Kisah Mantan TKW Sukabumi Pasang Susuk, Ini Penjelasan Secara Medis dan Magis

Minggu 18 Juni 2023, 16:00 WIB
Kisah Mantan TKW Sukabumi Pasang Susuk, Ini Penjelasan Secara Medis dan Magis. | (Sumber : Screenshot YouTube/@Baby Shima.)

Kisah Mantan TKW Sukabumi Pasang Susuk, Ini Penjelasan Secara Medis dan Magis. | (Sumber : Screenshot YouTube/@Baby Shima.)

SUKABUMIUPDATE.com - Kisah seorang mantan TKW asal Pajampangan Sukabumi, menceritakan tentang sisi spiritual demi alasan keselamatan hingga kemungkinan menghadapi resiko berbahaya yang bisa menimpa ketika tinggal di negeri orang.

TWK tersebut berinisial H (43 tahun), bercerita kepada Sukabumiupdate.com, H mengaku memasang susuk di tangan kanan dan kirinya, yaitu berupa potongan jarum warna kuning, yang terbuat dari emas, dengan diberi bulu ayam untuk dibawa ke Arab, untuk pengasihan serta keselamatan.

Melihat dari kisah mantan TKW asal Sukabumi tersebut, apakah memasang susuk diperbolehkan dalam medis? Lalu dalam hal magis seperti apa khasiatnya? 

Baca Juga: 5 Rekomendasi Mie Goreng Enak di Sukabumi, Cocok Untuk Makan Malam

Berikut penjelasannya yang dikutip dari berbagai sumber.

Susuk

Mengutip laman resmi stekom, susuk diartikan merujuk pada suatu cara memasukan benda asing kedalam tubuh seseorang dengan cara spiritual untuk mendapatkan suatu kelebihan. Benda asing yang dimasukan tersebut umumnya berupa jarum kecil.

Kelebihan susuk yang dimaksud adalah perlindungan secara spiritual, awet muda, karisma, keberuntungan, menarik lawan jenis, menambah daya tarik serta kekuatan fisik bagi pengguna susuk tersebut. 

Pengguna susuk biasanya akan memiliki pantangan-pantangan yang wajib ditaati. Praktik susuk sendiri asal muasalnya dimulai dari kebudayaan Malaysia dan kemudian masuk ke Indonesia.

Baca Juga: Begini Cara Bu Siti Berbagi Jatah dengan 2 Suami Mudanya, Tetap Harmonis

Jenis Susuk

Berikut terdapat beragam jenis susuk yang umum digunakan, yakni:

1. Logam

  • Susuk Emas
  • Susuk Perak
  • Susuk Besi
  • Susuk Raksa

 

2. Galian

  • Susuk Berlian

 

3. Susuk organik

  • Susuk Susu

 

4. Susuk kuningan untuk kekuatan

Baca Juga: Link Nonton Film Sewu Dino Full Movie, Film Horor Tentang Santet yang Mematikan



Susuk Menurut Pandangan Medis

Mengutip laman klikdokter, susuk adalah jarum bermantra yang biasanya dimasukan ke area kulit, bisa di wajah maupun bagian tubuh lainnya. Selain untuk menambah awet muda, kecantikan atau daya tarik, susuk juga dipercaya untuk meredakan sakit kepala, sakit punggung, atau nyeri persendian.

Praktik susuk sendiri umumnya banyak ditemukan di wilayah Asia Tenggara, seperti Malaysia, Indonesia, dan Thailand. Susuk merupakan bagian dari kepercayaan spritual lokal. 

Lalu apakah susuk mirip akupuntur? Jawabannya adalah tidak!. Susuk berbeda dengan terapi akupuntur. Dalam terapi akupuntur, jarum yang digunakan relatif cukup panjang dan besar serta jarumnya akan dicabut kembali.

Sementara susuk, jarum yang digunakan kecil dan tidak akan terlihat serta teraba. Jarum susuk yang ditanam pun tidak akan dicabut dan akan terus dibiarkan.

Baca Juga: Link Nonton Film Evil Dead Rise Full Movie, Teror Iblis yang Sadis dan Brutal

Dengan seiring perkembangan zaman, pemakaian susuk sudah dapat dikenali dengan pemeriksaan medis. Susuk yang terbuat dari bahan metal akan terlihat saat pemeriksaan radiologi.

Meskipun susuk adalah benda asing yang dimasukan kedalam tubuh, namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai efek atau infeksi yang disebabkan oleh penggunaan susuk.

