7 Tips Memulai Bisnis Online Untuk Pemula, Yuk Ikuti Langkah-langkahnya

Senin 11 September 2023, 16:30 WIB
Ilustrasi - 7 Tips Memulai Bisnis Online Untuk Pemula, Yuk Ikuti Langkah-langkahnya. (Sumber : Freepik.com/@our-team.)

Ilustrasi - 7 Tips Memulai Bisnis Online Untuk Pemula, Yuk Ikuti Langkah-langkahnya. (Sumber : Freepik.com/@our-team.)

SUKABUMIUPDATE.com - Zaman serba canggih seperti sekarang ini, bisnis online semakin menjamur dan menjadi pilihan untuk memulai usaha. Namun, untuk menjalankan bisnis online terutama bagi pemula tidaklah gampang dan butuh kerja keras strategi yang tepat.

Sebab, bagi mereka pebisnis pemula belum memiliki pengalaman yang luas dalam dunia bisnis. Bisa dikatakan, mereka belum ahli dalam mengelola bisnis, mengembangkan strategi pemasaran, atau menghadapi tantangan dalam persaingan dunia bisnis.

Namun, apabila Anda sebagai pemula ingin mencoba memulai bisnis online maka jangan khawatir untuk memulainya. Sebab berikut ini kami akan berikan tips untuk Anda langkah-langkah memulai bisnis online untuk pemula.

Baca Juga: 10 Penyebab Anak Sulit Diatur, Masalah Mental hingga Keluarga

1. Menentukan Jenis Bisnis yang Akan Dijalankan

Langkah awal yang harus dilakukan adalah menentukan jenis bisnis yang ingin dijalankan. Ini merupakan hal penting bagi pemula yang ingin memulai bisnis online. Sebab, hal tersebut akan membantu Anda lebih fokus dan memahami apa yang diperlukan untuk memulai.

Jenis bisnis yang akan dilakukan perlu melihat dari beberapa faktor pertimbangan, seperti minat, keterampilan, pengalaman, sumber daya, dan peluang pasar. Anda harus tahu produk yang ingin dijual apakah sudah tepat atau sesuai dengan fashion Anda.

2. Menyusun Rencana Sederhana

Rencana bisnis ini merupakan langkah-langkah yang penting untuk membantu Anda memahami visi, tujuan, dan hal apa saja yang diperlukan untuk mengembangkan bisnis Anda.

Baca Juga: 7 Masalah Perilaku Anak yang Tidak Boleh Diabaikan Orang Tua

Ringkas dan Jelas

Mulailah dengan ringkasan eksekutif yang menjelaskan secara singkat tentang bisnis Anda, visi, dan tujuan utama. Ini adalah bagian pertama yang dibaca oleh pembaca rencana bisnis Anda.

Profil Bisnis

Jelaskan bisnis Anda secara detail, termasuk jenis bisnis, produk atau layanan yang Anda tawarkan, dan sejarah singkatnya (jika ada).

Analisis Pasar

Identifikasi target pasar Anda. Siapa pelanggan potensial Anda dan apa yang mereka cari?
Lakukan analisis pesaing untuk memahami kekuatan dan kelemahan pesaing Anda.

Baca Juga: 10 Sikap Elegan yang Membuatmu Tidak Dipandang Rendah Orang Lain

Strategi Pemasaran

Jelaskan bagaimana Anda akan memasarkan produk atau layanan Anda kepada pelanggan.
Tinjau rencana pemasaran, termasuk strategi media sosial, iklan, pemasaran konten, dan lainnya.

Rencana Operasional

Jelaskan bagaimana bisnis Anda akan beroperasi sehari-hari. Ini termasuk lokasi fisik (jika ada), persediaan, dan proses produksi (jika relevan).

Manajemen dan Struktur Organisasi

Identifikasi tim manajemen Anda dan peran masing-masing serta jelaskan struktur organisasi bisnis Anda.

Baca Juga: 12 Tips Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Pada Anak yang Pemalu, Coba Lakukan Hal Ini

Sumber Daya dan Anggaran

Tentukan sumber daya yang diperlukan, termasuk modal awal, peralatan, dan karyawan.
Buat anggaran untuk bisnis Anda, termasuk pendapatan dan biaya bulanan.

Proyeksi Keuangan

Sertakan proyeksi keuangan seperti laporan laba rugi, neraca, dan aliran kas untuk jangka waktu tertentu (biasanya 1-3 tahun ke depan).

Rencana Pengembangan

Jelaskan rencana jangka panjang Anda untuk bisnis Anda. Bagaimana Anda akan mengembangkan bisnis Anda dalam beberapa tahun ke depan?

Baca Juga: 14 Cara Memotivasi Diri untuk Hidup Bahagia Apa Adanya, Yuk Lakukan!

Risiko dan Mitigasi

Identifikasi potensi risiko yang mungkin dihadapi bisnis Anda, seperti persaingan, perubahan pasar, atau masalah keuangan. Jelaskan tindakan yang akan Anda ambil untuk mengurangi atau mengatasi risiko ini.

3. Melakukan Riset Pasar

Riset pasar juga salah satu langkah kunci dalam memulai bisnis online untuk pemula. Ini membantu Anda memahami pasar potensial Anda, pesaing, dan pelanggan potensial. Dengan melalui riset, Anda dapat memahami produk dan calon pelanggan untuk bisnis yang akan dijalankan.

Cobalah untuk melakukan survei lapangan untuk mendapatkan data primer. Ini bisa melibatkan wawancara, kuisioner atau observasi langsung. Perhatikan juga tren terkini dalam industri.

Baca Juga: 9 Tips Meningkatkan Rasa Bahagia dengan Menjadi Diri Sendiri

4. Tentukan Target Pelanggan

Menentukan target pelanggan adalah salah satu langkah penting dalam memulai bisnis, terutama bagi pebisnis pemula. Ini membantu Anda memahami siapa yang akan menjadi pelanggan, sehingga Anda dapat merancang produk, layanan, dan strategi pemasaran yang tepat.

Identifikasi karakteristik demografis calon pelanggan Anda, seperti usia, jenis kelamin, pendapatan, pendidikan, dan pekerjaan. Misalnya, apakah mereka remaja, atau orang dewasa? Apakah mereka laki-laki atau perempuan? Berapa kisaran pendapatan mereka?

5. Menentukan di Platform Mana Akan Berjualan

Pilihan platform yang tepat dapat memengaruhi keberhasilan bisnis online Anda. Cobalah untuk mempelajari biaya yang terkait dengan setiap platform, termasuk biaya langganan bulanan, biaya transaksi, dan biaya lainnya. Pastikan biaya ini sesuai dengan anggaran Anda.

Baca Juga: 8 Ciri Seseorang Mengalami Gangguan Kepribadian, Apa Kamu Punya Salah Satunya?

6. Manfaatkan Fitur-fitur yang Ada Dalam Platform

Apabila kamu menggunakan platform toko-toko online, jangan lupa untuk memaksimalkan fitur-fitur yang tersedia di dalamnya. Seperti gambar, deskripsi, video hingga rating dan kolom komentar.

Dengan memanfaatkan fitur yang ada, produk yang Anda pasarkan akan efektif dan menargetkan calon pembeli. Sebab, jika gambar dan deskripsi dalam platform jelas, pembeli akan merasa yakin untuk membeli produk dari toko Anda.

7. Mempromosikan di Media Sosial

Mempromosikan bisnis Anda di media sosial adalah strategi pemasaran yang efektif, terutama untuk pebisnis pemula. Ini adalah cara yang bagus untuk membangun merek Anda, berinteraksi dengan pelanggan potensial, dan meningkatkan kesadaran tentang produk atau layanan Anda.

Baca Juga: 12 Ciri Seseorang Mengalami Gangguan Kesehatan Mental, Apa Kamu Salah Satunya?

Identifikasi platform media sosial yang paling relevan untuk bisnis Anda. Beberapa platform populer meliputi Facebook, Instagram, Twitter, TikTok, dan Snapchat. Pilihlah platform yang banyak digunakan oleh target pasar Anda.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Food & Travel14 Juni 2024, 06:00 WIB

5 Resep Menu Makan Pagi Ramah Kolesterol, Sarapan Sehat dan Simpel di Rumah!

Penderita kolesterol sebaiknya memilih makanan yang tinggi serat seperti oats, buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian untuk membantu mengurangi kolesterol.
Ilustrasi. Ilustrasi. Resep Menu Makan Pagi Ramah Kolesterol, Sarapan Sehat dan Simpel di Rumah! (Sumber : Pexels/RFStudio)
Science14 Juni 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 14 Juni 2024, Sukabumi Siang Hingga Malam Berpotensi Hujan

Prakiraan cuaca Sukabumi hari ini dan sekitarnya pada 14 Juni 2024, berpotensi mengalami hujan pada siang hari hingga dini hari.
Ilustrasi - Prakiraan cuaca Sukabumi hari ini dan sekitarnya pada 14 Juni 2024, berpotensi mengalami hujan pada siang hari hingga dini hari. (Sumber : Freepik)
Jawa Barat13 Juni 2024, 23:30 WIB

Terima 150 Aduan, Ombudsman Ungkap Potensi Kecurangan di PPDB Jabar 2024 Tahap 1

Ombudmsan menerima 150 aduan dari masyarakat tentang PPDB Jabar 2024 tahap 1 tingkat SMA/SMK. Ditemukan adanya potensi kecurangan.
Ilustrasi. Penerimaan Peserta Didik Baru atau PPDB Jabar 2024. (Sumber : Istimewa)
DPRD Kab. Sukabumi13 Juni 2024, 21:55 WIB

Harapan DPRD untuk Kades di Sukabumi yang Masa Jabatannya Diperpanjang Dua Tahun

Paoji menekankan bahwa perpanjangan masa jabatan ini harus dimanfaatkan sebaik mungkin oleh para kades untuk meningkatkan kinerja.
Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Sukabumi, Paoji Nurjaman. (Sumber : Dok. SU)
Sukabumi13 Juni 2024, 21:31 WIB

Sungai Cipangasahan Dangkal dan Sempit, Puluhan Jiwa Terancam Banjir di Cibadak Sukabumi

5 unit rumah warga yang dihuni 5 KK 30 jiwa di Cibadak Sukabumi terdampak banjir akibat luapan Sungai Cipangasahan pada Rabu 12 Juni 2024.
Aliran anak Sungai Cipangasahan yang menyempit dan alami pendangkalan mengakibatkan bencana banjir di Desa Sukasirna, Cibadak Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi13 Juni 2024, 21:28 WIB

SPI Sukabumi Soal Penyerahan 31 Hektar Tanah HGU Suka Karet: Pelepasan atau Plasma?

Serikat Petani Indonesia (SPI) Sukabumi menyikapi penyerahan tanah HGU PT. Perkebunan Karet Suka Karet seluas 31 Hektar di Desa Bantarkalong Kecamatan Warungkiara.
Rozak Daud, Ketua SPI Sukabumi. | Foto: Sukabumi Update
Sehat13 Juni 2024, 21:00 WIB

9 Pengobatan Alami untuk Mengatasi Asam Lambung, Dijamin Efektif!

Dengan mengikuti panduan ini dan memilih metode yang paling sesuai untuk Anda, gejala asam lambung dapat dikelola secara efektif dan alami.
Ilustrasi - Dengan mengikuti panduan ini dan memilih metode yang paling sesuai untuk Anda, gejala asam lambung dapat dikelola secara efektif dan alami.(Sumber : Freepik.com).
Sukabumi13 Juni 2024, 20:29 WIB

Tingkatkan Pengairan, UPTD Pertanian Cicurug Perbaiki 6 Saluran Irigasi di Sukabumi Utara

Kepala UPTD Pertanian Wilayah III Cicurug, Hasari menyatakan bahwa saat ini para petani membutuhkan pengairan yang baik. Oleh karenanya monitoring dan perbaikan irigasi menjadi prioritas saat ini.
Hasari, Kepala UPTD Pertanian Wilayah III Cicurug di kantor UPTD, Kamis (13/6/2024) | Foto : Ibnu Sanubari
Aplikasi13 Juni 2024, 20:08 WIB

Di Sukabumi, Menteri Teten Ungkap Potensi Ancaman Aplikasi Temu asal Cina Bagi UMKM

Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki bicara ancaman kehadiran aplikasi Temu yang berpotensi mengganggu pasar produk dalam negeri dan UMKM.
Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki saat ditemui di Kota Sukabumi pada Kamis (13/6/2024). (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Sehat13 Juni 2024, 20:00 WIB

4 Langkah Penting yang Harus Anda Lakukan Setelah Didiagnosis Pradiabetes

Didiagnosis pradiebetes bukanlah alkhir dari segalanya dan Anda pun dapat hidup sehat dan senang di masa depan.
Ilustrasi - Didiagnosis pradiebetes bukanlah alkhir dari segalanya dan Anda pun dapat hidup sehat dan senang di masa depan. (Sumber : Freepik.com).