10 Negara Tertua di Dunia yang Masih Eksis Berdiri Hingga Saat Ini

Kamis 28 Desember 2023, 17:45 WIB
Ilustrasi Mesri dan Yunani - Ada beberapa negara di dunia ini yang bisa dibilang memiliki umur yang tua. (Sumber : pexels.com/@Sutha Hasan/@Alexander Popovkin).

Ilustrasi Mesri dan Yunani - Ada beberapa negara di dunia ini yang bisa dibilang memiliki umur yang tua. (Sumber : pexels.com/@Sutha Hasan/@Alexander Popovkin).

SUKABUMIUPDATE.com - Sebagai informasi bahwa umur bumi kita saat ini sekitar 4,54 miliar tahun. Hal ini dengan rentang kesalahan sekitar 50 juta tahun. Usia bumi ini ditentukan melalui berbagai metode penanggalan geologis, seperti penanggalan radiometrik, penanggalan meteorit dan penanggalan kronologi bulan.

Lalu bagaimana kita mengukur usia suatu negara? Sebab, perbatasan dan pemerintahan dapat berubah setiap saat. Terkadang sebuah negara dengan sejarahnya masih terbilang muda, seperti Rusia, yang baru terbentuk pada tahun 1991 setelah bubarnya Uni Soviet.

Mengutip via howstuffworks, berikut 10 negara tertua di dunia yang paling lama berdiri dan masih eksis hingga saat ini.

Baca Juga: 10 Ciri Seseorang Mengalami Lelah Batin, Apa Kamu Salah Satunya?

1. Mesir

Mesir adalah negara tertua di dunia yang telah berdiri sejak tahun 3150 SM. Itu adalah perkiraan awal masa pemerintahan Narmer, raja pertama dinasti pertama Mesir dan akhir dari periode yang dianggap pradinasti atau Mesir kuno.

Palet Narmer (sekitar 3200-3000 SM) menunjukkan Narmer menyatukan Mesir Hulu dan Hilir di satu sisi, Narmer digambarkan mengenakan Mahkota Putih Mesir Hulu, disisi lain dia memakai Mahkota Merah Mesir Hilir.

Terlepas dari apakah Narmer benar-benar menyatukan Mesir atau tidak, Palet tersebut berasal dari "periode ketika Mesir pertama kali menjadi negara yang bersatu, berkuasa, kaya, dan terpelajar," tulis sejarawan Robert J. Wenke dalam The Oxford Encyclopedia of Ancient Egypt .

Baca Juga: 10 Cara Mengatasi Lelah Batin Agar Bisa Hidup Tenang dan Bahagia

2. Iran

Kerajaan kuno Elam didirikan di Iran sekitar tahun 2600 SM. Ibu kotanya adalah Susa, yang sekarang menjadi situs Warisan Dunia UNESCO .

Bukti arkeologi menunjukkan kehidupan perkotaan di Susa dari milenium kelima SM hingga abad ke-13 M. Pada puncaknya di bawah Shilkhak-In-Shushinak, Elam meluas ke barat hingga Sungai Tigris (sekarang Irak) dan selatan hingga Persepolis.

Sedikit yang diketahui tentang budaya dan agama Elam karena kurangnya bahan dan fakta bahwa bahasa Elam belum dapat diuraikan.

Dilihat dari sudut pandang lain, negara ini masih sangat muda. Republik Islam Iran didirikan pada tahun 1979.

Baca Juga: 11 Tanda-tanda Seseorang Memiliki Luka Batin, Apa Kamu Juga Termasuk?

3. India

Tahun 2023, PBB (Perserikatan Bangsa Bangsa) menetapkan India sebagai negara dengan populasi terbanyak di dunia. Dimana India juga menjadi salah satu negara tertua yang masih berdiri di dunia.

Peradaban Lembah Indus, yang berkembang pesat di anak benua India sejak tahun 2500 SM hingga digantikan oleh peradaban Weda sekitar tahun 1500 SM, merupakan peradaban paling luas di antara tiga peradaban besar awal di dunia. (Yang lainnya adalah Mesopotamia dan Mesir.)

Peradaban Indus membentang hingga ke barat hingga Sutkagan Dor dekat Laut Arab (sekarang Pakistan) dan hingga ke timur hingga Alamgirpur, dekat ibu kota India saat ini, New Delhi.

