Punya Nama Unik, Ini Asal Usul Tanjakan Tepung Kanjut di Banjar

Rabu 12 Juli 2023, 15:15 WIB
Nama Tanjakan Tepung Kanjut atau Tembong Kanjut di Banjar Jawa Barat cukup populer karena memiliki nama yang unik | Foto: YouTube/Galuh Katresna

Nama Tanjakan Tepung Kanjut atau Tembong Kanjut di Banjar Jawa Barat cukup populer karena memiliki nama yang unik | Foto: YouTube/Galuh Katresna

SUKABUMIUPDATE.com - Bagi warga Banjar mungkin nama Tepung Kanjut atau Tembong Kanjut sudah tidak asing lagi. Nama itu menjadi populer karena terdengar cukup nyeleneh.

Namun, tidak sedikit juga warga yang belum mengetahuinya karena nama tempat itu kini telah berubah menjadi Tembung Kerta.

Tepung Kanjut ini berlokasi di Desa Sukamukti, Kecamatan Pataruman, Banjar, Jawa Barat.

Mengenai asal-usul nama tersebut memang banyak yang belum mengetahuinya termasuk warga Banjar itu sendiri. Ada berbagai versi cerita mengenai asal-usul nama Tepung Kanjut ini.

Seperti dikutip dari channel YouTube Galuh Katresna, Menurut seorang warga sekitar tanjakan Tepung Kanjut bernama Endang, jika nama tersebut telah sejak zaman dulu.

Sepengetahuan Pak Endang, menurut orang tua zaman dulu Tepung Kanjut ini disebut juga dengan nama Tembong Kanjut. “Tembong” dalam bahasa Sunda memiliki arti terlihat, sedangkan Kanjut merupakan alat kelamin laki-laki. Jadi, Tembong Kanjut berarti kelamin laki-laki yang terlihat.

Baca Juga: Pasir Heunceut Viral, Anggota DPRD Sebut Geopark Ciletuh Sukabumi Punya Karang Kontol

Menurut pak Endang dari cerita orang tua zaman dulu, nama Tembong Kanjut itu berawal dari adanya sebuah kecelakaan sebuah truk yang membawa muatan singkong di sebuah tanjakan yang saat ini disebut Tepung Kanjut.

Di atas truk tersebut terdapat beberapa orang pekerja yang turut menjadi korban kecelakaan, salah satunya bahkan tertimpa singkong yang dibawa truk dan meninggal. Kolor (celana Pendek) pekerja yang menjadi korban itu mengalami robek hingga kemaluannya terlihat dan akhirnya orang-orang menyebut daerah tersebut Tembong Kanjut atau ada juga yang menyebutnya Tepung Kanjut.

Selain itu ada pula cerita versi lain mengenai Tepung Kanjut ini. Dilansir dari Harapanrakyat.com, menurut H. Ahmad Shaleh (83), yang tinggal di Lingkungan Banjarkolot, Kel/Kec. Banjar.

Menurutnya, tepung dalam bahasa Sunda artinya bertemu, dan kanjut artinya kelamin laki-laki. “Jadi, nama kampung Tepung Kanjut itu artinya tempat bertemunya dua orang laki-laki,” terangnya, saat ditemui Koran HR, Sabtu (12/03/2016).

Lanjut Shaleh, berdasarkan cerita, dulu saat zaman kerajaan, ada seorang pemuda tampan dari Mataram bernama Adananya, berkelana ke sebuah kampung yang bernama Pataruman dan di kampung itu pemuda tersebut kepincut seorang gadis cantik.

Baca Juga: Karang Kontol Geopark Ciletuh Sukabumi Mendunia, Mitosnya Diulas Media Asing

Kemudian, Adananya pun melamar gadis itu ke ibunya, tetapi ibunya tidak merestui karena tahu bahwa Adananya adalah raja dari Mataram. Sehingga, ibu gadis itu merasa malu lantaran berasal dari kalangan rakyat biasa.

Karena tidak mendapat restu dari sang ibu, akhirnya gadis cantik tersebut melarikan diri dari rumahnya ke arah Barat, dan Adananya pun mengejarnya. Saat memasuki hutan belantara, gadis cantik itu terjerat tanaman areuy hingga kakinya terluka.

Setelah itu datanglah pemuda tampan yang hendak menolongnya. Pemuda itu kemudian bertemu dengan Adananya yang tengah mengejar si gadis di sebuah bukit, yang kemudian bukit itu dinamai Tepung Kanjut.

“Di bukit itu Adananya dan pemuda tampan yang mau menolong sang gadis cantik, bertarung saling mengadu kesaktian. Pemuda tampan itu adalah Raden Singaperbangsa atau Dalem Tambakbaya yang gelarnya Adipati Kertabumi III,” tutur Shaleh.

Baca Juga: 10 Tips Mengembalikan Kepercayaan Diri yang Hilang, Mudah Dilakukan

Raden Singaperbangsa adalah Raja Galuh Kertabumi. Pada waktu itu pusat kotanya berada di Liung Gunung, dan sekarang nama itu menjadi nama sebuah desa di Kecamatan Manonjaya, Tasikmalaya.

Itulah cerita mengenai asal usul nama Tepung Kanjut atau Tembong Kanjut yang ada di Banjar, Jawa Barat.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sehat16 Mei 2024, 13:00 WIB

Asam Urat Kambuh dan Rasanya Menyakitkan, 7 Obat Alami Ini Efektif Mengatasinya

Asam urat adalah suatu kondisi yang menyakitkan dan sering dimulai pada jempol kaki dan menyebar ke sendi lain.
Ilustrasi - Asam urat adalah suatu kondisi yang menyakitkan dan sering dimulai pada jempol kaki dan menyebar ke sendi lain. (Sumber : Freepik.com/@Wiroj Sidhisoradej)
Life16 Mei 2024, 12:45 WIB

6 Kebiasaan Buruk yang Cepat Melemahkan Daya Ingat Anda, Berhenti Sekarang!

Daya ingat seseorang menjadi menurun biasanya disebabkan beberapa hal yang mungkin dianggap sepele. Adapun umumnya adalah kebiasaan buruk yang sering dilakukan
ilustrasi kebiasaan yang melemahkan daya ingat (Sumber : Pexels.com/@KetutSubiyanto)
Sehat16 Mei 2024, 12:30 WIB

Ada Durian Tinggi Purin, 7 Buah Ini Tidak Aman Dikonsumsi Penderita Asam Urat

Durian adalah buah tropis yang kaya akan purin dan sebaiknya dihindari oleh penderita asam urat.
Ilustrasi. Kios Buah. Ada Durian Tinggi Purin, Deretan Buah Ini Tidak Aman Dikonsumsi Penderita Asam Urat (Sumber : Pexels/MariaOrlova)
Life16 Mei 2024, 12:15 WIB

Usahakan Tetap Tenang, Begini 5 Tips Jitu Mengatasi Balita Yang Selalu Emosi

Mengatasi emosi besar pada balita kita dan mengetahui cara meresponsnya adalah salah satu bagian tersulit dalam mengasuh balita.
mengatasi balita yang emosi dengan tenang (Sumber : pexels.com/@AlexanderDummer)
Bola16 Mei 2024, 12:00 WIB

Leg 2 Championship Series Persib Bandung vs Bali United: Suporter Bali United Dilarang Datang!

Laga Leg 2 Semifinal Championship Series Liga 1 2023/2024, suporter Bali United dilarang datang ke Bandung.
Laga Leg 2 Semifinal Championship Series Liga 1 2023/2024, suporter Bali United dilarang datang ke Bandung. | (Sumber : persib.co.id)
Keuangan16 Mei 2024, 11:49 WIB

Bicara di Seminar Ombudsman, Ayep Zaki Bahas Peran Lembaga Keuangan Alternatif

Peran lembaga keuangan alternatif sangat penting dalam memajukan ekosistem perekonomian.
Ayep Zaki menjadi pembicara dalam seminar bersama Ombudsman Republik Indonesia di Aula Bank BJB, Sukabumi, Rabu, 15 Mei 2024. | Foto: Instagram/Ayep Zaki
Life16 Mei 2024, 11:45 WIB

Terapkan 6 Cara Ampuh Berikut Untuk Memperkuat Hubungan Ayah dan Anak Laki-laki

Menghabiskan waktu positif bersama, membicarakan pelajaran hidup, disertai dengan banyak mendengarkan dengan tenang dan penuh perhatian, akan membantu mengembangkan hubungan yang membina dan bermakna dengan putra Anda
Ilustrasi cara memperkuat hubungan ayah dengan anak laki-laki (Sumber : pexels.com/@NathanCowley)
Sukabumi Memilih16 Mei 2024, 11:44 WIB

Kini Sebut Wajib Mundur, Ketua KPU Berubah Soal Caleg Terpilih Maju Pilkada 2024

Sempat sebut tak wajib mundur jika caleg terpilih pemilu 2024 maju di pilkada serentak 2024, kini bilang wajib mundur.
Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari saat menggelar rapat pleno rekap hasil penghitungan perolehan suara tingkat nasional Pemilu 2024 hari ke-18, Sabtu (16/3/2024). (Sumber: Youtube KPU)
Food & Travel16 Mei 2024, 11:30 WIB

Cara Membuat Air Lemon untuk Mengurangi Stres, 10 Step Simpel dan Gampang!

Aroma lemon diketahui memiliki efek menenangkan pada pikiran dan tubuh. Minum air lemon dapat membantu mengurangi tingkat stres dan meningkatkan mood.
Ilustrasi. Coba sesuaikan resep membuat Infused Water Air Lemon sesuai dengan selera pribadi, baik dari segi konsentrasi perasan lemon, tambahan gula, atau penambahan bahan-bahan lain seperti daun mint atau buah lainnya. (Sumber : Pexels/Alleksana)
Sehat16 Mei 2024, 11:15 WIB

3 Obat Alami Untuk Asam Urat yang Bisa Dilakukan dan Dibuat di Rumah

ada beberapa cara yang bisa dilakukan atau dibuat di rumah bagi penderita asam urat agar rasa nyerinya ketika muncul bisa berkurang dengan baik atau bisa dicegah
Ceri adalah salah satu dari tiga obat alami yang dipercaya bisa mengobati penyakit asam urat. (Sumber : freepik.com/@azerbajian_stockers)