Jika dalam kasus kecelakaan, susuk dapat menyebabkan salah diagnosis dari dokter. Bisa saja dokter mengira susuk adalh benda asing yang masuk kedalam tubuh akibat dari kecelakaan.

Baca Juga: Review Film Evil Dead Rise, Kisah Keluarga Melawan Gangguan Roh Iblis

Ditambah, pengguna susuk jarang mau mengakui jika dirinya menggunakan susuk di dalam tubuhnya. Meskipun belum ditemukan efek negatif dari penggunaan susuk, sebaiknya kamu tetap berhati-hati.

Mengutip jurnal The Charming Tale of Charm Needles, umumnya penggunaan susuk tidak menimbulkan komplikasi pada tubuh. Tapi, susuk dapat utuh selama bertahun-tahun dan dapat pecah menjadi potongan kecil karena disebabkan korosi serta kontraksi otot.

Akan tetapi, susuk sebagai benda asing yang dimasukan kedalam tubuh dapat meningkatkan risiko infeksi. Hal itu baik saat pemasangan susuk atau efek di kemudian hari yang mengakibatkan harus dilakukan operasi pengangkatan.

 

Susuk dalam Segi Magis

Mengutip jurnal Incidental Radiographic Finding of Charm Needle or “Susuk” in Orthodontic Panoramic and Lateral Cephalometric Radiograph oleh Surwandi Walianto dkk, dalam segi magis penggunaan susuk biasanya dimasukan di daerah tubuh seperti dada, perut, payudara, dahi, pipi dan bibir.

Susuk dimasukan ke dalam jaringan lunak tubuh oleh “bomoh” atau dukun/paranormal. Praktik keahlian ilmu susuk biasanya diturunkan secara turun temurun. Susuk dimasukan ke dalam tubuh sebagai jimat dengan membacakan mantra.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Nasi Bakar Lezat di Sukabumi, Gurihnya Bikin Ngiler

Susuk dipercaya dapat meningkatkan kesehatan dan kekuatan, kecantikan, kharisma, awet muda, mencapai kesuksesan, serta meningkatkan daya tarik dalam hubungan seksual.

Agar daya magis susuk dapat bekerja dengan sempurna, pemakainya harus mengikuti beberapa pantangan yang ketat. Biasanya semakin besar kekuatan yang dibutuhkan oleh penggunanya, maka semakin signifikan larangan yang wajib dihindari. 

Adapun pantangan yang tidak boleh dilakukan adalah sebagai berikut:

  • Memakan pisang emas atau pisang tanduk
  • Dilarang berjalan di bawah tali kain
  • Dilarang jalan dekat jalan kotor (lumpur basah)
  • Tidak boleh berjalan dibawah tangga

 

Penggunaan jarum susuk yang digunakan bisa berbeda-beda. Semakin banyak jarum yang digunakan maka semakin tinggi pula daya magisnya. Lalu disebutkan juga bahwa jarum-jarum susuk ini harus dicabut sebelum kematian orang tersebut.

Pencabutan susuk harus dilakukan oleh orang yang berpengetahuan dan berbudaya. Biasanya dilakukan oleh orang yang sama saat pertama kali memasukannya. 

Baca Juga: 8 Rekomendasi Nasi Liwet Enak di Sukabumi, Aromanya Bikin Perut Keroncongan

Beberapa percaya bahwa jika jarum jimat dicabut sebelum kematian orang tersebut, pemakainya akan mengalami penderitaan berkepanjangan.

Dan beberapa kepercayaan lainnya, jika kehadiran jarum jimat susuk ada saat kematian maka akan menyebabkan kematian yang sulit.

Banyak pengguna yang merahasiakan keberadaan jimat tersebut karena dianggap dapat membuat susuk kehilangan daya magisnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sehat20 Mei 2024, 19:30 WIB

Cegah Penyakit Gula Darah, 7 Manfaat Luar Biasa Jambu Biji yang Jarang Diketahui

Jambu Biji adalah buah yang kaya nutrisi dan menyimpan beragam manfaat kesehatan bagi tubuh.
Ilustrasi - Jambu Biji adalah buah yang kaya nutrisi dan menyimpan beragam manfaat kesehatan bagi tubuh. (Sumber : pexels.com/@Margo White)
Life20 Mei 2024, 19:00 WIB

8 Alasan Ilmu Tenang Itu Mahal dan Berharga, Apa Kamu Memilikinya?

Mengubah pola pikir dan kebiasaan yang telah terbentuk selama bertahun-tahun membutuhkan usaha yang besar. Ilmu tenang ini termasuk belajar untuk berpikir positif, mengatasi pikiran negatif, dan membangun rutinitas yang menenangkan.
Ilustrasi. Alasan Ilmu Tenang Itu Mahal dan Berharga, (Sumber : Pexels.com/WouterdeJong)
Sehat20 Mei 2024, 18:45 WIB

