Yuk Cegah Bullying! Kang Jae Bahas Perda Perlindungan Anak Bersama Warga Sukabumi

Kamis 14 Desember 2023, 14:07 WIB
Anggota DPRD Jawa Barat, Muhammad Jaenudin (Sumber: dok DPRD Jabar)

Anggota DPRD Jawa Barat, Muhammad Jaenudin (Sumber: dok DPRD Jabar)

SUKABUMIUPDATE.com - Aksi perudungan atau bullying dan tawuran pelajar makin sering terjadi dan berulang. Anggota DPRD Jawa Barat, Muhammad Jaenudin atau Kang Jae menyebut pencegahan akan lebih berarti dibandingkan dengan penegakan hukum dari kasus-kasus pidana yang melibatkan anak-anak, khususnya para pelajar.

Ini diungkap Kang Jae saat melakukan program penyebarluasan Perda Nomor 3 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Perlindungan Anak, beberapa waktu lalu di Kabupaten Sukabumi. Forum diskusi bersama warga Desa Karawang Kecamatan Sukabumi tersebut, berlangsung pada 8 Desember 2023 di Karawang Wetan 04/03.

Kegiatan tersebut dihadiri unsur pemerintah desa, organisasi kepemudaan, tokoh masyarakat, tokoh agama, kader posyandu dan para warga. “Intinya warga perlu tahu jika di Jawa Barat itu punya perda tentang perlindungan anak. Ini menjadi panduan bagi pemerintah daerah hingga desa untuk berperan aktif mencegah terjadinya aksi-aksi yang merugikan anak-anak,” jelas kang Jae.

Anggota Komisi 5 DPRD Jabar ini memaparkan bahwa perda tersebut lahir untuk melindungi anak sebagai generasi penerus bangsa. Di sisi lain, pemerintah dibutuhkan kehadirannya untuk memastikan tumbuh kembang anak-anak Indonesia tidak terganggu, sehingga bisa menjadi generasi penerus bangsa yang membanggakan.

“Kita bicara tanggung jawab, jadi untuk anak bukan hanya urusan ayah dan ibu atau keluarga . Tetapi juga menjadi tanggungjawab pemerintah. untuk memperhatikan tumbuh dan kembang mereka (anak),” sambung kang Jae.

M Jaenudin bersama warga Karawang Sukabumi membahas Perda 3/2021 tentang Perlindungan Anak.M Jaenudin bersama warga Karawang Sukabumi membahas Perda 3/2021 tentang Perlindungan Anak.

Perda ini juga mengatur tentang tugas dan kewajiban anggota DPRD Provinsi Jawa Barat sebagai bagian dari unsur pemerintahan, soal pentingnya menginformasikan peraturan-peraturan daerah yang telah diputuskan. Penyebarluasan informasi ini dianggap sebagai proses lanjutan dari dibuatnya perda tersebut.

Menurut Jaenudin, peraturan Daerah nomor 3 tahun 2021 merupakan dasar dan payung hukum pelindung bagi setiap anak yang ada di wilayah provinsi Jawa Barat. sebagai kekuatan hukum turunan dari UU perlindungan anak yang telah diketuk oleh pemerintah pusat.

Baca Juga: 10 Ciri Anak Stres dan Depresi Karena Jadi Korban Bully, Orang Tua Wajib Peka!

“Ini salah satu bukti pemerintah hadir dan mendukung kepentingan masyarakat dalam hal melakukan proses-proses kemajuan, termasuk menjaga, mendidik, melindungi, mengayomi anak sebagai amanah serta karunia dari Allah,” bebernya.

Dalam kesempatan itu, M Jaenudin mengungkap salah satu kasus perlindungan anak yang cukup memprihatinkan di Sukabumi. “Kita semua berduka, baru-baru ini ada musibah yang menimpa salah satu peserta didik kelas 2 sekolah dasar di Kabupaten Sukabumi yang meninggal akibat diduga dianiaya kakak kelas. Tentu ini menjadi perhatian bersama, khususnya orang tua, lingkungan sekitar dan tentunya pemerintah,” ungkap Kang jae.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Bola06 Mei 2024, 10:32 WIB

Miel Mundt dan Van Gogh, Kisah Pesepak Bola Eropa-Belanda Kelahiran Sukabumi

Lothar Van Gogh menyelamatkan Belanda dalam pertandingan melawan Belgia.
Lothar Van Gogh (duduk-posisi sebelah kanan). Van Gogh adalah pesepak bola Belanda kelahiran Sukabumi pada 7 Februari 1888. | Foto: Irman Firmansyah
Life06 Mei 2024, 10:30 WIB

Kenali Dampak Buruknya, 6 Bahaya Perceraian Orang Tua pada Anak yang Diabaikan

Perceraian kedua orang tua pada akhirnya akan memiliki dampak buruk terhadap kondisi psikologi seorang anak di kemudian hari.
Ilustrasi. Dampak buruk perceraian orang tua kepada anak. Sumber Foto : Pexels/ Gustavo Fring
Life06 Mei 2024, 10:00 WIB

Hanya dalam Waktu 10 Menit! Cara Meningkatkan Mood yang Ampuh dan Cepat

10 cara yang terbukti secara ilmiah untuk meningkatkan mood Anda dalam 10 menit atau kurang.
Ilustrasi. Tersenyum | 10 cara yang terbukti secara ilmiah untuk meningkatkan mood Anda dalam 10 menit atau kurang. (Sumber : pixabay.com/@Pexels)
Life06 Mei 2024, 09:34 WIB

Orang Tua Wajib Tahu Dampak Buruknya, Ini 6 Bahaya Terlalu Mengekang Anak!

Terlalu mengekang anak rupanya tidak baik untuk perkembangannya saat tumbuh dewasa. Dampak buruk dari pola asuh tersebut sangat besar.
Ilustrasi. Dampak buruk terlalu mengekang anak. Sumber foto : Pexels/Antoni Shkraba
Sehat06 Mei 2024, 09:00 WIB

Hidup Sehat dan Bahagia, 5 Langkah Sederhana Menurunkan Kolesterol

Kolesterol jahat bisa di atasi dengan langkah sederhana untuk menurunkannya.
Ilustrasi - Kolesterol jahat bisa di atasi dengan langkah sederhana untuk menurunkannya. (Sumber : Freepik.com/@pvproductions).
Sukabumi06 Mei 2024, 08:40 WIB

Melalui Diskumindag, Pemkot Sukabumi Fokus Berdayakan Potensi UMKM

Pemberdayaan UMKM merupakan target yang dibebankan kepada Diskumindag.
Opening ceremony program UMKM Naik Kelas di Ruang Pertemuan Balai Kota Sukabumi, Jumat, 3 Mei 2024. | Foto: Dokpim Kota Sukabumi
Sukabumi Memilih06 Mei 2024, 08:12 WIB

Masyarakat Ingin Perubahan? 7 Nama Potensial untuk Pilkada Kabupaten Sukabumi

Terdapat tujuh kandidat yang berpotensi menjadi pemimpin di Kabupaten Sukabumi.
(Foto Ilustrasi) Direktur JSPP Muhamad Salman Ramdhani menyampailkan pandangannya terkait hasil survei Pilkada Kabupaten Sukabumi tahun 2024. | Foto: SU
Inspirasi06 Mei 2024, 08:00 WIB

Lowongan Jurusan Teknik untuk Kerja di Bidang Research and Development

Jika Minat dengan Lowongan Jurusan Teknik untuk Kerja di Bidang Research and Development, Simak Informasi Berikut!
Ilustrasi. Wawancara kerja. | Lowongan Jurusan Teknik untuk Kerja di Bidang Research and Development (Sumber : Freepik.com)
Life06 Mei 2024, 07:00 WIB

7 Ciri Orang Sudah Menemukan Kebahagiaan Diri, Apa Kamu Termasuk?

Inilah Ciri Orang Sudah Menemukan Kebahagiaan Diri, Apa Kamu Termasuk?
Ilustrasi. Tertawa bersama teman. | Ciri Orang Sudah Menemukan Kebahagiaan Diri. Foto: Freepik
Food & Travel06 Mei 2024, 06:00 WIB

5 Manfaat Rutin Minum Air Rebusan untuk Penderita Asam Urat

Yuk Ketahui Sederet Manfaat Rutin Minum Air Rebusan untuk Penderita Asam Urat Berikut!
Ilustrasi. Air Lemon. Manfaat Rutin Minum Air Rebusan untuk Penderita Asam Urat | Foto:  Pixabay/Ri_Ya