Penuh Misteri! Inilah Sederet Mitos Friday The 13th yang Dianggap Hari Sial

Jumat 13 Januari 2023, 14:45 WIB
Sederet mitos Friday The 13th, hari sial dalam seminggu. | (Sumber : Freepik.com).

Sederet mitos Friday The 13th, hari sial dalam seminggu. | (Sumber : Freepik.com).

SUKABUMIUPDATE.com - Tepat hari ini Jumat tanggal 13 Januari 2023 adalah Friday the 13th. Bagi sebagian orang, hari Jumat dengan tanggal 13 diyakini sebagai tanggal dan hari sial.

Friday the 13th dalam budaya masyarakat barat dianggap keramat dan sangat mengerikan. Banyak mitos-mitos bertebaran yang membuat orang-orang ketakutan dengan angka 13.

Mitos-mitos yang berkembang tentang Friday the 13th, menimbulkan rasa penasaran orang-orang mengenai hari keramat pembawa sial.

Baca Juga: Kabar Duka, Iis Piska Pedangdut Era 80-an Tewas Tercebur ke Dalam Sumur

Mengutip dari Suara.com yang dilansir dari National Day Calendar pada Jumat (13/1/2023), berikut ini tujuh mitos Friday the 13th yang jarang diketahui:

1. Perjamuan Terakhir memiliki 13 tamu

Perjamuan Terakhir atau dikenal sebagai The Last Supper menceritakan bahwa Yesus makan untuk terakhir kalinya dengan 12 muridnya sebelum penyaliban. Ini berarti ada 13 tamu pada perjamuan terakhir.

Diyakini bahwa Yudas adalah orang ke-13 yang menduduki kursinya. Yudas terkenal karena mengkhianati Yesus dan bunuh diri sesudahnya.

2. Dewa Kenakalan dan Kekacauan adalah tamu ke-13

Menurut mitologi Norse, ketika 12 dewa duduk bersama di sebuah pesta, seorang tamu tak diundang bernama Loki muncul. Loki adalah dewa kerusakan dan kekacauan. Karena ada 13 tamu di meja, salah satu dewa meninggal saat makan.

Baca Juga: Sinopsis Film 'Bismillah Kunikahi Suamimu’ Akan Segera Tayang di Bioskop

Oleh karena itu, hingga hari ini, beberapa tuan rumah menolak untuk memiliki 13 tamu di meja makan karena takut salah satu dari mereka akan meninggal.

3. Arti Alkitabiah untuk angka 13 memiliki arti yang tidak baik

Dalam Alkitab, angka 13 sering dikaitkan dengan pemberontakan dan pelanggaran hukum. Angka ini melambangkan semua pemerintahan yang diciptakan oleh manusia dan diilhami oleh setan.

Baca Juga: Alamat Proxy Whatsapp Server Indonesia dan Cara Settingnya Agar Pakai WA Tanpa Internet

Dalam kitab Markus, Yesus mengatakan 13 hal yang menajiskan seseorang. Beberapa dari hal ini termasuk pikiran jahat, pembunuhan, pencurian, kejahatan, hingga kesombongan.

4. Jumat adalah hari sial dalam seminggu

Sebagian besar orang menyukai Jumat karena hari terakhir bekerja sebelum akhir pekan. Namun secara historis, Jumat merupakan hari sial dalam seminggu. Mitos ini didasarkan pada abad ke-14 ketika Geoffrey Chaucer menulis Canterbury Tales.

Baca Juga: Virtual Lab Apakah Itu dan Apa Keuntungan dan Kekurangannya?

Chaucer menulis, "dan pada hari Jumat jatuh semua kesialan ini." Di Inggris, Jumat adalah hari di mana para penjahat mendapatkan hukuman gantung. Karena alasan tersebut, Jumat dikenal sebagai Hari Hangman.

5. Penangkapan Ksatria Templar dimulai pada Jumat tanggal 13

Knights of Templar atau Ksatria Templar adalah ordo militer Katolik yang didirikan pada 1119. Mereka juga dikenal sebagai bankir yang cakap. Setelah kalah perang dari Inggris, Raja Philip IV dari Prancis berhutang banyak kepada para Ksatria.

Pada Jumat tanggal 13, raja memerintahkan penangkapan semua Templar. Setelah persidangan di Paris, beberapa Templar dibakar di tiang pancang.

6. Kutukan 13 huruf dalam nama

Menurut takhayul lama, jika seseorang memiliki 13 huruf di nama depan dan nama belakang, maka orang itu akan dikutuk. Berikut ini beberapa nama yang memiliki 13 huruf:

  • Charles Manson
  • Jeffrey Dahmer
  • Adolfus Hitler (nama baptis Adolf Hitler)
  • Saddam Husein
  • Osama bin Laden

7. Seorang komposer Italia meninggal pada Jumat tanggal 13

Meskipun banyak orang yang meninggal pada Jumat tanggal 13, namun seorang komposer Italia bernama Gioachino Rossini menganggap bahwa Jumat dan tanggal 13 adalah hal yang sial. Dia meninggal pada Jumat, 13 November 1868.

Baca Juga: Wisata Curug di Sukabumi, Cikaso Jadi Tempat Bersemayam Prabu Siliwangi?

Bagaimana pendapatmu tentang Jumat tanggal 13? Meski hanya mitos, namun ada beberapa orang yang hingga saat ini masih meyakini kesialan pada Friday the 13th.

