Asal Usul Pangeran Biru: Julukan Persib selain Maung Bandung, Bobotoh Yuk Simak!

Senin 06 Februari 2023, 11:15 WIB
Ilustrasi. Asal Usul Pangeran Biru: Julukan Persib selain Maung Bandung (Sumber : via. persib.co.id)

Ilustrasi. Asal Usul Pangeran Biru: Julukan Persib selain Maung Bandung (Sumber : via. persib.co.id)

SUKABUMIUPDATE.com - Persib Bandung lahir pada 14 Maret 1933 dari peleburan Persatuan Sepak bola Indonesia Bandung (PSIB) dan National Voetball Bond (NVB). Sebelumnya, di tahun 1923 juga telah berdiri Bandoeng Inlandsche Voetbal Bond (BIVB) di Kota Bandung.

Persib Bandung memilih Anwar St. Pamoentjak sebagai ketua umum, saat terbentuk pada 14 Maret 1933 silam. Kala itu, ada beberapa klub yang juga ikut bergabung ke dalam Persib yakni SIAP, Soenda, Singgalang, Diana, Matahari, OVU, RAN, HBOM, JOP, MALTA, dan Merapi, dikutip via Persib.co.id.

Persib Bandung terkenal dengan julukan Pangeran Biru. Mulai dari jersey hingga warna kebanggaan maung bandung ini pun kerap berwarna biru. Artinya, julukan Persib ini tak hanya Maung Bandung saja ya Bobotoh!

Legenda klub Persib Bandung, Yugi Guntara, menjelaskan asal mula julukan Pangeran Biru tersebut. Ia mengatakan Persib Bandung identik dengan julukan Pangeran Biru karena berasal dari warna kebesaran tim, yakni biru.

Baca Juga: 413 Alumni Beasiswa LPDP Gak Pulang, Sri Mulyani: Jangan Lupakan Indonesia

Lantas, Bagaimana Asal Usul Julukan Pangeran Biru bagi Persib Bandung? Bobotoh Yuk, Simak Penjelasannya!

Augie Fantinus, dalam sebuah video yang diunggah channel resmi Persib, berada di store resmi klub dan bertemu dengan Zulham Zamrun dan legenda klub, Yudi Guntara. Kedua pemain adalah ikon sepak bola Persib berbeda aman. Jika Zulham Zamrun menjadi andalan Maung Bandung pada era sekarang, maka Yudi Guntara adalah sosok yang berjasa pada era 1990an.

"Kalau kamu memang beneran Bobotoh, kenapa sih Persib disebut Pangeran Biru, selain julukan Maung Bandung?" tanya Yudi kepada Augi, dikutip via bola.com.

Baca Juga: Simak 6 Fakta Persib Bandung yang Jadi Klub Bola Lokal Favorit Indonesia!

Augi kemudian menjawab bahwa sejak dulu Persib memang memakai baju berwarna biru. Adapun alasan lain adah di zaman Yudi Guntara, julukan Pangeran Biru bagi Persib diberikan oleh media karena jarang mendapatkan kartu kuning maupun merah.

Persib Bandung digambarkan dengan sifat-sifat pangeran seperti sopan, santun ketika bermain bola, yang mana ketika di lapangan menghormati wasit. Persib bandung juga adalah tim yang selalu suportif.

Kekinian, Persib Bandung bahkan menjadi Klub Bola Lokal Favorit Indonesia berdasarkan Hasil Survei Indikator Politik Indonesia.

Survei Klub Bola Favorit dilakukan pada periode 30 Oktober - 5 November 2022 kepada 1.220 responden di Indonesia.

Baca Juga: 5 Cara Mencegah Perut Buncit Agar Tampil Lebih PD, Yuk Simak!

Mengutip dari dataindonesia.id, sampel Survei Klub Bola Favorit diambil menggunakan metode multistage random sampling dengan toleransi kesalahan (margin of error) +/- 2,9% dan tingkat kepercayaan 95%. Jadi, dapat dipastikan survei ini akurat dan tidak perlu diragukan keabsahan datanya.

Survei menyebut Persib Bandung adalah klub bola favorit di hati masyarakat dengan persentase sebesar 14%. Angka tersebut melampaui tujuh klub bola lain meliputi 9,4% responden menyukai Persija Jakarta, 6% responden menyukai Persebaya Surabaya dan 5% responden menyukai Arema Malang.

Kemudian hasil survei juga menunjukkan responden yang menyukai PSIS Semarang dan PSM Makassar memiliki persentase yang sama, sebesar 2,1%. Lalu, 1,6% responden diketahui menyukai PSMS Medan dan terakhir 1,5% responden menyatakan Bali United sebagai klub sepak bola domestik favorit mereka.

Sumber: berbagai sumber.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Life24 Juli 2024, 13:00 WIB

5 Ciri Orang yang Tidak Suka dengan Kita, Lihat Sikap dan Tatapannya!

Mengenali ciri-ciri seseorang yang tidak suka dengan kita bisa sangat penting untuk memahami dinamika sosial dan menjaga kesehatan emosional.
Ilustrasi - Mengenali ciri-ciri seseorang yang tidak suka dengan kita bisa sangat penting untuk memahami dinamika sosial dan menjaga kesehatan emosional. (Sumber : Pexel.com/@Keira Burton).
Musik24 Juli 2024, 12:30 WIB

Digelar Tiga Hari dan Ada Neck Deep, Berikut Line Up The Sounds Project 7

The Sounds Project merupakan festival musik bergengsi serta di Indonesia yang kembali hadir. Pada tahun ini festival musik tersebut akan digelar selama tiga hari dari 9-11 Agustus 2024 di Ecopark, Ancol, Jakarta Utara.
Digelar Tiga Hari dan Ada Neck Deep, Berikut Line Up The Sounds Project 7 (Sumber : Instagram/@thesoundsproject)
Sehat24 Juli 2024, 12:24 WIB

Tarik OKKO dari Peredaran! BPOM Cek Kandungan Natrium Dehidroasetat di 2 Roti Made In Bandung

Keduanya adalah roti made in Bandung yang selama ini dikenal sebagai jajanan warung yang laris karena murah dan awet alias tahan lama.
Dua roti made in bandung yang diterpa isu mengandung rpengawet kosmetik (Sumber : istimewa)
Bola24 Juli 2024, 12:00 WIB

Prediksi Grup B Piala Presiden 2024: Bali United vs Madura United, H2H Hingga Skor

Bali United akan melawan Madura United dalam lanjutan Piala Presiden Grup B.
Bali United akan melawan Madura United dalam lanjutan Piala Presiden Grup B. (Sumber : X/@BaliUtd/@MaduraUnitedFC).
Life24 Juli 2024, 11:30 WIB

9 Ciri Orang Memiliki Dendam Pada Kita, Terlihat dari Sikapnya

Orang yang dendam pada kita mungkin menghindari interaksi sosial atau mengurangi komunikasi.
Ilustrasi. Ciri Orang Memiliki Dendam pada Kita (Sumber : Pexels/AndreaPiacquadio)
Nasional24 Juli 2024, 11:07 WIB

Wakil Presiden RI ke-9 Hamzah Haz Meninggal Dunia

Jenazah Hamzah Haz akan dimakamkan di kompleks pemakaman keluarga.
Wakil Presiden ke-9 RI Hamzah Haz. | Foto: ppp.or.id
Musik24 Juli 2024, 11:00 WIB

Dimulai dari 2 Juta, Berikut Harga Tiket Konser TXT ACT: PROMISE di Jakarta

Boygrup Tomorrow X Together atau TXT akan menggelar world tour di Indonesia bertajuk ACT: PROMISE pada Rabu, 2 Oktober 2024, di ICE BSD HALL, Tangerang.
Dimulai dari 2 Juta, Berikut Harga Tiket Konser TXT ACT: PROMISE di Jakarta (Sumber : Instagram/@txtupdateina)
Life24 Juli 2024, 10:31 WIB

12 Etika Berkomunikasi dengan Orang Lain, Jangan Memotong Pembicaraan!

Etika Berkomunikasi dengan Orang Lain. Dengarkan tanpa langsung membuat penilaian atau asumsi negatif menujukkan Anda adalah orang yang memiliki etika.
Ilustrasi. Gunakan kata-kata yang tepat dan jelas untuk menghindari kesalahpahaman ketika berkomunikasi dengan orang lain. (Sumber : Pexels/AndreaPiacquadio)
Nasional24 Juli 2024, 10:10 WIB

Sejak 2019! 50 WNI Dikirim Jadi PSK di Australia, Tersangka Untung Rp 500 Juta

Djuhandhani menyatakan FLA mendapatkan uang ini setelah beroperasi sejak 2019.
(Foto Ilustrasi) Polisi menangkap FLA (36 tahun), tersangka penjualan 50 orang WNI untuk dijadikan PSK di Sydney, Australia. | Foto: Istimewa
Sukabumi Memilih24 Juli 2024, 10:02 WIB

Heboh Artis Omesh Posting Berita Politik Pilkada Sukabumi 2024, Apa Kata Warganet?

Omesh, artis asal Sukabumi mengunggah foto tangkapan layar Hasil Survei Elektabilitas Sukabumi 2024. Di postingan itu, namanya disandingkan dengan beberapa pejabat Sukabumi, seperti Iyos Somantri dan Asep Japar.
Artis Omesh Posting Berita Politik Pilkada Sukabumi 2024. Foto: Instagram/omeshomesh