7 Mitos di Indonesia yang Hingga Kini Masih Dipercaya Masyarakat

Sabtu 18 Maret 2023, 16:00 WIB
Ilustrasi - 7 Mitos di Indonesia yang Hingga Kini Masih Dipercaya Masyarakat. | (Sumber : Freepik.com/@rawpixel.com.)

Ilustrasi - 7 Mitos di Indonesia yang Hingga Kini Masih Dipercaya Masyarakat. | (Sumber : Freepik.com/@rawpixel.com.)

SUKABUMIUPDATE.com - Indonesia adalah sebuah negara yang kaya akan suku, budaya dan adat istiadatnya. Beragam adat itu banyak dijumpai di tanah air dan tak sedikit selalu dibarengi dengan hal-hal mitos.

Hampir semua suku di Indonesia masih memiliki kepercayaan dengan dunia mistis maupun mitos. Kepercayaan tentang mitos itu mulai dari hantu, makhluk mitologi hingga kegiatan sehari-hari.

Bahkan, semua mitos-mitos yang beredar di masyarakat sudah dipercaya secara turun temurun. Hal itu tak lepas dari budaya masyarakat Indonesia yang masih kental dengan mistis.

Baca Juga: 7 Mitos Bunga Wijaya Kusuma, Datangkan Jodoh Hingga Kesayangan Nyi Roro Kidul

Beberapa mitos itu pun ternyata masih populer hingga sekarang dan masih banyak orang-orang yang meyakininya.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut ini 7 mitos yang beredar di masyarakat Indonesia yang masih diyakini hingga saat ini.

1. Anak Duduk di Depan Pintu Susah Dapat Jodoh

Ilustrasi - Anak Gadis Duduk di Depan Pintu Susah Dapat Jodoh. | Freepik.comIlustrasi - Anak Gadis Duduk di Depan Pintu Susah Dapat Jodoh. | Freepik.com

Mitos ini bisa dibilang paling legendaris dan sangat terpopuler di kalangan masyarakat Indonesia, khususnya di daerah Jawa. Konon katanya, setiap anak gadis yang duduk didepan pintu akan sudah dapat jodoh.

Karena merasa seperti ancaman, banyak anak-anak gadis yang hingga kini masih mempercayai mitos tersebut. Sebenarnya mitos itu bisa dibilang sukses untuk menjadi peringatan, karena duduk didepan pintu berkaitan dengan tata krama kesopanan.

2. Nabrak Kucing Bisa Sial

Ilustrasi - Nabrak Kucing Bisa Sial. | Freepik.comIlustrasi - Nabrak Kucing Bisa Sial. | Freepik.com

Menabrak kucing adalah mitos yang cukup menjadi buah bibir masyarakat Indonesia. Pasalnya, jika seseorang menabrak seekor kucing mitosnya akan mendapat sial hingga kematian.

Baca Juga: PSM Makassar Kian Dekat Dengan Gelar Juara Liga 1, Butuh Dua Poin Lagi!

Mitos-mitos saat menabrak kucing terbagi dalam beberapa kepercayaan di masyarakat. Seperti orang yang menabrak kucing bisa membuat si penabrak jatuh sakit dan penyakit yang timbul sangat sulit disembuhkan.

Dalam kepercayaan lainnya, jika si penabrak kucing itu adalah seorang pria yang memiliki istri sedang hamil, mitosnya dapat menyebabkan keguguran. Apalagi jika yang ditabraknya itu merupakan kucing hitam, mitosnya bayi yang dalam kandungan bisa meninggal.

3. Kejatuhan Cicak

Ilustrasi - Kejatuhan Cicak. | IstimewaIlustrasi - Kejatuhan Cicak. | Istimewa


Kejatuhan cicak biasanya dikaitkan dengan mitos hal buruk akan terjadi. Mitos ini cukup populer di masyarakat karena selalu menjadi pertanda kematian.

Beberapa mitos kejatuhan cicak yang dipercaya adalah saat cicak jatuh di kaki akan terjadi hal buruk seperti kegagalan hidup, kegagalan finansial hingga kesehatan yang menurun.

Baca Juga: 3 Doa Sebelum Memulai Aktivitas Bekerja, Agar Rezeki Lancar dan Berkah

Selain itu, jika kejatuhan cicak di atas kepala diyakini bisa mengalami musibah atau kecelakaan. Lalu yang paling menyeramkan adalah orang yang kejatuhan cicak di kepala dapat meninggal dunia.

