Brasil Chaos! Pengunjuk Rasa Pro-Bolsonaro Serang Istana Presiden

Senin 09 Januari 2023, 13:25 WIB
Pengunjuk Rasa Pro-Bolsonaro Serang Istana Presiden Brasil. | (Sumber : Instagram/@paulo_guedes.oficial).

Pengunjuk Rasa Pro-Bolsonaro Serang Istana Presiden Brasil. | (Sumber : Instagram/@paulo_guedes.oficial).

SUKABUMIUPDATE.com - Ibu kota Brasilia mengalami kekacauan setelah masa demonstrasi pro-Bolsonaro menyerang Gedung Mahkamah Agung dan Istana Kepresidenan. Atas penyerbuan itu, Brasil sempat mengalami chaos sebelum pihak keamanan berhasil mengamankan situasi.

Dilansir Tempo.co, ratusan pendukung mantan Presiden Brasil Jair Bolsonaro sebelumnya menyerbu gedung Kongres Nasional di Brasilia pada hari Minggu (08/01). Mereka menyerukan intervensi militer untuk menggulingkan Presiden Luiz Inacio Lula da Silva, yang baru dilantik satu minggu lalu.

Pendukung Bolsonaro tak terima otokrat populis itu kalah dalam upayanya untuk terpilih kembali, dengan mengklaim bahwa pemilihan itu dicurangi. Pendukung garis keras dari mantan presiden Brasil itu bahkan secara terbuka menyerukan kudeta militer untuk mengembalikan Bolsonaro ke tampuk kekuasaan. Beberapa orang berusaha menabur kekacauan melalui vandalisme dan serangan kekerasan dengan harapan memicu respons dari militer.

Bolsonaro telah mengutuk "penjarahan dan invasi gedung-gedung publik" oleh ratusan orang yang menyerbu institusi-institusi di Brasil itu. Ia membantah apa yang disebutnya sebagai tuduhan "tak berdasar" dari Lula bahwa dirinyalah yang menghasut terjadinya kerusuhan.

Ratusan orang menyerbu Kongres

Dari beberapa rekaman yang beredar di media sosial terlihat ratusan orang bergerak ke gedung Kongres Nasional. Para pengunjuk rasa disambut dengan gas air mata polisi.

Salah satu video yang menunjukkan para pengunjuk rasa saat menyerbu gedung diunggah oleh seorang wartawan yang berbasis di Brasilia di Twitter.

Video lain yang menunjukkan aksi pengunjuk rasa ketika memecahkan jendela gedung Kongres Nasional diunggah oleh seorang jurnalis lain.

Kelompok ini terlihat melintasi penghalang yang dipasang polisi dan memanjat jalan yang memberikan akses ke atap gedung Chamber of Deputies dan Senat.

Para pengunjuk rasa yang mengenakan kaos kuning dan hijau serta membawa bendera Brasil itu juga menyerang beberapa kendaraan polisi yang mengamankan gedung, kantor berita EFE Spanyol melaporkan. Mereka juga menghancurkan pembatas perlindungan.

Istana Planalto dan Mahkamah Agung ikut diserbu

Para pengunjuk rasa juga berusaha memasuki Istana Planalto, yang berfungsi sebagai pusat pemerintahan, demikian dilaporkan kantor berita LUSA. Video di media sosial tampaknya menunjukkan mereka telah berada di dalam istana.

Rekaman lain menunjukkan mereka mendapatkan akses ke Mahkamah Agung yang berada di dekat istana tersebut.

Dari sebuah video lain yang dibagikan di media sosial terlihat pula seorang pria berbalut bendera Brasil memegang apa yang tampaknya sebagai salinan konstitusi Brasil yang diambil dari Mahkamah Agung Federal. Salinan asli konstitusi, yang diratifikasi pada tahun 1988, disimpan di pengadilan.

Lula umumkan intervensi federal

Lula telah mengutuk penyerbuan ke pusat kekuasaan Brasil dan bersumpah untuk meminta pertanggungjawaban mereka yang terlibat. "Kami akan mencari tahu siapa para pengacau ini, dan mereka akan diadili dengan kekuatan hukum penuh," kata Lula dari kota Araraquara di tenggara, saat berkunjung ke wilayah yang dilanda banjir.

Lula telah menandatangani dekrit yang menyatakan intervensi federal di Brasilia, yang memberi pemerintah kekuatan khusus untuk memulihkan hukum dan ketertiban di ibu kota.

Presiden Senat, Rodrigo Pacheco, mengatakan bahwa polisi fokus untuk mengendalikan situasi.

Dalam sebuah unggahan di Twitter, dia mengatakan "dengan keras menolak" "tindakan anti-demokrasi" dan menyerukan adanya respons yudisial.

Menteri Kehakiman Brasil Flavio Dino juga mengutuk para perusuh di Twitter, menekankan bahwa upaya mereka untuk memaksakan kehendak "tidak akan menang."

Jaksa Agung Brasil mengatakan dalam sebuah pernyataan pada hari Minggu (08/01), bahwa dia mengikuti peristiwa tersebut dengan "prihatin." Dia menambahkan bahwa penyelidikan kriminal telah dibuka untuk meminta pertanggungjawaban mereka yang terlibat.

Sejak pemilu 30 Oktober, di mana Lula mengalahkan Bolsonaro, ratusan orang dilaporkan telah berkemah di depan markas tentara di Brasilia.

Para pemimpin dunia mengutuk para penyerbu

Penasihat Keamanan Nasional AS Jake Sullivan pada hari Minggu (08/01) mengutuk adegan-adegan yang terjadi di Brasilia dan mengatakan bahwa situasinya sedang diawasi dengan ketat.

"Amerika Serikat mengutuk setiap upaya untuk merusak demokrasi di Brasil. Presiden Biden mengikuti situasi ini dengan seksama dan dukungan kami untuk lembaga-lembaga demokrasi Brasil tidak tergoyahkan," cuit Sullivan.

Presiden AS Joe Biden menyebut situasi itu "keterlaluan."

Di Meksiko, Presiden Andres Manuel Lopez Obrador turun ke Twitter untuk mengecam apa yang disebutnya sebagai "upaya kudeta yang tercela dan anti-demokrasi oleh kaum konservatif di Brasil, dihasut oleh para pemimpin kekuatan oligarki, juru bicaranya, dan kaum fanatik."

Sementara Presiden Prancis Emmanuel Macron mencuit: "Kehendak rakyat Brasil dan lembaga-lembaga demokrasi harus dihormati! Presiden @LulaOficial dapat mengandalkan dukungan Prancis yang tak tergoyahkan."

Presiden Argentina Alberto Fernandez menyerukan persatuan di wilayah tersebut dan menawarkan dukungannya kepada Lula.

"Saya ingin menyatakan penolakan saya terhadap apa yang terjadi di Brasilia. Dukungan tanpa syarat saya dan rakyat Argentina kepada @LulaOficial dalam menghadapi upaya kudeta yang dihadapinya," tulis Fernandez di Twitter.

"Uni Eropa mengutuk tindakan kekerasan tidak demokratis yang terjadi pada 8 Januari di jantung distrik pemerintahan Brasilia," kata diplomat tinggi Uni Eropa Josep Borrell. "Demokrasi Brasil akan mengalahkan kekerasan dan ekstremisme," katanya.

Borell menambahkan bahwa Uni Eropa sekali lagi menjanjikan dukungan penuh untuk Presiden Lula dan menyatakan solidaritasnya dengan lembaga-lembaga demokrasi negara itu. Dia mendesak para pemimpin politik Brasil, dan terutama mantan Presiden Jair Bolsonaro, untuk "bertindak secara bertanggung jawab dan menyuruh pendukung mereka untuk pulang."

