Pasir Heunceut Viral, Anggota DPRD Sebut Geopark Ciletuh Sukabumi Punya Karang Kontol

Senin 09 Januari 2023, 12:51 WIB
Objek wisata Karang Kontol di Kawasan Geopark Ciletuh tepatnya di Legon Pandan Desa Mandrajaya, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa

Objek wisata Karang Kontol di Kawasan Geopark Ciletuh tepatnya di Legon Pandan Desa Mandrajaya, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Anggota Komisi I DPRD Kabupaten Sukabumi Andri Hidayana mengungkapkan bahwa wilayah pantai di Kawasan Ciletuh Palabuhanratu Unesco Global Geopark (CPUGGp) khususnya di Desa Mandrajaya, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, selain memiliki pesona yang luar biasa, juga mempunyai keunikan batu karangnya.

"Banyak spot yang terkenal disana seperti Pulau Mandra, Batu Batik, Pulau Kunti, dan satu lagi Pantai Cibiuk. Bahkan di sekitar Pantai Cibiuk ada spot bernama Legon Pandan, disana ada batu karang yang unik karena mirip dengan alat kelamin pria namanya karang kontol," ujar Andri Hidayana kepada sukabumiupdate.com, Minggu 8 Januari 2023.

Nama karang tersebut bagi sebagian orang dinilai kurang sopan atau jorok, namun menurut Andri, penamaan karang kontol konon sudah lama disebut oleh masyarakat sekitar dan sudah menjadi salah satu objek wisata unggulan yang ada di Geopark Ciletuh.

"Entah kapan asal mulanya, gak ada yang bisa mengetahui secara detail, akan tetapi nama tersebut memang identik dengan bentuk karang yang ada di lokasi tersebut seperti Mr P laki laki, makanya masyarakat sekitar menyebutkan karang kontol," ujar Andri.

Baca Juga: Flying Fox Sepanjang 730 Meter Bakal Meluncur di Atas Danau Situ Gunung Sukabumi

Menurut Andri, sudah lama juga tempat tersebut menjadi buruan wisata khusus tamu tamu dari luar daerah. "Ada yang menyebutkan atau mitos, kalau laki-laki yang berkunjung ke lokasi tersebut akan menjadi seorang lelaki perkasa atau kuat urusan ranjang. Kalau perempuan yang berkunjung ke sana Mitosnya akan mendapatkan lelaki idamannya," imbuhnya.

"Gak jarang juga setiap bulan-bulan tertentu ada pengunjung yang khusus ke lokasi tersebut. Dengan dibimbing juru kuncinya yang tinggal di sekitar Geopark Ciletuh atau tepatnya di desa Ciwaru," tambahnya.

Andri memastikan bentuk karang tersebut asli buka rekayasa atau buatan. Akan tetapi terbentuk oleh alam. Karang kontol ini, lanjut dia, titiknya berada di Legon Pandan atau tepatnya di sekitar pulau Kunti atau pantai Cikepuh.

"Bisa ditempuh dengan menggunakan perahu yang sudah tersedia dan bisa diantar oleh pemandu langsung. Hanya menempuh lama perjalanan sekitar 30 sampai 45 menit dari TPI Ciwaru," kata dia.

Baca Juga: Melihat Progres Pembangunan Jalur Lingkar Utara Sukabumi di Cinumpang

"Di wilayah lain memang mempunyai lokasi wisata dengan nama kepunyaan wanita, di Geopark Ciletuh, lebih unik karena ada batu karang mirip kelamin pria. Ini salah satu daya tarik tersendiri bagi wisatawan, bahwa Geopark Ciletuh di Kecamatan Ciemas, sangat spektakuler," pungkasnya.

Diketahui, objek wisata di Jawa Barat dengan nama nyeleneh bahkan bisa dibilang jorok karena mempunyai arti alat kelamin wanita kini tengah viral.

Objek wisata itu bernama bukit Pasir Heunceut yang berada di Dusun Cipeundeuy, Desa Margaharja, Kecamatan Sukadana, Kabupaten Ciamis.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi24 Juli 2024, 22:16 WIB

Keributan di Tipar Gede Sukabumi, Satu Pengamen Terluka Dihajar Pria Tak Dikenal

Berikut kesaksian pedagang pasar di jalan Tipar Gede Sukabumi terkait sekelompok pengamen dihajar pria tak dikenal berjaket kuning.
Kondisi di sekitar jalan Tipar Gede Kota Sukabumi usai keributan yang melibatkan pengamen dan pria misterius berjaket kuning. (Sumber : Istimewa)
Produk24 Juli 2024, 21:19 WIB

Harga Cabai Rawit Merah di Sukabumi Tembus Rp80 Ribu per Kilogram

Harga cabai rawit merah di Pasar Parungkuda Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, tembus Rp80 ribu per kilogram pada Rabu (24/7/2024).
Cabai rawit merah di Pasar Parungkuda Sukabumi. (Sumber : SU/Ibnu)
Sukabumi Memilih24 Juli 2024, 21:18 WIB

2 Artis Kirim Kode Maju Pilkada Sukabumi, Warganet Dukung Omesh Jadi Bupati, Bobby Wakil Walikota

Dua artis ternama asal Sukabumi, Ananda Rusdiana Omesh dan Bobby Maulana, menjadi perbincangan hangat di kalangan warganet. Hal ini terjadi setelah keduanya mengirimkan kode-kode politik menjelang Pilkada Sukabumi 2024.
Ananda Rusdiana Omesh dan Bobby Maulana | Foto : Ist
Life24 Juli 2024, 21:00 WIB

Merasa Sering Dijauhi Orang Lain? Simak 10 Perilaku yang Mungkin Jadi Penyebabnya

Jika Anda merasa sering dijauhi orang lain, cobalah untuk introspeksi diri dan perhatikan apakah Anda memiliki salah satu dari 10 perilaku ini.
Ilustrasi - Ada beberapa perilaku tertentu yang membuat seseorang atau Anda dijauhi oleh orang lain. (Sumber : Pexels.com/@cottonbro studio).
Internasional24 Juli 2024, 20:37 WIB

Kecelakaan Pesawat Saurya Airlines di Nepal, Semua Penumpang Tewas Kecuali Pilot

Sebuah kecelakaan pesawat kembali terjadi, kali ini menimpa pesawat Bombardier CRJ200 milik Saurya Airlines di Ibu Kota Nepal
Kecelakaan pesawat di Nepal, Saurya Airlines | Foto : Ist
Nasional24 Juli 2024, 20:11 WIB

Kuasa Hukum Korban Kecewa Ronald Terdakwa Pembunuhan Wanita Sukabumi Divonis Bebas

Kuasa Hukum keluarga Dini Sera Afrianti menilai putusan Majelis Hakim PN Surabaya ini sangat menciderai keadilan bagi korban.
Gregorius Ronald Tannur anak anggota DPR RI tersangka penganiayaan berujung kematian wanita Sukabumi Dini Sera Afrianti. (Sumber : Istimewa/Instagram)
Bola24 Juli 2024, 20:00 WIB

Rumor Transfer Persib: Mailson Lima Dikabarkan Jadi Pemain Asing Terakhir yang Bakal Direkrut

Nama Mailson Lima memang mencuat sebagai kandidat pemain asing terakhir Persib untuk musim 2024/2025.
Nama Mailson Lima memang mencuat sebagai kandidat pemain asing terakhir Persib untuk musim 2024/2025. (Sumber : Instagram/@inst_scout).
Sukabumi24 Juli 2024, 19:34 WIB

Dukung Kenyamanan Mobilitas, Dinas PU Perbaiki Jalan Angkrong Parungkuda Sukabumi

Dinas Pekerjaan Umum (PU) terus berupaya meningkatkan kualitas infrastruktur di beberapa wilayah Kabupaten Sukabumi. Diantaranya pengaspalan ruas Jalan Angkrong di Kecamatan Parungkuda
Dinas PU Kabupaten Sukabumi melakukan pengaspalan ruas jalan Angkrong, Kecamatan Parungkuda | Foto : Ibnu Sanubari
Sukabumi24 Juli 2024, 19:24 WIB

Inspektorat Desak RS Bunut Sukabumi Amankan Uang dari Eks Dirut yang Jadi Temuan BPK

Inspektorat Kota Sukabumi mendesak direksi RSUD R Syamsudin SH (Bunut) amankan uang dari eks dirut senilai hampir Rp1 Miliar yang jadi temuan BPK.
Kepala Inspektorat Kota Sukabumi, Een Rukmini saat diwawancara terkait temuan BPK atas keuangan RS Bunut. (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Bola24 Juli 2024, 19:00 WIB

Link Live Streaming Persija Jakarta vs Arema FC Grup B Piala Presiden 2024

Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Grupa B Piala Presiden 2024 antara Persija Jakarta vs Arema FC berikut kami sediakan layanan live streamingnya.
Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Grupa B Piala Presiden 2024 antara Persija Jakarta vs Arema FC berikut kami sediakan layanan live streamingnya. (Sumber : X/@BaliUtd/Istimewa).