BPR Kalapanunggal Sukabumi Rangkul Pelajar, Tingkatkan Literasi Keuangan

Senin 14 Agustus 2023, 18:47 WIB
Pelajar membuat rekening tabunganku dalam kegiatan Sosialisasi Literasi dan Inklusi Keuangan yang digelar Perumda BPR Sukabumi Cabang Kalapanunggal. (Sumber : Istimewa)

Pelajar membuat rekening tabunganku dalam kegiatan Sosialisasi Literasi dan Inklusi Keuangan yang digelar Perumda BPR Sukabumi Cabang Kalapanunggal. (Sumber : Istimewa)

SUKABUMIUPDATE.com - Dalam upaya mendorong pemahaman finansial yang lebih baik di kalangan pelajar, Perumda Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Sukabumi cabang Kalapanunggal menggelar kegiatan Sosialisasi Literasi dan Inklusi Keuangan.

Acara ini berlangsung pada Selasa, 8 Agustus 2023 di Gedung Guru, Desa Lebaksari, Kecamatan Parakansalak, Kabupaten Sukabumi.

Kepala Perumda BPR Sukabumi Cabang Kalapanunggal Dede Sopandi mengatakan kegiatan ini bertujuan mengedukasi pelajar terkait pengelolaan keuangan.

"Jadi harapan semua siswa, terutama kepada siswa, baik dari mulai SD sampai dengan SMA, bisa memanajemen keuangannya, bisa memahami arti daripada uang itu sendiri," kata Dede kepada sukabumiupdate.com

Dalam kesempatan tersebuu, lanjut Dede, pihaknya juga menekankan pentingnya pemahaman tentang uang dan nilai-nilainya.

"Karena dengan memahami uang, kita bisa menghargai nilai uang itu sendiri, juga kita bisa paham bagaimana cara berinvestasi sejak dini, untuk kebutuhan di kemudian hari," tambahnya.

Baca Juga: BPR Cabang Kalapanunggal Sukabumi Kembali Membuka Produk Tahara

Kegiatan edukasi ini melibatkan berbagai sekolah di wilayah Kecamatan Parakansalak. Menurut Dede, dalam kegiatan tersebut juga dilaksanakan pembukaan rekening tabungan yang telah diikuti oleh lima sekolah di wilayah Kecamatan Parakansalak.

"Kemarin kita kerjasama dengan PGRI, dengan Forkopincam Kecamatan Parakansalak, kebetulan saat itu ada kegiatan pembekalan kepada anggota Paskibra Kecamatan Parakansalak, untuk tingkat kecamatan," jelas Dede.

Dia menambahkan bahwa momen tersebut menjadi kesempatan untuk melakukan sosialisasi kepada pelajar.

Salah satu bagian penting dari kegiatan tersebut adalah membuka rekening tabungan bagi pelajar. "Rekening tersebut diharapkan masuk ke produk Tabunganku, karena untuk memudahkan pelajar, di Tabunganku itu tidak ada administrasi, jadi lebih ringan," ungkap Dede.

Dede menuturkan sosialisasi tabungan kepada para pelajar ini juga merupakan salah satu bentuk implementasi Keppres Nomor 26 Tahun 2019 tentang Hari Indonesia Menabung, yang memiliki tujuan agar setiap pelajar di Indonesia memiliki rekening tabungan sehingga budaya menabung di lembaga jasa keuangan formal dapat dilakukan sejak dini.

Pihaknya berharap agar pelajar aktif terlibat dalam kegiatan keuangan. "Kedepannya tidak hanya Tabunganku juga, tabungan yang lainnya seperti Siwajar, yang ada kaitannya dengan dunia pendidikan," ujarnya.

Setelah berhasil melibatkan lima sekolah dalam kegiatan likuidasi dan literasi keuangan yang diadakan oleh Perumda BPR Sukabumi cabang Kalapanunggal, fokus perhatian kini berpindah pada perluasan program ini.

"Terus akan berlanjut, karena kemarin baru 5 sekolah, tinggal kedepan sekolah mana yang belum. Cari sasaran-sasaran yang lainnya juga, ada pemerataan dan ada pemahaman masalah keuangan itu sendiri," katanya.

Lebih lanjut, Dede menyoroti urgensi memberikan pemahaman finansial kepada generasi muda. "Karena kalau tidak sejak dini diberikan pemahaman kepada anak, mungkin susah juga untuk kedepannya. Biar mereka memahami apa artinya uang, ketika sudah dewasa bisa berinvestasi sejak dini, dan keluar sekolah bisa menjadi modal kerjanya," jelasnya.

