Sasar Dua Desa, Ratusan Huntara Bunga Dompet Dhuafa Bagi Penyintas Gempa Cianjur

Sabtu 01 April 2023, 10:42 WIB
Sasar Dua Desa, Ratusan Huntara Bunga Dompet Dhuafa Bagi Penyintas Gempa Cianjur (Sumber : Istimewa)

Sasar Dua Desa, Ratusan Huntara Bunga Dompet Dhuafa Bagi Penyintas Gempa Cianjur (Sumber : Istimewa)

SUKABUMIUPDATE.com - Ratusan Hunian Sementara Bumi Endah Dompet Dhuafa (Huntara Bunga) yang terletak di Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur telah berdiri dan siap dihuni oleh penyintas gempa bumi Cianjur.

Ratusan unit Huntara Bunga tersebut tersebar di Kampung Sarampad, Desa Sarampad dan Kampung Pangkalan, Desa Benjot.

Berdasarkan rilis yang diterima sukabumiupdate.com, Dompet Dhuafa telah meresmikan Huntara Bunga melalui unit Disaster Management Center (DMC), di Kampung Sarampad, Desa Sarampad, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur pada Jumat (31/03/2023) kemarin.

Ratusan Huntara Bunga Dompet Dhuafa Bagi Penyintas Gempa Cianjur Sasar Dua DesaRatusan Huntara Bunga Dompet Dhuafa Bagi Penyintas Gempa Cianjur Sasar Dua Desa (Sumber: Istimewa)

Adapun peresmian dilakukan dengan pemotongan pita yang disusul dengan penanaman pohon produktif yakni pohon mangga. Selain itu dilanjutkan dengan buka puasa bersama para penerima manfaat dan warga sekitar Kampung Sarampad.

“Alhamdulillah semenjak saya dapat bantuan Huntara, saya senang. Karena jangankan untuk rumah, untuk makan juga saya bagaimana (sulit). Semenjak dapat Huntara, anak-anak bisa (hidup) layak. Tidak di tenda lagi. Karena kalau di tenda itu saat musim panas (menjadi gerah/ kepanasan) jika musim hujan jadi kebanjiran,” ujar Pak Hadini, salah satu penerima manfaat Huntara Bunga DMC Dompet Dhuafa, Kampung Sarampad.

Baca Juga: Misteri Situs Gunung Padang Cianjur, Wisata Prasejarah di Jawa Barat

“Saya berterima kasih kepada donatur yang sudah memberikan bantuannya. Dan saya berterima kasih kepada bapak, ibu, adik-adik dan kakak-kakak yang sudah membantu, mudah-mudahan diberikan rezeki oleh Allah SWT,” lanjut Hadini, dikutip Sabtu (1/4/2023).

Ratusan Huntara Bunga Dompet Dhuafa Bagi Penyintas Gempa Cianjur Sasar Dua DesaRatusan Huntara Bunga Dompet Dhuafa Bagi Penyintas Gempa Cianjur Sasar Dua Desa (Sumber: Istimewa)

Hal ini sungguh mengembirakan lantaran pada bulan Ramadan ini, penyintas sudah bisa menikmati tempat yang layak dan aman untuk menyongsong kembali masa depan.

“Kita memanfaatkan dan memaksimalkan sisa-sisa puing dari bangunan rumah mereka yang runtuh. Sehingga tidak ada sisa-sisa bangunan yang tidak termanfaatkan. Hal ini juga dalam rangka untuk meminimalisir banjir limbah.

Selain itu melalui Huntara Bunga ini adanya pelibatan masyarakat untuk memiliki tempat tinggal bahwa yang mereka bangun adalah memang untuk mereka,” ungkap Ahmad Shonhaji selaku Direktur Layanan Sosial, Dakwah dan Budaya Dompet Dhuafa.

Korban Gempa Cianjur | Ratusan Huntara Bunga Dompet Dhuafa Bagi Penyintas Gempa Cianjur Sasar Dua DesaKorban Gempa Cianjur | Ratusan Huntara Bunga Dompet Dhuafa Bagi Penyintas Sasar Dua Desa (Sumber: Istimewa)

Penyintas bisa dengan aman ketika menyantap sahur dan berbuka puasa: atap yang aman dan ruang yang nyaman. Bahkan penyintas bisa melakukan buka puasa bersama dengan keluarga dan kerabat lainnya di Huntara Bunga.

“Berdasarkan pembelajaran yang dimiliki DMC Dompet Dhuafa, keberadaan rumah layak huni sangat berpengaruh bagi pemulihan para penyintas bencana gempa. Kami berharap kehadiran Huntara Bunga di Cianjur dapat berkontribusi bagi pemulihan para penyintas,” terang Arif Rahmadi Haryono, CEO DMC Dompet Dhuafa.

“Kami haturkan terima kasih atas dukungan masyarakat dan setiap pihak yang senantiasa membantu para penyintas bencana Cianjur untuk mendapatkan kembali kehidupannya seperti sedia kala,” lanjut Arif.

Dengan Huntara yang dibangun dari donasi masyarakat, penyintas bencana tidak perlu khawatir lagi dengan dinginnya malam, gigitan nyamuk, hingga mampu berlindung ketika hujan melanda tempatnya.

Huntara Bunga mengusung konsep recycle housing yakni rumah berbasis material bekas puing-puing rumah yang rusak akibat gempa bumi di CIanjur pada November 2022 lalu. Tentu juga ditambah dengan bahan material bangunan yang baru.

Huntara Bunga sendiri terdiri dari dua ruang kamar tidur, satu ruang tamu dan teras rumah dengan luas 7 X 5 meter persegi.

Ratusan Huntara Dompet Dhuafa Bagi Penyintas Gempa Cianjur Sasar Dua DesaRatusan Huntara Bunga Dompet Dhuafa Bagi Penyintas Gempa Cianjur Sasar Dua Desa (Sumber: Istimewa)

Sebelum membangun Huntara, DMC Dompet Dhuafa akan membentuk kelompok masyarakat yang terdiri dari 10 Kepala Keluarga.

Seusai terbentuk, DMC Dompet Dhuafa akan melakukan transfer knowledge seputar pembangunan huntara dengan konsep recycle: mulai dari ukuran, bahan, hingga arsitektur, dan penanaman semangat pemberdayaan.

Ketika kelompok sudah terbentuk dan sudah mensosialisasikan recycle house, masyarakat akan bergotong-royong membangun huntara untuk masing-masing anggota kelompok.

Semua kontribusi pada fase pemulihan ini merupakan uluran tangan dari Kawan Baik DMC Dompet Dhuafa. Semoga Kawan Baik selalu dalam perlindungan dan keberkahan Allah SWT. Mari Berdaya Hadapi Bencana.

“Kami dalam hal ini memberikan apresiasi kepada NGO, pihak swasta, atau siapapun perorangan yang telah berkolaborasi dengan pemerintah setempat. Kami mehaturkan banyak terima kasih untuk para donatur yang telah terketuk hatinya untuk ikut membangun di masa tanggap darurat, transisi, untuk memulihkan fisik dan mental mereka terutama dalam hal ini yang saat ini hadir di Kampung Sarampad adalah DMC Dompet Dhuafa,” terang Komariah selaku Kepala Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur.

Dalam peresmian ini turut hadir Prima Hadi Putra selaku Direktur Komunikasi dan Teknologi Dompet Dhuafa, M. Noor Awaluddin Asjhar Kepala Lembaga Pelayan Masyarakat (LPM) Dompet Dhuafa, Roby Suryadi selaku Senior Officer RDK dan Layanan Kesehatan LKC Dompet Dhuafa, Shirli Gumilang bagian Manager Sekolah Literasi Indonesia (SLI) Lembaga Pengembangan Insani (LPI).

Baca Juga: 68 Makam Tanpa Nama! Ada Pahlawan Sukabumi, Korban Algojo Belanda di Cianjur

Untuk diketahui, Dompet Dhuafa adalah lembaga filantropi islam yang berkhidmat dalam pemberdayaan kaum dhuafa dengan pendekatan budaya, welasasih (filantropis) dan wirausaha sosial.

Menapaki perjalanan tiga dekade (30 tahun), Dompet Dhuafa berkontribusi menghadirkan layanan bagi pemberdayaan dan pengembangan umat melalui lima pilar program yaitu pendidikan, kesehatan, ekonomi,  sosial kebencanaan, dakwah dan budaya, serta CSR.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi17 April 2024, 19:13 WIB

Demokrat Sambut Baik Ayep Zaki Ramaikan Pilkada Kota Sukabumi

DPC Partai Demokrat Kota Sukabumi, Luviana Adam mengaku sangat respect dengan sosok Ayep Zaki yang merupakan tokoh Sukabumi yang konsen dalam bidang pangan.
Ketua Pembina Forum Komunikasi Doa Bangsa (FKDB), Ayep Zaki, mengambil formulir pendaftaran sebagai bakal calon (bacalon) Wali Kota dari Partai Demokrat, pada Selasa (16/4/2024) | Foto : Sukabumi Update
Life17 April 2024, 19:00 WIB

8 Tanda Anak Stres yang Tidak Boleh Disepelekan Orang Tua

Ayah Bunda Wajib Tahu! Ini Sederet Tanda Anak Stres yang Tidak Boleh Disepelekan Orang Tua
Ilustrasi. Tanda Anak Stres yang Tidak Boleh Disepelekan Orang Tua. Foto : Pixabay/Mimzy
Sukabumi17 April 2024, 18:33 WIB

Sempat Tutup Jalan, Pohon Setinggi 16 Meter Tumbang di Jalur Lingsel Sukabumi

Kejadian pohon tumbang di Jalur Lingsel Sukabumi ini terjadi saat hujan deras dan angin kencang melanda wilayah tersebut.
Proses evakuasi pohon tumbang di Jalur Lingsel Sukabumi, Rabu (17/4/2024) sore. (Sumber : Istimewa)
Bola17 April 2024, 18:30 WIB

Link Live Streaming Persija Jakarta vs Persis Solo di Liga 1 Pekan ke-31

Persija Jakarta vs Persis Solo akan tersaji malam ini mulai pukul 19.00 WIB.
Persija Jakarta vs Persis Solo akan tersaji malam ini mulai pukul 19.00 WIB. (Sumber : pexels.com/@Tom Fisk).
Sukabumi17 April 2024, 18:09 WIB

Perpustakaan Palabuhanratu Miliki Koleksi Buku Lengkap, Cek Jam Bukanya

Dikelola Diarpus Kabupaten Sukabumi, Perpustakaan Palabuhanratu miliki 4000 koleksi buku.
Unit Pelayanan Perpustakaan Palabuhanratu. (Sumber : SU/Ilyas)
Life17 April 2024, 18:00 WIB

Doa untuk Ibu Hamil Agar Janin Dalam Kandungan Sehat dan Selamat Saat Melahirkan

Kumpulan doa untuk buah hati dalam kandungan yang dapat dilafalkan ibu hamil.
Ilustrasi-Kumpulan doa untuk buah hati dalam kandungan yang dapat dilafalkan ibu hamil. | Foto: Freepik/@valeria_aksakova
Sehat17 April 2024, 17:30 WIB

Begini Cara Membuat Teh Daun Sirsak untuk Menurunkan Gula Darah, Gampang dan Praktis!

Teh daun sirsak sangat mudah dibuat dan manfaat untuk menurunkan gula darah.
Ilustrasi - Teh daun sirsak sangat mudah dibuat dan manfaat untuk menurunkan gula darah. (Sumber : YouTube/@Classic Bakes).
Musik17 April 2024, 17:00 WIB

Lirik Lagu Hati Lain di Hatimu Fabio Asher yang Viral di TikTok

Inilah Lirik Lagu Hati Lain di Hatimu Fabio Asher yang Viral di TikTok. Sudah Dengar?
Lirik Lagu Hati Lain di Hatimu Fabio Asher yang Viral di TikTok (Sumber : YouTube/FabioAsher)
Bola17 April 2024, 16:00 WIB

Persija Jakarta vs Persis Solo di Liga 1 2023/2024: Head to Head, Susunan Pemain dan Skor Akhir

Persija Jakarta akan menyambut tamunya Persis Solo dalam lanjutan Liga 1 2023/2024, malam ini mulai pukul 19.00 WIB.
Persija Jakarta akan menyambut tamunya Persis Solo dalam lanjutan Liga 1 2023/2024, malam ini mulai pukul 19.00 WIB. (Sumber : X/@persija/@persisofficial).
Sukabumi17 April 2024, 15:39 WIB

Menko PMK Optimis Perbaikan Permanen Tol Bocimi Seksi 2 Rampung dalam 3 Bulan

Menko PMK Muhadjir Effendy meninjau langsung proses perbaikan bahu jalan yang longsor di KM 64+600 A Tol Bocimi seksi 2, Parungkuda Sukabumi, (17/4/2024).
Menko PMK Muhadjir Effendy tinjau perbaikan jalan yang longsor di KM 64+600 A Tol Bocimi seksi 2, Parungkuda Sukabumi, Rabu (17/4/2024). (Sumber : SU/Ibnu)