Sebelum Ambruk Akibat Gempa Maroko, Bupati Sukabumi Sholat di Masjid Koutoubia

Sabtu 09 September 2023, 17:37 WIB
Bupati Sukabumi di depan Masjid Koutoubia di Kota Marrakesh, sebelum gempa kuat melanda Negara Maroko pada Jumat Malam (8/9/2023) (Sumber: Diskominfosan Kabupaten Sukabumi)

Bupati Sukabumi di depan Masjid Koutoubia di Kota Marrakesh, sebelum gempa kuat melanda Negara Maroko pada Jumat Malam (8/9/2023) (Sumber: Diskominfosan Kabupaten Sukabumi)

SUKABUMIUPDATE.com - Rombongan Bupati Sukabumi, Marwan Hamami berada di Maroko saat gempa Maroko yang berkekuatan M 6.8 Jumat malam waktu setempat, tak menewaskan ratusan korban jiwa. Gempa dahsyat tersebut juga menghancurkan banyak bangunan warisan dunia, salah satunya menara kuno Masjid Koutoubia di Kota Marrakesh setinggi 69 meter ambruk.

Pemerintah daerah Kabupaten Sukabumi memastikan rombongan Bupati Marwan selamat dalam bencana alam tersebut. Bupati Sukabumi saat gempa terjadi tengah menghadiri undangan Konferensi Internasional ke-10 Unesco Global Geopark (UGG) di Kota Marrakesh Maroko.

Pertemuan jaringan Geopark Dunia ini berlangsung dari tanggal 7 hingga 9 September 2023. Sekretaris Dinas Kominfosan Kabupaten Sukabumi, Herdy Somantri menginformasikan kondisi terkini Bupati dan rombongan dari Sukabumi dan Indonesia yang saat gempa terjadi berada di Kota Marrakesh Maroko.

“Alhamdulilah, Bupati Sukabumi dan rombongan aman,” jelasnya kepada sukabumiupdate.com, Sabtu (9/9/2023).

Baca Juga: Mengancam Gunung Salak, Kondisi Kebakaran di Perkebunan Kabandungan Sukabumi

Menurut Herdy, dari tim yang mendampingi kegiatan dengan Bupati Sukabumi, menjelaskan sekira pukul 11.10 Jumat malam waktu Maroko guncangan gempa bumi cukup kuat melanda lokasi acara. Pusat pusat gempa berada di Pegunungan Atlas Tinggi, 71 kilometer barat daya Marrakesh, dengan kedalaman 18,5 km.

Pasca kejadian, warga kota Marrakesh, termasuk rombongan Bupati Sukabumi dan tamu undangan Unesco lainnya diminta oleh aparat kebencanaan maroko bermalam di luar bangunan. Ini karena dikhawatirkan ada gempa susulan, dan ditemukan banyak retakan bangunan pasca gempa M 6.8.

“Berdasarkan informasi yang kami dapat Alhamdulillah rombongan dari Indonesia dan kabupaten sukabumi keadaan baik baik saja. Pak Bupati alhamdulillah dalam kondisi baik, malah menurut info rombongan Indonesia termasuk pak Bupati turut membantu korban gempa di Kota Marrakesh,” bebernya.

Dia belum memastikan kapan rombongan Bupati Sukabumi kembali ke tanah air pasca gempa. Namun ia sempat membagikan foto-foto Marwan Hamami dan rombongan saat menghadiri pertemuan Unesco tersebut, terutama sebelum gempa dahsyat terjadi.

Baca Juga: Bupati Sukabumi Selamat dari Gempa yang Tewaskan Ratusan Orang di Maroko

Salah satunya foto Bupati Sukabumi di luar masjid ikonik di kota Marrakesh, yaitu Masjid Koutoubia. Masjid yang menjadi salah satu peninggalan yang dibangun pada abad ke-12 itu dijuluki sebagai 'Atap Marrakesh' dan menjadi ikon paling terkenal bagi kota tersebut, karena memiliki menara kuno setinggi 69 meter.

“Foto pak bupati usai sholat jumat di Masjid Koutoubia. Itu menara kuno yang ambruk akibat gempa Jumat malam,” ucap Herdy.

Atap Marrakesh adalah satu satu bangunan yang terkonfirmasi rusak akibat gempa bermagnitudo 6,8 yang mengguncang Maroko Jumat malam. Gempa tersebut dilaporkan menghancurkan menara masjid ikonik di Kota Marrakesh, kota besar yang letaknya paling dekat dengan titik pusat gempa yakni di Kota Ighil.

Media Maroko melaporkan, menara Masjid Koutoubia itu ambruk menimpa jalanan. Karena ketinggiannya, menari kuno ini menjadi ikon paling terkenal bagi kota Marrakesh Maroko.

