Reses di Desa Cisarua Hendar Darsono Bahas Aspirasi Petani dan Rutilahu

Rabu 09 Agustus 2023, 14:49 WIB
Reses III 2023 Hendar Darsono di Desa Cisarua Sukaraja Kabupaten Sukabumi (Sumber: istimewa)

Reses III 2023 Hendar Darsono di Desa Cisarua Sukaraja Kabupaten Sukabumi (Sumber: istimewa)

SUKABUMIUPDATE.com - Petani di Kabupaten Sukabumi mengeluhkan masalah pupuk yang semakin tidak terjangkau. Ada pengurangan kuota pupuk bersubsidi yang dipertanyakan oleh petani, sedangkan untuk pupuk non subsidi harganya terlalu tinggi.

Keluhan ini mengemuka dalam reses III tahun 2023 anggota DPRD Jawa Barat, Hendar Darsono di Desa Cisarua Kecamatan Sukaraja Kabupaten Sukabumi, Selasa, 8 Agustus 2023. Forum tatap muka dan penyampaian aspirasi ini berlangsung di MD Raudlatus Sa'adah, Kampung Goalpara RT 01 RW 01, Desa Cisarua Kecamatan Sukaraja Kabupaten Sukabumi.

Menurut anggota fraksi Demokrat DPRD Jabar, Hendar Darsono, para petani yang hadir dalam reses tersebut meminta pemerintah meninjau kembali atau mengevaluasi penyaluran pupuk bersubsidi. Di lapangan terjadi pengurangan kuota pupuk bersubsidi untuk kelompok tani yang disalurkan melalui kartu tani.

Baca Juga: Sukabumi Mulai Kekeringan, 15 Ribu Liter Air Bersih Dikirim ke Padaasih

“Pengakuan para petani, selama ini mereka sulit memenuhi kebutuhan pupuk untuk memaksimal potensi dari produk pertanian atau tanaman yang mereka kembangkan,” jelas Hendar kepada sukabumiupdate.com, Rabu (9/8/2023).

Menurut anggota Komisi II DPRD Jabar ini, petani mengeluhkan adanya pengurangan kuota pupuk bersubsidi. Sedangkan untuk mengakses pupuk non subsidi, para petani itu lanjut Hendar sulit menjangkau harga pasarannya.

Warga sampaikan aspirasi dalam reses III 2023 Hendar Darsono di Desa Cisarua Sukaraja Kabupaten SukabumiWarga sampaikan aspirasi dalam reses III 2023 Hendar Darsono di Desa Cisarua Sukaraja Kabupaten Sukabumi

“Intinya petani berharap pemerintah bisa terus mengevaluasi program kartu tani dan pupuk bersubsidi, karena di lapangan masih dikeluhkan oleh petani. Pemerintah juga bisa mendorong produsen untuk menekan harga pupuk non subsidi,” tegasnya.

Baca Juga: Paus Abu-abu Terdampar di Citepus Sukabumi, Tubuhnya Terluka dan Memerah

Selain masalah pupuk, ajang reses ini juga dimanfaatkan warga Cisarua untuk mengajukan program rutilahu kepada pemerintah provinsi Jawa Barat. “Semua aspirasi ini akan saya sampaikan kepada pimpinan di fraksi dan lembaga DPRD. Agar didorong menjadi program yang bisa direalisasikan secepatnya oleh pemerintah,” urai Hendar.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Life13 April 2024, 10:00 WIB

Sering Bertengkar, 10 Ciri Kamu dan Pasangan Tidak Berjodoh Meski Saling Mencintai

Kenyataan pahitnya, pasangan tidak berjodoh meski saling mencintai adalah situasi yang memang bisa saja terjadi.
Ilustrasi - Kenyataan pahitnya, pasangan tidak berjodoh meski saling mencintai adalah situasi yang memang bisa saja terjadi. (Sumber : Freepik.com/@Drazen Zigic)
Science13 April 2024, 09:39 WIB

Potensi Ombak Capai 2,5 Meter di Pantai Selatan Jabar-DIY, Wisatawan Diimbau Waspada

BMKG peringatkan potensi ombak capai 2,5 meter di Pantai Selatan Jabar hingga DIY pada hari ketiga libur Lebaran, Sabtu 13 April 2024.
Ilustrasi. Ombak laut yang menghempas pantai. (Sumber : pixabay.com/@Elias)
Sehat13 April 2024, 09:00 WIB

Bisa Atasi Depresi, 8 Manfaat Asam Lemak Omega-3 untuk Kesehatan

Potensi manfaat kesehatan dari omega-3 termasuk melindungi kesehatan jantung, fungsi otak, kesehatan mata, dan menurunkan risiko beberapa penyakit kronis.
Ilustrasi - Asam lemak omega-3 adalah nutrisi penting yang dikonsumsi melalui makanan atau suplemen. (Sumber : Freepik.com).
Motor13 April 2024, 08:00 WIB

10 Hal yang Harus Anda Siapkan Sebelum Membeli Motor Baru

Dengan mempersiapkan hal-hal berikut, Updaters dapat memastikan bahwa Anda siap untuk membeli motor baru dan mendapatkan kendaraan yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda.
Ilustrasi. Kendaraan roda dua. Ini Hal yang Harus Anda Siapkan Sebelum Membeli Motor Baru. Sumber foto : Pexels/Quang Nguyen Vinh
Life13 April 2024, 07:00 WIB

Jangan Diremehkan! Ini 10 Kebiasaan Sepele yang Bisa Membuat Anak Stres

Menghindari kebiasaan-kebiasaan sepele penyebab anak stres dan menciptakan lingkungan yang positif, penuh kasih serta mendukungnya merupakan kunci untuk membantu anak mengatasi stres dan berkembang dengan baik secara emosional.
Ilustrasi. Kebiasaan Sepele yang Bisa Membuat Anak Stres Ini Jangan Pernah Diremehkan! (Sumber : pixabay.com/@ DigitalPhotoandDesignDigiPD.com)
Food & Travel13 April 2024, 06:00 WIB

Cara Membuat Air Rebusan Daun Jambu Biji Sebagai Obat Tradisional

Daun jambu biji memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk sebagai obat tradisional untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan seperti diare, gangguan pencernaan, dan infeksi saluran kemih.
Ilustrasi. Daun Jambu Biji. Cara Membuat Air Rebusan Daun Jambu Biji Sebagai Obat Tradisional. (Sumber : pexels.com/RanjeerChauhan)
Science13 April 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 13 April 2024, Berpotensi Diguyur Hujan Sejak Siang Hari

Prediksi cuaca hari ini 13 Desember 2024 wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi, Cianjur, Bogor, Bandung dan sekitarnya.
Ilustrasi - Prediksi cuaca hari ini 13 Desember 2024 wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi, Cianjur, Bogor, Bandung  dan sekitarnya. (Sumber : Freepik.com/@pvproductions).
Sukabumi12 April 2024, 22:59 WIB

Retribusi Pantai Minajaya Dikomplain Tak Sesuai Fasilitas, Ini Kata Dispar Sukabumi

Retribusi ke kawasan Pantai Minajaya Kecamatan Surade Kabupaten Sukabumi menjadi sorotan warga. Pasalnya tarif yang dikenakan mengalami kenaikan, bahkan dianggap terlalu mahal dan tidak wajar.
Pos Retribusi Pantai Minajaya Surade Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi12 April 2024, 22:33 WIB

Operasional Tol Bocimi Seksi 2 Dibuka hingga Malam Hari Kecuali Hujan

Tol Bocimi Seksi 2 dari arah Sukabumi menuju Bogor-Jakarta dibuka hingga malam hari, sekira pukul 19.00 WIB, berbeda dengan hari pertama kemarin yang sudah ditutup pada sore hari.
Buka tutup tol Bocimi seksi 2 saat libur lebaran | Foto : Ibnu Sanubari
Sukabumi12 April 2024, 22:23 WIB

Urai Kemacetan di Lebaran H+2, Polisi Terapkan Skema One Way di Sekitar Exit Tol Parungkuda

Rekayasa lalu lintas satu arah alias one way di sepanjang ruas jalan Nasional Sukabumi-Bogor, tepatnya di sekitar Gerbang Tol Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, telah berakhir pada Jumat (12/4/2024).
Polantas berlakukan skema one way di sekitar Exit Tol Parungkuda Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari