TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
bankbjb

Pasir Heunceut Viral, Anggota DPRD Sebut Geopark Ciletuh Sukabumi Punya Karang Kontol

Karang Kontol berada di Kawasan Geopark Ciletuh khususnya di Desa Mandrajaya, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi. Namanya nyeleneh layaknya buki Pasir Heunceut di Kabupaten Ciamis.

Penulis
Senin 9 Jan 2023, 12:51 WIB

Objek wisata Karang Kontol di Kawasan Geopark Ciletuh tepatnya di Legon Pandan Desa Mandrajaya, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Anggota Komisi I DPRD Kabupaten Sukabumi Andri Hidayana mengungkapkan bahwa wilayah pantai di Kawasan Ciletuh Palabuhanratu Unesco Global Geopark (CPUGGp) khususnya di Desa Mandrajaya, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, selain memiliki pesona yang luar biasa, juga mempunyai keunikan batu karangnya.

"Banyak spot yang terkenal disana seperti Pulau Mandra, Batu Batik, Pulau Kunti, dan satu lagi Pantai Cibiuk. Bahkan di sekitar Pantai Cibiuk ada spot bernama Legon Pandan, disana ada batu karang yang unik karena mirip dengan alat kelamin pria namanya karang kontol," ujar Andri Hidayana kepada sukabumiupdate.com, Minggu 8 Januari 2023.

Nama karang tersebut bagi sebagian orang dinilai kurang sopan atau jorok, namun menurut Andri, penamaan karang kontol konon sudah lama disebut oleh masyarakat sekitar dan sudah menjadi salah satu objek wisata unggulan yang ada di Geopark Ciletuh.

"Entah kapan asal mulanya, gak ada yang bisa mengetahui secara detail, akan tetapi nama tersebut memang identik dengan bentuk karang yang ada di lokasi tersebut seperti Mr P laki laki, makanya masyarakat sekitar menyebutkan karang kontol," ujar Andri.

Baca Juga: Flying Fox Sepanjang 730 Meter Bakal Meluncur di Atas Danau Situ Gunung Sukabumi

Menurut Andri, sudah lama juga tempat tersebut menjadi buruan wisata khusus tamu tamu dari luar daerah. "Ada yang menyebutkan atau mitos, kalau laki-laki yang berkunjung ke lokasi tersebut akan menjadi seorang lelaki perkasa atau kuat urusan ranjang. Kalau perempuan yang berkunjung ke sana Mitosnya akan mendapatkan lelaki idamannya," imbuhnya.

"Gak jarang juga setiap bulan-bulan tertentu ada pengunjung yang khusus ke lokasi tersebut. Dengan dibimbing juru kuncinya yang tinggal di sekitar Geopark Ciletuh atau tepatnya di desa Ciwaru," tambahnya.

Andri memastikan bentuk karang tersebut asli buka rekayasa atau buatan. Akan tetapi terbentuk oleh alam. Karang kontol ini, lanjut dia, titiknya berada di Legon Pandan atau tepatnya di sekitar pulau Kunti atau pantai Cikepuh.

"Bisa ditempuh dengan menggunakan perahu yang sudah tersedia dan bisa diantar oleh pemandu langsung. Hanya menempuh lama perjalanan sekitar 30 sampai 45 menit dari TPI Ciwaru," kata dia.

Baca Juga: Melihat Progres Pembangunan Jalur Lingkar Utara Sukabumi di Cinumpang


Editor
Halaman :
Berita Terkait
BERITA TERPOPULER
Berita Terkini
x