Ketahui 15 Keistimewaan Bulan Ramadan, Diturunkannya Al-Quran Hingga Bulan Ampunan

Kamis 09 Maret 2023, 15:30 WIB
Ketahui 15 Keistimewaan Bulan Ramadan, Diturunkannya Al-Quran Hingga Bulan Ampunan. | (Sumber : Freepik.com.)

Ketahui 15 Keistimewaan Bulan Ramadan, Diturunkannya Al-Quran Hingga Bulan Ampunan. | (Sumber : Freepik.com.)

SUKABUMIUPDATE.com - Ramadan adalah bulan suci yang penuh keistimewaan dan paling dirindukan umat Muslim di seluruh dunia, tak terkecuali di Indonesia. Banyak keistimewaan di bulan Ramadan yang tidak terjadi di bulan-bulan lainnya.

Keistimewaan bulan Ramadan dapat dirasakan langsung oleh umat Muslim, salah satunya terasa nikmat saat menjalankan ibadah. Di bulan suci Ramadan, umat Muslim memang dianjurkan melakukan perbuatan baik yang dapat mendatangkan pahala berlipat.

Itulah sebabnya kita harus tahu apa saja keistimewaan di bulan suci Ramadan. Dengan mengetahui jenis keistimewaan bulan Ramadan, membuat kita lebih bersemangat dalam menjalani beribadah.

Baca Juga: Sisa 7 Laga, Mampukah Persib Bandung Raih Gelar Juara Liga 1 2022/2023

Keistimewaan Bulan Ramadan

Selain kewajiban untuk berpuasa, ternyata terdapat keistimewaan bulan Ramadan lain yang harus diketahui umat muslim. berikut ini penjelasannya yang dikutip via Akurat.co.

1. Bulan diturunkannya alquran

Keistimewaan bulan Ramadan yang utama yaitu sebagai bulan diturunkannya Alquran. Hal ini dikarenakan pada bulan tersebut termasuk momen turunnya kitab suci Alquran atau syahrul quran sebagai petunjuk bagi manusia serta menjadi pembeda antara yang benar dan batil. Peristiwa ini menjadi bukti nyata atas kemulian dan keutamaan bulan Ramadan.

2. Ramadan bulan penuh berkah

Bulan Ramadan disebut juga sebagai bulan syahrun Mubarak yang artinya bulan yang diberkahi. Dinamakan syahrun Mubarak karena Ramadan memiliki berbagai keutamaan yang tidak dimiliki oleh bulan-bulan hijriah lainnya.

Baca Juga: Nyaris Diamuk Warga Sukabumi, Wanita Ini Pegang Paksa Anak dan Masuk Rumah Tanpa Izin

3. Dibukanya pintu surga dan ditutupnya pintu neraka

Pada bulan suci Ramadan akan dibukakan pintu-pintu surga dan ditutupnya pintu-pintu neraka. Allah SWT memberikan kesempatan kepada hambanya untuk masuk surga dengan mengerjakan ibadah dan amal shaleh selama bulan Ramadan, misalnya seperti membaca Al quran.

4. Bulan Ramadan penuh ampunan

Keistimewaan bulan Ramadan berikutnya yaitu menjadi momen paling baik untuk penghapusan dosa-dosa atau bertaubat. Dengan puasa dan rangkaian amalan lainnya seperti shalat tarawih, diharapkan dapat menjadi penghapus dosa yang telah kita lakukan. Hal ini sesuai denga hadis Nabi Muhammad SAW yang artinya:

Baca Juga: Warga Cibunarjaya Sukabumi Protes Jalan Butut Tak Kunjung Diperbaiki

"Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan karena penuh keimanan dan mengharap pahala dari Allah SWT, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu." (HR. Bukhari dan Muslim).

5. Terdapat malam lailatul qadar

Malam lailatul qadar merupakan malam yang dinanti oleh umat muslim karena pada malam itu merupakan peristiwa diturunkannya Al quran tepat pada 10 hari terakhir bulan Ramadan.

Lailatul Qadar adalah salah satu malam pada malam-malam terakhir dan ganjil di bulan Ramadan. Bahkan disebutkan bahwa malam Lailatul Qadar lebih baik dari seribu bulan.

