BPJS Ketenagakerjaan Kecam Aksi Calo Klaim Program Jaminan Sosial

Senin 24 Juni 2024, 21:12 WIB
Ilustrasi praktik calo dalam pendaftaran program jaminan sosial | Foto : Pixabay

Ilustrasi praktik calo dalam pendaftaran program jaminan sosial | Foto : Pixabay

SUKABUMIUPDATE.com - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan secara tegas mengutuk praktik calo dalam pendaftaran program jaminan sosial yang dilaksanakannya. Langkah tegas ini diambil setelah adanya laporan dan investigasi internal yang mengungkapkan adanya oknum tidak bertanggung jawab yang menawarkan jasa ilegal untuk mempermudah pendaftaran.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan, Oki W Gandha, menegaskan bahwa pihaknya akan menindak tegas siapa pun yang terlibat dalam kegiatan ilegal tersebut. "Kami mendapat laporan tentang praktik calo yang menyalahgunakan sistem pendaftaran kami. Kami akan bekerja sama dengan pihak kepolisian untuk mengusut tuntas dan memberikan sanksi sesuai hukum bagi para pelaku," kata Oki kepada sukabumiupdate.com, Senin, (24/62024).

Praktik calo tersebut, menurut Oki, merugikan tidak hanya BPJS Ketenagakerjaan tetapi juga masyarakat yang justru menjadi korban dari praktik ini. "Pendaftaran program jaminan sosial harus dilakukan secara transparan dan sesuai dengan prosedur yang berlaku. Setiap upaya untuk memanfaatkan kebutuhan masyarakat dengan cara-cara ilegal adalah hal yang patut dikutuk," tambahnya.

Baca Juga: BPJS dan UU Desa Baru: Kades, Perangkat dan BPD Dilindungi Jamsostek

BPJS Ketenagakerjaan Sukabumi juga mengimbau masyarakat untuk tidak tergiur dengan tawaran dari pihak-pihak yang tidak resmi. "Kami memiliki sistem yang mudah diakses untuk pendaftaran program jaminan sosial. Kami akan terus melakukan sosialisasi agar masyarakat dapat mengakses layanan ini dengan mudah dan aman," ungkap Oki.

Langkah ini diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap pelayanan BPJS Ketenagakerjaan serta memberikan perlindungan yang lebih baik bagi pekerja dan keluarganya. BPJS Ketenagakerjaan berkomitmen untuk terus meningkatkan pengawasan dan keamanan sistem pendaftaran guna mencegah praktik-praktik yang merugikan masyarakat.

Di samping itu, Oki juga mengajak masyarakat untuk aktif melaporkan jika mengetahui adanya indikasi praktik calo atau kecurangan dalam pendaftaran program jaminan sosial. "Kami membutuhkan partisipasi semua pihak untuk menjaga integritas dan keadilan dalam layanan yang kami berikan," tutupnya.

Dengan langkah-langkah tegas ini, diharapkan praktik calo dalam pendaftaran program jaminan sosial dapat diminimalisir, sehingga tujuan utama BPJS Ketenagakerjaan untuk memberikan perlindungan sosial yang adil dan merata dapat tercapai dengan baik.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi20 Juli 2024, 22:33 WIB

Sempat Terserempet Motor, Surtini Korban Tewas Tabrak Lari Mobil di Sukabumi

Euis membiarkan Surtini karena belum mengetahui kondisi kepribadiannya.
Euis Julaeha (54 tahun), ketua RT tempat Surtini (62 tahun) menjadi korban tabrak lari mobil di Kampung Ciutara RT 16/07 Desa Pondokkaso Landeuh, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi. | Foto: SU/Ibnu Sanubari
Arena20 Juli 2024, 21:07 WIB

Pertama di Asia, Atlet Asal Sukabumi Berhasil Lakukan 10 Kali Juggling Bola di Udara

