Daftar 5 Bencana Nuklir Terburuk di Dunia yang Dampaknya Sangat Mengerikan!

Jumat 29 Desember 2023, 17:30 WIB
Ilustrasi Chernobly - Di dunia ini ada beberapa bencana nuklir terburuk yang mengakibatkan kota-kota hancur dan tidak bisa dihuni. (Sumber : unsplash.com/@Viktor Hesse.)

Ilustrasi Chernobly - Di dunia ini ada beberapa bencana nuklir terburuk yang mengakibatkan kota-kota hancur dan tidak bisa dihuni. (Sumber : unsplash.com/@Viktor Hesse.)

SUKABUMIUPDATE.com - Bencana nuklir adalah kejadian yang menyebabkan pelepasan bahan radioaktif ke lingkungan. Pelepasan ini dapat terjadi karena berbagai faktor, seperti kecelakaan di pembangkit listrik tenaga nuklir, uji coba senjata nuklir, atau serangan nuklir.

Bahan radioaktif merupakan zat yang mengeluarkan radiasi. Radiasi adalah energi yang dapat merusak sel-sel tubuh. Paparan radiasi dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, termasuk kanker, mutasi genetik, dan kecacatan lahir.

Bencana nuklir dapat memiliki dampak yang sangat besar pada lingkungan dan masyarakat. Paparan radiasi dapat menyebabkan kematian, penyakit, dan kerusakan lingkungan. Bencana nuklir juga dapat menyebabkan ketakutan dan kecemasan di antara masyarakat.

Baca Juga: 10 Ciri Seseorang Mengalami Lelah Batin, Apa Kamu Salah Satunya?

Berikut adalah beberapa contoh bencana nuklir yang pernah terjadi di dunia, dihimpun via howstuffworks:

1. Chernobyl

Kota Chernobyl yang hancur akibat bencan nuklir. | unsplash.com/@Mads EneqvistKota Chernobyl yang hancur akibat bencan nuklir. | unsplash.com/@Mads Eneqvist.

Kegagalan besar reaktor Unit 4 di pembangkit listrik tenaga nuklir di Chernobyl sejauh ini merupakan bencana nuklir terburuk dalam sejarah. Chernobyl hingga saat ini tetap menjadi satu-satunya kecelakaan di fasilitas tenaga nuklir komersial terburuk yang mengakibatkan kematian massal akibat keracunan radiasi akut.

Bencana Chernobyl disebabkan oleh kesalahan manusia dan kesalahan desain reaktor. Operator pembangkit listrik memutuskan untuk menjalankan uji keselamatan sementara reaktor Unit 4 untuk sementara dimatikan. Pengujian tersebut bertujuan untuk menentukan apakah sistem pendingin reaktor dapat beroperasi jika terjadi kehilangan daya listrik. Sebaliknya, komunikasi yang buruk mengakibatkan lonjakan listrik secara tiba-tiba yang menyebabkan ledakan besar dan kebakaran di reaktor.

Baca Juga: 10 Cara Mengatasi Lelah Batin Agar Bisa Hidup Tenang dan Bahagia

30 kematian di Chernobyl termasuk dua pekerja yang tewas dalam ledakan tersebut dan 28 petugas pemadam kebakaran dan petugas tanggap darurat yang terkena radiasi tingkat besar (satu meninggal karena serangan jantung).

Ratusan ribu orang dievakuasi dari wilayah sekitar pabrik yang rusak, yang dikenal sebagai “Zona Eksklusi.” Diperkirakan 7.000 anak-anak dan remaja yang terpapar radiasi Chernobyl menderita kanker tiroid selama 35 tahun terakhir. Untungnya, sebagian besar tidak berakibat fatal.

  • Tanggal: 26 April 1986
  • Lokasi: Chernobyl, Ukraina
  • Kematian: 30, ditambah ribuan lainnya akibat kanker tiroid akibat radiasi
  • Evakuasi: 115.000 orang, ditambah lebih banyak lagi pada bulan-bulan berikutnya

Baca Juga: 11 Tanda-tanda Seseorang Memiliki Luka Batin, Apa Kamu Juga Termasuk?

2. Fukushima Daiichi

Reaktor nuklir Fukushima Daiichi. | Foto screenshot via YouTube/@Nippon TV News 24 JapanReaktor nuklir Fukushima Daiichi. | Foto screenshot via YouTube/@Nippon TV News 24 Japan.

Pada tanggal 11 Maret 2011, gempa bumi berkekuatan 9,0 di lepas pantai timur laut Jepang memicu tsunami mematikan dengan ketinggian gelombang mencapai hampir 100 kaki (30 meter). Peristiwa dahsyat tersebut, yang dikenal sebagai Gempa Bumi dan Tsunami Tohoku, menewaskan lebih dari 19.000 orang di kota-kota pesisir Jepang.

