Bupati Sukabumi Selamat dari Gempa yang Tewaskan Ratusan Orang di Maroko

Sabtu 09 September 2023, 16:12 WIB
Kepala Institut Geofisika Nasional di Maroko mengatakan gempa bumi yang terjadi pada hari Jumat, 8 September 2023 ini adalah yang terkuat dalam satu abad di negara tersebut (Sumber: Al Oula TV)

Kepala Institut Geofisika Nasional di Maroko mengatakan gempa bumi yang terjadi pada hari Jumat, 8 September 2023 ini adalah yang terkuat dalam satu abad di negara tersebut (Sumber: Al Oula TV)

SUKABUMIUPDATE.com - Maroko dilanda gempa kuat pada Jumat malam sekitar pukul 23.00 waktu Maroko. Saat bencana yang dilaporkan menelan korban tewas hingga lebih 600 jiwa ini, Bupati Sukabumi, Marwan Hamami dan rombongan lainnya tengah berada di Maroko.

Bupati Sukabumi menghadiri undangan Konferensi Internasional ke-10 tentang Geopark Global UNESCO yang diselenggarakan oleh M’Goun UNESCO Global Geopark, Maroko. Atas kejadian ini, Sekretaris Dinas Kominfosan Kabupaten Sukabumi, Herdy Somantri menginformasikan kondisi terkini Bupati dan rombongan dari Sukabumi.

“Alhamdulilah, Bupati Sukabumi dan rombongan aman,” jelasnya kepada sukabumiupdate.com, Sabtu (9/9/2023).

Baca Juga: Manajer WO Jadi Tersangka Kebakaran Savana Bromo, Terancam Denda Rp 1,5 Miliar

Menurut Herdy, dari informasi tim yang mendampingi kegiatan dengan Bupati Sukabumi, menjelaskan sekira pukul 11.10 Jumat malam waktu Maroko terjadi gempa bumi yang cukup kuat. Pusat pusat gempa berada di Pegunungan Atlas Tinggi, 71 kilometer barat daya Marrakesh, pada kedalaman 18,5 km.

“Sesuai informasi yang kami dapat Alhamdulillah rombongan dari Indonesia dan kabupaten sukabumi keadaan baik baik saja. Pak Bupati alhamdulillah dalam kondisi baik, malah menurut info rombongan Indonesia termasuk pak Bupati turut membantu korban gempa,” bebernya.

Pria yang biasa disapa Bima ini menambahkan pasca gempa, para pengunjung hotel dan bangunan tinggi diminta untuk berada diluar. “Banyak yang harus tidur di luar hotel karena ada retakan di bangunan hotel. Saya Mohon doanya agar semua baik baik saja dan tidak ada gempa susulan besar sehingga semua bisa pulang ke tanah air dengan selamat,” tutupnya.

Baca Juga: Diduga Kelaparan, Gerombolan Monyet Serbu Lahan Tani Warga di Cikole Sukabumi

Melansir laporan TV Pemerintah Maroko. Data sementara Kementerian Dalam Negeri Maroko mencatat sedikitnya 632 orang tewas dan 329 luka-luka akibat gempa. Pusat Transfusi Darah Regional Marrakesh menyerukan donor darah untuk para korban gempa tersebut.

Kepala Institut Geofisika Nasional di Maroko mengatakan gempa bumi yang terjadi pada hari Jumat, 8 September 2023 ini adalah yang terkuat dalam satu abad di negara tersebut. dikutip dari Al Jazeera. Gempa bumi dahsyat yang berpusat di pegunungan High Atlas di Maroko menewaskan ratusan orang. Banyak bangunan-bangunan runtuh dan orang-orang meninggalkan rumah mereka yang bergoyang di beberapa kota.

Penduduk Marrakesh, kota besar terdekat dengan pusat gempa, mengatakan beberapa bangunan di kota tua itu, yang merupakan situs warisan dunia Unesco, runtuh. Televisi lokal menayangkan gambar menara masjid yang runtuh dengan puing-puing tergeletak di atas mobil yang hancur setelah gempa terjadi pada pukul 23.11 waktu setempat pada Jumat (8/9/2023).