7 Buah dan Sayuran Kuning Ini Bisa Bantu Turunkan Kolesterol, Kaya Vitamin B12

Buah dan Sayuran yang berwarna kuning ternya bsia membantu menurunkan kolesterol tinggi. Karena kaya akan vitamin B12 yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh
Ilustrasi buah dan sayur kuning kaya akan vitamin B12 yang mampu turunkan kolesterol (Sumber : Freepik.com)
Arena20 Mei 2024, 18:31 WIB

Wabup Iyos Lepas 151 Kontingen Sukabumi di Popwilda Jabar 2024

Lepas 151 kontingen Kabupaten Sukabumi di Popwilda Jabar 2024, ini pesan Wabup Iyos Somantri.
Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri saat melepas kontingen Kabupaten Sukabumi di Popwilda Jabar 2024. (Sumber : Diskominfosan Kab. Sukabumi)
Sehat20 Mei 2024, 18:30 WIB

3 Ciri Kolesterol Tinggi yang Terlihat di Mata, Segera Periksa Jika Mengetahuinya

Seseorang yang menderita kolesterol tinggi bisa terlihat dari perubahan warna atau sesuatu di dalam matanya. Setelah mengetahui ciri tersebut alangkah baiknya segera menemui dokter untuk diperiksa lebih lanjut
Ilustrasi ciri kolesterol tinggi ini pada mata yang perlu diketahui dan segera diperiksa ke dokter (Sumber : Freepik/@wirestock)
Sehat20 Mei 2024, 18:15 WIB

5 Makanan Ini Ramah Untuk Diabetes, Bantu Kontrol Gula Darah Secara Alami

Bagi penderita diabetes pasti ketakutan untuk mengkonsumsi gula. Tapi tidak perlu khawatir, karena da beberapa makana yang ramah untuk diabetes dan bantu mengontrol gula darah secara alami
Ilustrasi makanan ramah untuk penderita diabetes bisa kontrol gula darah secara alami (Sumber : Freepik.com)
Life20 Mei 2024, 18:00 WIB

Bacaan Doa Selamat dalam Perjalanan, Amalkan Saat Hendak Pergi Keluar Rumah

Bacaan Doa Selamat Perjalanan, Yuk Amalkan Sebelum Pergi Untuk Beraktivitas.
Bacaan Doa Selamat Perjalanan, Yuk Amalkan Sebelum Pergi Untuk Beraktivitas. (Sumber : Freepik.com /@fanjianhua)
Sukabumi Memilih20 Mei 2024, 17:50 WIB

Poros Dwikora Usung Fikri Abdul Aziz Dampingi Asep Japar di Pilkada Sukabumi: Paket Komplit

Secara terang-terangan poros dwikora mengusung Fikri Abdul Azis di Pilkada Kabupaten Sukabumi 2024, mereka berharap Fikri Abdul Aziz bisa bersanding menjadi wakil bupati mendampingi Asep Japar sebagai calon bupati.
Vega Sukma Yuda selaku juru bicara poros Dwikora saat diwawancarai awak media. Senin (20/5/2024) | Foto : Asep Awaludin
DPRD Kab. Sukabumi20 Mei 2024, 17:49 WIB

Kaji Raperda Rencana Pembangunan Industri, DPRD Sukabumi Konsultasi ke Biro Hukum Pemprov Jabar

Bapemperda DPRD Kabupaten Sukabumi kunjungan kerja ke Biro Hukum Pemprov Jabar. Konsultasi Raperda Rencana Pembangunan Industri 2024-2044.
Bapemperda DPRD Kabupaten Sukabumi saat konsultasi Raperda Rencana Pembangunan Industri ke Biro Hukum Pemprov Jabar. (Sumber : Istimewa)
Sehat20 Mei 2024, 17:45 WIB

6 Manfaat Olahraga Teratur Bagi Penderita Diabetes, Mempengaruhi Insulin!

Olahraga memiliki peran penting bagi penderita diabetes, salah satunya bisa mempengaruhi insulin agar bisa bekerja dengan baik. Maka dari itu penting sekali bagi penderita diabetes untuk olahraga secara rutin
Bagi penderita diabetes, penting untuk mengetahui 6 manfaat olahraga untuk insulin lebih baik. (Sumber : Freepik/@benzoix)