Deretan 10 Pantai di Jawa Barat, Cocok untuk Habiskan Waktu saat Libur Lebaran

Minggu 23 April 2023, 23:00 WIB
Inilah deretan pantai di Jawa Barat yang memiliki keindahan luar biasa dan menjadi tujuan favorit wisatawan | Foto: Pixabay

Inilah deretan pantai di Jawa Barat yang memiliki keindahan luar biasa dan menjadi tujuan favorit wisatawan | Foto: Pixabay

SUKABUMIUPDATE.com - Pantai masih menjadi spot wisata alam favorit masyarakat. Pantai selalu dipadati wisatawan saat musim libur tiba tak terkecuali musim libur lebaran.

Berbicara mengenai pantai, Indonesia sendiri memiliki banyak sekali pantai yang eksotis dan salah satu daerah di Indonesia yang memiliki banyak pantai eksotis adalah Jawa Barat.

Deretan pantai di Jawa Barat mampu membuat setiap pengunjung kagum dengan keindahan alamnya maka tak heran wilayah Jawa Barat selalu menjadi salah satu tujuan liburan saat musim libur tiba.

Lalu pantai mana saja yang cocok dikunjungi saat musim libur lebaran tahun ini? Melansir dari Tempo.co, inilah rekomendasi pantai di Jawa Barat yang bisa Anda kunjungi saat liburan sebagai berikut.

Baca Juga: Dispar Sebut Pantai Minajaya Sukabumi Akan Ditata Layaknya Karanghawu

1. Pantai Santolo, Garut

Pantai Santolo juga dijadikan sebagai dermaga para nelayan tradisional Pameungpeuk. Berwisata di sini akan disambut oleh pepohonan hijau dengan pemandangan Gunung Papandayan.

Fasilitas pantai cukup memikat wisatawan. Anda bisa menyewa perahu untuk susur Pantai Santolo. Kemudian, melepas penat di jembatan tua di sini.

2. Pantai Karang Hawu, Sukabumi

Berada di Desa Caringin, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat serta kental dengan mistis Nyi Roro Kidul. Di Pantai Karang Hawu inilah Anda akan menemui sebuah tungku karang pada tebing berlubah yang menjorok.

Baca Juga: Bukan Nyi Roro! Kanjeng Ratu Kidul Roh Dewa Pemimpin Gaib Pantai Selatan

Tungku inilah yang laris dijadikan sebagai tempat foto dan dipercayai sebagai singgasana Nyi Roro Kidul. Anda cukup membayar mulai Rp 2.500 hanya untuk parkir kendaraan.

3. Pantai Pangandaran, Pangandaran

Pantai Pangandaran tentu bukanlah nama yang asing daripada deretan pantai Jawa Barat lainnya. Bangganya, wisata pantai ini disebut wisata kelas dunia oleh Unesco Global Geopark dan wisata terbaik se-Jawa Barat oleh AsiaRooms. Meski sudah berkelas internasional, pantai ini hanya memasang tarif mulai Rp 10 ribu.

Baca Juga: Pria Nekat Panggil Nyi Roro Kidul di Pinggir Laut Viral di TikTok, Begini Endingnya

4. Pantai Sayang Heulang, Garut

Wisata Pantai Sarang Elang atau Sayang Heulang memiliki luas sekitar 3, 5 kilometer berada di Desa Mancagahar, Kecamatan Pameungpeuk. Pantai ini dibuka umum mulai Desember 2021.

Anda juga harus swafoto di sayap elang, jembatan, gazebo, jalan setapak kaki dengan latar belakang pantai elok ini. Hingga detik ini, Anda pasti akan mendengar kepercayaan bahwa Pantai Sayang Heulang dijaga oleh kuda putih gaib. Harus cukup waspada, ya!

5. Pantai Madasari, Pangandaran

Hanya ada di Desa Masawah, Kecamatan Cimerak, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Anda bisa menyaksikan karang-karang raksasa sebesar 5 hingga 6 meter. Ombaknya pun luar biasa sehingga Anda tidak diizinkan berenang di sini.

Baca Juga: Mitos Curug Sawer Situ Gunung, Salah Satu Wisata Alam Populer di Sukabumi

Deburan ombaknya pun mungkin sedikit mengganggu telinga. Ada beberapa hal yang cocok menyembuhkan kelelahan mental. Antara lain, Anda bisa menemukan kawanan babi laut yang terdampar akibat ombak surut. Kemudian, ada suaka margasatwa di Pantai Madasari.

6. Pantai Pangumbahan

Mengunjungi pantai Pangumbahan jangan lupa belok sekitar 5 kilometer menuju Pantai Ujung Genteng. Di Jawa Barat, mungkin Pantai Pangumbahan ini wisata alam teristimewa. Anda bisa bergabung di taman edukasi penangkaran penyu.

Bahkan, jika Anda salah satu wisatawan beruntung, maka bisa juga menyaksikan langsung pelepasan tukik anak penyu ke lautan lepas. Ditambah dengan proses bertelurnya di malam hari. Pulang dari tempat ini Anda akan lebih gembira, bukan?

Baca Juga: Menikmati Sejuknya Perbukitan di Palabuhanratu Sukabumi, Tempat Asyik Untuk Papajar

7. Pantai Pulau Peucang

Taman Nasional Ujung Kulon tak hanya terkenal karena merupakan habitat asli Badak Bercula Satu (Rhinoceros Sondaicus) semata. Adanya Pulau Peucang yang memiliki panorama pantai yang sangat indah juga menjadi daya tarik tersendiri.

Bahkan, banyak kalangan yang menyatakan bahwa pantai di Peucang, merupakan salah satu pantai paling indah di wilayah Jawa Barat.

9. Pantai Ujung Genteng

Jalan-jalan ke Sukabumi, harus berkunjung ke Pantai Ujung Genteng! Pantai Jawa Barat ini memiliki jejak sejarah kolonial Belanda yang harus Anda abadikan. Salah satunya, yaitu puing-puing dermaga dan mercusuar yang masih layak untuk dinaiki.

Baca Juga: Deretan Air Terjun di Cianjur yang Bisa Dikunjungi Pemudik Selain Citambur

Jangan ketinggalan juga untuk mencicipi olahan hasil laut di warung-warung pantai. Jika Anda ingin menghabiskan pengalaman berlibur di sekitar pantai, cobalah untuk menyewa penginapan dan bereksplor ke pantai-pantai terdekat di Jawa Barat.

10. Pantai Pelabuhan Ratu

Pantai Pelabuhan Ratu adalah pantai yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Lumayan menempuh jarak yang sangat jauh, yaitu sekitar 60 kilometer dari arah selatan Kota Sukabumi.

Karena dekat dan Samudera Hindia, tentu ombak pantai ini sangat besar dan cukup berbahaya jika Anda harus berenang.

Namun, Anda bisa mengalihkan kekecewaan tersebut dengan berfoto ria menikmati tebing karang yang curam. Ada juga hutan-hutan hijau yang indah dan tidak terkesan menyeramkan.

Sumber: Tempo.co/Nia Heppy | Alfi Muna Syarifah

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Life28 April 2024, 19:19 WIB

6 Tabiat Orang Jahat yang Harus Diwaspadai agar Terhindar dari Kelicikannya

Orang jahat memiliki kebiasaan buruk yang dampaknya merugikan orang lain. Maka penting mengetahui tipe dari mereka seperti apa.
Ilustrasi. Berikut tabiat orang jahat. |Sumber foto : Pexels/cottonbro studio
Sukabumi28 April 2024, 19:14 WIB