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Film27 Februari 2024, 20:10 WIB

5 Fakta Menarik Ruy Iskandar, Aktor dari Indonesia di Avatar The Last Airbender

Berikut fakta-fakta menarik dari Ruy Iskandar, aktor Indonesia yang menarik perhatian karena berperan menjadi Letnan Zee di Avatar The Last Airbender.
Ruy Iskandar (tengah) berfoto dengan Paul Sun Hyun Lee dan Dallas Liu ketika Syuting Avatar The Last Airbender. Sumber Foto: Instagram/@ruyiskandar
Aplikasi27 Februari 2024, 20:00 WIB

Link Download Gambar Ramadan 2024, Desain Baru dan Menarik

Berikut ini kumpulan link download Ramadan 2024 yang bisa digunakan secara gratis
Link Download Gambar Ramadan 2024, Desain Baru dan Menarik (Sumber : Freepik/pikisuperstar)
Sukabumi27 Februari 2024, 19:48 WIB

Dinkes Sukabumi: Total Siswa Korban Keracunan Capai 35 Orang, 3 Dirujuk ke RS

Dinkes Kabupaten Sukabumi mengirimkan sampel jajanan penyebab keracunan massal siswa SD untuk diuji di Labkesda Jabar.
Penyidik dari Polres Sukabumi Kota saat mengamankan sampel jajanan yang menyebabkan puluhan Siswa SD Sukabumi keracunan. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi Memilih27 Februari 2024, 19:42 WIB

Kantongi 91 Ribu Suara, Hergun Optimis Kembali Melenggang ke Senayan

Caleg petahana DPR RI dari Partai Gerindra Heri Gunawan kembali mengukir prestasi gemilang dengan meraih suara terbanyak di Dapil Jawa Barat IV, melingkupi Kabupaten dan Kota Sukabumi.
Heri Gunawan, Caleg petahana DPR RI dari Partai Gerindra di Dapil Jabar IV (Kokab Sukabumi) | Foto : Sukabumi Update
Kecantikan27 Februari 2024, 19:00 WIB

Hindari Kebotakan! 7 Cara Perawatan Rambut Rontok dengan Bahan Alami

Berikut ini cara merawat rambut rontok dengan menggunakan bahan-bahan alami
Ilustrasi - Berikut ini cara merawat rambut rontok dengan menggunakan bahan-bahan alami (Sumber : Freepik.com/@stockking)
Sukabumi Memilih27 Februari 2024, 18:52 WIB

10 PPK di Kota Sukabumi Diperiksa Bawaslu, Dugaan Pemindahan Suara Caleg PDIP

10 Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) terlapor dihadirkan di tengah persidangan kasus dugaan pemindahan suara Pileg 2024 DPRD Kota Sukabumi
Proses Persidangan dugaan pemindahan suara yang digelar di Kantor Bawaslu Kota Sukabumi pada Selasa (27/2/2024). (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Sukabumi Memilih27 Februari 2024, 18:32 WIB

Buntut Dugaan Pemindahan Suara, Caleg PDIP DPRD Kota Sukabumi Saling Lapor

Caleg PDIP DPRD Kota Sukabumi Saling Melaporkan ke Bawaslu, Adu Data Soal dugaan kecurangan.
Ketua Tim Pemenangan Ujang Taufik, Firmansyah Kusmayadi menyerahkan laporan ke Bawaslu Kota Sukabumi. (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Food & Travel27 Februari 2024, 18:30 WIB

4 Tempat Wisata Dekat Stasiun Cipatat, Berwisata Seru Naik Kereta

Berikut ini empat destinasi wisata dekat stasiun Cipatat yang bisa dikunjungi dengan menaiki kereta api
Tempat Wisata Dekat Stasiun Cipatat, Berwisata Seru Naik Kereta (Sumber : Google Maps/Agus Rustandi)
Life27 Februari 2024, 18:00 WIB

5 Doa Menyambut Ramadan Bulan Penuh Keberkahan

Berikut ini kumpulan doa yang bisa diamalkan dalam menyambut datangnya bulan Ramadan yang penuh berkah
Ilustrasi - Berikut ini kumpulan doa yang bisa diamalkan dalam menyambut datangnya bulan Ramadan yang penuh berkah (Sumber : Freepik)
Sukabumi27 Februari 2024, 17:27 WIB

Mangsa 4 Ekor Ayam, Ular Piton 5 Meter Ditangkap Warga Cibadak Sukabumi

Seekor ular Piton kepergok saat hendak memangsa ayam warga di Kampung Bojong Setra RT 1/3 Kelurahan Cibadak Kecamatan Cibadak Kabupaten Sukabumi, Selasa (27/2/2024).
Ular Piton panjang 5 meter ditangkap warga di Cibadak Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari