Kisah Sukses UMKM Sistik Jeber Sukabumi Capai Omset 300 Juta/Bulan

Kamis 14 September 2023, 11:00 WIB
Kisah Sukses UMKM Sistik Jeber Sukabumi Capai Omset 300 Juta/Bulan | Sumber: Instagram /@sistikjeber

Kisah Sukses UMKM Sistik Jeber Sukabumi Capai Omset 300 Juta/Bulan | Sumber: Instagram /@sistikjeber

SUKABUMIUPDATE.com - Sistik Jembar Berkah atau yang lebih dikenal Sistik Jeber, merupakan produk makanan ringan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dari Sukabumi.

Sistik Jeber yang beralamat di Jalan Lio Santa nomor 11, Kelurahan Cikondang, Kecamatan Citamiang, Kota Sukabumi, semula adalah industri rumahan yang didirikan oleh keluarga Ibu Helmi Wulandini pada tahun 2012. Usaha tersebut awalnya memproduksi sistik karena menyasar anak-anak sekolah sebagai target pasar.

Harga Sistik Jeber dibanderol mulai dari 500 Rupiah untuk kemasan kecil dan ukuran sedang hanya Rp. 2.000 saja. Namun saat pertama kali dipasarkan, Sistik Jeber tidak langsung mendapatkan respon positif karena banyak toko-toko yang menolak menjual produk tersebut (Reseller).

Baca Juga: 10 Ciri Orang yang Kuat Mental Meski Sering Disakiti, Kamu Termasuk?

Hal tersebut diungkapkan Deden Rahmat di acara Bincang Bisnis sukabumiupdate.com, beberapa waktu lalu. Karyawan Sistik Jeber itu juga mengatakan UMKM sukabumi ini sempat mengalami kesulitan di masa awal berdirinya.

“Awal-awal mah emang masuk namanya produk baru ada penolakan dari toko. ah ini merek apa, merk ini sudah ada,” tutur Deden di acara Bincang Bisnis sukabumiupdate.com pada Kamis, 8 Desember 2022 lalu.

Ketika merintis, Sistik Jeber hanya memiliki dua karyawan, yakni satu orang di bagian produksi dan satu orang di bagian pengemasan. Sementara untuk pemasaran dilakukan oleh Ibu Helmi dan suaminya.

Baca Juga: 10 Tips Bahagia Meski Sedang Capek Karena Tekanan dan Beban Hidup

Meski begitu, Deden menyampaikan kalau Ibu Helmi tidak pernah menyerah. Hal itu terlihat dari penentuan target untuk membuat produk baru dari Sistik Jeber setiap tahunnya.

Sejak berdiri tahun 2012 lalu, Sistik Jeber sudah memiliki 76 karyawan. Kemudian berkat keteguhan dan kegigihan Ibu Helmi, target penjualan Sistik Jeber merambah tidak hanya ke anak-anak melainkan menyasar kalangan remaja dewasa.

Kini, Sistik Jeber sudah dikenal dan memiliki pasar yang cukup luas hingga pesanan yang membludak membuat karyawan kewalahan. Uniknya, selama pandemi COVID-19 Sistik Jeber justru mengalami peningkatan pesanan.

“Untuk orderan bisa lebih banyak dan naik, produknya lebih banyak dibuat, untuk permintaan pasar sekarang hampir kewalahan malah tiap produk yang bikin masih dibikin sudah dipesan,” tutur Deden dikutip pada Rabu (13/9/2023).

Baca Juga: 7 Masalah Perilaku Anak yang Tidak Boleh Diabaikan Orang Tua

Wilayah pemasaran Sistik Jeber, kata Deden, tersebar di berbagai daerah mulai dari Jabodetabek, Banten, Citeureup, Cileungsi hingga luar negeri seperti Malaysia dan Italia.

Saat membuka cabang di Banten, Sistik Jeber hanya membutuhkan satu mobil namun sekarang perusahaan perlu lima sampai enam mobi untuk memasok pesanan.

Selain sistik, ada sembilan produk lain yang diproduksi oleh Sistik Jembar Berkah diantaranya makaroni, tiktak, seblak, seblak kuah, kerupuk asbes, jengkol, beling, basreng dan cikruh.

Baca Juga: 7 Cara Mendidik Anak Supaya Menjadi Penurut Kepada Orang Tua

Satu kali pengiriman Produk Sistik Jembar Berkah oleh sales berkisar di angka 30-40 juta dengan rata-rata omset mencapai 300 juta/bulan.

Meski telah sukses, Deden Rahmat berharap UMKM Sistik Jembar Berkah dapat terus berkembang dan dikenal oleh masyarakat mancanegara.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Life29 April 2024, 22:45 WIB

6 Cara agar Anak Tidak Kecanduan Main HP Setiap Waktu, Ini Solusinya

Mencegah anak agar tidak kecanduan bermain HP sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangannya. Orang tua harus paham cara mencegahnya.
Ilustrasi. Cara mencegah anak tidak kecanduan main HP. | Sumber foto : Pexels/Liliana Drew
Sukabumi29 April 2024, 22:40 WIB

Rumah Rusak Terdampak Gempa Garut di Surade Sukabumi Akan Diperbaiki Swadaya

Pemerintah Kelurahan Surade, Sukabumi akan memperbaiki rumah semi permanen ukuran 6 x 4 meter, milik Maemunah (74 tahun) seorang jompo, warga Kampung Cibarehong RT 13 /13 yang mengalami rusak berat terdampak getaran gempa Garut
Kondisi rumah Maemunah Warga Kelurahan / Kecamatan Surade yang rusak terdampak gempa Garut | Foto : Ragil Gilang
Life29 April 2024, 22:19 WIB

Jangan Gunakan Ancaman Bund! Begini 9 Cara Mengatasi Perilaku Balita yang Agresif

Perilaku agresif adalah hal yang normal ketika balita belajar tentang pengendalian diri dan pengaturan emosi. Penting untuk memberikan respons yang tenang dan konsisten.
Ilustrasi mengatasi perilaku balita agresif / Sumber Foto: pexels.com/@Yan Krukau
Sukabumi Memilih29 April 2024, 22:17 WIB

Omesh Masuk Wacana Usungan Gerindra di Pilkada Sukabumi, Bagaimana dengan Yudha?

Aktor dan komedian Indonesia kelahiran Sukabumi, Ananda Omesh diakui masuk dalam wacana bursa Pilkada Sukabumi dari Partai Gerindra.
Ananda Omesh dan Yudha Sukmagara | Foto : Sukabumi update
Keuangan29 April 2024, 21:32 WIB

6 Cara Melatih Anak Pandai Mengelola Uang Sejak Dini, Ikuti Langkah Ini

Mengajarkan anak pandai mengelola uang sangat berguna untuk masa depannya. Hal ini membantunya dewasa dalam memili uang.
Ilustrasi. Cara mengajari anak mengelola uang. | Sumber foto : Pexels/cottonbro studio
Sehat29 April 2024, 21:00 WIB

Hidup Sehat Bebas Asam Urat: Rekomendasi Makanan Sehat dan Pantangan yang Perlu Diketahui

Bagi penderita asam urat, ada sejumlah makanan yang dipantang dan beberapa diantaranya di rekomendasikan.
Ilustrasi daging merah - Bagi penderita asam urat, ada sejumlah makanan yang dipantang dan beberapa diantaranya di rekomendasikan. (Sumber : pexels.com/@Eduardo Krajan)
Life29 April 2024, 20:53 WIB

Bisa Berasal Dari Kemarahan, Ini 3 Penyebab Agresi Pada Balita

Ingin tahu mengapa balita Anda begitu marah dan agresif? Pelajari lebih lanjut tentang agresi balita, dan kapan harus khawatir.
Ilustrasi agresi pada balita / Sumber Foto: Freepik/@stocking
Life29 April 2024, 20:48 WIB

6 Cara Mendidik Anak Agar Jadi Orang Disiplin Seumur Hidupnya

Melatih anak agar menjadi orang disiplin tentu sangat diidamkan semua orang tua. Oleh sebabnya, perlu dilakukan beberapa langkah mewujudkannya.
Ilustrasi. Cara melatih anak menjadi orang disiplin. | Sumber foto : Pexels/Gustavo Fring
Bola29 April 2024, 20:30 WIB

Link Live Streaming Timnas Indonesia vs Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23 2024

Timnas Indonesia hari ini akan menghadapi Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23 2024.
Timnas Indonesia hari ini akan menghadapi Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23 2024. (Sumber : Instagram/@jagad_stadium/Ist).
Sukabumi29 April 2024, 20:29 WIB

Dibiayai Donatur, Siswa MI Gelarsari Sukabumi Setiap Hari Dapat Makan Siang Gratis

Kepala Sekolah (Kepsek) MI Gelarsari, Solahhudin Sanusi mengatakan program makan siang gratis tersebut merupakan bantuan dari lembaga swasta Indonesia Food Security Review (IFSR) yang berlokasi di Jakarta.
Para siswa MI Gelarsari Bantargadung Sukabumi saat menikmati makan siang gratis program lembaga swasta | Foto : Ilyas Sanubari