12 Ide Bekal Untuk Anak TK yang Bisa Bunda Tiru, Praktis Dan Bergizi!

Rabu 08 Februari 2023, 08:00 WIB
Ilustrasi. Bekal untuk anak TK harus unik dan bergizi agar anak tidak bosan serta bisa mencukupi gizi yang dibutuhkan | Foto: Pixabay/BubbleJuice

Ilustrasi. Bekal untuk anak TK harus unik dan bergizi agar anak tidak bosan serta bisa mencukupi gizi yang dibutuhkan | Foto: Pixabay/BubbleJuice

SUKABUMIUPDATE.com - Ibu kadang merasa kebingungan saat menyiapkan bekal untuk anak TK mengingat anak-anak mudah merasa bosan.

Selain itu, bekal untuk anak TK juga harus memperhatikan kandungan nutrisi agar bisa memenuhi gizi anak yang sedang dalam masa pertumbuhan. Ibu harus pandai membuat bekal untuk anak TK yang menarik agar anak mau menyantap makanan tersebut.

Sebaiknya bekal itu setiap hari berbeda-beda untuk menghindari anak merasa bosan yang akhirnya bisa menyebabkan Ia malas untuk makan.

Baca Juga: 7 Makanan Penyebab Perut Buncit, Salah Satunya Gorengan!

Ada beberapa rekomendasi ide bekal untuk anak TK selain nasi yang praktis dan bergizi. Berikut beberapa diantaranya seperti dikutip dari Tempo.co.

1. Mi Goreng

Bekal anak TK selain nasi untuk si kecil adalah mi goreng. Hampir semua anak suka makan mi. Selain itu, mi goreng sangat mudah dibuat dan praktis. Ibu bisa menambahkan sayuran sawi dan telur atau sosis sebagai pelengkap nutrisi si kecil. Anak pasti akan menyukainya.

Baca Juga: Mengintip Lokasi Rest Area di Lintasan Tol Bocimi Seksi III Sukabumi

2. Pisang Nugget Keju

Pisang nugget keju juga ide bekal anak TK yang praktis sekaligus bernutrisi. Pisang sendiri mengandung karbohidrat, protein, serat dan juga merupakan sumber energi.Selama anak di sekolah sumber energinya tetap akan terjaga.

Pembuatannya juga tidak sulit, ibu bisa membuat bahan-bahannya pada malam hari dan pagi harinya tinggal digoreng saja. Jika si kecil penyuka keju, bisa parutkan keju yang banyak ya.

Baca Juga: Bos Aos Preman Pensiun 8 Kembali ke Terminal, Rest In Peace Terusir dari Parkiran?

3. Sandwich Telur

Bekal anak TK dari roti tawar yang pasti disukai si kecil ada sandwich telur. Sesuai namanya, sandwich ini terdiri dari isian telur, mayonaise, garam, susu dan sedikit lada (sesuai selera). Sangat sederhana dan tidak butuh waktu lama untuk membuatnya.

4. Nasi Goreng Ayam Sosis

Pernah mendengar pepatah "Kalau belum kena nasi, belum makan"? Nah, jika si kecil biasa makan nasi. Cobalah untuk membuat nasi goreng ayam sosis sebagai bekal makan siangnya.

Baca Juga: Ketentuan Membayar Hutang Puasa, Simak Sebelum Bulan Ramadan Segera Tiba

Rasanya yang lezat dan kaya akan rempah-rempah, membuat nasi goreng disukai banyak orang dan menjadi salah satu bekal yang mengenyangkan.

5. Roti Bakar Coklat Keju

Bekal anak TK dari roti tawar yang bisa Ibu buat adalah roti bakar coklat keju. Buatnya yang tidak ribet menjadi salah satu alasan bekal ini cocok untuk anak. Perpaduan rasa manis dan asin cocok untuk menemani makan siang si kecil.

Baca Juga: Kenapa Persib Bandung Dijuluki Pangeran Biru? Ternyata Ini Alasannya

6. Nasi Chicken Katsu

Bagi si kecil yang gampang lapar, nasi chicken katsu adalah pilihan yang tepat untuk memenuhi nutrisi dan karbohidratnya saat berada di sekolah. Daging ayam krispi di luarnya dan lembut di dalamnya sangat menggugah selera saat dimakan.

Apalagi jika diperlengkap dengan saus untuk menambah sensasi pedasnya, namun saus hanya diperuntukkan bagi si kecil penyuka pedas ya.

7. Agar-Agar Bentuk Kartun

Ide bekal anak simple ada agar-agar. Agar-agar adalah salah satu bentuk bekal yang simple untuk si kecil. Ibu bisa mengkreasikan agar-agar ke dalam bentuk kartun favorit mereka. Untuk menambah gizi makan siang si kecil, ibu bisa menambahkan biskuit dan susu untuk pelengkap makanannya.

Baca Juga: Sinopsis Film Survivor Dibintangi Milla Jovovich Akan Tayang di Bioskop Trans TV

8. Roti Nutella Bergambar

Bekal anak TK sederhana selanjutnya ada roti nutella bergambar. Tak hanya roti nutella, bekal ini juga bisa diperlengkap dengan sate telur puyuh yang sudah di semur, biskuit, dan buah anggur yang dicetak berbentuk bunga-bunga dan tak lupa untuk memberikan hiasan keju di pinggir roti. Dengan bekal yang dikreasikan ibu, anak pasti akan lahap memakannya.

9. Spaghetti Teriyaki

Bekal anak TK yang pasti dimakan oleh anak adalah spaghetti teriyaki. Spageti juga merupakan menu yang paling digemari dan dicari oleh si anak.

Baca Juga: Sederet Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan, Bisa Obati Asam Lambung

Memiliki kandungan yang tinggi seperti zat besi, protein, karbohidrat, kalsium cukup untuk memenuhi kebutuhan si kecil selama di luar rumah. Bekal spaghetti juga bisa dikreasikan dengan menambahkan buah pisang, nugget, dan chiki.

10. Sate Buah Segar

Bekal anak selanjutnya ada sate buah. Jika si kecil lagi tidak mood untuk makan, coba bawakan sate buah sebagai bekal anak. Warna warna yang cerah bisa membuat anak tertarik untuk memakannya. Ibu juga bisa menambahkan kentang goreng dan susu sebagai pelengkap bekal anak untuk di sekolah.

Baca Juga: 5 Tempat Ngopi di Sukabumi, Cocok Buat Kumpul Santai Pas Weekend

11. Nasi Gulung Sushi

Ibu bisa mengkreasikan bekal anak dengan ala-ala sushi. Ibu bisa membuat nasi gulung sushi untuk bekal. Bentuknya yang unik dan menggemaskan tentu menarik perhatian anak untuk segera memakannya. Tak lupa untuk menambahkan sosis, wortel, serta nugget.

12. Nasi Omelet

Bekal anak TK sederhana yang terakhir ada nasi omelet. Ini merupakan menu bekal yang paling gampang dibuat serta bernutrisi. Ibu bisa mengkreasikan omelette dengan dibentuk bunga ataupun bentuk yang lucu-lucu agar si kecil mau memakannya. Tak lupa untuk diimbangi dengan membawakan bekal susu.

Sumber: Tempo.co/Dwi Lucy Susetiowati

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi06 Mei 2024, 22:27 WIB

Momen Hardiknas, Diarpus Sukabumi Bicara Program Pendukung Gerakan Merdeka Belajar

Kepala Diarpus Kabupaten Sukabumi Aisah dukung gerakan merdeka belajar agar generasi Indonesia emas bisa tercapai.
Program Pusling Diarpus Kabupaten Sukabumi di SMK Doa Bangsa Palabuhanratu 30 Maret 2024. (Sumber : IG UPP Palabuhanratu)
Sukabumi06 Mei 2024, 21:34 WIB

UPTD PU Sagaranten Tangani Longsor di Irigasi Binongsari Curugkembar Sukabumi

UPTD PU Wilayah Sagaranten melakukan penanganan sementara bencana longsor yang sempat menimbun aliran irigasi Binongsari Curugkembar Sukabumi.
Kabag TU UPTD Wilayah Sagaranten, Ami Amalia saat meninjau  penanganan longsor di Daerah Irigasi (DI) Binongsari, Curugkembar Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi Memilih06 Mei 2024, 21:19 WIB

Solusi Ayep Zaki Soal SDM hingga Penanganan Kemiskinan di Kota Sukabumi

Ayep Zaki menyebut dua persoalan yang harus diperhatikan di Kota Sukabumi yakni soal peningkatan kapasitas sumber daya manusia, dan soal kemiskinan.
Ayep Zaki dan Fungsionari HIMASI Kota Sukabumi | Foto : Ist
Sehat06 Mei 2024, 21:00 WIB

Terbangun dengan Tidak Nyaman, 10 Tips Jitu Menghentikan Asam Lambung Naik Saat Tidur

Terkadang jika Asam Lambung terjadi pada malam hari dapat menyebabkan tersedak saat tidur.
Ilustrasi - Terkadang jika Asam Lambung terjadi pada malam hari dapat menyebabkan tersedak saat tidur. (Sumber : Freepik.com/@stefamerpik).
Sukabumi06 Mei 2024, 20:27 WIB

Ratusan Perumahan di Kota Sukabumi Belum Serahkan PSU, Ini Upaya DPUTR

DPUTR Kota Sukabumi tengah fokus mengintensifkan upaya pengambil alihan PSU Perumahan.
Kepala DPUTR Kota Sukabumi, Sony Hermanto. (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Sukabumi06 Mei 2024, 20:07 WIB

Anggaran Rp36 M: Jalan Rusak Jampangtengah-Kiaradua Sukabumi Mulai Diperbaiki

Sempat dikeluhkan warga, akhirnya jalan provinsi ruas Jampangtengah - Kiaradua mulai diperbaiki oleh Dinas Bina Marga Dan Penataan Ruang Provinsi Jawa Barat.
Perbaikan jalan provinsi ruas Jampangtengah-Kiaradua Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Life06 Mei 2024, 20:00 WIB

5 Cara Membantu Anak yang Takut Bertemu Orang Baru, Bunda Harus Tahu Nih

Bersabar, suportif, dan adalah kunci membantu anak Anda untuk menemukan cara mereka sendiri untuk mengatasi rasa takut bertemu orang baru.
Ilustrasi - Bersabar, suportif, dan adalah kunci membantu anak Anda untuk menemukan cara mereka sendiri untuk mengatasi rasa takut bertemu orang baru. (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi Memilih06 Mei 2024, 19:31 WIB

Resmi Berkoalisi dengan 4 Partai, PKS Usulkan Tiga Nama untuk Calon Bupati Sukabumi

Dewan Pimpinan Daerah Partai Keadilan Sejahtera (DPD PKS) Kabupaten Sukabumi sudah resmi berkoalisi dengan empat partai lainnya, yaitu PKB, Demokrat, PDIP dan PAN.
M. Sodikin, Ketua DPD PKS Kabupaten Sukabumi | Foto : Syams
Life06 Mei 2024, 19:00 WIB

13 Cara Sederhana Mengatasi Asam Lambung atau GERD yang Bisa Anda Lakukan

Asam lambung atau GERD dapat diatasi dengan cara-cara sederhana.
Ilustrasi seorang perempuan mengalami asam lambung (gerd) - Asam lambung atau GERD dapat diatasi dengan cara-cara sederhana.| Foto : Freepik/@diana.grytsku
Sukabumi06 Mei 2024, 18:40 WIB

Perkuat Ketahanan Pangan, Pemkab Sukabumi Teken Kerja Sama dengan Pemkot Bekasi

Pemkab Sukabumi Teken Kerja Sama dengan Pemkot Bekasi soal Ketahanan pangan hingga pariwisata.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami saat menandatangani MoU kerja sama dengan Pemkot Bekasi. (Sumber : Diskominfosan Kab. Sukabumi)