Baca Juga: 10 Kebiasaan Kecil yang Membuatmu Disegani dan Dihormati Orang Lain

Meskipun India mempunyai sejarah yang panjang, dalam beberapa hal, negara ini baru berumur beberapa dekade. Selama hampir satu abad dari tahun 1858 hingga 1947, India dan Pakistan adalah bagian dari Kerajaan Inggris. Tanggal 15 Agustus 1947 diperingati sebagai Hari Kemerdekaan ketika India sekali lagi menjadi negara dengan pemerintahan sendiri.

4. Armenia

"Sejarah Orang Armenia" karya sejarawan Armenia, Movses Khorenatsi, mencakup periode dari penciptaan hingga tahun 428 M. Catatan Khorenatsi menyebutkan berdirinya Armenia pada tahun 2492 SM, tetapi hingga saat ini, tidak ada bukti yang mendukung tanggal awal tersebut.

Sebuah studi tahun 2016 yang diterbitkan dalam jurnal Nature menemukan bukti genetik asal-usul Armenia yang berasal dari tahun 3000 dan 2000 SM. “Kami mencatat bahwa tanggal campuran ini juga bertepatan dengan berdirinya Armenia yang legendaris pada tahun 2492 SM,” tulis penulis penelitian tersebut.

Baca Juga: 10 Ciri Kamu dan Pasangan Tidak Berjodoh Meskipun Saling Mencintai

“Studi DNA ini secara umum menegaskan banyak hal yang kita ketahui tentang sejarah Armenia,” kata sejarawan Hovann Simonian kepada New York Times .

Pencampuran genetik menurun secara tiba-tiba sekitar tahun 1200 SM, “masa ketika peradaban Zaman Perunggu di dunia Mediterania Timur tiba-tiba runtuh,” tulis para penulis. Studi tersebut juga menunjukkan perubahan susunan genetik sekitar 500 tahun lalu, ketika perang Ottoman-Persia membelah Armenia menjadi dua.

Jika penuturan Khorenatsi benar, Armenia bisa menjadi salah satu negara tertua di dunia.

Baca Juga: Kalau Pasanganmu Punya 10 Tanda Ini, Itu Artinya Dia Adalah Cinta Sejatimu

5. Irak

Irak dulunya bernama Mesopotamia yang disebut-sebut tempat lahirnya peradaban dunia. Hal ini membuat Irak menjadi salah satu negara tertua di dunia. Lalu berapa umur negara Irak sendiri?

Salah satu perkiraannya adalah tahun 2334 SM, awal pemerintahan Sargon. Sargon telah menyatukan negara-negara kota di kawasan tersebut di bawah kekaisaran Akkadia dengan mendirikan dinasti Semit pertama. Sargon memerintah dari ibu kota Akkad (atau Agade), yang diyakini berada di suatu tempat di Sungai Efrat tetapi sampai saat ini belum ditemukan.

6. Cina

Pemerintahan di Tiongkok dimulai setidaknya pada tahun 1600 SM dengan berdirinya Dinasti Shang, dinasti Tiongkok non-legendaris pertama. (Ada kemungkinan bahwa nantinya akan muncul bukti yang mendukung keberadaan dinasti Xia sebelumnya.)

Baca Juga: 7 Kebiasaan Sederhana Ini Bisa Mengubahmu Menjadi Orang Paling Bahagia

Dinasti Shang menguasai bagian timur laut Tiongkok saat ini, meluas hingga ke utara hingga Provinsi Hebei dan hingga ke barat hingga Provinsi Henan. Pada masa pemerintahan Shang (sekitar 1600-1046 SM), orang Tiongkok menciptakan kalender 12 bulan, 360 hari dan mulai mengembangkan sistem penulisan yang digunakan saat ini.

Situs arkeologi Yin Xu adalah ibu kota dinasti Shang pada tahun 1300 SM dan merupakan situs Warisan Dunia UNESCO .

7. Greece atau Yunani

Pemerintahan pertama di Yunani di masa kini telah ada sebelumnya sebelum zaman Yunani Kuno. Peradaban Mycenaean dimulai sekitar tahun 1600 SM yang terdiri dari beberapa kerajaan termasuk Thebes dan Athena, yang termasuk kota tertua di dunia yang masih dihuni hingga saat ini.