6. Memberi makan sebanding dengan berpuasa seharian

Keistimewaan bulan Ramadan patut kita agungkan karena banya sekali limpahan pahala dan keberkahan. Misalnya saja cukup dengan memberikan makanan atau minuman berbuka puasa maka akan mendapatkan pahala sebanyak pahala orang puasa. Telah dijelaskan dalam hadis Riwayat Ahmad yang artinya:

Baca Juga: Agnes Gracia Resmi Ditahan LPKS Cipayung, Ini 4 Bukti yang Memberatkannya

"Barangsiapa memberi perbukaan (makanan atau minuman) kepada orang yang berpuasa, maka dia akan mendapat pahala seperti pahala orang yang berpuasa itu, tanpa mengurangi sedikitpun pahala orang yang berpuasa tersebut." (HR. Ahmad)

7. Puasa di Bulan Ramadan merupakan bagian dari rukun Islam

Berdasarkan surah Al Baqarah ayat 185 yakni Allah SWT telah menjadikan puasa yang ditunaikan di bulan Ramadhan sebagai rukun yang keempat dari rukun Islam. Bahkan dalam hadis juga telah disebutkan, Ibnu Umar meriwayatkan bahwa Nabi Muhammad SAW, bersabda:

"Islam dibangun atas lima (rukun); Bersaksi bahwa tiada Tuhan yang berhak disembah melainkan Allah, dan sesungguhnya Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya, mendirikan salat, menunaikan zakat, berpuasa di bulan Ramadhan, dan haji ke Baitullah." (HR. Bukhari dan Muslim).

8. Bulan Ramadan menjadi waktu sedekah terbaik

Bulan Ramadan menjadi waktu sedekah terbaik dibandingkan dengan waktu lainnya. Rasulullah SAW pemah ditanya; Sedekah apakah yang paling mulia? Beliau menjawab: “Yaitu sedekah dibulan Ramadhan.” (HR Tirmidzi).

Sebagai keistimewaan di bulan yang penuh berkah alangkah baiknya kita tidak ragu dalam berbagi kebaikan. Bahkan Allah SWT menjajikan akan melipatgandakan rezeki kita.

9. Mustajabnya berdoa di bulan Ramadan

Doa yang dipanjatkan pada bulan suci ini lebih mustajab atau mudah dikabulkan. Hal ini sesuai dengan hadis Rasulullah SAW yang artinya:

"Sesungguhnya Allah membebaskan beberapa orang dari api neraka pada setiap hari di bulan Ramadhan, dan setiap muslim apabila dia memanjatkan doa maka pasti dikabulkan." (HR. al-Bazaar, dari Jabir bin Abdillah. Al-Haitsami dalam Majma Az Zawaid mengatakan bahwa perawi hadis ini tsiqah atau terpercaya).

10. Puasa dan mengaji menjadi syafaat di akhirat kelak

Amalan berpuasa dan membaca Al quran kelak akan memberikan syafaat kepada orang yang menunaikannya. Rasulullah SAW bersabda yang artinya:

Puasa dan Al Quran akan memberikan syafaat seorang hamba pada hari kiamat. Puasa berkata: “Ya Rabbi, aku mencegahnya dari makan dan minum di siang hari”, ِAl Quran juga berkata: “Aku mencegahnya dari tidur dimalam hari, maka kami mohon syafaat buat dia.” Beliau bersabda: “Maka keduanya dibolehkan memberi syafaat.” (HR Ahmad)

11. Puasa di bulan Ramadan senilai dengan puasa 10 bulan

Pahala yang berlimah berasal dari puasa satu bulan akan dilipatgandakan layaknya berpuasa setahun.

Imam Ahmad meriwayatkan, bahwasanya Nabi SAW bersabda:

"Siapa yang berpuasa pada bulan Ramadhan, maka satu bulan sama seperti sepuhu bulan. Dan siapa yang berpuasa setelah itu, berpuasa selama enam hari sesudah Id (Syawawl), hal itu sama nilainya dengan puasa sepurna satu tahun." (HR. Ahmad).

12. Umrah yang dilakukan di bulan Ramadan sama seperti dengan pahala haji

Orang yang melakukan ibadah umrah di bulan Ramadan, maka pahala yang didapatkan seperti pahala melakukan haji.

13. Ramadan menjadi bulan kesabaran

Ramadan menjadi bulan kesabaran artinya umat muslim selama satu bulan diwajibkan untuk berpuasa dengan menahan lapar dan dahaga serta menahan diri dari segala hawa nafsu termasuk amarah.

14. Ramadan adalah bulan jihad dan perjuangan

Sejarah mencatat perang besar umat Islam terjadi pada bulan Ramadan, tepatnya tahun kedua setelah hijrah. Perang tersebut adalah Perang Badar. Dr. Raghib As-Shirjani dalam bukunya Ramadhan wa Bina' al-Ummah menyebut bahwa kunci kemenangan perang tersebut adalah bulan Ramadan.

15. Ramadan adalah bulan zakat, sedekah dan infak

Di bulan suci Ramadan ini umat Islam diwajibkan untuk memenuhi salah satu rukun Islam yaitu dengan melakukan zakat dan memperbanyak sedekah serta infak.