4. Dilarang Keluar Saat Maghrib

Ilustrasi - Dilarang Keluar Saat Maghrib. | Freepik.comIlustrasi - Dilarang Keluar Saat Maghrib. | Freepik.com

Larangan atau mitos ini masih dipercaya dan diyakini oleh sebagian masyarakat Indonesia. Mitos ini sangat melegenda bagi masyarakat khususnya suku Sunda dan Jawa.

Konon dalam kepercayaan Sunda, para orangtua zaman dahulu telah melarang anak-anaknya untuk keluar di waktu maghrib. Sebab, mitos pada saat maghrib merupakan waktu keluarnya makhluk gaib.

Para orang tua zaman dahulu selalu menakuti anak-anaknya akan diculik hantu kalong wewe jika berani keluar saat maghrib. Mitos ini dilarang dilakukan karena orangtua dulu menilai, waktu maghrib sangat tidak baik melakukan aktivitas diluar rumah.

5. Ibu Hamil Harus Bawa Gunting

Ilustrasi  - Ibu Hamil Harus Bawa Gunting. | Pixabay.comIlustrasi - Ibu Hamil Harus Bawa Gunting. | Pixabay.com

Kepercayaan lainnya yang beredar di masyarakat adalah ibu hamil wajib membawa gunting saat berperpergian. Mitos itu hingga kini masih berkembang dan banyak yang percaya.

Mitos ibu hamil harus membawa gunting dianggap sebagai penolak bala dan dapat menghindari si ibu dari gangguan jin dan mahluk halus. Oleh karenanya, tak sedikit para ibu hamil yang membawa gunting saat keluar rumah.

Baca Juga: Dangdut Resmi Didaftarkan Jadi Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) ke Unesco

Mitos ini sebenarnya tidak jelas asal usulnya. Tetapi, yang pasti orangtua zaman dulu sering kali memberi nasehat anak-anaknya dengan dibumbui hal mistis.

Semua itu dilakukan para orangtua agar anak-anaknya nurut saat diberi nasehat. Makannya, nasehat para orangtua yang dibumbui hal mistis akan mudah dipercaya dan dituruti.

6. Menyapu Malam Hari

Ilustrasi - Menyapu Malam Hari. | Freepik.comIlustrasi - Menyapu Malam Hari. | Freepik.com

Mitos yang beredar, jika seseorang menyapu malam hari dipercaya akan membuang rezeki. Sebab, debu dan kotoran dianggap sebagai rezeki hasil dari usaha aktivitas sepanjang hari.

Para orangtua zaman dulu sering melarang anak-anaknya untuk menyapu malam hari meskipun kondisi lantai sedang kotor. Orangtua dulu sering mendiamkan semalam hingga menunggu waktu datangnya subuh.

Baca Juga: Pacaran Saat Puasa Ramadan Apakah Membatalkan Puasa? Simak Penjelasannya

Tak hanya itu saja, menyapu malam hari konon katanya dapat mengundang makhluk halus ke dalam rumah. Aktivitas menyapu malam hari bisa mengundang makhluk halus yang sedang berkeliaran di waktu itu.

7. Ayam Berkokok Malam Hari

Ilustrasi - Ayam Berkokok Malam Hari. | Pixabay.comIlustrasi - Ayam Berkokok Malam Hari. | Pixabay.com

Suara ayam berkokok malam hari punya mitos beragam yang diyakini oleh sebagian masyarakat Indonesia. Seperti ayam berkokok pada jam 9 malam, dipercaya akan terjadi fitnah.

Lalu ayam berkokok di jam 10 malam maka akan terbongkarnya aib seseorang yang bakal diketahui semua warga masyarakat. Kemudian jika ayam berkokok di jam 12 malam atau tengah malam, diyakini ayam tersebut sedang melihat makhluk gaib di sekitarnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Jawa Barat24 April 2024, 00:53 WIB

Empat Pejabat Eselon II Kabupaten Sukabumi Ikuti PKN 2024, Sekda Ade Jadi Mentor

Berikut daftar nama pejabat Eselon II Kabupaten Sukabumi yang ikuti Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Angkatan VI Tahun 2024 di BPSDM Jabar.
Sekda Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman bersama empat pejabat eselon II yang ikuti PKN 2024. (Sumber : Dokpim Pemkab Sukabumi)
Sukabumi24 April 2024, 00:06 WIB

17 Aset TPPU Eks Kepala Bea Cukai Yogyakarta Eko Darmanto di Sukabumi Disita KPK

Belasan asetnya di Sukabumi disita KPK, berikut perjalanan kasus korupsi Eks Kepala Bea Cukai Yogyakarta Eko Darmanto. Dari tersangka gratifikasi hingga TPPU.
Mantan Kepala Bea dan Cukai Yogyakarta Eko Darmanto saat menjalani pemeriksaan di KPK terkait kasus gratifikasi, Jumat (8/12/2023). (Suara.com/Yaumal)
Entertainment23 April 2024, 22:28 WIB

Positif Konsumsi Ganja, Selebgram Chandrika Chika dan 5 Temannya Ditangkap Polisi

Selebgram Chandrika Chika ditangkap polisi bersama 5 temannya usai terbukti menyalahgunakan narkoba jenis ganja di salah satu hotel.
Sosok selebgram Chandrika Chika. (Sumber Foto: Instagram)
Sukabumi23 April 2024, 21:55 WIB

Rumah Tertimpa Tembok Bangunan Ambruk, Lansia di Nagrak Sukabumi Terpaksa Mengungsi

Dua rumah warga yang salah satu penghuninya merupakan lansia di Nagrak Sukabumi alami kerusakan usai terdampak longsor saat hujan deras.
Kondisi rumah lansia di Nagrak Sukabumi yang alami kerusakan usai tertimpa tembok bangunan rumah warga lainnya yang ambruk karena longsor. (Sumber : P2BK Nagrak)
Sehat23 April 2024, 21:00 WIB

Lawan Asam Urat dengan 8 Obat Alami Ini, Solusi Sehat Kurangi Frekuensi Serangannya

Mengobati asam urat dengan bahan alami dapat membantu mengurangi gejala dan mencegah serangan yang lebih parah.
Ilustrasi Kunyit - 
Mengobati asam urat dengan bahan alami dapat membantu mengurangi gejala dan mencegah serangan yang lebih parah.  (Sumber : Freepik.com/@azerbaijan_stockers)
Sukabumi23 April 2024, 20:30 WIB

Banyak PJU Mati, Jalan Depan Komplek Perkantoran Palabuhanratu Gelap Saat Malam

Ruas Jalan Sudirman di Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi kondisinya gelap di malam hari, karena lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) banyak yang tidak menyala alias mati.
Kondisi lampu PJU di ruas jalan Sudirman, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, banyak yang tidak menyala | Foto : Ilyas Supendi
Gadget23 April 2024, 20:30 WIB

10 Rekomendasi HP Samsung Harga Rp 1 Jutaan yang Punya Spesifikasi Bagus

HP dari Samsung ini menawarkan solusi untuk memiliki smartphone dengan fitur yang cukup lengkap tanpa harus mengeluarkan biaya besar.
Ilustrasi Samsung A03- HP dari Samsung ini menawarkan solusi untuk memiliki smartphone dengan fitur yang cukup lengkap tanpa harus mengeluarkan biaya besar. (Sumber : samsung.com).
Sukabumi23 April 2024, 20:05 WIB

Viral Emak-emak Ngamuk Maksa Minta Sedekah di Sukabumi, Polisi Turun Tangan

Emak-emak pengemis viral yang ngamuk maksa minta sedekah terekam berulah di Cibeureum dan Baros Sukabumi.
Kolase foto tangkapan layar video viral emak-emak ngamuk maksa minta sedekah di Sukabumi. (Sumber : TikTok esapperdana)
Life23 April 2024, 20:00 WIB

10 Kebiasaan Orang Sopan yang Membuatnya Dihormati dan Disegani

Kebiasaan-kebiasaan sopan membantu menciptakan lingkungan yang positif, menghormati, dan saling mendukung dalam interaksi sosial, sehingga membuat orang yang melakukannya dihormati dan disegani oleh orang lain.
Ilustrasi. Kebiasaan Orang Sopan yang Membuatnya Dihormati dan Disegani. (Sumber : Pexels/Mikhail Nilov.)
Bola23 April 2024, 19:30 WIB

Persib Bandung Siap Tampil dengan Kekuatan Terbaik Saat Jamu Borneo FC di Kandang

Persib akan tampil dengan skuad terbaik saat menjamu Borneo FC.
Persib akan tampil dengan skuad terbaik saat menjamu Borneo FC. (Sumber : Persib.co.id)