Bolehkah Sholat Tahajud Tanpa Tidur? Ini Penjelasan Ustadz Adi Hidayat

Selasa 25 Juli 2023, 20:30 WIB
Bolehkah Sholat Tahajud Tanpa Tidur? Ini Penjelasan Ustadz Adi Hidayat | Foto: Instagram/@kajianustadzadihidayat

Bolehkah Sholat Tahajud Tanpa Tidur? Ini Penjelasan Ustadz Adi Hidayat | Foto: Instagram/@kajianustadzadihidayat

SUKABUMIUPDATE.com - Sholat Tahajud adalah shalat sunah muakad yang didirikan pada malam hari atau di sepertiga malam. Sholat Tahajud bukan bagian dari salat lima waktu dan dapat dikerjakan sedikitnya dua rakaat dan sebanyak-banyaknya tidak terbatas.

Saat ini, banyak orang yang mungkin masih bingung terkait pertanyaan "Apakah boleh sholat tahajud tanpa tidur?". Ini karena beberapa di antara umat Islam memilih tidak tidur agar tidak terlewat untuk menunaikan sholat tahajud.

Lantas apakah boleh sholat tahajud tanpa tidur? Simak penjelasannya sebagaimana dikutip via Suara.com!

Melansir dari kanal YouTube Audio Dakwah, Ustadz Adi Hidayat menjelaskan terkait pertanyaan ini. Menurut Ustadz Adi Hidayat sholat tahajud harus didahulu dengan tidur terlebih dahulu. Hal ini lantaran berhubungan dengan hukum, maka tidak bisa ditawar.

"Kalau hukum tidak bisa ditawar ya, kalo tahajud itu diawali dengan tidur, jadi Anda tidur dulu, adapun maknanya berasal dari kata hajada artinya tidur baru bangun," kata Ustadz Adi Hidayat, dikutip Selasa (25/7/2023).

Baca Juga: 11 Cara Memperbaiki Mental yang Hancur Berantakan Karena Tekanan Hidup

Lebih lanjut, penceramah yang kerap dipanghil UAH ini menjelaskan waktu bangun tidur untuk sholat tajahud. Jika Anda sudah tidur dan berniat ingin menunaikan sholat tahajud, maka waktu bangun tak harus pukul 2 pagi.

"Makanya antum rencanakan, jam berapapun bangun, tidak harus jam 2, antum bangun jam 1 boleh sholat tahajud, jadi antum tidur dulu," terang Ustadz Adi Hidayat.

Lalu bagaimana jika seseorang yang berniat tahajud namun sulit untuk bangun? Ustadz Adi Hidayat menjelaskan bahwa lebih baik melaksanakan sholat qiyamul lail, yaitu 4 rakaat setelah sholat Isya.

"Anda dapat lakukan yang namnaya qiyamul lail, kemudian mengerjakan sholat sunah dulu 4 rakaat atau minimal 2 rakaat. Sholat malam itu minimal 2 rakaat, setelahnya lanjut witir minimal 1 rakaat. Baru kemudian Anda mengambil waktu tidur," sambungnya.

Baca Juga: Mengenal Kepribadian Ganda: Gangguan Identitas Disosiatif, Kelainan Mental?

Jika umat Islam tiba-tiba malam hari bangun setelah mengerjakan sholat qiyamul lail, maka diperbolehkan untuk sholat tahajud lagi.

"Kalau tiba-tiba bangun, Anda boleh sholat tahajud," ungkap UAH.

Ustadz Adi Hidayat juga menjelaskan jika sholat tahajud ini memiliki keutamaan dan pahala yang sangat besar. Oleh karena itu, umat Islam sebaiknya tidak melewatkan ibadah sunnah ini.

Keutamaan Sholat Tahajud

Ustadz Adi Hidayat mengatakan bahwa keutamaan sholat tahajud sudah tertera dala surah Al-Isra ayat 79 sampai 80.

"Ayat 79 ini dipisahkan dengan ayat 78 yang sebelumnya membahas soal lsholat wajib, 79 salat tahajud. Menariknya Allah SWT hanya menyebut keutamaan (tahajud) di ayat 79 saja," kata UAH.

1. Diangkat derajat pekerjaan yang baik

Hal ini dijelaskan oleh Ustadz Adi Hidayat bahwa Allah SWT pernah befirman yang artinya:

"Dan pada sebahagian malam hari bersembahyang tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji."

Dari penjelasan ini, Allah menjanjikan akan mengangkat derajat seseorang yang mau melaksanakan sholat tahajud. Karier dan juga pekerjaan seseorang akan dimudahkan oleh Allah di tempat mulia.

