6 Tips Liburan di Pantai Agar Tetap Aman, Lakukan Mulai Sekarang

Selasa 25 April 2023, 19:30 WIB
Suasana di Pantai Karanghawu di wilayah Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Minggu, 23 April 2023. | Foto: SU/Ilyas Supendi

Suasana di Pantai Karanghawu di wilayah Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Minggu, 23 April 2023. | Foto: SU/Ilyas Supendi

SUKABUMIUPDATE.com - Pantai selalu menjadi tujuan wisata setiap musim libur tiba. Pantai dianggap sebagai tempat menyenangkan untuk bersantai, bermain air, atau sekedar berjalan-jalan menikmati deburan ombak.

Namun, setiap musim libur selalu saja ada pengunjung pantai yang mengalami kecelakaan seperti terseret arus hingga tenggelam akibat masih banyak pengunjung pantai yang kurang memperhatikan keselamatan saat berada di pantai.

Meski demikian, kecelakaan di pantai tidak membuat antusias orang-orang menurun untuk pergi berlibur ke pantai.

Lalu apa yang sebaiknya dilakukan saat berlibur ke pantai agar tetap aman dan terhindar dari kejadian yang tidak diinginkan?

Baca Juga: Cerita Kakek Eye, Jualan Umang di Pantai Cibuaya Sukabumi untuk Menyambung Hidup

Melansir dari HuffPost via Suara.com, berikut adalah tips yang bisa Anda ikuti saat ingin berlibur di tepi pantai agar tetap aman bersama keluarga.

1. Kenali kemampuan diri sendiri

Entah Anda seorang perenang yang jago atau pemula, tapi Anda harus tahu batas kemampuan untuk bertahan di laut.

Katherine Kazaba, seorang humas yang berbasis di New York dan berpengalaman sebagai penjaga pantai di New Jersey, mengatakan melihat banyak pengunjung pantai mengambil risiko. Mereka, kata dia, ingin pamer atau terlalu melebih-lebihkan kemampuan berenangnya.

"Entah karena mereka ingin mengesankan temannya dan tetap bertahan, atau mereka mengira bahwa musim panas adalah waktu yang ideal untuk belajar menaklukkan samudera, para pengunjung banyak yang melebih-lebihkan kemampuannya dan berakhir dengan masalah," kata Kazaba.

Baca Juga: Waspada Rip Current Saat Berlibur ke Pantai, Arus Laut yang Kerap Menelan Korban

Jadi, menurut Eric Howell, seorang penjaga pantai lautan dan Pemadam Kebakaran Los Angeles County, Jujurlah dengan dirimu sendiri. Lautan adalah sesuatu yang sangat kuat.

Bila ada ombak yang sangat besar (ombak yang pecah di dekat pantai), kita tentu memiliki arus yang sangat kuat juga. Jadi Anda benar-benar harus menjadi perenang yang kuat dan tahu apa yang Anda lakukan untuk bisa keluar dari arus laut dengan kondisi seperti itu.

2. Kenali lokasi pantai

Bill Corbett Jr., seorang humas Long Island, bekerja selama dua musim panas sebagai penjaga pantai di Lake Tiorati di Harriman State Park di Lembah Hudson New York mengatakan, biasanya ada area bertali tali untuk perenang seperti yang terdapat di banyak pantai, tapi airnya bisa sangat dalam di daerah-daerah tertentu, sesuatu yang tidak disangka pengunjung.

"Anehnya, lubang kecil ini sering menjadi penyebab seseorang, biasanya anak-anak, mulai tenggelam," kata Corbett.

Baca Juga: Wisatawan Nyaris Tenggelam di Pantai Karanghawu Sukabumi

Jadi ia menyarankan untuk selalu tahu seberapa dalam air yang akan Anda masuki, dan jika Anda atau anak Anda tidak bisa berenang, hindari daerah itu.

3. Awasi anak-anak

Setiap orangtua melakukan hal terbaik di pantai, tapi banyak penjaga pantai menekankan, bahwa pengawasan orang tua yang konstan adalah kunci untuk menjaga anak-anak tetap aman di sana.