Baca Juga: 7 Mitos Bunga Wijaya Kusuma, Datangkan Jodoh Hingga Kesayangan Nyi Roro Kidul

Nah, itulah beberapa keistimewaan di bulan Ramadan, semoga dengan kita menjalankan ibadah puasa dan ibadah lainnya di bulan Ramadan dapat membawa keberkahan dalam kehidupan yang kita jalani.

Sumber: Akurat.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Produk26 April 2024, 13:21 WIB

Simak Cara Mencairkan Saldo BPJS Ketenagakerjaan Peserta yang Meninggal Dunia

Saldo JHT peserta dapat diklaim oleh ahli warisnya yang sah.
Ilustrasi dari BPJS Ketenagakerjaan. | Foto: BPJS Ketenagakerjaan
Bola26 April 2024, 13:00 WIB

Persis Solo vs Persita Tangerang di Liga 1, Pendekar Cisadane Terancam Degradasi!

Persita Tangerang diambang ancaman degradasi apabila kala di laga melawan Persis Solo.
Persita Tangerang diambang ancaman degradasi apabila kala di laga melawan Persis Solo. (Sumber : X/@persisofficial/@Persitajuara).
Sehat26 April 2024, 12:30 WIB

8 Rekomendasi Makanan untuk Mengatasi Gejala Batuk Pilek

Berikut Rekomendasi Makanan untuk Mengatasi Gejala Batuk Pilek. Sudah Coba?
Sup Ayam. Rekomendasi Makanan untuk Mengatasi Gejala Batuk Pilek (Sumber : Freepik/@freepik)
Bola26 April 2024, 12:00 WIB

Prediksi Calon Lawan Timnas Indonesia di Semifinal Piala Asia U-23 2024

Indonesia lolos ke semifinal Piala Asia U-23 2024 dan akan menghadapi dua calon kuat antara Arab Saudi dan Uzbekistan.
Indonesia lolos ke semifinal Piala Asia U-23 2024 dan akan menghadapi dua calon kuat antara Arab Saudi dan Uzbekistan. (Sumber : X/@TimnasIndonesia).
Bola26 April 2024, 11:46 WIB

Saingan Prabowo Gibran? Netizen dan Media Korsel Kompak Usung Shin Tae-yong jadi Presiden RI 2029

Ucapan selamat dan meme bertebaran di media sosial.
Media Korsel: Shin Tae-yong Calon Presiden Indonesia 2029-2034 (Sumber: Tangkap layar Twitter)
Life26 April 2024, 11:30 WIB

10 Kebiasaan Orang Miskin yang Membuatnya Sulit Kaya, Apa Kamu Termasuk?

Inilah Beberapa Kebiasaan Orang Miskin yang Membuatnya Sulit Kaya, Apa Kamu Termasuk Salah Satunya?
Ilustrasi. Rebahan Malas Gerak. Kebiasaan Orang Miskin yang Membuatnya Sulit Kaya (Sumber : Freepik)
Life26 April 2024, 11:13 WIB

Ini 5 Cara untuk Mengajari Anak Berpikir Sendiri, Salah Satunya Berikan Contoh

Mengambil langkah mundur dan membiarkan anak-anak berpikir sendiri mungkin merupakan tugas yang sulit bagi orang tua.
Ilustrasi mengajari anak berpikir sendiri. | Foto: Freepik
Life26 April 2024, 11:03 WIB

Perhatikan Dampaknya, Terapkan 6 Cara Ini untuk Mengajari Anak Bersikap Baik

Mengajarkan Anak tentang kebaikan merupakan hal yang sangat penting agar mereka memiliki rasa empati terhadap sesama.
Ilustrasi anak bersikap baik. | Foto: Freepik/@freepik
Aplikasi26 April 2024, 11:00 WIB

Mudah dan Gak Perlu Ribet! 3 Cara Menambahkan Tanda Tangan Online di PDF

Ada beberapa cara untuk menambahkan tanda tangan online di file PDF.
Ilustrasi - Ada beberapa cara untuk menambahkan tanda tangan online di file PDF. (Sumber : Freepik.com).
Life26 April 2024, 10:43 WIB

Tetapkan Peraturan, Terapkan 5 Tips Berikut untuk Mengasuh Anak Keras Kepala

Mengasuh anak yang berkemauan keras terkadang bisa menjadi tantangan. Namun inilah yang direkomendasikan para ahli untuk membantu hubungan Anda dengan anak Anda berkembang.
Ilustrasi anak keras kepala. | Foto: Freepik/@stocking