Peradaban Mycenaean sangat berkembang pesat di Yunani hingga memasuki pertengahan abad ke-12 SM, saat Yunani mengalami Zaman Kegelapan. Namun, warisan budaya dari Mycenaean tetap hidup hingga sekarang.

Baca Juga: 11 Kebiasaan Kecil yang Membuatmu Mudah Mengalami Stres, Yuk Hindari!

Saat ini, reruntuhan Mycenaean di Mycenae dan Tiryns adalah situs Warisan Dunia UNESCO .

8. Meksiko

Sejarah Meksiko pada saat ini dapat ditelusuri ke tahun 1200 SM dengan berdirinya peradaban Olmec. Suku Olmec tinggal di sepanjang Teluk Meksiko dan Meksiko selatan dan terkenal dengan kepala basal besar yang diyakini mewakili penguasa Olmec.

Suku Olmec kemungkinan besar membentuk bentuk tulisan pertama di Amerika dan berpartisipasi dalam jaringan perdagangan yang luas. Pengaruh Suku Olmec terlihat pada budaya Maya dan Aztec yang kemudian mendominasi di wilayah tersebut.

Baca Juga: 10 Kebiasaan Sederhana untuk Menghilangkan Stres, Hidup Kembali Bahagia!

9. Jepang

Seperti San Marino, Jepang juga memiliki tanggal pendirian yang semi-mitos. Menurut legenda, Jepang didirikan oleh Jimmu, seorang keturunan langsung dari dewi matahari Amaterasu. Jimmu dikatakan naik tahta pada tahun 660 SM, dan hari tanggal tersebut diperingati sebagai Hari Pembentukan Negara Jepang.

Para sejarawan memperkirakan berdirinya negara ini agak belakangan, sekitar pertengahan abad ke-4 M, ketika negara-negara nusantara bergabung menjadi satu.

Meskipun penyatuan Jepang masih belum jelas, para sejarawan sepakat bahwa Jepang telah dihuni oleh manusia sejak zaman Paleolitikum. Penduduk pertama kepulauan ini bermigrasi dari Semenanjung Korea melalui jalur darat melalui tempat yang sekarang disebut Selat Korea.

Baca Juga: 10 Sikap Sederhana yang Membuatmu Hidup Bahagia Sekaligus Menghilangkan Stres

10. San Marino

San Marino terletak di semenanjung Italia dan memegang Guinness World Record sebagai republik tertua di dunia. Dengan luas total hanya 24 mil persegi (62,2 kilometer persegi), San Marino adalah salah satu negara terkecil di dunia namun telah berhasil mempertahankan kemerdekaannya selama berabad-abad. (Kota Vatikan adalah negara terkecil di dunia , dengan luas hanya 121 hektar atau 49 hektar.)

Menurut tradisi, San Marino didirikan pada tanggal 3 September 301 M oleh St. Marinus, seorang Kristen yang melarikan diri dari penganiayaan di Dalmatia. Marinus menetap di sebuah gua di bukit Titano, dan dia kemudian diikuti oleh beberapa orang lain yang mencari kebebasan beragama.

Meskipun para sejarawan akhirnya memperdebatkan tanggal pendiriannya, memang benar bahwa San Marino telah berfungsi sebagai republik dengan pemerintahan sendiri setidaknya sejak abad ke-13 Masehi.

Pusat kota bersejarah di sekitar Monte Titano adalah situs Warisan Dunia UNESCO . Menurut UNESCO, San Marino adalah "satu-satunya negara kota Italia yang masih bertahan, mewakili tahap penting dalam pengembangan model demokrasi di Eropa dan seluruh dunia."

Ketika Napoleon menginvasi Italia dalam upayanya membangun kerajaan dunia, ia menghormati kedaulatan negara kecil tersebut, dan ketika Italia bersatu pada tahun 1861, San Marino tetap independen melalui perjanjian formal.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi03 Mei 2024, 08:51 WIB

Ditinggal Nonton Timnas vs Irak, Gudang dan Rumah Kebakaran di Purabaya Sukabumi

Adi meninggalkan lokasi pembakaran untuk menonton timnas Indonesia U-23.
Kebakaran gudang dan rumah di Kampung Cigembong RT 34/03 Desa Purabaya, Kecamatan Purabaya, Kabupaten Sukabumi, Kamis malam, 2 Mei 2024. | Foto: Istimewa
Life03 Mei 2024, 08:30 WIB

