TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
bankbjb

Ingin Turun Berat Badan? Yuk, Rutin Jalan Kaki Setiap Hari!

Rutin melakukan jalan kaki dipercaya dapat membantu menurunkan berat badan.

Penulis
Senin 30 Jan 2023, 05:15 WIB

Ilustrasi. Rutin Jalan Kaki untuk Turunkan Berat Badan (Sumber : pixabay.com)

SUKABUMIUPDATE.com -Berat Badan menjadi salah satu kekhawatiran bagi sebagian orang karena dianggap suatu kekurangan. Sehingga olahraga kerap dilakukan guna menurunkan bobot tubuh tersebut.

Olahraga populer untuk menurunkan berat badan ini misalnya jalan kaki atau jogging.

Rutinitas melakukan jalan kaki dipercaya dapat membantu menurunkan berat badan seseorang.

Baca Juga: 8 Bahasa Tubuh Perempuan Tanda Dia Jatuh Cinta Padamu, Pemuda Sukabumi Sudah Tahu?

Mengutip Tempo.co, kini semakin banyak para influencer yang menyarankan untuk jalan kaki untuk bisa lebih aktif. Harapannya kebiasaan jalan kaki itu bisa membakar kalori yang ada di dalam tubuh demi mendapatkan berat badan ideal. 

Guru Besar Pangan dan Gizi dari Institut Pertanian Bogor (IPB) Ali Khomsan, menyarankan agar orang-orang yang ingin mencapai berat badan ideal, membiasakan diri jalan kaki dengan kecepatan 5 kilometer perjam. 

"Berjalan kaki sekitar lima kilometer per jam itu dianggap jalan kaki cepat. Kalau kita berjalan 4000 hingga 6000 langkah sehari, maka kita bisa menjadi orang yang aktif, 10.000 langkah sehari lebih baik," kata dia dalam acara bertema "Hari Gizi Nasional: Pentingnya Gizi Seimbang Dalam Kehidupan Sehari - hari" by Nestle di Jakarta, Rabu 25 Januari 2023.

Menurut Ali, jalan kaki cepat tergolong aerobik dan kegiatan ini berpengaruh pada penurunan berat badan. Ia mengatakan, berjalan dengan kecepatan 5 kilometer perjam, sebenarnya tidak akan membuat orang sampai berlari kecil. Dengan membiasakan diri berjalan sebanyak itu pun tidak akan membuat seseorang terengah-engah. "Jalan secepat 5 kilometer perjam itu kira-kira jalan cepat, tidak sampai lari kok," katanya.

Baca Juga: 6 Bahasa Tubuh Pria yang Menandakan Dia Menyimpan Rasa Sama Kamu

Sebuah studi yang dilakukan mahasiswa program doktor di IPB pun memperlihatkan bahwa semakin banyak orang berjalan akan membantu menurunkan berat badan. Mahasiswa itu, kata Ali, memperlihatkan 2 kelompok orang yang jalan kaki 60 menit dan 40 menit. Kedua kelompok itu masyarakat diminta berjalan dengan kecepatan 5 kilometer per jam secara teratur selama12 pekan. Hasilnya, kelompok orang yang jelan 60 menit memiliki berat badan; indeks massa tubuh; dan lingkar pinggang lebih baik dibanding mereka yang berjalan kaki 40 menit. 


Halaman :
Berita Terkait
BERITA TERPOPULER
Berita Terkini