Pembangkit listrik tenaga nuklir Fukushima Daiichi berada tepat di jalur gelombang mematikan dan generator cadangannya hancur akibat tsunami. Tanpa listrik, sistem pendingin pembangkit listrik tidak dapat beroperasi, menyebabkan panas berlebih dan kerusakan pada tiga dari empat reaktor pembangkit listrik. Ada juga ledakan hidrogen di pabrik tersebut.

Khawatir akan kebocoran radiasi besar-besaran, pihak berwenang Jepang menerapkan evakuasi paksa terhadap 160.000 orang di daerah sekitar, termasuk orang-orang yang lemah dan lanjut usia di rumah sakit dan panti jompo. Evakuasi yang tergesa-gesa menjadi penyebab lebih dari 2.300 kematian.

Baca Juga: 12 Cara Mengatasi Luka Batin Agar Bisa Kembali Bangkit dan Hidup Tenang

Untungnya, tidak ada kematian atau peningkatan diagnosis kanker yang secara langsung dikaitkan dengan paparan radiasi dari bencana Fukushima Daiichi, menurut Komite Ilmiah PBB tentang Efek Radiasi Atom.

  • Tanggal: 11 Maret 2011
  • Lokasi: Fukushima, Jepang
  • Kematian: Tidak ada kematian akibat dari radiasi nuklir
  • Evakuasi: 160.000

3. SL-1

Gambar reaktor nuklir SL-1 sebelum meledak. | WikipediaGambar reaktor nuklir SL-1 sebelum meledak. | Foto oleh By Argonne National Laboratory/Wikipedia.

Ledakan di reaktor tenaga nuklir eksperimental di Idaho ini tetap menjadi satu-satunya bencana nuklir fatal dalam sejarah Amerika.

Baca Juga: 10 Cara Self Healing Sederhana untuk Mengobati Lelah Batin, Yuk Semangat!

Reaktor SL-1 adalah salah satu dari 52 reaktor kecil yang diuji oleh militer sebagai generator listrik di daerah terpencil di Idaho. Pada tanggal 3 Januari, tiga insinyur yang mengoperasikan reaktor SL-1 kembali bekerja setelah dimatikan selama 11 hari.

Ketika mencoba menghidupkan kembali reaktor, Spesialis Angkatan Darat yang berusia 22 tahun bernama John A. Byrnes secara tidak sengaja menarik batang kendali terlalu jauh, menyebabkan reaktor melonjak hingga lebih dari 6.000 kali tingkat daya terukurnya.

Panas yang dihasilkan oleh lonjakan listrik langsung menguapkan air di generator dan menciptakan ledakan uap yang mengangkat seluruh reaktor setinggi 9 kaki (3 meter) dari tanah. Sayangnya, ledakan tersebut menewaskan ketiga pria yang bertugas.
Semua korban selain Byrnes adalah Navy Seabee C. Legg dan Richard Leroy McKinley Spesialis Angkatan Darat. Ketiga pria tersebut dikuburkan dalam peti mati berlapis timah untuk menghindari kontaminasi radiasi.

Baca Juga: 9 Ciri Orang Stres Karena Mengalami Tekanan Batin, Yuk Kenali!

Untuk memulihkan jenazah para pria dan membersihkan lokasi, 790 pekerja terkena radiasi, namun tidak ada dampak buruk terhadap kesehatan yang dilaporkan. Dan mengingat lokasinya yang terpencil, masyarakat juga terhindar.

  • Reaktor SL-1
  • Gambar ini menunjukkan reaktor SL-1 sebelum ledakan. WIKIPEDIA
  • Tanggal: 3 Januari 1961
  • Lokasi: Air Terjun Idaho, Idaho, Amerika Serikat
  • Kematian: 3
  • Evakuasi: Tidak ada

4. Windscale

Reaktor Nuklir Windscale pada 1985. | Foto oleh Chris Eaton, CC BY-SA 2.0,/wikimedia.orgReaktor Nuklir Windscale pada 1985. | Foto oleh Chris Eaton, CC BY-SA 2.0,/wikimedia.org.

Setelah Perang Dunia II, pemerintah Inggris berusaha untuk bergabung dengan Amerika Serikat dan Uni Soviet sebagai kekuatan nuklir, sehingga Inggris mulai membangun fasilitas untuk membuat bom atomnya sendiri. Salah satunya adalah reaktor nuklir yang disebut Windscale untuk memproduksi plutonium tingkat senjata.

