7 Tips Memulai Bisnis Online Untuk Pemula, Yuk Ikuti Langkah-langkahnya

Senin 11 September 2023, 16:30 WIB
Ilustrasi - 7 Tips Memulai Bisnis Online Untuk Pemula, Yuk Ikuti Langkah-langkahnya. (Sumber : Freepik.com/@our-team.)

Ilustrasi - 7 Tips Memulai Bisnis Online Untuk Pemula, Yuk Ikuti Langkah-langkahnya. (Sumber : Freepik.com/@our-team.)

SUKABUMIUPDATE.com - Zaman serba canggih seperti sekarang ini, bisnis online semakin menjamur dan menjadi pilihan untuk memulai usaha. Namun, untuk menjalankan bisnis online terutama bagi pemula tidaklah gampang dan butuh kerja keras strategi yang tepat.

Sebab, bagi mereka pebisnis pemula belum memiliki pengalaman yang luas dalam dunia bisnis. Bisa dikatakan, mereka belum ahli dalam mengelola bisnis, mengembangkan strategi pemasaran, atau menghadapi tantangan dalam persaingan dunia bisnis.

Namun, apabila Anda sebagai pemula ingin mencoba memulai bisnis online maka jangan khawatir untuk memulainya. Sebab berikut ini kami akan berikan tips untuk Anda langkah-langkah memulai bisnis online untuk pemula.

Baca Juga: 10 Penyebab Anak Sulit Diatur, Masalah Mental hingga Keluarga

1. Menentukan Jenis Bisnis yang Akan Dijalankan

Langkah awal yang harus dilakukan adalah menentukan jenis bisnis yang ingin dijalankan. Ini merupakan hal penting bagi pemula yang ingin memulai bisnis online. Sebab, hal tersebut akan membantu Anda lebih fokus dan memahami apa yang diperlukan untuk memulai.

Jenis bisnis yang akan dilakukan perlu melihat dari beberapa faktor pertimbangan, seperti minat, keterampilan, pengalaman, sumber daya, dan peluang pasar. Anda harus tahu produk yang ingin dijual apakah sudah tepat atau sesuai dengan fashion Anda.

2. Menyusun Rencana Sederhana

Rencana bisnis ini merupakan langkah-langkah yang penting untuk membantu Anda memahami visi, tujuan, dan hal apa saja yang diperlukan untuk mengembangkan bisnis Anda.

Baca Juga: 7 Masalah Perilaku Anak yang Tidak Boleh Diabaikan Orang Tua

Ringkas dan Jelas

Mulailah dengan ringkasan eksekutif yang menjelaskan secara singkat tentang bisnis Anda, visi, dan tujuan utama. Ini adalah bagian pertama yang dibaca oleh pembaca rencana bisnis Anda.

Profil Bisnis

Jelaskan bisnis Anda secara detail, termasuk jenis bisnis, produk atau layanan yang Anda tawarkan, dan sejarah singkatnya (jika ada).

Analisis Pasar

Identifikasi target pasar Anda. Siapa pelanggan potensial Anda dan apa yang mereka cari?
Lakukan analisis pesaing untuk memahami kekuatan dan kelemahan pesaing Anda.

Baca Juga: 10 Sikap Elegan yang Membuatmu Tidak Dipandang Rendah Orang Lain

Strategi Pemasaran

Jelaskan bagaimana Anda akan memasarkan produk atau layanan Anda kepada pelanggan.
Tinjau rencana pemasaran, termasuk strategi media sosial, iklan, pemasaran konten, dan lainnya.

Rencana Operasional

Jelaskan bagaimana bisnis Anda akan beroperasi sehari-hari. Ini termasuk lokasi fisik (jika ada), persediaan, dan proses produksi (jika relevan).

Manajemen dan Struktur Organisasi

Identifikasi tim manajemen Anda dan peran masing-masing serta jelaskan struktur organisasi bisnis Anda.

Baca Juga: 12 Tips Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Pada Anak yang Pemalu, Coba Lakukan Hal Ini

Sumber Daya dan Anggaran

Tentukan sumber daya yang diperlukan, termasuk modal awal, peralatan, dan karyawan.
Buat anggaran untuk bisnis Anda, termasuk pendapatan dan biaya bulanan.

Proyeksi Keuangan

Sertakan proyeksi keuangan seperti laporan laba rugi, neraca, dan aliran kas untuk jangka waktu tertentu (biasanya 1-3 tahun ke depan).