"Allah SWT akan mengangkat derajatnya, mengangkat kariernya dan juga ditempatkan di tempat yang mulia," jelas Ustaz Adi.

UAH juga menekankan kepada laki-laki yang mempunyai kewajiban mencari nafkah. Ia mengimbau mereka untuk mengerjakan sholat sunah tahajud dan memohon diberi karier dan pekerjaan dimudahkan oleh Allah SWT.

"Ini sudah menjadi janji Allah. Para sahabat Nabi semuanya tidak menajdi ustaz, akan terapu ada yang menjadi pebisnis seperti Abu Bakar yang jadi diplomat," ungkap UAH.

"Kemudian ada Usman bin Afwan yang menjadi seorang pedagang, Abdurrahman bin Auf seorang sahabat yang sangat luar biasa manajemen bisnisnya," sambungnya.

Ustadz Adi mengatakan bahwa para sahabat nabi yang sukses di dalam pekerjaannya tidak pernah lupa dalam menjalankan ibadah sunah tahajud.

"Bahkan disebutkan Rasulullah SAW mereka masuk surga tanpa hisab saja masih mau untuk bertahajud," katanya.

2. Memudahkan setiap aktivitas

Allah SWT berfirman di dalam QS Al Isra ayat 80 yang artinya:

"Dan katakanlah: "Ya Tuhan-ku, masukkanlah aku secara masuk yang benar dan keluarkanlah (pula) aku secara keluar yang benar dan berikanlah kepadaku dari sisi Engkau kekuasaan yang menolong."

Ustaz Adi mengimbau umat Islam ketika mengerjakan sholat tahajud untuk meminta permohonan terhadap Allah SWT agar memudahkan segala aktivitas yang kita lakukan.

"Misalnya ibu akan memulai sebuah aktivitas, anak mulai sekolah atau kuliah bangunlah di malam hari dan berdoalah kepada Allah untuk memudahkan aktivitas yang akan antum lakukan," ujarnya ketika berceramah.

3. Dibebaskan dari segala kesulitan

Masih merujuk pada ayat yang sama yakni Al Isra ayat 80, Allah SWT juga akan menolong hambaNya yang sholat tahajud dari setiap masalah.

UAH menyarakan bahwa dalam setiap aktivitas pekerjaan tidak akan selalu berjalan mulus. Pasti akan ada beberapa cobaan atau masalah-masalah di dalam pekerjaan tersebut.

"Di kantor pekerjaan tidak akan mulus pasti ada masalahnya. Allah pun sudah memudahkan, ada kesulitan juga akan dilepaskan," sambungnya.

4. Ditolong dari gangguan

Allah SWT juga akan langsung menolong hambanya yang sedang diganggu oleh orang lain di dalam pekerjaan yang ia jalani. Asalkan ia rajin mengerjakan sholat tahajud.

"Dan yang terakhir, jika ada yang mengganggu dalam pekerjaannya Allah SWT langsung akan menolongnya," terang Ustadz Adi Hidayat.

Oleh karenanya dari beberapa keutamaan tersebut, ternyata Rasulullah SAW juga sudaj melaksanakan sholat ini sebelum perintah sholat lima waktu turun. Sehingga sholat tahajud kedudukannya begitu mulia di samping sholat fardu.

"Rasulullah SAW sebelum menerima perintah shokat 5 waktu, beliau sudah melaksanakan sholat malam ini," pungkas UAH.

Baca Juga: 13 Cara Memperbaiki Mental Breakdown, Yuk, Kenali Tanda Gangguan Kecemasan!

Seperti diketahui, sholat tahajud merupakan salah satu ibadah sunah yang mempunyai banyak keutamaan di dalam ajaran Islam.

Sholat tahajud menjadi ibadah yang istimewa karena memiliki ragam manfaat yang akan didapat oleh siapa saja yang melaksanakannya. Akan tetapi sholat tahajud harus dikerjakan pada malam hari sehingga kebanyakan orang lebih memilih tidur dari pada melaksanakannya.

Demikian penjelasan mengenai pertanyaan apakah boleh sholat tahajud tanpa tidur. Berdasarkan ceramah Ustadz Adi Hidayat, sholat tahajud wajib dikerjakan dengan cara tidur terlebih dahulu.