Alasan nomor satu mengapa banyak anak-anak hampir tenggelam di laut, kata Corbett, karena kurangnya pengawasan orang dewasa. Selama menjadi penjaga pantai Kazaba mengaku sulit untuk berfokus pada anak-anak, karena dia memiliki antara 100 hingga 300 kehidupan di tangannya.

4. Pastikan fisik bugar saat akan berenang

Aktivitas apapun yang Anda lakukan di laut memerlukan tingkat kebugaran fisik tertentu, kata Dr. Brad Parsons, kepala operasi bahu di Icahn School of Medicine di Gunung Sinai dan penjaga pantai bersertifikat.

Baca Juga: 7 Pantai di Sukabumi yang Cocok Untuk Mengisi Waktu Libur Lebaran

Ia mengatakan banyak orang dengan cedera bahu atau punggung, atau masalah kesehatan lainnya seperti penyakit kardiovaskular, memutuskan untuk berenang ke laut. Mereka berpikir itu akan menjadi bentuk latihan yang lembut.

Tapi mereka bisa dengan cepat menemukan diri mereka berada di perairan yang lebih dalam atau terjebak dalam gelombang pasang dimana mereka harus berjuang untuk tetap bertahan.

Mereka berada dalam situasi yang sulit dan penuh tekanan sehingga tidak sesuai dengan keadaan fisiknya. Kondisi inilah yang membuat mereka memerlukan bantuan penjaga pantai secepatnya.

5. Berenanglah di tempat yang dipantau oleh penjaga pantai

Sebagian besar pantai atau laut dan danau akan menunjuk area kolam yang harus dipantau oleh penjaga pantai. Daerah tersebut didirikan karena suatu alasan, mungkin karena di situ airnya tenang dan tidak terlalu dalam, atau di mana tidak ada pasang surut atau arus bawah. Tapi sayangnya orang sering berenang menjauh dari area yang ditentukan.

Baca Juga: Deretan 10 Pantai di Jawa Barat, Cocok untuk Habiskan Waktu saat Libur Lebaran

6. Komunikasi dengan penjaga pantai tentang kondisi air

Satu hal yang diinginkan Howell kepada setiap pengunjung sebelum mereka meninggalkan rumah adalah sempatkan kunjungi penjaga pantai saat tiba di pantai, untuk menanyakan tentang bahaya dan kondisi laut saat ini.

"Berbicara dengan penjaga pantai dapat membantu Anda mengukur seberapa jauh Anda harus pergi ke lautan dan apakah Anda aman ketika ingin berenang atau tidak," kata dia.

Sumber: Suara.com

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi14 Mei 2024, 19:18 WIB

Bayi Lahir Tanpa Anus di Cibadak Sukabumi Butuh Uluran Tangan

Seorang bayi di Kampung Kamandoran RT 01/10, Desa Karangtengah, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, dilahirkan tanpa lubang anus. Bayi lelaki bernama Muhamad Rifki Sunandar baru berusia 50 hari ini
Muhamad Rifki Sunandar (50 hari) dan sang ibu, Imas (27 tahun) di Kampung Kamandoran RT 01/10, Desa Karangtengah, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Life14 Mei 2024, 19:15 WIB

5 Olahraga Sederhana Ini Efektif Untuk Turunkan Kolesterol dan Bugarkan Tubuh

Melakukan olahraga secara rutin dan efektif dinilai ampuh untuk menurunkan kolesterol. Selain itu bisa membuat tubuh lebih sehat dan bugar sehingga terhindar dari berbagai penyakit.
Lakukan olahraga sederhana dan efektif agar kolesterol pada tubuh bisa turun. (Sumber : freepik.com/jcomp)
Sehat14 Mei 2024, 19:00 WIB

