Dari Nagrak Hingga Cugenang, Perjalanan Fikri Abdul Ajiz Bantu Korban Gempa Cianjur

Minggu 27 November 2022, 15:39 WIB
Fikri Abdul Ajiz salurkan bantuan kepada warga terdampak gempa Cianjur di Nagrak Sukabumi

Fikri Abdul Ajiz salurkan bantuan kepada warga terdampak gempa Cianjur di Nagrak Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Wakil Ketua DPW Partai NasDem (Nasional Demokrat) Jawa Barat, Fikri Abdul Ajiz, menemui warga terdampak gempa Cianjur di Kabupaten Sukabumi dan Cianjur Jawa Barat. Ribuan rumah dan bangunan lainnya di Kabupaten Sukabumi terdampak, baik rusak ringan, sedang hingga berat, dengan lebih dari belasan ribu jiwa yang bertahan seadanya di pengungsian.

Ini menjadi fokus Fikri Abdul Ajiz, karena dukungan apapun untuk warga terdampak bencana ini sangat dibutuhkan. Para penyintas gempa bumi Cianjur, sejak 21 November 2022 lalu membutuhkan perhatian dan bantuan.

Data Pusat Pengendalian dan Operasi (Pusdalops) BPBD Kabupaten Sukabumi hingga pukul 16.00 WIB, Kamis 24 November 2022, mencatat lebih dari 300 jiwa mengungsi tersebar di 22 kecamatan dengan 977 unit rumah rusak. Gempa juga menghancurkan 10 unit sekolah, 18 sarana ibadah, tiga unit bangunan umum, sosial dan kesehatan.

Sementara BNPB mencatat korban meninggal dunia akibat gempa yang mengguncang Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, hingga Sabtu, (26/11/2022) mencapai 318 jiwa. Sedangkan untuk korban hilang atau masih dalam status pencarian 14 jiwa.

Total korban luka dari awal kejadian gempa 7.729 dengan rincian luka berat 595 orang dan luka ringan 7.134 orang. Korban luka berat yang saat sekarang masih dirawat di rumah sakit berjumlah 108 orang. Sementara warga yang mengungsi per hari ini akumulasi dari [kejadian] hari pertama 73.693 jiwa.

Jumlah kecamatan di Kabupaten Cianjur yang terdampak mencapai 16 kecamatan yang terdiri dari 146 desa. Untuk jumlah rumah rusak berat 25.186, rusak sedang 12.496 dan rusak ringan 20.367.

Fikri Abdul Ajiz bersama relawan di lokasi terdampak gempa Cianjur di Kadudampit Kabupaten SukabumiFikri Abdul Ajiz bersama relawan di lokasi terdampak gempa Cianjur di Kadudampit Kabupaten Sukabumi

Bersama para relawan, pada Sabtu, 26 November 2022 pengacara muda sekaligus pengusaha tambang batubara dan properti itu mendatangi sejumlah lokasi terdampak gempa, dari Kabupaten Sukabumi hingga ke Cianjur.

“Saya atas nama pribadi dan Partai NasDem mengucapkan duka cita sedalam-dalamnya atas musibah ini. Semoga semuanya diberikan kekuatan oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala untuk menghadapi peristiwa ini,” terang Fikri kepada awak media.

Fikri dan rombongan memulai aksi kemanusiannya dari Nagrak lalu ke Kadudampit, dan Sukaraja. “Malam kita tiba di Cianjur, menyalurkan bantuan yang sama,” imbuhnya.

Caleg DPR RI untuk Dapil Kota dan Kabupaten Sukabumi memberikan dukungan moral dan materi agar para penyintas bencana ini kuat dan segera bangkit. “Kami fokus dulu ke Sukabumi satu persatu daerah terdampak, lalu ke Cianjur. Mereka butuh kita, untuk menguatkan agar secepatnya pulih dan bangkit.” lanjut Fikri.

Bantuan yang disalurkan berupa makan, pakaian dan barang kebutuhan lainnya di pengungsian. Mulai dari matras, kebutuhan bayi, makanan pokok, selimut dan lainnya. Saat menemui para korban bencana gempa Fikri ditemani Bacaleg Jabar Budi Munawar Khutomi, caleg Kabupaten Sukabumi Fiskiyaa Nardhina dan Ephar Sayid Abdullah.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Life19 April 2024, 13:00 WIB

6 Cara Menghilangkan Sifat Iri Dengki Dalam Diri Agar Hidup Tenang dan Damai

Menghilangkan sifat iri dan dengki memang harus dalam hidup. Sebab hal demikian untuk hidup lebih tenang dan damai.
Ilustrasi. Cara menghilangkan sifat iri dengki. Sumber Foto : Pexels/Liza Summer
Sehat19 April 2024, 12:30 WIB

7 Kategori Makanan yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat

Berikut Daftar Kategori Makanan yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat. Sobat Sehat Wajib Tahu!
Ilustrasi. Serangan Asam Urat. Ketahui Apa Saja Kategori Makanan yang Tidak Dianjurkan untuk Penderita Asam Urat. | Foto: Freepik
Sukabumi19 April 2024, 12:00 WIB

Siswi SMAN 1 Cisaat Meninggal saat Seleksi Paskibraka Kabupaten Sukabumi

Awalnya Lima menerima informasi bahwa siswi SMA Negeri 1 Cisaat ini pingsan.
Jenazah siswi SMAN Negeri 1 Cisaat berinisial K saat akan diberangkatkan dari RSUD Palabuhanratu menuju rumah duka di Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi, Jumat (19/4/2024). | Foto: SU/Ilyas Supendi
Bola19 April 2024, 12:00 WIB

Bek Kiri Andalan Persib Ini Harus Absen Saat Pangeran Biru Jamu Persebaya

Persib Bandung harus rela kehilangan Rezaldi Hehanusa saat mereka menjamu Persebaya di Stadion Si Jalak Harupat, Sabtu besok.
Persib Bandung harus rela kehilangan Rezaldi Hehanusa saat mereka menjamu Persebaya di Stadion Si Jalak Harupat, Sabtu besok. (Sumber : Persib.co.id)
Sehat19 April 2024, 11:45 WIB

7 Cara Ampuh Turunkan Obesitas, Salah Satunya Olahraga

Obesitas biasanya terjadi akibat ketidakseimbangan antara asupan kalori yang dikonsumsi dan jumlah kalori yang dibakar melalui aktivitas fisik.
Ilustrasi. Orang yang obesitas. Sumber : pixabay/Bru-No
Sukabumi19 April 2024, 11:35 WIB

Perut Membengkak, Janda Asal Ciracap Sukabumi Butuh Bantuan untuk Berobat

Rosmawati mengalami sakit sudah tujuh bulan dengan kondisi perut membengkak.
Rosmawati (57 tahun) di rumahnya di Kampung Batunamprak RT 03/09 Desa Pangumbahan, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Life19 April 2024, 11:30 WIB

Hati-Hati! 7 Hal Sederhana Ini Ternyata Bisa Menurunkan Kecerdasan

Tes IQ sering digunakan untuk mengevaluasi kemampuan mental dan potensi kognitif seseorang, serta digunakan dalam proses seleksi pendidikan, pekerjaan, dan kebutuhan medis lainnya.
Ilustrasi. Kecerdasan. Sumber : pixabay/sebaie-1992
Sehat19 April 2024, 11:00 WIB

5 Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan, Bisa Melembabkan Kulit

Lidah buaya memiliki sejarah penggunaan yang panjang dalam berbagai budaya sebagai bahan alami untuk perawatan kulit, rambut, dan peradangan.
Ilustrasi. Lidah buaya. Sumber : pixabay/Aluegreen
Opini19 April 2024, 10:58 WIB

Puasa Syawal, Amalan Setelah Ramadan yang Hampir Terlewatkan

Saat ini kita sedang berada di bulan Syawal, bulan di mana Allah memberikan limpahan pahala pada aktivitas tertentu.
Ilustrasi. |  Foto: Pixabay
Inspirasi19 April 2024, 10:30 WIB

Lowongan Kerja Lulusan S1 Keuangan di Bandung Jawa Barat

Jobseeker Yuk Simak Info Lowongan Kerja Lulusan S1 Keuangan di Bandung Jawa Barat Berikut dan Apply Segera!
Ilustrasi. Lowongan Kerja Lulusan S1 Keuangan di Bandung Jawa Barat (Sumber : pexels.com/AndreaPiacquadio)