Sumber: Tempo.co (bh/gtp, AFP, dpa, AP, Reuters)

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Bola28 April 2024, 19:05 WIB

Usai Tuai Protes, MNC Group Akhirnya Bolehkan Nobar Piala Asia U-23 Asal Non-Komersial

MNC Group selaku pemilik hak siar akhirnya memberikan kesempatan masyarakat untuk bisa gelar nobar Piala Asia U-23 dengan syarat.
Ilustrasi - Polres Sukabumi Kota mengajak kepada warga Kota Sukabumi untuk ikut nobar Timnas Indonesia vs Uzbekistan. (Sumber : X/@@kabarmojokerto_)
Life28 April 2024, 19:00 WIB

Temukan Akar Penyebabnya, 8 Cara Menangani Perilaku Tidak Sopan Pada Anak

Anak yang tidak sopan bisa berubah menjadi orang dewasa yang tidak sopan. Ikuti tips berikut ini untuk menanggapi fitnah, makian, pembangkangan, dan bentuk perilaku tidak pantas lainnya.
Ilustrasi. Perilaku tidak sopan pada anak. Sumber : Freepik/@freepik
Life28 April 2024, 18:30 WIB

Biarkan Anak Marah Bund! Ini 7 Cara Mengatasi Tantrum pada Balita

Amukan dapat membuat Anda mempertanyakan kemampuan Anda dalam mengasuh anak, namun sebenarnya hal tersebut adalah hal yang normal pada masa balita.
Ilustrasi. Anak menangis. Cara mengatasi tantrum pada balita. Sumber : Freepik/@user15285618
Life28 April 2024, 18:00 WIB

Kaya Jalur Langit, Amalkan Doa Mohon Dibukakan Pintu Rezeki dari Segala Penjuru

Berikut doa mohon dibukakan pintu rezeki dari segala penjuru sebagai salah satu upaya meraih kekayaan jalur langit.
Berdoa untuk memohon kekayaan jalur langit (Sumber : Freepik/)
Life28 April 2024, 17:44 WIB

5 Alasan Kenapa Seseorang Sulit Memaafkan Masa Lalunya, Ketahui Penyebabnya!

Tak sedikit orang yang sangat sulit memaafkan masa lalunya sendiri sehingga sampai kini terjebak dalam balutan masa kelam yang menyakitkan.
Ilustrasi. Orang menangis karena sulit memaafkan masa lalu. | Sumber poto : Pexels/ Karolina Grabowska
Sukabumi28 April 2024, 17:32 WIB

29 Motor Berknalpot Brong Terjaring Razia di Sukabumi, Pemiliknya Ditilang

Puluhan motor berknalpot brong disita polisi usai terjaring razia KRYD Polres Sukabumi Kota. Pemiliknya ditilang.
Pemiliknya ditilang, puluhan motor berknalpot brong diangkut Polres Sukabumi Kota. (Sumber : Istimewa)
Life28 April 2024, 17:30 WIB

4 Jenis Emosi Besar yang Bisa Dibicarakan dengan Anak Agar Mereka Mengerti

Membicarakan emosi dengan anak-anak bisa jadi rumit, pelajari lebih lanjut tentang cara mendiskusikan perasaan besar dengan anak kecil.
Ilustrasi. Anak sedang emosi. Sumber : Freepik/@8foto
Keuangan28 April 2024, 17:11 WIB

6 Kesalahan Sepele yang Menyulitkan Anda Hidup Kaya, Yuk Evaluasi Diri!

Orang yang sulit sukses dan kaya hidupnya tentu disebabkan oleh beberapa alasan krusial sehingga membuat masa depannya mandeg atau stagnan.
Ilustrasi. Alasan hidup sulit sukses dan kaya. | Sumber foto : Pexels/Nicola Barts
Musik28 April 2024, 17:00 WIB

Lirik Lagu Tak Selalu Memiliki Lyodra, OST Film Ipar Adalah Maut

Inilah Lirik Lagu Tak Selalu Memiliki yang Dinyanyikan oleh Lyodra sebagai Original Soundtrack atau OST Film Ipar Adalah Maut.
Lirik Lagu Tak Selalu Memiliki Lyodra, OST Film Ipar Adalah Maut. Foto : YouTube/LyodraOfficial
Sukabumi28 April 2024, 16:57 WIB

Warga Keluhkan Sampah Bau Busuk Dibiarkan Menumpuk di Pangsor Lio Palabuhanratu Sukabumi

Warga keluhkan tumpukan salah di pinggir Jalan Pangsor Lio Palabuhanratu Sukabumi. Baunya tak sedap hingga bahayakan pengguna jalan.
Tumpukan sampah berserakan ke pinggir jalan di Kampung Pangsor Lio, Kelurahan Palabuhanratu, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi. (Sumber : SU/Ilyas)