7 Tanda Lingkungan Kerja Toxic, Apa Tempat Kamu Salah Satunya?

Jumat 12 Mei 2023, 06:15 WIB
7 Tanda Lingkungan Kerja Toxic, Apa Tempat Kamu Salah Satunya?. | (Sumber : Freepik.com.)

7 Tanda Lingkungan Kerja Toxic, Apa Tempat Kamu Salah Satunya?. | (Sumber : Freepik.com.)

SUKABUMIUPDATE.com - Memiliki tempat kerja yang aman dan nyaman adalah impian banyak orang. Namun, hal itu tidak semulus yang dibayangkan, sebab realitanya banyak yang terjebak di tempat kerja toxic.

Toxic di dalam dunia kerja sangat memberikan efek buruk bagi karyawan. Pasalnya, lingkungan kerja yang nyaman akan berdampak pada kualitas kerja yang produktif.

Begitu pula sebaliknya, jika lingkungan kerja toxic maka akan memberikan pengaruh pada stres, depresi, kecemasan hingga menurunkan produktivitas karyawan. Kondisi itu akhirnya membuat karyawan tidak nyaman dan lebih meninggalkan perusahaan.

Baca Juga: 7 Ciri-Ciri Orang yang Bakal Sukses di Masa Depan, Kamu Termasuk?

Nah, apakah kamu saat ini mengalaminya? atau belum tahu tanda-tanda lingkungan toxic? Jika begitu, simak 7 tanda lingkungan kerja toxic yang memberi dampak negatif untuk diri dikutip via Akurat.co.

7 Tanda Lingkungan Kerja Toxic

1. Komunikasi Tidak Jelas

Komunikasi menjadi salah satu hal terpenting dalam sebuah pekerjaan. Sangat sulit untuk melakukan pekerjaan jika informasi atau instruksi yang diberikan tidak jelas, terlebih bertentangan.

Baca Juga: 5 Tips Sukses Dalam Berkarir, Yuk Intip Kunci Rahasianya!

Komunikasi yang tidak jelas satu sama lain sedikit banyak akan mempengaruhi kesehatan mental dan menggagalkan produktivitas tiap karyawan.

2. Tidak Ada Batasan Waktu

Menghubungi di waktu libur, mengadakan rapat di waktu makan siang, hingga menuntut bekerja di luar jam kerja adalah banyak contoh tidak ada batasan yang diterapkan di lingkungan kerja.

Baca Juga: Link Nonton Film Sewu Dino Full Movie, Film Horor Tentang Santet yang Mematikan

Keseimbangan kehidupan kerja yang buruk akan berdampak negatif pada kepuasan kerja dan hubungan.

3. Pilih Kasih Kepada Karyawan Tertentu

Manajemen yang pilih kasih menjadi tanda lingkungan kerja toxic selanjutnya. Mereka akan lebih mempromosikan koleganya dibanding karyawan yang berprestasi.

Baca Juga: Review Film Sewu Dino, Kisah Gadis Muda Terjebak Praktik Santet 1.000 Hari

Hal tersebut tentu sangat menguras emosi dan pikiran dan dapat mengganggu kesehatan fisik hingga mental. Pekerjaan yang sudah dilakukan dengan maksimal tidak akan terlihat dan menghambat kenaikan karier.

4. Feodalisme yang Mengakar

Budaya feodalisme masih ada hingga saat ini. Budaya ini dapat dilihat dengan mereka yang memanfaatkan posisinya sebagai atasan untuk menindas mereka yang berada di bawah kendalinya.

Para penganut kultur feodal kerap menganggap orang yang memiliki potensi sebagai ancaman yang dapat membahayakan posisi mereka di perusahaan.

Baca Juga: 6 Fakta Menarik Film Horor Sewu Dino, Diangkat Dari Kisah Nyata!

Alih-alih memotivasi, mereka kerap memiliki kecenderungan untuk sebisa mungkin menghambat jenjang karir yang sedang dibangun.

5. Regulasi yang Tidak Berjalan

Regulasi di lingkungan kerja menjadi suatu hal yang penting. Sebab jika perusahaan tidak menjalankan atau mematuhi regulasi yang ditetapkan, maka hal tersebut berpotensi pada tidak berkembanganya suatu perusahaan.

Baca Juga: 5 Tips Agar Pasangan Tetap Mencintaimu Meski Sudah Berhubungan Lama

Perusahaan yang tidak menjalankan regulasi dengan benar, sama perusahaan memiliki visi-misi yang tidak jelas dan hanya akan membawa ketidaknyamanan bagi pekerjanya.

6. Beban Kerja Tidak Ideal

Beban kerja yang tidak ideal atau work-overload terjadi saat seseorang mengerjakan pekerjaan yang bukan job desk-nya dan di luar tanggung jawab kewajibannya secara formal.

Baca Juga: 7 Pekerjaan yang Cocok Untuk Introvert, Minim Interaksi dengan Orang!

Terkadang tanpa sadar seseorang bekerja lebih dari waktu yang sudah disepakati dan dilakukan secara terus menurus. Hal itu tentu bersifat toxic sebab berpotensi membuat jib performance tidak maksimal dan menghambat produktivitas.

7. Lingkungan yang Sehat

Karyawan yang memperlakukan karyawan lain dengan buruk karena penampilan seperti warna kulit, jenis preferensi seksual, sehingga jenis kelamin menjadi salah satu tanda lingkungan kerja toxic yang wajib kamu hindari.

