Dari Nagrak Hingga Cugenang, Perjalanan Fikri Abdul Ajiz Bantu Korban Gempa Cianjur

Minggu 27 November 2022, 15:39 WIB
Fikri Abdul Ajiz salurkan bantuan kepada warga terdampak gempa Cianjur di Nagrak Sukabumi

Fikri Abdul Ajiz salurkan bantuan kepada warga terdampak gempa Cianjur di Nagrak Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Wakil Ketua DPW Partai NasDem (Nasional Demokrat) Jawa Barat, Fikri Abdul Ajiz, menemui warga terdampak gempa Cianjur di Kabupaten Sukabumi dan Cianjur Jawa Barat. Ribuan rumah dan bangunan lainnya di Kabupaten Sukabumi terdampak, baik rusak ringan, sedang hingga berat, dengan lebih dari belasan ribu jiwa yang bertahan seadanya di pengungsian.

Ini menjadi fokus Fikri Abdul Ajiz, karena dukungan apapun untuk warga terdampak bencana ini sangat dibutuhkan. Para penyintas gempa bumi Cianjur, sejak 21 November 2022 lalu membutuhkan perhatian dan bantuan.

Data Pusat Pengendalian dan Operasi (Pusdalops) BPBD Kabupaten Sukabumi hingga pukul 16.00 WIB, Kamis 24 November 2022, mencatat lebih dari 300 jiwa mengungsi tersebar di 22 kecamatan dengan 977 unit rumah rusak. Gempa juga menghancurkan 10 unit sekolah, 18 sarana ibadah, tiga unit bangunan umum, sosial dan kesehatan.

Sementara BNPB mencatat korban meninggal dunia akibat gempa yang mengguncang Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, hingga Sabtu, (26/11/2022) mencapai 318 jiwa. Sedangkan untuk korban hilang atau masih dalam status pencarian 14 jiwa.

Total korban luka dari awal kejadian gempa 7.729 dengan rincian luka berat 595 orang dan luka ringan 7.134 orang. Korban luka berat yang saat sekarang masih dirawat di rumah sakit berjumlah 108 orang. Sementara warga yang mengungsi per hari ini akumulasi dari [kejadian] hari pertama 73.693 jiwa.

Jumlah kecamatan di Kabupaten Cianjur yang terdampak mencapai 16 kecamatan yang terdiri dari 146 desa. Untuk jumlah rumah rusak berat 25.186, rusak sedang 12.496 dan rusak ringan 20.367.

Fikri Abdul Ajiz bersama relawan di lokasi terdampak gempa Cianjur di Kadudampit Kabupaten SukabumiFikri Abdul Ajiz bersama relawan di lokasi terdampak gempa Cianjur di Kadudampit Kabupaten Sukabumi

Bersama para relawan, pada Sabtu, 26 November 2022 pengacara muda sekaligus pengusaha tambang batubara dan properti itu mendatangi sejumlah lokasi terdampak gempa, dari Kabupaten Sukabumi hingga ke Cianjur.

“Saya atas nama pribadi dan Partai NasDem mengucapkan duka cita sedalam-dalamnya atas musibah ini. Semoga semuanya diberikan kekuatan oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala untuk menghadapi peristiwa ini,” terang Fikri kepada awak media.

Fikri dan rombongan memulai aksi kemanusiannya dari Nagrak lalu ke Kadudampit, dan Sukaraja. “Malam kita tiba di Cianjur, menyalurkan bantuan yang sama,” imbuhnya.

Caleg DPR RI untuk Dapil Kota dan Kabupaten Sukabumi memberikan dukungan moral dan materi agar para penyintas bencana ini kuat dan segera bangkit. “Kami fokus dulu ke Sukabumi satu persatu daerah terdampak, lalu ke Cianjur. Mereka butuh kita, untuk menguatkan agar secepatnya pulih dan bangkit.” lanjut Fikri.

Bantuan yang disalurkan berupa makan, pakaian dan barang kebutuhan lainnya di pengungsian. Mulai dari matras, kebutuhan bayi, makanan pokok, selimut dan lainnya. Saat menemui para korban bencana gempa Fikri ditemani Bacaleg Jabar Budi Munawar Khutomi, caleg Kabupaten Sukabumi Fiskiyaa Nardhina dan Ephar Sayid Abdullah.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Food & Travel17 Juni 2024, 09:00 WIB

Idul Adha Bosen Daging? Kunjungi 10 Rekomendasi Tempat Makan Bakso di Sukabumi Ini!

