7 Tips Kerja Hybrid, Dijamin Bantu Kamu Jaga Produktivitas!

Senin 08 Mei 2023, 14:45 WIB
Ilustrasi - 7 Tips Kerja Hybrid, Dijamin Bantu Kamu Jaga Produktivitas!. | (Sumber : Freepik.com/jcomp)

Ilustrasi - 7 Tips Kerja Hybrid, Dijamin Bantu Kamu Jaga Produktivitas!. | (Sumber : Freepik.com/jcomp)

SUKABUMIUPDATE.com - Sejak pandemi Covid-19, sistem kerja hybrid menjadi langkah yang diterapkan untuk solusi bagi karyawan. Metode kerja ini mengombinasikan work from home dan work from office.

Hal itu mungkin terdengar menyenangkan, karena karyawan tidak perlu pergi ke kantor setiap hari. Namun, kerja hybrid kalau tidak aturan bisa membuat beberapa karyawan lupa batasan waktu dan kehidupan pribadi.

Banyak perusahaan yang menerapkan sistem kerja hybrid, tapi beberapa karyawan merasa tidak cocok dengan kebiasaan tersebut. Akhirnya tak sedikit karyawan yang mengeluh jam kerja lebih panjang dibanding masuk kantor setiap hari.

Baca Juga: 7 Ciri-Ciri Orang yang Bakal Sukses di Masa Depan, Kamu Termasuk?

Nah, untuk mengatasi hal itu, menghimpun Tempo.co, pahami dulu tips 7 cara kerja hybrid berikut sehingga produktivitas akan tetap menjaga mental Anda berkualitas tinggi.

1. Putuskan Lebih Fokus Kerja Dimana

Tempat di mana Anda bekerja adalah hal yang utama untuk membangun budaya kerja yang baik sehingga Anda pun nyaman dalam bertugas. Jika Anda lebih fokus bekerja di rumah, maka saatnya Anda memahami bagaimana sebuah komunikasi akan lebih baik dilakukan secara langsung.

Baca Juga: 5 Tips Agar Pasangan Tetap Mencintaimu Meski Sudah Berhubungan Lama

Waktu Anda di rumah pun pasti terbagi-bagi karena tidak semua anggota keluarga yang tinggal bersama memahami kondisi kerja hybrid. Namun, jika Anda lebih memilih kerja di kantor, maka tentu fokus bekerja Anda lebih baik dan produktif.

2. Efektivitas Rapat

Berdasarkan jurnal dari John Rampton menyatakan bahwa hybrid membutuhkan meeting sebagai sarana bukti hadir kerja per harinya. Memang meeting online adalah hal yang efisien untuk mempertemukan pimpinan dengan semua karyawan di dalamnya.

Baca Juga: Rekomendasi 5 Pekerjaan Sampingan yang Cocok Untuk Introvert

Namun, apakah Anda sebagai karyawan merasa nyaman dengan meeting yang hampir dilakukan setiap hari karena sistem hybrid ini? Hal demikian justru membuang waktu dan memunculkan manajemen mikro.

3. Wajib Bangun Pagi

Kerja di rumah seringkali kehilangan waktu-waktu penting sehingga kemungkinan telat hadir kerja secara online pun terjadi. Tidak jarang pula pekerja yang memilih work from home menggunakan pakaian yang tepat untuk bekerja layaknya di kantor.

Baca Juga: 6 Alasan Kamu Harus Nonton Film Sewu Dino, Teror Santet yang Berujung Petaka!

Padahal, hal demikian akan membuat Anda mudah merasa letih dan membuat penundaan kerja lebih banyak. Hybrid atau tidak, tetaplah bangun pagi saat subuh datang. Gunakan pakaian yang rapi layaknya seorang pekerja.

4. Buat Perencanaan

Setiap hari ciptakan waktu terbaik Anda. Hal ini bisa Anda lakukan adalah dengan membuat rencana pada malam hari sebelum tidur. Dengan perencanaan yang tercatat baik, maka waktu Anda akan tertata rapi. Bahkan, produktivitas menjadi pribadi cerdas pun meningkat.

Baca Juga: Link Nonton Film Sewu Dino Full Movie, Film Horor Tentang Santet yang Mematikan

5. Menyambut Musim Kerja Baru

Hybrid karena pandemi masa lalu pun disebut mempengaruhi musim kerja di mana banyak hal-hal baru bisa Anda temukan tentang lingkup pekerjaan. Karena musim-musim ini tidak bisa Anda orediksi secara jelas, mulailah menata banyak hal.

Baca Juga: Review Film Sewu Dino, Kisah Gadis Muda Terjebak Praktik Santet 1.000 Hari

Antara lain, persiapan mental seperti mengubah gaya hidup lebih sehat serta mengelola komunikasi yang baik melalui telegram, Surel, dan lainnya. Pisahkanlah antara hal personal dan pekerjaan.

6. Investasi Pada Karyawan

Sistem hybrid dan full work from home tentu lebih menguntungkan bagi perusahaan. Mereka tidak perlu mengeluarkan uang untuk fasilitas-fasilitas para pekerjanya. Katakanlah dari kebutuhan makanan, minuman, alat-alat kerja yang dasar seperti laptop dan layanan internet, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: 6 Fakta Menarik Film Horor Sewu Dino, Diangkat Dari Kisah Nyata!