Hal tersebut tentu akan memberikan pengaruh buruk kepada lingkungan kerja.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Laundry Pakaian di Kota Sukabumi, Cocok Untuk yang Males Nyuci!

Diskriminatif mungki perilaku terburuk dan bisa dianggap sebagai bentuk utama bullying di lingkungan kerja yang masih sering terjadi di dunia kerja hingga saat ini.

Itulah 7 tanda lingkungan kerja toxic yang sebaiknya segera kamu sadari. Tidak hanya pekerjaan, kesehatan fisik terlebih mental menjadi hal yang harus diutamakan. Semoga bermanfaat.

Sumber: Akurat.co

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi14 Mei 2024, 18:06 WIB

Warga Keluhkan Jalan Ciangsana-Puncak Madura Cicantayan Rusak, Ini Kata PU Sukabumi

Jalan kabupaten ruas Ciangsana-Puncak Madura yang menjadi penghubung dua kecamatan, yakni Kecamatan Cicantayan dan Kecamatan Cikembar Kabupaten Sukabumi kondisinya memprihatinkan.
Ruas jalan Ciangsana - Puncak Madura Cicatayan Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Life14 Mei 2024, 18:00 WIB

Mau Rezeki Datang dari Segala Penjuru? Baca Doa Ini Insya Allah Mustajab

Berdoa meminta rezeki dapat memberikan harapan dan optimisme bahwa Allah SWT akan memberikan yang terbaik bagi mereka, meskipun dalam situasi yang sulit.
Ilustrasi - Berdoa meminta rezeki dapat memberikan harapan dan optimisme bahwa Allah SWT akan memberikan yang terbaik bagi mereka, meskipun dalam situasi yang sulit. (Sumber : pexels.com/@Muhammad Adil)
Jawa Barat14 Mei 2024, 17:41 WIB

Film Vina Viral, Apa Kata Polisi Soal 3 Pelaku Pembunuhan yang Buron

publik ramai-ramai bertanya bagaimana kelanjutan proses pengejaran terhadap 3 pelaku yang masih buron, bahkan salah satunya adalah otak pembunuhan.
Poster film Vina: Sebelum 7 Hari (Sumber: Dee Company )
DPRD Kab. Sukabumi14 Mei 2024, 17:38 WIB

DPRD Sukabumi Dukung Surat Edaran Pj Gubernur Jabar dan Disdik soal Study Tour

Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi Muhamad Yusuf harap study tour sekolah harus memperhatikan asas kemanfaatan dan keamanan.
Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi Muhamad Yusuf. | Foto: Istimewa
Life14 Mei 2024, 17:30 WIB

6 Alasan Orang Tua Tidak Boleh Membentak Anak saat Mendidiknya, Ini Bahayanya

Membentak anak bukan cara mendidik yang baik dari orang tua. Tentu ada beberapa alasan kenapa sampai tidak boleh melakukan demikian
Alasan orang tua tidak boleh membentak anak (Sumber : Pexels.com/@RDNEStockprojec)
Inspirasi14 Mei 2024, 17:24 WIB

Machiavelli: Perlakukan Rakyat dengan Benar, Maka Mereka Akan Menjadi Milik Anda

Filsuf Italia abad ke-16, Niccolo Machiavelli dikenal dengan pandangan-pandangan politiknya tentang bagaimana caranya seseorang mendapatkan kekuasaan, dan terus melanjutkan kekuasaannya secara efektif.
Niccolo Machiavelli , Filsuf Italia abad ke-16, Penulis buku The Prince (Sang Pangeran) | Foto : SU
Life14 Mei 2024, 17:15 WIB

6 Bahaya Buruk Sering Memukul Anak yang Harus Dihindari Orang Tua

Orang tua harus tahu bahwa kebiasaan sering memukul anak bisa mengundang bahaya buruk saat tumbuh dewasa nanti dan menjadikannya punya dendam kepada kalian
Bahaya buruk sering memukul anak selama mendidik (Sumber : Pexels.com/@MonsteraProduction)
Keuangan14 Mei 2024, 17:13 WIB

Disambut Antusias, 148 Nasabah Sudah Buka Rekening Tahara di BPR Cisolok Sukabumi

BPR Sukabumi cabang Cisolok catat sudah ada 148 nasabah yang buka rekening Tahara tahun ini.
Kantor Perumda BPR Sukabumi Cabang Cisolok. (Sumber : SU/Ilyas)
Nasional14 Mei 2024, 17:12 WIB

Komunitas Pers Tolak Draf RUU Penyiaran

Dewan Pers dan seluruh komunitas pers dengan tegas menolak isi draf Rancangan Undang-Undang Penyiaran. RUU ini merupakan inisiatif DPR yang direncanakan untuk menggantikan UU nomor 32 Tahun 2002 tentang Penyiaran.
Dewan Pers | Foto : Ist
Musik14 Mei 2024, 17:00 WIB

Lirik Lagu Dari Planet Lain Sal Priadi yang Viral di TikTok

Inilah Full Lirik Lagu Dari Planet Lain Sal Priadi yang Viral d TikTok: "Sepertinya kau memang dari planet yang lain, Dikirim ke bumi untuk orang orang sepertiku"
Official Music Video Lagu Dari Planet Lain Sal Priadi. Foto: YouTube/SalPriadi