Sukabumi tidak hanya terkenal dengan wisata alamnya, namun juga terkenal dengan wisata kulinernya. Berikut Rekomendasi Tempat Makan Bakso di Sukabumi!
Ilustrasi. Rekomendasi Tempat Makan Bakso di Sukabumi. Bakso biasanya disajikan dalam kuah kaldu sapi yang gurih, dan sering kali dilengkapi dengan mie, bihun, tauge, tahu, siomay, dan sayuran. (Sumber : Freepik/@jcomp)
Inspirasi16 Juni 2024, 09:00 WIB

Lowongan Kerja Staff IT Service Support di KAI Services, Minimal Lulusan SMA/SMK

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Ilustrasi. Lowongan Kerja Staff IT Service Support di KAI Services, Minimal Lulusan SMA/SMK. (Sumber : Freepik)
Aplikasi16 Juni 2024, 08:00 WIB

30 Link Twibbon Idul Adha 2024, Cocok Untuk Dibagikan di Sosial Media

Twibbon Idul Adha 2024 ini bisa kamu bagikan di media sosial untuk merayakan Hari Raya Umat Muslim.
Ilustrasi - Twibbon Idul Adha 2024 ini bisa kamu bagikan di media sosial untuk merayakan Hari Raya Umat Muslim. (Sumber : twibbonize.com).
Musik16 Juni 2024, 07:57 WIB

Kepala Tanpa Otak, Dari Sukabumi AX6 Gebrak Dunia Metal Industrial Core

Kepala Tanpa Otak menjadi judul album sekaligus judul lagu pamungkas dari kelahiran kembali AX6.
AX6, Ali topen (vokalis) bersama Raka, Iskandar dan Heri. (Sumber : Istimewa)
Life16 Juni 2024, 07:00 WIB

50 Ucapan Selamat Hari Raya Idul Adha 1445 H, Tebarkan Semangat Kebersamaan

Ucapan Idul Adha dapat membantu kita berbagi kebahagiaan dengan orang lain dan menciptakan suasana yang meriah dan penuh sukacita.
Ilustrasi - Ucapan Idul Adha dapat membantu kita berbagi kebahagiaan dengan orang lain dan menciptakan suasana yang meriah dan penuh sukacita.(Sumber : Freepik)
Food & Travel16 Juni 2024, 06:30 WIB

4 Resep Makanan Lebaran yang Ramah Asam Urat: Opor, Sate hingga Kue Kering

Resep Makanan Lebaran yang Ramah Asam Urat ini menggunakan bahan-bahan yang rendah purin dan kaya nutrisi untuk membantu mengelola kadar asam urat dalam tubuh.
Ilustrasi. Ilustrasi. Sate. Resep Makanan Lebaran yang Ramah Asam Urat: Opor hingga Kue Kering (Sumber : Freepik/@jcomp)
Science16 Juni 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 16 Juni 2024, Pagi Hari Langit Cerah di Semua Wilayah

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah pada Minggu 16 Juni 2024.
Ilustrasi - Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah pada Minggu 16 Juni 2024. (Sumber : Pixabay.com)
Nasional15 Juni 2024, 23:22 WIB

Harun Masiku Menyamar Jadi Guru dan Marbut Masjid di Luar Negeri

Berdasarkan informasi terbaru, Harun Masiku, buron kasus korupsi suap PAW Caleg DPR RI, diketahui menggunakan berbagai penyamaran untuk menghindari pengejaran hukum.
Harun Masiku, Buronan KPK | Foto : Ist
Sukabumi15 Juni 2024, 22:53 WIB

9 WNA China Terombang-ambing di Laut Sukabumi dan Sempat Ditangkap Tentara Australia

Sebanyak sembilan warga negara asing (WNA) asal China dan tiga WNI asal NTT berhasil diamankan di Polres Sukabumi. Setelah di tolong oleh nelayan Sukabumi karena kapal yang mereka tumpangi bermasalah
WNA asal China saat diperiksa di Satreskrim Polres Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Sukabumi15 Juni 2024, 22:13 WIB

Maling Modus Ganjal ATM di Sukabumi Kepergok, Acungkan Pistol Ke Pengunjung Minimarket

Viral di media sosial, tiga pria misterius acungkan benda mirip pistol ke arah pengunjung tertangkap kamera cctv sebuah minimarket.
Aksi pria acungkan pistol ke pengunjung minimarket di Jalan Lingkar Selatan, Kecamatan Lembursitu, Kota Sukabumi | Foto : Capture video CCTV