Tumpukan Sampah Kembali Hiasi Pantai Muara Citepus Sukabumi

Pantai Muara Citepus di Palabuhanratu Sukabumi kembali dipenuhi tumpukan sampah yang terbawa ombak.
Kondisi sepanjang Pantai Muara Citepus, Kecamatan Palabuhanratu Sukabumi dipenuhi sampah, Minggu (28/4/2024). (Sumber : SU/Ilyas)
Bola28 April 2024, 19:05 WIB

Usai Tuai Protes, MNC Group Akhirnya Bolehkan Nobar Piala Asia U-23 Asal Non-Komersial

MNC Group selaku pemilik hak siar akhirnya memberikan kesempatan masyarakat untuk bisa gelar nobar Piala Asia U-23 dengan syarat.
Ilustrasi - Polres Sukabumi Kota mengajak kepada warga Kota Sukabumi untuk ikut nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan. (Sumber : X/@@kabarmojokerto_)
Life28 April 2024, 19:00 WIB

Temukan Akar Penyebabnya, 8 Cara Menangani Perilaku Tidak Sopan Pada Anak

Anak yang tidak sopan bisa berubah menjadi orang dewasa yang tidak sopan. Ikuti tips berikut ini untuk menanggapi fitnah, makian, pembangkangan, dan bentuk perilaku tidak pantas lainnya.
Ilustrasi. Perilaku tidak sopan pada anak. Sumber : Freepik/@freepik
Life28 April 2024, 18:30 WIB

Biarkan Anak Marah Bund! Ini 7 Cara Mengatasi Tantrum pada Balita

Amukan dapat membuat Anda mempertanyakan kemampuan Anda dalam mengasuh anak, namun sebenarnya hal tersebut adalah hal yang normal pada masa balita.
Ilustrasi. Anak menangis. Cara mengatasi tantrum pada balita. Sumber : Freepik/@user15285618
Life28 April 2024, 18:00 WIB

Kaya Jalur Langit, Amalkan Doa Mohon Dibukakan Pintu Rezeki dari Segala Penjuru

Berikut doa mohon dibukakan pintu rezeki dari segala penjuru sebagai salah satu upaya meraih kekayaan jalur langit.
Berdoa untuk memohon kekayaan jalur langit (Sumber : Freepik/)
Life28 April 2024, 17:44 WIB

5 Alasan Kenapa Seseorang Sulit Memaafkan Masa Lalunya, Ketahui Penyebabnya!

Tak sedikit orang yang sangat sulit memaafkan masa lalunya sendiri sehingga sampai kini terjebak dalam balutan masa kelam yang menyakitkan.
Ilustrasi. Orang menangis karena sulit memaafkan masa lalu. | Sumber poto : Pexels/ Karolina Grabowska
Sukabumi28 April 2024, 17:32 WIB

29 Motor Berknalpot Brong Terjaring Razia di Sukabumi, Pemiliknya Ditilang

Puluhan motor berknalpot brong disita polisi usai terjaring razia KRYD Polres Sukabumi Kota. Pemiliknya ditilang.
Pemiliknya ditilang, puluhan motor berknalpot brong diangkut Polres Sukabumi Kota. (Sumber : Istimewa)
Life28 April 2024, 17:30 WIB

4 Jenis Emosi Besar yang Bisa Dibicarakan dengan Anak Agar Mereka Mengerti

Membicarakan emosi dengan anak-anak bisa jadi rumit, pelajari lebih lanjut tentang cara mendiskusikan perasaan besar dengan anak kecil.
Ilustrasi. Anak sedang emosi. Sumber : Freepik/@8foto
Keuangan28 April 2024, 17:11 WIB

6 Kesalahan Sepele yang Menyulitkan Anda Hidup Kaya, Yuk Evaluasi Diri!

Orang yang sulit sukses dan kaya hidupnya tentu disebabkan oleh beberapa alasan krusial sehingga membuat masa depannya mandeg atau stagnan.
Ilustrasi. Alasan hidup sulit sukses dan kaya. | Sumber foto : Pexels/Nicola Barts