7 Cara Menagih Hutang Kepada Teman Agar Cepat Dibayar, Jangan Segan!

Kamis 16 Maret 2023, 16:45 WIB
Ilustrasi  - 7 Cara Menagih Hutang Kepada Teman Agar Cepat Dibayar, Jangan Segan!. | (Sumber : Istimewa.)

Ilustrasi - 7 Cara Menagih Hutang Kepada Teman Agar Cepat Dibayar, Jangan Segan!. | (Sumber : Istimewa.)

SUKABUMIUPDATE.com - Ketika berbicara tentang hutang pasti terbayang akan perasaan yang serba salah. Apalagi yang memiliki hutang itu adalah teman sendiri atau saudara terdekat.

Perasaan bingung pun terkadang muncul bagaimana cara menagih hutang yang baik dan benar agar segera cepat dibayar. Bahkan, rasa sungkan selalu menghantui karena takut hubungan pertemanan maupun keluarga menjadi rusak.

Namun, ada satu hal yang mesti kamu ingat baik-baik adalah, tidak perlu ada rasa tidak enak ataupun takut! Sebab, itu semua adalah hak kamu untuk mendapatkan uang yang telah dipinjamkan kepada mereka.

Baca Juga: PSM Makassar Butuh 5 Poin Lagi untuk Kunci Gelar Juara Liga 1 2022/2023

Tidak boleh ragu dan segan, kamu bisa menanyakannya dengan menghubungi lewat smartphone untuk sekedar mengingatkan. Hal tersebut dapat membantu si empunya hutang agar menyelesaikan pembayarannya dengan cepat.

Nah, jika kamu masih merasa bingung harus dengan cara apa menagih hutang agar cepat dibayar, berikut ini ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan yang kami rangkum dari berbagai sumber.

1. Berbicara Secara Empat Mata

Cara menagih hutang yang pertama adalah kamu bisa mengajak dia berbicara berdua secara empat mata tanpa orang lain. Gunakan bahasa yang lembut dan tidak melukai perasaannya.

Ya meskipun kamu sudah merasa kesal dan ingin mengeluarkan semua kekesalan karena sudah jatuh tempo dari tanggal pembayaran, kamu disarankan tetap bersabar dan harus menyikapinya dengan kepala dingin.

Baca Juga: Viral Guru Honorer Dipecat Usai Komen ‘Maneh’, Ridwan Kamil Beri Klarifikasi

Sebab, jika kamu menagihnya dengan cara yang kasar dan menyinggung perasaannya, bukan tidak mungkin dia akan merasa sakit hati dan berfikir untuk selalu menghindar dari pembayaran.

2. Bilang Saja Sedang Membutuhkannya

Kamu tak perlu ragu dan malu, katakan saja jika saat ini sedang membutuhkannya. Katakan kepada dia sedang ada kebutuhan mendesak seperti untuk biaya berobat, biaya kebutuhan rumah tangga dan lainnya.

Nantinya hati dia akan tergugah untuk segera membayar hutangnya. Akan tetapi, dalam hal ini kamu harus berbicara dengan sopan dan tutur kata yang jelas.

3. Berikan Tambahan Jangka Waktu

Cara menagih hutang berikutnya adalah dengan memberikannya jangka waktu untuk segera melunasi hutangnya. Tetapi perlu diingat, kalau misalkan si peminjam masih belum membayar hutangnya hingga jatuh tempo, maka disini kamu harus tegas!

Baca Juga: Miliki 2060 Butir Tramadol, Pemuda Cibeureum Kota Sukabumi Terancam 15 Tahun Penjara

Kamu disarankan untuk menyiapkan sebuah surat perjanjian diatas materai yang ditandatangani oleh si peminjam dengan tenggat waktu yang wajib dibayarkan. Hal itu bertujuan agar si peminjam merasa diberi peringatan dan membuat kamu terlihat tegas di matanya.

4. Hubungi Keluarganya

Cara ini bisa kamu lakukan jika si peminjam susah dihubungi dan terlihat geliatnya menghindari pembayaran hutang. Kamu dengan terpaksa bisa menghubungi keluarganya dengan lewat smartphone atau datangi keluarganya langsung.

Bilang saja jika si peminjam memiliki hutang jatuh tempo yang belum dibayarkan dan susah dihubungi dengan selalu menghindar ketika ditagih. Jelaskan duduk permasalahannya kepada keluarganya dengan berbicara sopan dan tenang.

Baca Juga: Kades di Sukabumi Disomasi Gegara Izin Bazar Ramadan di Lapang Padjajaran

Biasanya para orangtua akan lebih bijak dan cepat dalam menyelesaikan permasalahan yang terjadi pada keluarganya. Dengan begitu, hutang si peminjam akan lebih terbuka lebar untuk dibayarkan.

5. Minta Bantuan Teman Terdekatnya

Misalkan keluarganya masih belum mampu untuk mengingatkan, kamu bisa menggunakan jasa teman paling terdekatnya. Kamu dapat bercerita keluh kesahmu terkait masalah hutang kepada teman dekatnya.

Besar harapan, teman terdekatnya dapat memberitahu dan mengingatkan tentang kewajiban membayar hutang.

6. Gunakan Momen Gajian

Kamu bisa memanfaatkan momen ini jika dia telah bekerja dan mempunyai penghasilan tetap setiap bulannya. Namun, disini kamu wajib mengetahui kapan dan tanggal berapa si peminjam gajian.

Tidak perlu malu, kamu bisa datang ke kantornya saat jam makan siang atau tunggu saat dia pulang kantor. Nah, di momen itu kamu datangi langsung dan tagih pembayaran hutangnya

7. Sita Barang Berharganya!

Cara terakhir ini terdengar cukup berani dan tegas. Kamu mungkin pernah merasakan si peminjam susah untuk ditagih karena alasan tak punya uang.