Rencana Pengembangan

Jelaskan rencana jangka panjang Anda untuk bisnis Anda. Bagaimana Anda akan mengembangkan bisnis Anda dalam beberapa tahun ke depan?

Baca Juga: 14 Cara Memotivasi Diri untuk Hidup Bahagia Apa Adanya, Yuk Lakukan!

Risiko dan Mitigasi

Identifikasi potensi risiko yang mungkin dihadapi bisnis Anda, seperti persaingan, perubahan pasar, atau masalah keuangan. Jelaskan tindakan yang akan Anda ambil untuk mengurangi atau mengatasi risiko ini.

3. Melakukan Riset Pasar

Riset pasar juga salah satu langkah kunci dalam memulai bisnis online untuk pemula. Ini membantu Anda memahami pasar potensial Anda, pesaing, dan pelanggan potensial. Dengan melalui riset, Anda dapat memahami produk dan calon pelanggan untuk bisnis yang akan dijalankan.

Cobalah untuk melakukan survei lapangan untuk mendapatkan data primer. Ini bisa melibatkan wawancara, kuisioner atau observasi langsung. Perhatikan juga tren terkini dalam industri.

Baca Juga: 9 Tips Meningkatkan Rasa Bahagia dengan Menjadi Diri Sendiri

4. Tentukan Target Pelanggan

Menentukan target pelanggan adalah salah satu langkah penting dalam memulai bisnis, terutama bagi pebisnis pemula. Ini membantu Anda memahami siapa yang akan menjadi pelanggan, sehingga Anda dapat merancang produk, layanan, dan strategi pemasaran yang tepat.

Identifikasi karakteristik demografis calon pelanggan Anda, seperti usia, jenis kelamin, pendapatan, pendidikan, dan pekerjaan. Misalnya, apakah mereka remaja, atau orang dewasa? Apakah mereka laki-laki atau perempuan? Berapa kisaran pendapatan mereka?

5. Menentukan di Platform Mana Akan Berjualan

Pilihan platform yang tepat dapat memengaruhi keberhasilan bisnis online Anda. Cobalah untuk mempelajari biaya yang terkait dengan setiap platform, termasuk biaya langganan bulanan, biaya transaksi, dan biaya lainnya. Pastikan biaya ini sesuai dengan anggaran Anda.

Baca Juga: 8 Ciri Seseorang Mengalami Gangguan Kepribadian, Apa Kamu Punya Salah Satunya?

6. Manfaatkan Fitur-fitur yang Ada Dalam Platform

Apabila kamu menggunakan platform toko-toko online, jangan lupa untuk memaksimalkan fitur-fitur yang tersedia di dalamnya. Seperti gambar, deskripsi, video hingga rating dan kolom komentar.

Dengan memanfaatkan fitur yang ada, produk yang Anda pasarkan akan efektif dan menargetkan calon pembeli. Sebab, jika gambar dan deskripsi dalam platform jelas, pembeli akan merasa yakin untuk membeli produk dari toko Anda.

7. Mempromosikan di Media Sosial

Mempromosikan bisnis Anda di media sosial adalah strategi pemasaran yang efektif, terutama untuk pebisnis pemula. Ini adalah cara yang bagus untuk membangun merek Anda, berinteraksi dengan pelanggan potensial, dan meningkatkan kesadaran tentang produk atau layanan Anda.

Baca Juga: 12 Ciri Seseorang Mengalami Gangguan Kesehatan Mental, Apa Kamu Salah Satunya?

Identifikasi platform media sosial yang paling relevan untuk bisnis Anda. Beberapa platform populer meliputi Facebook, Instagram, Twitter, TikTok, dan Snapchat. Pilihlah platform yang banyak digunakan oleh target pasar Anda.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi02 Mei 2024, 19:18 WIB

Hardiknas 2024, Bupati Bicara Pendidikan Karakter dan Kewajiban Ikuti Pramuka di Sukabumi

Pembina upacara Hardiknas 2024, Bupati Sukabumi Marwan Hamami soroti soal pentingnya pendidikan karakter dan kewajiban mengikuti gerakan pramuka.
Bupati Sukabumi saat menjadi pembina upacara dalam peringatan Hardiknas tahun 2024. (Sumber : Diskominfosan Kab. Sukabumi)
Life02 Mei 2024, 19:00 WIB