Ada Tuna! Ini 5 Ikan Tinggi Purin yang Aman Dikonsumsi Penderita Asam Urat

Tuna adalah jenis ikan laut yang sering dikonsumsi dan memiliki jumlah purin yang sedang. Meskipun demikian, sebagian besar penderita asam urat masih dapat menikmati tuna dalam jumlah yang moderat.
Ilustrasi. Olahan Ikan Tuna. Contoh Ikan Tinggi Purin yang Aman Dikonsumsi Penderita Asam Urat (Sumber : Instagram/@fatmadeden)
Inspirasi14 Mei 2024, 18:57 WIB

BPJS Ketenagakerjaan Sukabumi Sosialisasikan Penilaian Key Perfomance Indicator Bagi Agen Perisai

BPJS Ketenagakerjaan Cabang Sukabumi menginformasikan sistem penilaian kinerja individu-individu agen Perisai.
BPJS Ketenagakerjaan Cabang Sukabumi menggelar sosialisasi terkait penilaian Key Performance Indicator (KPI) bagi para agen Perisai. (Sumber : Istimewa)
Sehat14 Mei 2024, 18:45 WIB

4 Tips Diet Untuk Turunkan Kolesterol Ini Ampuh Meminimalisir Penyakit Jantung

Cara menurunkan kolesterol yang tinggi bisa dilakukan dengan diet. Nantinya hasil dari berdiet ini akan meminimalisir penderita kolesterol dari penyakit jantung
tips diet ini agar kadar kolesterol tinggi bisa turun, dan meminimalisir resiko penyakit jantung. (Sumber : freepik.com/pikselmentah.com)
Bola14 Mei 2024, 18:30 WIB

Link Live Streaming Bali United vs Persib Bandung di Leg 1 Semifinal Championship Series

Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Leg 1 Semifinal Championship Series Liga 1 2023/2024 antara Bali United vs Persib Bandung berikut kami sediakan layanan live streamingnya.
Ilustrasi - Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Leg 1 Semifinal Championship Series Liga 1 2023/2024 antara Bali United vs Persib Bandung berikut kami sediakan layanan live streamingnya. (Sumber : baliutd.com/Gus Mank).
Sukabumi14 Mei 2024, 18:29 WIB

Dugaan Sementara Motif Anak Bunuh Ibu Pakai Garpu Sawah di Kalibunder Sukabumi

Soal motif kasus Anak bunuh Ibu di Kalibunder Sukabumi, Polisi bantah isu soal pelaku minta dibelikan motor.
Kapolsek Kalibunder Iptu Taufick Hadian saat menunjukan barang bukti anak bunuh ibu pakai garpu sawah. (Sumber : Istimewa)
Sehat14 Mei 2024, 18:15 WIB

Kandungan Purin Sedang, Pilihan 15 Ikan Laut yang Aman Dikonsumsi Tapi Secukupnya

Ikan laut yang memiliki kandungan purin sedang aman dikonsumsi tapi harus secukupnya.
Ilustrasi - Ikan laut yang memiliki kandungan purin sedang aman dikonsumsi tapi harus secukupnya. (Sumber : Freepik.com/@Timolina).
Sukabumi14 Mei 2024, 18:06 WIB

Warga Keluhkan Jalan Ciangsana-Puncak Madura Cicantayan Rusak, Ini Kata PU Sukabumi

Jalan kabupaten ruas Ciangsana-Puncak Madura yang menjadi penghubung dua kecamatan, yakni Kecamatan Cicantayan dan Kecamatan Cikembar Kabupaten Sukabumi kondisinya memprihatinkan.
Ruas jalan Ciangsana - Puncak Madura Cicatayan Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Life14 Mei 2024, 18:00 WIB

Mau Rezeki Datang dari Segala Penjuru? Baca Doa Ini Insya Allah Mustajab

Berdoa meminta rezeki dapat memberikan harapan dan optimisme bahwa Allah SWT akan memberikan yang terbaik bagi mereka, meskipun dalam situasi yang sulit.
Ilustrasi - Berdoa meminta rezeki dapat memberikan harapan dan optimisme bahwa Allah SWT akan memberikan yang terbaik bagi mereka, meskipun dalam situasi yang sulit. (Sumber : pexels.com/@Muhammad Adil)