Sumber: Suara.com/Putri Ayu Nanda Sari

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Life25 Februari 2024, 18:00 WIB

Sholawat Al Qolbu Mutayyam, Bacaan dan Terjemahannya

Berikut ini bacaan Sholawat Al Qolbu Mutayyam yang menunjukan rasa cinta dan rindu kepada Nabi Muhammad SAW
Ilustrasi - Sholawat Al Qolbu Mutayyam, Bacaan dan Terjemahannya | Foto: bandung.go.id
Sukabumi Memilih25 Februari 2024, 17:51 WIB

Kian Tak Terbendung ke Senayan, Iman Adinugraha Sudah Raup Hampir 70 Ribu Suara

Caleg DPR RI dari Partai Demokrat Iman Adinugraha tak terbendung dan semakin dekat untuk lolos ke Senayan dari Dapil Sukabumi.
Ketua DPC Demokrat Kabupaten Sukabumi Iman Adinugraha saat menerima kunjungan Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY di Cicurug. (Sumber : SU/Ibnu)
Jawa Barat25 Februari 2024, 17:05 WIB

Resmi Dilantik, DPC IKA Undip Bogor Siap Kolaborasi Bangun Daerah

Berikut daftar nama Pengurus DPC IKA UNDIP Bogor 2024-2029 yang baru dilantik Minggu (25/2/2024).
Pengurus DPC Bogor IKA Undip 2024-2029 bersama Wali Kota Bogor Bima Arya, Ketua Umum IKA Undip Abdul Kadir Karding, dan Ketua DPD IKA Undip Jabar Eko Prasetyo Utomo. (Sumber : Istimewa)
Sehat25 Februari 2024, 17:00 WIB

4 Jenis Gangguan Kepribadian dan Ciri Orang yang Mengalaminya

Berikut ini beberapa jenis gangguan kepribadian dan ciri-ciri orang yang mengalaminya
Ilustrasi - 4 Jenis Gangguan Kepribadian dan Ciri Orang yang Mengalaminya (Sumber : unsplash.com/@Pooja Roy)
Sukabumi25 Februari 2024, 16:41 WIB

Mayat Pria Ditemukan di Pantai Cibuaya Sukabumi, Diduga Korban Tenggelam

Mayat pria yang ditemukan tergeletak di pesisir Pantai Cibuaya Sukabumi itu menurut warga merupakan ODGJ.
Proses evakuasi mayat pria diduga ODGJ di Pantai Cibuaya Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Gadget25 Februari 2024, 16:00 WIB

Xiaomi 14 Hingga Meizu 21 Pro, 4 HP Baru Siap Ramaikan Pasar

Inilah deretan HP baru yang akan meramaikan pasar gadget minggu ini
Xiaomi 14 Hingga Meizu 21 Pro, 4 HP Baru Siap Ramaikan Pasar (Sumber : Istimewa)
Sukabumi25 Februari 2024, 15:11 WIB

Potret Adu Ketangkasan Domba Garut di Pajampangan Sukabumi

Ratusan ekor domba garut milik puluhan peternak di wilayah Pajampangan Sukabumi ikuti adu kontes ketangkasan.
Ratusan ekor domba garut milik puluhan peternak di wilayah Pajampangan Sukabumi ikuti adu kontes ketangkasan di lapang Puskeswan Surade, Minggu (25/2/2024). (Sumber : Istimewa)
Food & Travel25 Februari 2024, 15:00 WIB

4 Daya Tarik Telaga Remis Pasawahan Bisa Camping dan Mancing

Inilah daya tarik Telaga Remis Kuningan yang cocok dijadikan lokasi berlibur saat menikmati momen liburan akhir pekan
Inilah daya tarik Telaga Remis Kuningan yang cocok dijadikan lokasi berlibur saat menikmati momen liburan akhir pekan (Sumber : Istimewa)
Inspirasi25 Februari 2024, 14:25 WIB

Universitas Nusa Putra Raih Penghargaan Gold Winner dari LLDIKTI IV

Miliki Program Studi Terakreditasi Internasional Terbanyak se-Jawa Barat dan Banten, Universitas Nusa Putra diganjar Gold Winner dari LLDIKTI IV.
Piagam penghargaan Gold Winner untuk Universitas Nusa Putra dari LLDIKTI IV. (Sumber : Istimewa)
Kecantikan25 Februari 2024, 14:00 WIB

6 Manfaat Masker Putih Telur Untuk Kulit Wajah, Ampuh Atasi Jerawat

Berikut ini manfaat masker putih telur yang baik untuk kulit wajah termasuk mengatasi jerawat
6 Manfaat Masker Putih Telur Untuk Kulit Wajah, Ampuh Atasi Jerawat (Sumber : Freepik/azerbaijan_stockers)