Seharusnya, uang-uang untuk hal tersebut dialokasikan untuk investasi fasilitas karyawan bekerja di rumah. Adakanlah program pelatihan yang lebih banyak dan menyediakan perlengkapan yang lebih baik dengan teknologi kekinian termasuk asupan bergizi setiap harinya.

7. Batasan Waktu Kerja dan Tenggat Waktu

Tanpa adanya perjalan pulang-pergi yang harus dilakukan, pekerjaan dapat dengan mudah terbawa hingga melewati akhir jam kerja. Perusahaan dapat memberikan pedoman bagi karyawan untuk menetapkan batasan ketat antara waktu kerja dan personal.

Baca Juga: Kenali 6 Bahasa Tubuh Wanita, Tanda-Tanda Dia Jatuh Cinta Padamu

Sumber: Tempo.co (Nia Heppy/Alfi Muna Syarifah)

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Nasional28 April 2024, 01:43 WIB

Gempa Laut Garut Merusak, Sejumlah Rumah di Sukabumi Dilaporkan Ambruk

Sejumlah bangunan dilaporkan rusak, termasuk di Sukabumi.
Rumah rusak dampak gempa laut garut di Kampung Cigaru Rt 014 / 002 Desa Cidahu Kecamatan Cibitung, Kabupaten Sukabumi (Sumber : Koramil surade)
Nasional28 April 2024, 01:13 WIB

Intra Slab Earthquake, Simak Rekomendasi BMKG pasca Gempa Kuat di Laut Garut

Gempa dipicu oleh aktivitas deformasi batuan dalam lempeng Indo-Australia yang tersubduksi di bawah lempeng Eurasia di selatan Jawa barat.
Parameter gempa di laut garut (Sumber: Bmkg)
Sukabumi27 April 2024, 21:59 WIB

Janda Asal Kompa, Identitas Mayat Setengah Telanjang di Sungai Cicatih Sukabumi

Menurut Yulianti, korban mengalami keterbelakangan mental.
Mayat EKS (25 tahun) di Sungai Cicatih, Kampung Jamu Diva RT 05/03 Desa Langensari, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Istimewa
Science27 April 2024, 21:20 WIB

Warga Sukabumi Ngerasa? BMKG Catat Gempa Darat M3.1 Akibat Sesar Cugenang

Gempa yang terjadi merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Cugenang.
Peta gempa bumi berkekuatan 3.1 magnitudo pada Sabtu (27/4/2024) pukul 20.22.59 WIB di wilayah Sukabumi dan Cianjur. | Foto: BMKG
Life27 April 2024, 21:00 WIB

Mau Tahu Rahasianya? 6 Langkah Menjadi Orang yang Berkelas dan Elegan

Menjadi orang berkelas di mata orang lain bukanlah tentang kemewahan atau kekayaan, tetapi lebih kepada cara Anda bersikap, berperilaku, dan membawa diri.
Ilustrasi - Menjadi orang berkelas di mata orang lain bukanlah tentang kemewahan atau kekayaan, tetapi lebih kepada cara Anda bersikap, berperilaku, dan membawa diri. (Sumber : Pexels/ Andrea Piacquadio).
Life27 April 2024, 20:42 WIB

Tanggapi dengan Serius, 7 Cara Ini Bisa Dilakukan saat Anak Tidak Mau Pergi Sekolah

Apakah anak prasekolah Anda kesulitan meninggalkan Anda? Bagaimana dengan anak Anda yang berusia 5 tahun? Apakah mereka tidak mau sekolah? Inilah yang harus dilakukan.
Ilustrasi anak ke sekolah. | Foto: Pexels.com/@RDNEStockproject
Life27 April 2024, 20:33 WIB

Dapat Memupuk Keterampilan Kognitif, Ini 6 Aktivitas yang Sangat Baik untuk Anak

Membesarkan anak yang baik hati, bersemangat, dan mandiri mungkin lebih mudah dari yang Anda kira. Berikut beberapa aktivitas yang sering diabaikan yang memupuk keterampilan kognitif, sosial, dan emosional.
Ilustrasi aktivitas anak. | Foto: Freepik/jcomp
Life27 April 2024, 20:00 WIB

7 Penyakit Hati yang Haram Dipelihara agar Selamat Dunia Akhirat, Apa Kamu Memilikinya?

Orang yang memiliki penyakit hati menandakan hatinya belum bersih dan masih kotor dengan persoalan-persoalan keduniawian yang bersifat semua semata.
Ilustrasi. Orang yang memiliki penyakit hati menandakan hatinya belum bersih dan masih kotor dengan persoalan-persoalan keduniawian yang bersifat semua semata. (Sumber : Freepik/@freepik)
Sukabumi27 April 2024, 19:52 WIB

Polres Sukabumi Kota Gelar Nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23 2024

Polres Sukabumi Kota mengajak kepada warga Kota Sukabumi untuk ikut nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan.
Ilustrasi - Polres Sukabumi Kota mengajak kepada warga Kota Sukabumi untuk ikut nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan. (Sumber : X/@@kabarmojokerto_).
Sukabumi27 April 2024, 19:36 WIB

Mayat Wanita Setengah Telanjang di Sungai Cicatih Sukabumi, Rambutnya Pendek

Jenazah berusia remaja ini ditemukan dalam kondisi tersangkut pada tumpukan kayu.
Mayat wanita setengah telanjang yang ditemukan di Sungai Cicatih, Kampung Jamu Diva RT 05/03 Desa Langensari, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Warganet Instagram