10 Kebiasaan Sederhana yang Bisa Membuat Diri Sendiri Bahagia Meski Banyak Masalah

Jangan Ragu untuk Melakukan Kebiasaan Sederhana Ini Agar Diri Sendiri Bahagia Meski Banyak Masalah Hidup.
Ilustrasi. Kebahagiaan. Kebiasaan Sederhana yang Bisa Membuat Diri Sendiri Bahagia. (Sumber : Pexels/BrettSayles)
Life02 Mei 2024, 18:38 WIB

Ketahui 6 Tanda Orang Tua yang Gagal dalam Mendidik Anak, Ini Buktinya

Tidak semua orang tua berhasil dalam mendidik anak. Sebagian di antara mereka justru gagal mendidik anak oleh sebab kesalahan pola asuhnya
Orang tua yang gagal dalam mendidik anak | Foto : Pexels/ Kampus Production
Life02 Mei 2024, 18:30 WIB

10 Cara Membahagiakan Diri Sendiri Tanpa Harus Bergantung Pada Orang Lain

Membahagiakan diri sendiri tanpa bergantung pada orang lain adalah sebuah konsep yang penting dalam pengembangan kesejahteraan dan kebahagiaan pribadi.
Ilustrasi -  Membahagiakan diri sendiri tanpa bergantung pada orang lain adalah sebuah konsep yang penting dalam pengembangan kesejahteraan dan kebahagiaan pribadi. (Sumber : pexels.com/@Matheus Bertelli).
Sukabumi02 Mei 2024, 18:23 WIB

Status UHC Non-Cut Off Dicabut, Dinkes Sukabumi Jelaskan Layanan Kesehatan Warga Miskin

BPJS Kesehatan cabut status UHC Non-Cut Off Kabupaten Sukabumi, ini kata Dinkes soal layanan kesehatan warga miskin.
Sekretaris Dinkes Kabupaten Sukabumi Andi Rahman saat menjelaskan soal pencabutan status UHC Non-Cut Off oleh BPJS Kesehatan. (Sumber : Istimewa)
Life02 Mei 2024, 18:00 WIB

Doa Meminta Rezeki dari Segala Penjuru: Halal, Berkah dan Berlimpah

Berdoa meminta rezeki dapat memberikan harapan dan optimisme bahwa Allah SWT akan memberikan yang terbaik bagi mereka, meskipun dalam situasi yang sulit.
Ilustrasi. Berdoa.  Berdoa meminta rezeki dapat memberikan harapan dan optimisme bahwa Allah SWT akan memberikan yang terbaik bagi mereka, meskipun dalam situasi yang sulit. Sumber Foto : Pexels/Alena Darmel
Jawa Barat02 Mei 2024, 17:52 WIB

Sukseskan WHO24, LP3H EWI Bogor Gelar Temu Rembug dan Sosialisasi Wakaf Uang

Untuk sukseskan program Wajib Halal Oktober 2024 (WHO24), formatur pengurus Lembaga Pendamping Proses Produk Halal Edukasi Wakaf Indonesia (LP3H EWI) Kabupaten Bogor menginisiasi temu rembug dengan pengurus LP3H EWI Jabar
LP3H EWI Bogor Gelar Temu Rembug dan Sosialisasi Wakaf Uang | Foto : Ist
Sukabumi02 Mei 2024, 17:28 WIB

Setuju Duel Terkapar 1, Polisi Tetapkan 2 Tersangka Tawuran Pelajar di Palabuhanratu Sukabumi

Polisi ungkap kronologi aksi tawuran yang viral di media sosial antara dua kelompok pelajar sekolah menengah atas (SMA) di Jalan Patuguran, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi yang menelan korban luka parah.
Tangkapan layar video tawuran antar pelajar di Palabuhanratu Sukabumi | Foto : Ist
Musik02 Mei 2024, 17:00 WIB

Lirik Lagu Cinta Luka Sempurna Iqbaale Ramadhan Eks Personil CJR

Inilah Lirik Lagu Cinta Luka Sempurna Iqbaale Ramadhan Ex Personil Coboy Junior (CJR) yang Viral di Medsos.
Lirik Lagu Cinta Luka Sempurna Iqbaale Ramadhan. Foto: YouTube/IqbaalRamadhan
Keuangan02 Mei 2024, 16:30 WIB

Hindari 5 Gaya Hidup Boros yang Membuat Hidup Miskin dan Sulit Kaya

Yuk Hindari Sekarang! Inilah Sederet Gaya Hidup Boros yang Membuat Hidup Miskin dan Sulit Kaya
Ilustrasi. Belanja berlebihan. | Gaya Hidup Boros yang Membuat Hidup Miskin dan Sulit Kaya. (Sumber : pexels.com/AndreaPiacquadio)