Fikri terbang dengan ketinggian 1.300 mdpl didampingi pilot paralayang profesional, Derry Farhan Mutaqin.
Muhammad Fikri Sirath saat melakukan juggling bola di udara. | Foto: Muhammad Fikri Sirath
Life20 Juli 2024, 21:00 WIB

10 Cara Mengetahui Karakter Seseorang, Perhatikan Bagaimana Dia Mengelola Uang

Mengetahui karakter seseorang memerlukan observasi mendalam dan interaksi yang konsisten.
Ilustrasi. Mengetahui karakter seseorang memerlukan observasi mendalam dan interaksi yang konsisten. (Sumber : pixabay.com/@SzilárdSzabó)
Sukabumi20 Juli 2024, 20:20 WIB

Polisi Selidiki Temuan Limbah Sampel Darah di Jalanan Parungkuda Sukabumi

Polisi akan terus melakukan penyelidikan untuk mengetahui asal sampel darah.
Polisi di lokasi penemuan limbah tabung sampel darah di Jalan Kompa-Cipanggulaan, Desa Kompa, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Film20 Juli 2024, 20:00 WIB

5 Rekomendasi Anime Isekai Terbaik yang Wajib Kamu Tonton

Anime isekai telah menjadi subgenre yang populer karena ceritanya yang beragam, karakter yang menarik, dan tema yang membebaskan
Reincarnated as a Sword - Anime isekai telah menjadi subgenre yang populer karena ceritanya yang beragam, karakter yang menarik, dan tema yang membebaskan (Sumber : imdb.com).
Life20 Juli 2024, 19:00 WIB

Kamu Merasa Sulit Sukses? Kenali 5 Kebiasaan Buruk yang Menjadi Penghambatnya

Jika kamu ingin mencapai kesuksesan, penting untuk menghindari kebiasaan-kebiasaan buruk ini dan mengembangkan kebiasaan-kebiasaan yang positif.
Ilustrasi - Jika kamu ingin mencapai kesuksesan, penting untuk menghindari kebiasaan-kebiasaan buruk ini dan mengembangkan kebiasaan-kebiasaan yang positif. (Sumber : unsplash.com/@Joshua Rawson-Harris)
Life20 Juli 2024, 18:00 WIB

Doa Sebelum Memulai Aktivitas Bekerja, Yuk Amalkan Agar Rezeki Lancar Juga Berkah

Membaca doa sebelum bekerja dapat membantu meningkatkan semangat dan motivasi.
Ilustrasi berdoa. Membaca doa sebelum bekerja dapat membantu meningkatkan semangat dan motivasi. | (Sumber : Freepik.com)
DPRD Kab. Sukabumi20 Juli 2024, 17:12 WIB

DPRD Terima Studi Banding Mahasiswa UMMI, Bahas Kelembagaan dan Dinamika Politik

Badri berharap dengan studi banding ini mahasiswa bisa berperan aktif dalam politik.
DPRD Kabupaten Sukabumi menerima kunjungan studi banding mahasiswa UMMI di Ruang Bamus DPRD, Desa Citepus, Kecamatan Palabuhanratu, Jumat (19/7/2024). | Foto: Istimewa
Musik20 Juli 2024, 17:00 WIB

Lirik Lagu Teman Biasa dari Band Sukabumi Single Season, “Terjebak Friendzone”

Teman Biasa adalah lagu terbaru dari band Single Season tentang seseorang yang terjebak Friendzone.
Teman Biasa adalah lagu terbaru dari band Single Season tentang seseorang yang terjebak Friendzone. (Sumber : Istimewa)
Inspirasi20 Juli 2024, 16:54 WIB

Pernah 1 Ton Per Bulan, Wanita Sukabumi Jual Daun Pandan dari Tegalbuleud

Pengolahannya dilakukan setelah duri daun pandan dibuang.
Nining Maryani (60 tahun), wanita asal Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi, memanfaatkan daun pandan untuk bahan kerajinan. | Foto: SU/Ragil Gilang