6 Sikap Orang Tua yang Cepat atau Lambat Akan Merusak Mental Anak

Menjadi orang tua memang berat dan tidak mudah, terlebih dalam mendidik anak. Karena sekali salah sikap kepada anak, pengaruhnya bisa merusak mental.
Ilustrasi. Sikap orang tua yang merusak mental anak. Sumber foto : Pexels/Jonathan Borba
Bola03 Mei 2024, 08:21 WIB

Kalah dari Irak, Begini Peluang Timnas Indonesia Lolos ke Olimpiade Paris 2024

Irak menyamakan kedudukan melalui tandukan Zahid Taahsen pada menit ke-27.
Pemain timnas Indonesia U-23 saat bertemu Irak pada laga perebutan tempat ketiga terbaik Piala Asia U-23 2024 di Abdullah Bin Khalifa Stadium, Kamis, 2 Mei 2024. | Foto: PSSI
Sehat03 Mei 2024, 08:00 WIB

10 Camilan Sehat yang Direkomendasikan untuk Penderita Asam Urat

Berikut Daftar Camilan Sehat yang Direkomendasikan untuk Penderita Asam Urat. Aman Dikonsumsi!
Jeruk Lemon. Camilan Sehat yang Direkomendasikan untuk Penderita Asam Urat. (Sumber : Pexels/LisaFotios)
Life03 Mei 2024, 07:00 WIB

10 Tips Membahagiakan Diri Sendiri Saat Pikiran Tidak Tenang

Jika Anda merasa terus-menerus tidak stabil secara emosional, penting untuk mencari dukungan dari profesional kesehatan mental agar menemukan kebahagiaan diri sendiri.
Ilustrasi. Tips Membahagiakan Diri Sendiri Saat Pikiran Tidak Tenang (Sumber : Pexels/PragyanBezbaruah)
Food & Travel03 Mei 2024, 06:00 WIB

Cara Membuat Air Jeruk Lemon untuk Menurunkan Kolesterol, 8 Langkah Simpel!

Begini Cara Membuat Air Jeruk Lemon untuk Menurunkan Kolesterol, Ternyata Langkah-langkahnya Simpel!
Ilustrasi. Cara Membuat Air Jeruk Peras untuk Menurunkan Kolesterol (Sumber : Pexels/ToniCuenca)
Science03 Mei 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 3 Mei 2024, Termasuk Sukabumi, Cianjur dan Bogor

Prakiraan cuaca wilayah Jawa Barat 2 Mei 2024 dimana cuaca berawan berpotensi terjadi di berbagai wilayah termasuk Sukabumi dan sekitarnya.
Ilustrasi. Prakiraan cuaca wilayah Jawa Barat 2 Mei 2024 dimana cuaca berawan berpotensi terjadi di berbagai wilayah termasuk Sukabumi dan sekitarnya. | Foto: Pixabay
Nasional03 Mei 2024, 01:02 WIB

Jokowi Teken UU Desa Baru, Kades Dapat Uang Pensiun dan Bisa Menjabat Hingga 16 Tahun

Presiden Jokowi menandatangani pengesahan UU Desa baru, Kades dapat uang pensiun hingga jabat 2 periode.
Ilustrasi Kepala Desa atau Kades. | Foto : Sukabumi Update
Jawa Barat03 Mei 2024, 00:01 WIB

Bahas UHC, Sekda Kabupaten Sukabumi Hadiri Monev Implementasi JKN

Sekda Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman hadiri acara monev Implementasi Inpres Nomor 1 Tahun 2022 tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program JKN di Bandung.
Sekda Kabupaten Sukabumi didampingi perangkat daerah hadiri acara monev implementasi inpres terkait JKN di Bandung. (Sumber : Dokpim Pemkab Sukabumi)
Sukabumi02 Mei 2024, 22:39 WIB

Longsor di Parungkuda Sukabumi, Akses Jalan Desa Langensari Tertutup Dapuran Bambu

Akses jalan Desa Langensari Parungkuda Sukabumi tertutup longsor dapuran bambu.
P2BK bersama sejumlah relawan tengah melakukan penanganan longsor dapuran bambu yang menutup badan jalan di Kampung Sindangsari RT 1/2, Desa Langensari, Parungkuda Sukabumi, Kamis (2/5/2024). (Sumber : Istimewa)