Sumber: Suara.com

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi25 Mei 2024, 22:27 WIB

Hujan Deras Landa Sukabumi Utara, Picu Longsor dan Rumah Roboh di Parakansalak

Sejumlah akses jalan mengalami longsor dan rumah rusak, akibat hujan deras, melanda Kabupaten Sukabumi bagian utara
Jalan longsor dan rumah roboh dipicu hujan deras yang melanda Sukabumi bagian utara | Foto : P2BK
Internasional25 Mei 2024, 22:17 WIB

SBMI: 7 Warga Sukabumi Meninggal di Luar Negeri Sepanjang 2024

Sebanyak tujuh pekerja migran Indonesia (PMI) asal Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, yang meninggal di negara tempatnya bekerja, sepanjang 2024.
Logo Serikat Buruh Migran Indonesia (SBMI) | Foto : Ist
Entertainment25 Mei 2024, 22:00 WIB

Jadi Teteh Sunda, Kim Go Eun Terlihat Sedang Syuting Iklan di Garut

Aktris asal korea selatan yaitu Kim Go Eun terlihat sedang syuting untuk iklan di Garut, Jawa Barat. Kabar tersebut langsung ramai dibicarakan oleh warganet di berbagai media sosial
Potret Kim Go Eun yang sedang syuting untuk iklan di Sunda Hejo Coffee, Garut, Jawa Barat (Sumber : X @/infodrakor_id)
Sukabumi25 Mei 2024, 21:40 WIB

Tebing Longsor Timpa Rumah Warga di Kabandungan Sukabumi

Bencana longsor terjadi di Kampung Cileungsir RT 3/4, Desa Cianaga, Kecamatan Kabandungan, Kabupaten Sukabumi, pada Jumat, 24 Mei 2024 pukul 22.00 WIB
P2BK Kabandungan saat mengevakuasi longsor di Kampung Cileungsir RT 3/4, Desa Cianaga, Kecamatan Kabandungan, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (25/5/2024) | Foto : Dok.P2BK
Film25 Mei 2024, 21:00 WIB

Sinopsis Drama Korea Lovely Runner, Kisah Menarik Im Sol dan Ryu Sun Jae

Drama korea Lovely Runner saat ini sedang ramai dibicarakan karena peran Im Sol dan Ryu Sunjae yang selalu bikin baper setiap kali tayang. Keduanya punya chemistry menarik sehingga terus dibicarakan
Sinopsis drama korea Lovely Runner yang membuat penonton baper karena chemstiry romantis Ryu Sunjae dan Im Sol (Sumber : Instagram @/tvn_drama)
Sukabumi25 Mei 2024, 20:47 WIB

Job Fair dan PPDB SMK Cimahi Cicantayan Sukabumi, Salurkan Lulusan Kerja di Luar Negeri

Job Fair diinisasi SMK Cimahi Cicantayan bersama Lembaga Pendidikan Ketrampilan (LPK) Grand Wisata Cirebon, tidak hanya bertujuan merekrut tenaga kerja, sekaligus juga untuk menarik minat peserta didik batu
SMK Cimahi Cicantayan menggelar job fair sekaligus PPDB 2024 | Foto : Ibnu Sanubari
Sehat25 Mei 2024, 20:00 WIB

12 Trik Agar Tekanan Darah Tinggi Turun Secara Instan, Bebas Serangan Hipertensi

Ternyata ada beberapa cara untuk bisa menurunkan tekanan darah tinggi secara instan. Meski begitu semua cara ini harus dilakukan secara rutin dan baik yaitu cobalah mengubah pola makan dan gaya hidup
Lakukan beberapa trik ini agar tekanan darah tinggi bisa turun secara instan (Sumber : Unsplash.com/Thirdman)
Sukabumi Memilih25 Mei 2024, 19:56 WIB

Ini Kata PPP Kota Sukabumi Soal Kabar Utak Atik Caleg Terpilih

Baru-baru ini, tersiar kabar DPC PPP Kota Sukabumi melakukan utak atik dengan akan memberhentian terhadap salah seorang caleg terpilih hasil Pemilu 2024.
Ketua DPC PPP Kota Sukabumi, Ima Slamet | Foto : Ist
Sehat25 Mei 2024, 19:30 WIB

Atasi Diabetes Tanpa Obat! Lakukan 7 Tips Ini Agar Gula Darah Terkontrol

Diabetes adalah suatu kondisi kronis yang ditandai dengan tingginya kadar gula darah. Meskipun pengobatan dapat mengatasi dalam mengelola diabetes, namun perubahan gaya hidup yang alami dan sehat dapat menjadi solusi efektif
Ada beberapa tips agar bisa mengatasi diabetes tanpa obat-obatan dan perlu dilakukan secara rutin (Sumber : Unsplash.com/Artem Podrez)
Musik25 Mei 2024, 19:00 WIB

Daftar Lagu Grup Band CN BLUE Yang Akan Konser di Indonesia Hari Ini

Grup band asal Korea Selatan yaitu CN BLUE akan menggelar konser di Indonesia pada Sabtu, 25 Mei 2024, di ICE BSD CITY HALL 1 dan siap memberikan penampilan terbaik dengan membawakan lagu-lagu andalan milik mereka
Grup Band Korea Selatan CN BLUE akan konser di Indonesia Hari ini di ICE BSD HALL (Sumber : Instagram @/cnblue.official)