 

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi Memilih27 Februari 2024, 21:18 WIB

Petahana Bertumbangan, Inilah 7 Caleg Diprediksi Lolos DPRD di Dapil 1 Sukabumi

Rapat pleno rekapitulasi perolehan suara calon anggota DPRD Kabupaten Sukabumi daerah pemilihan (Dapil) 1 tingkat kecamatan selesai dilaksanakan. Tujuh orang diprediksi melenggang menjadi anggota DPRD
Caleg DPRD dengan suara terbanyak di Dapil I Kabupaten Sukabumi | Foto : Sukabumi Update
Life27 Februari 2024, 21:00 WIB

Cake Resume Quiz Sedang Viral, Ini 7 Manfaat Manfaat Bermain Quiz

Berikut ini beberapa manfaat bermain quiz seperti Cake Resume Quiz atau What Cake R U
Ilustrasi - Berikut ini beberapa manfaat bermain quiz seperti Cake Resume Quiz atau What Cake R U (Sumber : ooopenlab.cc)
Sukabumi Memilih27 Februari 2024, 20:40 WIB

Digelar di Jajaway, Ini Jadwal Pleno Rekapitulasi Suara Tingkat Kabupaten Sukabumi

KPU Kabupaten Sukabumi akan mengadakan rapat pleno rekapitulasi suara Pemilu 2024 tingkat Kabupaten dengan target penyelesaian dalam waktu 4 hari.
Kantor KPU Kabupaten sukabumi | Foto Sy
Film27 Februari 2024, 20:10 WIB

5 Fakta Menarik Ruy Iskandar, Aktor dari Indonesia di Avatar The Last Airbender

Berikut fakta-fakta menarik dari Ruy Iskandar, aktor Indonesia yang menarik perhatian karena berperan menjadi Letnan Zee di Avatar The Last Airbender.
Ruy Iskandar (tengah) berfoto dengan Paul Sun Hyun Lee dan Dallas Liu ketika Syuting Avatar The Last Airbender. Sumber Foto: Instagram/@ruyiskandar
Aplikasi27 Februari 2024, 20:00 WIB

Link Download Gambar Ramadan 2024, Desain Baru dan Menarik

Berikut ini kumpulan link download Ramadan 2024 yang bisa digunakan secara gratis
Link Download Gambar Ramadan 2024, Desain Baru dan Menarik (Sumber : Freepik/pikisuperstar)
Sukabumi27 Februari 2024, 19:48 WIB

Dinkes Sukabumi: Total Siswa Korban Keracunan Capai 35 Orang, 3 Dirujuk ke RS

Dinkes Kabupaten Sukabumi mengirimkan sampel jajanan penyebab keracunan massal siswa SD untuk diuji di Labkesda Jabar.
Penyidik dari Polres Sukabumi Kota saat mengamankan sampel jajanan yang menyebabkan puluhan Siswa SD Sukabumi keracunan. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi Memilih27 Februari 2024, 19:42 WIB

Kantongi 91 Ribu Suara, Hergun Optimis Kembali Melenggang ke Senayan

Caleg petahana DPR RI dari Partai Gerindra Heri Gunawan kembali mengukir prestasi gemilang dengan meraih suara terbanyak di Dapil Jawa Barat IV, melingkupi Kabupaten dan Kota Sukabumi.
Heri Gunawan, Caleg petahana DPR RI dari Partai Gerindra di Dapil Jabar IV (Kokab Sukabumi) | Foto : Sukabumi Update
Kecantikan27 Februari 2024, 19:00 WIB

Hindari Kebotakan! 7 Cara Perawatan Rambut Rontok dengan Bahan Alami

Berikut ini cara merawat rambut rontok dengan menggunakan bahan-bahan alami
Ilustrasi - Berikut ini cara merawat rambut rontok dengan menggunakan bahan-bahan alami (Sumber : Freepik.com/@stockking)
Sukabumi Memilih27 Februari 2024, 18:52 WIB

10 PPK di Kota Sukabumi Diperiksa Bawaslu, Dugaan Pemindahan Suara Caleg PDIP

10 Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) terlapor dihadirkan di tengah persidangan kasus dugaan pemindahan suara Pileg 2024 DPRD Kota Sukabumi
Proses Persidangan dugaan pemindahan suara yang digelar di Kantor Bawaslu Kota Sukabumi pada Selasa (27/2/2024). (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Sukabumi Memilih27 Februari 2024, 18:32 WIB

Buntut Dugaan Pemindahan Suara, Caleg PDIP DPRD Kota Sukabumi Saling Lapor

Caleg PDIP DPRD Kota Sukabumi Saling Melaporkan ke Bawaslu, Adu Data Soal dugaan kecurangan.
Ketua Tim Pemenangan Ujang Taufik, Firmansyah Kusmayadi menyerahkan laporan ke Bawaslu Kota Sukabumi. (Sumber : SU/Asep Awaludin)