Baca Juga: 10 Kebiasaan Kecil yang Membuatmu Disegani dan Dihormati Orang Lain

Karena ini adalah reaktor militer, sebagian besar masyarakat tidak mengetahui apa yang terjadi di Windscale, itulah sebabnya tidak ada perintah evakuasi pada bulan Oktober 1957 ketika kegagalan reaktor memicu kebakaran besar yang berlangsung selama 16 jam . Untungnya, angin kencang meniupkan sebagian besar radiasi ke Laut Irlandia, bukan ke daratan menuju daerah berpenduduk padat.

Setelah kecelakaan tersebut, satu-satunya tindakan pencegahan keselamatan yang diambil oleh pemerintah Inggris adalah memantau tingkat radiasi pada susu lokal dan membuang susu yang terkontaminasi. Mengingat jumlah radiasi yang dilepaskan selama kebakaran, para ilmuwan memperkirakan bahwa 240 kematian akibat kanker di Inggris disebabkan oleh bencana tersebut, yang kadang-kadang disebut "Chernobyl di Inggris".

  • Tanggal: 7-12 Oktober 1957
  • Lokasi: Cumbria, Inggris
  • Kematian: Tidak ada kematian langsung akibat nuklir dan hanya 240 kematian akibat kanker ( diperkirakan ) akibat paparan radiasi
  • Evakuasi: Tidak ada

Baca Juga: 10 Ciri Kamu dan Pasangan Tidak Berjodoh Meskipun Saling Mencintai

5. Three Mile Island

Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Pulau Three Mile. | Foto oleh United States Department of Energy/wikimedia.orgPembangkit Listrik Tenaga Nuklir Pulau Three Mile. | Foto oleh United States Department of Energy/wikimedia.org.

Kehancuran yang hampir terjadi di Three Mile Island adalah insiden nuklir paling terkenal dalam sejarah Amerika, meskipun untungnya tidak ada korban jiwa dan tidak ada dampak kesehatan yang merugikan akibat paparan radiasi. Namun, dampak psikologis yang ditimbulkan sangat signifikan, dan bencana yang dapat dicegah di Three Mile Island menghambat dukungan terhadap tenaga nuklir di AS selama beberapa dekade.

Kecelakaan di Three Mile Island disebabkan oleh kegagalan mekanis dan kesalahan manusia. Ini dimulai dengan kegagalan listrik pada jam 4 pagi yang mencegah pendinginan inti reaktor dengan baik. Ketika inti mulai terlalu panas, katup pelepas tekanan otomatis terbuka, tetapi kemudian gagal menutup . Tidak hanya uap radioaktif yang dilepaskan ke udara, tetapi pendingin di dalam sistem juga tidak cukup.

Karena lampu indikator rusak dan menyesatkan, operator pembangkit listrik tidak menyadari hal ini sedang terjadi. Dan begitu mereka melakukannya, mereka mengambil langkah-langkah yang hanya menambah masalah. Pada suatu saat, suhu inti reaktor mencapai 4.300 derajat Fahrenheit (2.371 C) yang hampir mendekati kehancuran total.

Baca Juga: 10 Negara Tertua di Dunia yang Masih Eksis Berdiri Hingga Saat Ini

Ketika berita tentang insiden tersebut bocor ke pers, gubernur Pennsylvania menyarankan semua "wanita hamil dan anak usia sekolah" untuk mengevakuasi daerah tersebut dalam radius 5 mil (8 kilometer) dari Three Mile Island. Ribuan penduduk yang dilanda kepanikan meninggalkan wilayah Harrisburg karena takut akan bencana nuklir.

  • Tanggal: 28 Maret 1979
  • Lokasi: Middletown, Pennsylvania, Amerika Serikat
  • Kematian: Tidak ada
  • Evakuasi: 200.000 orang (evakuasi sukarela)

Pada akhirnya, operator pembangkit listrik dapat menghindari kehancuran dan tidak ada sejumlah besar radiasi yang dilepaskan ke udara. Penelitian dan laporan selama puluhan tahun telah memastikan bahwa penduduk sekitar tidak terkena radiasi tingkat berbahaya di udara atau melalui makanan yang terkontaminasi.

