Reses Hendar Darsono: Warga Gunungjaya Sukabumi Usulkan Program Jabar Caang

Kamis 10 Agustus 2023, 18:37 WIB
Reses III 2023 Hendar Darsono di Desa Gunungjaya Cisaat Kabupaten Sukabumi (Sumber: istimewa)

Reses III 2023 Hendar Darsono di Desa Gunungjaya Cisaat Kabupaten Sukabumi (Sumber: istimewa)

SUKABUMIUPDATE.com - Akses listrik untuk warga tak mampu menjadi salah satu masalah di Desa Gunungjaya Kecamatan Cisaat Kabupaten Sukabumi. Warga berharap anggota DPRD Jawa Barat Jabar Hendar Darsono membantu mengatasi masalah tersebut dengan program Jabar Caang.

Aspirasi ini diungkap dalam reses III 2023 Anggota DPRD Jabar dari Fraksi Demokrat Hendar Darsono, Rabu, 9 Agustus 2023. Forum silaturahmi warga dengan wakil rakyat dari dapil Sukabumi ini berlangsung di Aula Wisma Panineungan, jalan Kadudampit km 2,6 RT 13 RW 03 Desa Gunungjaya Kecamatan Cisaat.

Menurut Hendar, di Gunungjaya masih ada sejumlah keluarga kurang mampu yang belum bisa mengakses energi listrik. “Warga Gunungjaya sudah beberapa kali pengajuan ke pemprov Jabar melalui dinas terkait, dan tidak terealisasi. Ini membuat mereka bertanya,” beber Hendar kepada sukabumiupdate.com, Kamis (10/8/2023).

Baca Juga: Doa Untuk Penenang Hati dan Pikiran yang Bisa Diamalkan Umat Muslim

Warga meminta kepada Hendar yang saat ini bertugas di Komisi II DPRD Jabar mendorong program Jabar Caang ke wilayah Gunungjaya.

“Itu aspirasi utama yang disampaikan, disamping sejumlah aspirasi lainnya. Tentu akan saya bawa ke pimpinan Fraksi dan Pimpinan DPRD Jabar Untuk kita perjuangkan agar bisa segera terealisasikan ,” beber Hendar.

Warga sampaikan aspirasi dalam reses III 2023 Hendar Darsono di Desa Gunungjaya Cisaat Kabupaten SukabumiWarga sampaikan aspirasi dalam reses III 2023 Hendar Darsono di Desa Gunungjaya Cisaat Kabupaten Sukabumi

Untuk program Jabar Caang, lanjut Hendar, merupakan pemberian akses tenaga listrik bagi masyarakat miskin dan tidak mampu di Jawa Barat melalui skema pentahelix. “Ini adalah program non APBD, jadi dari CSR perusahaan yang ada di Jawa Barat,” bebernya.

Baca Juga: Tersedia Kuota untuk 572.496 Orang, Simak Daftar Formasi CPNS 2023

Untuk mengakses program ini, warga melalui kepala desa bisa mengajukan langsung ke Pemda Provinsi Jabar dalam hal ini Dinas ESDM Jabar. “Jadi ini bisa didorong ke perusahaan-perusahaan di Jawa Barat untuk lebih peduli kepada warga dan lingkungan,” pungkas Hendar.

Dihubungi terpisah, Deni Hamdani Kaur Perencanaan Pemdes Gunungjaya menjelaskan bahwa ada lebih dari 50 kepala keluarga tak mampu yang belum mengakses listrik secara mandiri. “Mereka selama ini menumpang listrik ke warga lainnya. Kami bertanya apakah program Jabar Caang itu bisa mengcover kebutuhan listrik bagi warga tak mampu tersebut.”

Menurut Deni, sudah dua kali pengajuan resmi dari Pemdes Gunungjaya untuk Program Jabar Caang. “Yang pertama nggak direspon yang kedua sekitar tahun 2022 lalu ditolak tanpa penjelasan. Itu yang kami ingin tahu, sebenarnya program itu seperti apa dan untuk siapa,” pungkasnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Nasional03 Mei 2024, 01:02 WIB

Jokowi Teken UU Desa Baru, Kades Dapat Uang Pensiun dan Bisa Menjabat Hingga 16 Tahun

Presiden Jokowi menandatangani pengesahan UU Desa baru, Kades dapat uang pensiun hingga jabat 2 periode.
Ilustrasi Kepala Desa atau Kades. | Foto : Sukabumi Update
Jawa Barat03 Mei 2024, 00:01 WIB

Bahas UHC, Sekda Kabupaten Sukabumi Hadiri Monev Implementasi JKN

Sekda Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman hadiri acara monev Implementasi Inpres Nomor 1 Tahun 2022 tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program JKN di Bandung.
Sekda Kabupaten Sukabumi didampingi perangkat daerah hadiri acara monev implementasi inpres terkait JKN di Bandung. (Sumber : Dokpim Pemkab Sukabumi)
Sukabumi02 Mei 2024, 22:39 WIB

Longsor di Parungkuda Sukabumi, Akses Jalan Desa Langensari Tertutup Dapuran Bambu

Akses jalan Desa Langensari Parungkuda Sukabumi tertutup longsor dapuran bambu.
P2BK bersama sejumlah relawan tengah melakukan penanganan longsor dapuran bambu yang menutup badan jalan di Kampung Sindangsari RT 1/2, Desa Langensari, Parungkuda Sukabumi, Kamis (2/5/2024). (Sumber : Istimewa)
Opini02 Mei 2024, 22:12 WIB

Mengarahkan Kompas Pendidikan: Sebuah Renungan di Hari Pendidikan Nasional

Sistem pendidikan harus menyediakan ruang yang cukup untuk pembelajaran empati, kejujuran, dan keberanian moral.
Ilustrasi. Seputar Hardiknas 2024 | Foto: Pixabay/sasint
Keuangan02 Mei 2024, 21:56 WIB

Masih Dibuka, Pendaftar Tahara di BPR Cicurug Sukabumi Diprediksi Terus Meningkat

Pendaftaran calon nasabah Tabungan Hari Raya (Tahara) Perumda BPR Sukabumi cabang Cicurug masih dibuka hingga 8 Mei 2024.
Kepala Pemasaran BPR Sukabumi Cabang Cicurug, Jujun Junaedi. (Sumber : SU/Ibnu)
Opini02 Mei 2024, 21:33 WIB

Menjadi Pembaca Kritis: Memilah Informasi di Era Media Baru

Pembaca kritis tidak hanya menerima informasi mentah-mentah, tertapi mampu memahami konteks informasi, menganalisis isi dan sumbernya, serta mengevaluasi kebenarannya.
Ilustrasi memilah informasi di zaman hadirnya media baru. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi02 Mei 2024, 21:17 WIB

Pengantar ke Neraka! Bank Emok-Rentenir Dilarang Keras Masuk Kutamara Sukabumi

Spanduk tolak rentenir dan bank emok terbentang di Kampung Kutamara Surade Sukabumi. Praktik riba disebut sudah rusak rumah tangga dan pengantar ke neraka.
Spanduk penolakan hadirnya praktik riba akibat rentenir hingga bank emok yang dipasang ormas Gempa di Kampung Kutamara Surade Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Bola02 Mei 2024, 21:00 WIB

Link Live Streaming Timnas Indonesia vs Irak di Perebutan Tempat ke-3 Piala Asia U-23 2024

Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Liga 1 2023/2024 antara Timnas Indonesia U-23 vs Irak U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya.
Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Liga 1 2023/2024 antara Timnas Indonesia U-23 vs Irak U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya. (Sumber : Instagram/@jagad_stadium/Ist).
Sehat02 Mei 2024, 20:30 WIB

Sulit Tidur dan Sangat Mengganggu! 4 Cara Mengobati Sakit Asam Urat di Malam Hari

Ada beberapa cara mengobati sakit asam urat di malam hari.
Ilustrasi - Ada beberapa cara mengobati sakit asam urat di malam hari. (Sumber : Freepik.com/DC Studio).
Life02 Mei 2024, 20:15 WIB

6 Minuman yang Bisa Menenangkan Pikiran saat Stres, Cemas dan Galau, Yuk Dicoba!

Sejumlah minuman bermanfaat untuk membantu menenangkan pikiran di saat sedang mengalami stres, cemas dan galau. Patut menjadi rekomendasi sebagai menu harian.
Ilustrasi minuman yang menenangkan pikiran. | Sumber foto : Pexels/Anna Tarazevich