Tetapi, di lain sisi si peminjam memiliki gaya hidup mewah, bahkan dirinya mempunyai HP keluaran terbaru, rumah tingkat, mobil mewah, punya hewan ternak seperti sapi, sering jalan-jalan dan memamerkannya di media sosial.

Baca Juga: 5 Jenis Makanan yang Cocok untuk Stok Selama Bulan Ramadan

Hal tersebut tentunya buat kamu kesal dan bertanya-tanya, apakah dia berniat melunasinya atau tidak? Kamu di posisi ini harus tegas dengan menyita barang berharganya yang nominalnya hampir sama dengan uang yang dipinjam.

Anggap saja barang sitaan itu sebagai jaminan bila si peminjam tidak ada itikad baik untuk melunasi hutangnya.

Itulah sederet cara menagih hutang agar cepat dibayar. Semoga saja cara-cara diatas dapat membantu.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Science20 April 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 20 April 2024, Cek Dulu Sebelum Berakhir Pekan!

Prakiraan cuaca hari ini Sabtu 20 April 2024, Sukabumi dan sekitarnya.
Ilustrasi - Prakiraan cuaca hari ini Sabtu 20 April 2024, Sukabumi dan sekitarnya. (Sumber : Freepik)
Sukabumi20 April 2024, 00:14 WIB

Usai Lebaran, Pasien Membludak di RSUD Palabuhanratu Sukabumi

Humas RSUD Palabuhanratu Sukabumi sebut pasien yang datang rata-rata mengeluhkan penyakit demam, pencernaan, metabolik, serta penyakit dalam.
Kondisi di sekitar IGD RSUD Palabuhanratu Sukabumi, Jumat (19/4/2024). (Sumber : SU/Ilyas)
Sukabumi Memilih19 April 2024, 23:48 WIB

Yudi Suryadikrama Respon Perundingan Kebonpedes Soal Dukungan Maju Pilkada Sukabumi

Ketua DPC PDIP Kabupaten Sukabumi, Yudi Suryadikrama merespon pernyataan sejumlah kader partai yang memintanya untuk maju dalam kontestasi Pilkada Sukabumi 2024.
Yudi Suryadikrama Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Keuangan19 April 2024, 23:24 WIB

Upaya Bapenda Sukabumi Mudahkan Layanan Perpajakan Bagi Wajib Pajak di Desa

Kepala Bapenda Kabupaten Sukabumi Herdy Somantri mengatakan inovasi tersebut menekankan pentingnya integrasi sistem administrasi pajak daerah dari tingkat desa hingga kabupaten.
Kepala Bapenda Kabupaten Sukabumi Herdy Somantri. | Foto: SU/Ilyas (Sumber : SU/Ilyas)
DPRD Kab. Sukabumi19 April 2024, 22:01 WIB

DPRD Minta Bakesbangpol Usut Penyebab Meninggalnya Peserta Seleksi Paskibraka Sukabumi

Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi Hera Iskandar turut berbelasungkawa atas meninggalnya Kayla Nur Syifa saat mengikuti seleksi Paskibraka.
Jenazah siswi SMAN Negeri 1 Cisaat saat akan diberangkatkan dari RSUD Palabuhanratu menuju rumah duka di Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi, Jumat (19/4/2024). | Foto: SU/Ilyas Supendi
Opini19 April 2024, 21:44 WIB

Menjadi Lelaki Berkualitas: Inspirasi dari Kartini

Sosok Kartini, seorang pejuang kesetaraan gender dari Indonesia pada abad ke-19, memberikan pandangan yang menarik dan relevan, bukan saja bagi perempuan, bahkan bagi kaum laki-laki masa kini.
Dr. Ari Riswanto, M.Pd., MM / Dosen Universitas Linggabuana PGRI Sukabumi/Pengurus DPW Forum shilaturahmi Doktor Indonesia | Foto : Sukabumi Update
Sukabumi19 April 2024, 21:08 WIB

Dinsos Sukabumi Salurkan Program Makan Untuk Lansia Di Tegalbuleud Sukabumi

Dinas Sosial Kabupaten Sukabumi, bantu salurkan program bantuan makanan bagi lanjut usia (Lansia), yang merupakan program Kemensos RI.
Program makan bagi lansia di Tegalbuleud Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi19 April 2024, 21:04 WIB

Kronologi dan Dugaan Penyebab Meninggalnya Siswi Sukabumi saat Ikut Tes Seleksi Paskibraka

Berikut kronologi dugaan penyebab meninggalnya Kayla Nur Syifa Siswi Sukabumi peserta seleksi Paskibraka.
Suasana rumah duka Kayla Nur Syifa di Desa Cibentang, Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi, Jumat (19/4/2024). | Foto: SU/Asep Awaludin
Life19 April 2024, 20:29 WIB

5 Penjelasan Kenapa Seseorang Mudah Menangis Tanpa Sebab

Ketika seseorang menangis tanpa alasan yang jelas, hal itu seringkali dapat menjadi pengalaman yang membingungkan dan membuat frustrasi.
Kenapa seseorang mudah menangis tanpa sebab | Foto : pixabay/jouycristoo
Sukabumi19 April 2024, 20:11 WIB

Ratusan Buruh Garmen di Cicurug Sukabumi Demo Tuntut Perusahan Bayar Gaji

Ratusan buruh pabrik garmen berdemonstrasi di depan halaman PT Indo Garment Lestari (IGL) tepatnya di Kampung Bojong Pereng, Desa Nyangkowek, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Jumat (19/4/2024).
Sejumlah buruh pabrik garmen melakukan aksi demo di depan halaman PT IGL | Foto : Ibnu Sanubari