia yang membawa 450 jemaah haji sesaat setelah lepas landas dari Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar. (Sumber: istimewa)
Life16 Mei 2024, 13:30 WIB

10 Cara Alami Menyembuhkan Asam Urat dengan Cepat Tanpa Obat

Beberapa kondisi medis seperti hipertensi, diabetes, dan penyakit ginjal dapat memperburuk asam urat. Maka dari itu, penderita asam urat penting untuk mengelola kondisi-kondisi tersebut dengan baik.
Ilustrasi. Belanja bahan makanan sehat. Cara Alami Menyembuhkan Asam Urat dengan Cepat Tanpa Obat (Sumber : Pexels/RaviKant)
Sehat16 Mei 2024, 13:00 WIB

Asam Urat Kambuh dan Rasanya Menyakitkan, 7 Obat Alami Ini Efektif Mengatasinya

Asam urat adalah suatu kondisi yang menyakitkan dan sering dimulai pada jempol kaki dan menyebar ke sendi lain.
Ilustrasi - Asam urat adalah suatu kondisi yang menyakitkan dan sering dimulai pada jempol kaki dan menyebar ke sendi lain. (Sumber : Freepik.com/@Wiroj Sidhisoradej)
Life16 Mei 2024, 12:45 WIB

6 Kebiasaan Buruk yang Cepat Melemahkan Daya Ingat Anda, Berhenti Sekarang!

Daya ingat seseorang menjadi menurun biasanya disebabkan beberapa hal yang mungkin dianggap sepele. Adapun umumnya adalah kebiasaan buruk yang sering dilakukan
ilustrasi kebiasaan yang melemahkan daya ingat (Sumber : Pexels.com/@KetutSubiyanto)
Sehat16 Mei 2024, 12:30 WIB

Ada Durian Tinggi Purin, 7 Buah Ini Tidak Aman Dikonsumsi Penderita Asam Urat

Durian adalah buah tropis yang kaya akan purin dan sebaiknya dihindari oleh penderita asam urat.
Ilustrasi. Kios Buah. Ada Durian Tinggi Purin, Deretan Buah Ini Tidak Aman Dikonsumsi Penderita Asam Urat (Sumber : Pexels/MariaOrlova)