Dalam pandangan Dede, harapan utama adalah agar siswa-siswa dapat memahami pentingnya sosialisasi dan membuka rekening. (ADV)

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi Memilih04 Maret 2024, 23:25 WIB

Protes Suara DPR RI PDIP Diduga Hilang, Pleno KPU Kabupaten Sukabumi Memanas

Hari keempat Rapat Pleno Rekapitulasi Pemilu 2024 tingkat kabupaten oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sukabumi, yang digelar di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Palabuhanratu, sempat ricuh, Senin (4/2/2024).
Pleno Rekapitulasi Suara KPU tingkat kabupaten di Gedung DPRD Kabupaten Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Entertainment04 Maret 2024, 21:37 WIB

Lisa Blackpink Pamer Kedekatan dengan Taylor Swift di Singapura, Akrab Banget!

Lisa Blackpink menghebohkan penggemarnya sedang menonton konser Taylor Swift “The Eras Tour” di Singapura pada Minggu (3/3/2024).
Lisa Blackpink pamer foto bareng Taylor Swift usai konser “The Eras Tour” hari kedua di Singapura, Minggu (3/3/2024). (Sumber : Instagram/@lalalalisa_m)
Internasional04 Maret 2024, 21:29 WIB

Perkosa PRT Asal Indonesia, Eks Anggota Dewan Malaysia Dihukum 8 Tahun Penjara & 2 Cambukan

Mantan anggota dewan di Malayasia, Paul Yong Choo Kiong dinyatakan bersalah karena memperkosa pembantu rumah tangga (PRT) asal Indonesia, kasus terjadi pada Juli 2019.
Ilustrasi seorang PRT asal Indonesia diperkosa eks anggota dewan di Malayasia | Foto Freepik/raybon)
Entertainment04 Maret 2024, 21:00 WIB

Rafathar Salting Wajahnya Sudah Tumbuh Jerawat, Mbak Lala: ‘Ciye Udah Gede’

Video TikTok menunjukkan bahwa wajah Rafathar, anak Raffi Ahmad dan Nagita Slavina, terlihat memiliki jerawat di pipinya.
Video TikTok menunjukkan bahwa wajah Rafathar, anak Raffi Ahmad dan Nagita Slavina, terlihat memiliki jerawat di pipinya. (Sumber : Tiktok @rayyanzacipung_acikule).
Nasional04 Maret 2024, 20:51 WIB

KPK Soroti Dugaan Suap Izin Tambang yang Seret Menteri Bahlil Lahadiala

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menanggapi pemberitaan soal Menteri Investasi Bahlil Lahadalia diduga menerima uang suap dari perizinan tambang. Ia menyebut tengah mempelajari laporan berita investigasi tersebut.
Menteri Investasi Bahlil Lahadiala sat berfoto dengan Paslo Prabowo-Gibran | Foto : Ist
Life04 Maret 2024, 20:32 WIB

4 Tips Mudah Atasi Kecemasan Pada Anak di Rumah, Yuk Terapkan Bunda

Kecemasan yang dirasakan anak-anak merupakan hal yang wajar. Akan tetapi, apabila hal ini berlangsung lama maka orang tua perlu mencari cara mengatasinya.
Ilustrasi seorang Ibu membantu anaknya atasi kecemasan di rumah. (Sumber : Freepik)
Life04 Maret 2024, 20:30 WIB

10 Tips Menggunakan Media Sosial Agar Sehat Fisik dan Mental

Inilah tips menggunakan media sosial agar tetap sehat fisik dan mental serta terhindar dari dampak negatif lainnya
Ilustrasi - 10 Tips Menggunakan Media Sosial Agar Sehat Fisik dan Mental (Sumber : Freepik/freepik)
Food & Travel04 Maret 2024, 20:26 WIB

Menggrilla Sukabumi Tawarkan Sensasi Nge-Grill Nikmat Dengan Harga Terjangkau

Menggrilla Sukabumi menawarkan sensasi kenikmatan makan daging panggang atau grill yang lembut dan empuk dengan harga terjangkau.
Menu daging panggang di Menggrilla Sukabumi yang memanjakan lidah. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi04 Maret 2024, 20:17 WIB

Pasien DBD Di RSUD Jampang Kulon Sukabumi Alami Peningkatan Kasus

Seksi Pelayanan Medis RSUD Jampangkulon, dr. Lastri Asmuniati mengatakan dari data bulan Desember 2023 hingga bulan Februari 2024, kasus Dengue memang ada kenaikan.
Pasien DPD di RSUD Jampang Kulon alami peningkatan kasus | Foto : Ragil Gilang
Life04 Maret 2024, 20:00 WIB

Tes Kepribadian: Pilih Satu dari 4 Hewan Ini dan Akan Ungkap Siapa Anda Sebenarnya

Tes ini didasarkan pada gagasan bahwa hewan memiliki karakteristik yang dapat dikaitkan dengan kepribadian manusia.
Ilustrasi - Tes ini didasarkan pada gagasan bahwa hewan memiliki karakteristik yang dapat dikaitkan dengan kepribadian manusia. (Sumber : Jagran Josh).