Baca Juga: 7 Negara yang Disebut Sebagai Sekutu Indonesia Jika Terjadi Perang Dunia ke-3

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Science05 Mei 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 5 Mei 2024, Langit Pagi Cerah Berawan untuk Sukabumi

Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya 5 Mei 2024.
Ilustrasi. Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya 5 Mei 2024. (Sumber : Unplash/Gabriel Garcia Marengo)
Sukabumi04 Mei 2024, 23:13 WIB

Mau Diperbaiki? Jembatan Reyot Penghubung Waluran-Surade Sukabumi Ditinjau Staf Kemenlu

Jembatan gantung yang berada di aliran Sungai Cikarang, Kampung Cukangbayur, Desa Caringinnunggal, Kecamatan Waluran, Kabupaten Sukabumi, kondisinya sudah lapuk.
Pemdes Caringinnunggal Kecamatan Waluran. Staf Kemenlu, Relawan dan Pemdes saat meninjau Jembatan Gantung Sungai Cikarang | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi04 Mei 2024, 22:54 WIB

58 Persen Masyarakat Kabupaten Sukabumi Kurang Puas Atas Kinerja Marwan-Iyos

Lembaga Kajian dan Penelitian Skala Institute, merilis hasil survei terkait tingkat kepuasan publik terhadap kinerja Pemerintah Kabupaten Sukabumi dibawah kepemimpinan Bupati Marwan Hamami dan Wakil Bupati Iyos Somantri.
Gedung Pendopo Kabupaten Sukabumi | Foto : Ist
Sukabumi04 Mei 2024, 21:49 WIB

Niat Cari Kerja: Pelaku Tolak Sodomi hingga Duel Sebelum Bunuh Pria di Citepus Sukabumi

Kasat Reskrim Polres Sukabumi, AKP Ali Jupri, mengatakan bahwa pelaku berinisial A (20 tahun) awalnya mendatangi Ceceu ini dengan niat mencari kerja, sebelum akhirnya membunuh korban
Pelaku pembunuhan setelah ditangkap di Mapolsek Parungkuda Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Sukabumi04 Mei 2024, 21:09 WIB

Pemkab Sukabumi Akan Relokasi Rumah yang Terdampak Longsor di Cibadak

Pemerintah Kabupaten Sukabumi berencana merelokasi warga terdampak longsor di Kampung Cibatu Hilir RT 01/RW 11, Desa Sekarwangi, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, yang berdampak pada belasan rumah.
Foto udara lokasi longsor di Kampung Cibatu Hilir RT 01/11, Desa Sekarwangi, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Instagram/@kiekiesukabumi
Sehat04 Mei 2024, 21:00 WIB

8 Cara Sehat Menyembuhkan Asam Urat Agar Tidak Kambuh di Malam Hari

Berikut Sederet Cara Sehat Menyembuhkan Asam Urat Agar Tidak Kambuh di Malam Hari yang Bisa Dilakukan.
Ilustrasi - Pijat Ringan untuk Meringankan Penyakit Asam Urat (Sumber : Freepik/freepik)
Sukabumi Memilih04 Mei 2024, 20:46 WIB

Survei Terbaru Elektabilitas 17 Calon Bupati Sukabumi: Tidak Ada Sosok yang Kuat

asil survei dirilis oleh Lembaga Kajian dan Penelitian Skala Institute bekerjasama dengan Litbang Sukabumiupdate.com.
Ilustrasi pasangan calon bupati/wakil bupati Sukabumi dari jalur perseorangan atau independen | Foto : Sukabumi Update
Life04 Mei 2024, 20:00 WIB

6 Dampak Buruk Terlalu Memanjakan Anak yang Wajib Diketahui Orang Tua

Terlalu memanjakan anak rupanya memiliki dampak buruk bagi perkembangan anak jika sudah tumbuh dewasa. Ini yang perlu diperhatikan para orang tua.
Ilustrasi. Dampak buruk terlalu memanjakan anak. Sumber foto : Pexels/ Pavel Danilyuk
Sukabumi04 Mei 2024, 19:40 WIB

Sukabumi Dinilai Stagnan, Koalisi 5 Partai Cenderung Usung Figur Alternatif di Pilkada

ima partai politik yaitu, PKB, PKS, Demokrat, PAN dan PDIP secara resmi berkoalisi di Pikada Kabupaten Sukabumi 2024. Deklarasi koalisi digelar di salah satu kafe di Jalan Cemerlang, Kota Sukabumi, Sabtu, (4/5/2024).
Deklarasi koalisi 5 partai, PKB, Demokrat, PKS, PAN, PDIP | Foto : Asep Awaludin
Sehat04 Mei 2024, 19:00 WIB

5 Jenis Ikan Laut Tinggi Purin yang Tidak Aman Dikonsumsi Penderita Asam Urat

Penderita Asam Urat Sebaiknya Mengetahui Apa Saja Jenis Ikan Laut Tinggi Purin yang Tidak Aman Dikonsumsi Guna Mencegah Serangannya Kambuh.
Ilustrasi. Jenis Ikan Laut Tinggi Purin yang Tidak Aman Dikonsumsi Penderita Asam Urat (Sumber : Pexels/OzielGomez)