7 Ide Usaha Makanan saat Ramadan, Yuk Mengais Rezeki di Bulan Puasa

Kamis 09 Maret 2023, 13:30 WIB
Ilustrasi 7 Ide Usaha Makanan saat Ramadan, Yuk Mengais Rezeki di Bulan Puasa (Sumber : Freepik/odua)

Ilustrasi 7 Ide Usaha Makanan saat Ramadan, Yuk Mengais Rezeki di Bulan Puasa (Sumber : Freepik/odua)

SUKABUMIUPDATE.com - Ramadan 1444 H hanya tinggal menghitung hari, ada banyak hal yang bisa dipersiapkan untuk menyambut bulan puasa, salah satunya menyiapkan ide usaha.

Seperti yang diketahui, bulan puasa menjadi salah satu bulan penuh berkah. Banyak orang memulai membuka usaha kecil-kecilan selama bulan ramadan, seperti takjil untuk berbuka puasa.

Dan berikut kami bagikan ide usaha di bulan puasa untuk mengais rezeki selama Ramadan 1444 H, seperti melansir dari Suara.com. Yang mau coba yuk disimak di bawah ini.

Baca Juga: 4 Tips Puasa Bagi Ibu Menyusui agar ASI Tetap Lancar saat Ramadan

1. Jualan Kolak

Kolak adalah menu khas buka puasa. Sajian ini selalu ramai diburu banyak orang menjelang buka puasa. Oleh karena itu, kolak bisa jadi ide jualan takjil di bulan Ramadhan.

Selain kolak, Anda juga bisa menyediakan menu lainnya seperti es cendol, es pisang ijo, bubur sumsum, es cincau hitam, dan lainnya.

Baca Juga: Sinopsis Dirty Grandpa, Film Komedi Super Lucu yang Pastinya Menghibur

2. Jualan Berbagai Minuman Segar

Salah satu ide jualan di bulan Ramadhan adalah aneka minuman segar. Saat berbuka puasa, biasanya akan ada banyak orang yang berburu minuman segar dan manis.

Adapun beberapa inspirasi minuman segar yang biasa dijual di bulan Ramadhan yaitu minuman boba, es buah, es jus, es mangga jelly, es kelapa muda, dan beberapa minuman menyegarkan lainnya.

Baca Juga: Sinopsis Street King, Saksikan Aksi Keanu Reeves dan Chris Evan di Bioskop Trans TV

3. Jualan Buah-Buahan

Saat Ramadan, buah-buahan banyak dicari untuk mencukupi kebutuhan nutrisi selama berpuasa. Selain itu, buah-buahan juga biasanya diperlukan oleh orang yang membuat takjil sendiri, seperti kolang-kaling, timun suri, dan es blewah.

Usaha ini tentunya bisa menghasilkan selama Ramadan. Untuk modal yang diperlukan dalam bisnis ini bervariasi tergantung dari berapa jumlah yang akan Anda jual.

4. Jualan Frozen Food

Ide jualan lain yang bisa dijajakan saat Ramadhan yaitu frozen food. Makanan jenis ini pastinya laris manis di bulan puasa karena dianggap simple serta cepat disajikan, terutama waktu makan sahur.

Frozen Food ini memiliki berbagai macam seperti aneka nuget, ayam, bakso, sosis, kentang goreng, aneka dimsum, dan berbagai banyak lagi yang lainnya.

5. Jualan Gorengan

Aneka gorengan juga bisa jadi ide jualan yang menarik di bulan Ramadhan. Biasanya saat ngabuburit, banyak orang berburu gorengan untuk tambahan lauk berbuka. 

Ada banyak macam gorengan yang bisa dijual seperti mendoan, bakwan, tahu goreng isi, goreng pisang, dan lainnya.

6. Jual Makanan Kekinian

Makanan kekinian juga bisa jadi ide jualan yang menarik di bulan Ramadan. Sajian ini pasti bisa langsung mencuri perhatian banyak kaum muda karena mereka biasanya suka sesuatu yang baru

Ada banyak macam makanan kekinian. Beberapa di antaranya yaitu salted egg chicken, bakso aci, seblak, jamur crispy, donat Indomie, kue cubit, Churros, banana nuget, takoyaki, sate taichan, dan banyak lagi lainnya.

7. Jualan Lauk Pauk

Mungkin ada sejumlah orang yang tidak sempat memasak untuk buka puasa. Biasanya mereka akan memilih berburu lauk untuk berbuka. Oleh karena itu, jualan lauk pauk di bulan puasa bisa jadi ide yang menarik.

Ada beragam lauk pauk yang bisa dijajakan di bulan Ramadhan seperti aneka sayur bening, aneka sayur lodeh, aneka gorengan, olahan ayam, olahan telur, dan lainnya.

Nah itulah tujuh ide usaha di bulan Puasa untuk mendapatkan penghasilan tambahan selama Ramadan.

Sumber: Suara.com (Ulil Azmi)

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi15 Juni 2024, 11:35 WIB

Rekaman Perang Senjata Tajam di Sukabumi, Tengah Malam di Jalur Baru Sukaraja

Jumat dini hari (14/6/2024), dua kelompok anak muda terlibat perang senjata tajam di jalan raya Baru Sukaraja, Desa Pasirhalang Kecamatan Sukaraja Kabupaten Sukabumi.
Perang senjata tajam dua kelompok pemuda di jalan baru Sukaraja Kabupaten Sukabumi, Sabtu dini hari (15/6/2024) (Sumber: cctv)
Life15 Juni 2024, 11:30 WIB

20 Penyebab Nyeri Panggul Saat Kehamilan yang Perlu Diwaspadai Para Ibu

Mengalami nyeri panggul saat sedang hamil bisa jadi menakutkan. Berikut cara mengetahui apakah gejalanya normal atau memerlukan perhatian medis.
Ilustrasi ibu hamil mengalami nyeri panggul selama masa kehamilan (Sumber : Freepik.com)
Film15 Juni 2024, 11:00 WIB

Harta, Tahta, dan Raisa, Film Dokumenter yang Mengisahkan Perjalanan Karir Raisa

Film Harta, Tahta, Raisa, adalah film dokumenter yang mengisahkan perjalanan karir raisa sebagai seorang penyanyi di Indonesia dan penyanyi perempuan pertama yang bisa menggelar konser tunggal di GBK
Poster film Harta, Tahta, dan Raisa, Film Dokumenter yang Mengisahkan Perjalanan Karir Raisa (Sumber : instagram/@raisa6690)
Sukabumi15 Juni 2024, 10:55 WIB

Dinkes Kota Sukabumi Angkat Bicara Soal Bayi 3 Bulan Meninggal Dunia Usai Imunisasi

Dinas Kesehatan Kota Sukabumi memberikan tanggapan terkait kasus meninggalnya seorang bayi laki-laki berusia tiga bulan, Muhammad Kenzie Arifin, yang diduga akibat imunisasi yang diterimanya.
Ilustrasi Bayi meninggal usai imunisasi di Puskesmas Warudoyong Kota Sukabumi (Sumber : Freepik/sacyks)
Sehat15 Juni 2024, 10:30 WIB

Asam Urat Kambuh Di Malam Hari? Simak Ulasan Berikut Agar Tidur Lebih Nyenyak

Asam urat adalah kondisi kronis dan menyakitkan yang dapat menyebabkan gangguan tidur jika kambuhnya terjadi di malam hari
Ilustrasi asam urat kambuh di malam hari (Sumber : Freepik.com/@lookstudio)
Life15 Juni 2024, 10:00 WIB

Bukan Sekadar Modal Ganteng, 10 Tipe Pria yang Pantas Kamu Perjuangkan untuk Jadi Pasangan Hidup

Ada beberapa tipe pria yang pantas diperjuangkan untuk menjadi belahan jiwa
Ilustrasi - Ada beberapa tipe pria yang pantas diperjuangkan untuk menjadi belahan jiwa. (Sumber : Freepik.com/@marymarkevich)
Sehat15 Juni 2024, 09:45 WIB

Bolehkah Penderita Diabetes Konsumsi Santan? Simak Alasan dan Makanan Penggantinya

Penderita diabetes wajib mengetahui apakah santan aman dikonsumsi olehnya atau tidak serta bahan makanan pengganti santan yang diperbolehkan
Ilustrasi santan apakah boleh dikonsumsi bagi penderita diabetes (Sumber : Pixabay.com/@Lisa Redfern)
Sukabumi Memilih15 Juni 2024, 09:13 WIB

Juga Merapat ke PPP, Fikri Abdul Ajiz Galang Dukungan untuk Calon Wakil Bupati Sukabumi

Fikri dan tim pemenangannya menyambangi Kantor DPC Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kabupaten Sukabumi
Fikri menyambangi Kantor DPC PPP Kabupaten Sukabumi, di Jalan Sukabumi-Bogor, Desa Cibolang Kaler, Kecamatan Cisaat, Kamis 13 Juni 2024.
Sehat15 Juni 2024, 09:00 WIB

Idul Adha Makan Daging Tapi Tetap Sehat: 5 Tips yang Harus Anda Lakukan

Menikmati berbagai olahan daging selama Idul Adha adalah bagian dari perayaan, tetapi penting untuk melakukannya dengan bijak.
Ilustrasi Tongseng Sapi - Menikmati berbagai olahan daging selama Idul Adha adalah bagian dari perayaan, tetapi penting untuk melakukannya dengan bijak. (Sumber : via Titipku.com)
Sukabumi15 Juni 2024, 08:30 WIB

Sering Ngamuk Usai Cerai, Pria di Ciracap Sukabumi Dibawa Ke RSJ

Seorang pria bernama AS (58 tahun) di Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, dievakuasi oleh pemerintah desa setempat ke Rumah Sakit Jiwa (RSJ) karena sering mengamuk dan membahayakan lingkungan.
AS di dalam kendaraan ambulans RSJ Provinsi Jawa Barat, saat akan berangkat | Foto : Ragil Gilang