10 Peraturan Tidak Tertulis Saat Interview Kerja, Simak Agar Bisa Lolos Seleksi

Kamis 13 Juli 2023, 14:45 WIB
Ilustrasi. Ada beberapa aturan tidak tertulis saat interview kerja yang harus dilakukan agar bisa lolos seleksi | Foto: Pixabay

Ilustrasi. Ada beberapa aturan tidak tertulis saat interview kerja yang harus dilakukan agar bisa lolos seleksi | Foto: Pixabay

SUKABUMIUPDATE.com - Interview kerja menjadi salah satu tahapan paling penting dalam proses melamar pekerjaan. Di tahap ini pihak perusahaan akan berusaha mengenal pelamar lebih dalam mulai dari skill, minat bahkan hingga latar belakang.

Banyak pelamar yang gagal saat proses interview kerja karena berbagai alasan. Lalu bagaimana cara agar bisa lolos interview kerja dengan mudah?

Melansir dari akun Instagram myskill.id dan berbagai sumber lain, ada beberapa peraturan tidak tertulis saat interview kerja yang harus diingat oleh setiap pelamar. Berikut beberapa diantaranya.

1. Riset tentang perusahaan

Lakukan riset menyeluruh tentang perusahaan yang Anda lamar. Pelajari misi, visi, nilai-nilai, produk atau layanan, struktur organisasi, dan berita terbaru mengenai perusahaan. Hal ini akan membantu Anda untuk mengerti perusahaan dengan lebih baik dan menunjukkan minat Anda pada perusahaan tersebut.

Baca Juga: 6 Tips Wawancara Kerja Agar PD Menjawab Pertanyaan HRD, Pakai Baju Warna Apa?

2. Tinjau kembali CV

Pastikan Anda mengerti dengan baik isinya dan dapat menjelaskan setiap pengalaman kerja yang tercantum. Persiapkan contoh-contoh konkret mengenai proyek yang pernah Anda kerjakan, peran yang Anda pegang, dan pencapaian yang telah Anda raih.

3. Latihan pertanyaan umum

Ada beberapa pertanyaan umum yang sering muncul dalam wawancara kerja, seperti "ceritakan tentang diri Anda", "apa kelebihan dan kelemahan Anda", atau "mengapa Anda tertarik dengan posisi ini?". Latihan menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut dengan jelas dan terstruktur dapat membantu Anda merasa lebih percaya diri saat wawancara.

4. Persiapkan pertanyaan untuk pewawancara

Wawancara juga merupakan kesempatan bagi Anda untuk mengetahui lebih banyak tentang perusahaan dan posisi yang Anda lamar. Persiapkan pertanyaan yang relevan mengenai tugas dan tanggung jawab, budaya perusahaan, peluang pengembangan, dan hal lain yang Anda ingin ketahui lebih dalam. Ini akan menunjukkan minat dan keterlibatan Anda dalam wawancara.

Baca Juga: Kenapa Gagal Wawancara Kerja Padahal Lancar Menjawab? Mungkin Ini Alasannya!

5. Kenali diri Anda

Periksa ulang keterampilan, kelebihan, dan kelemahan Anda. Pikirkan tentang bagaimana Anda dapat mengaplikasikan keterampilan dan pengalaman Anda dalam posisi yang Anda lamar, dan bagaimana Anda dapat mengatasi kelemahan yang ada.

6. Pakaian dan penampilan

Pilih pakaian yang sesuai dan rapi untuk wawancara. Biasanya, pakaian formal atau semi-formal adalah pilihan yang aman, kecuali jika perusahaan memiliki budaya yang lebih santai. Pastikan pula penampilan Anda bersih, rapi, dan terawat.

7. Tetap tenang

Cobalah untuk tetap tenang dan percaya diri selama wawancara. Ingatlah bahwa wawancara adalah kesempatan bagi Anda untuk menunjukkan kemampuan dan kepribadian Anda. Jaga bahasa tubuh yang positif, tunjukkan ketertarikan dan energi positif.

Baca Juga: 5 Bahasa Tubuh Tanda Orang Berbohong, Salah Satunya Ekspresi Wajah

8. Tepat Waktu

Pastikan Anda tiba tepat waktu atau bahkan beberapa menit lebih awal. Jangan lupa untuk mengatur perjalanan dan mengecek rute atau transportasi yang akan Anda gunakan sebelumnya.

9. Bawa dokumen yang diperlukan

Bawa salinan CV, surat lamaran, referensi, atau dokumen lain yang mungkin diminta oleh pewawancara. Letakkan dokumen-dokumen tersebut dalam map atau portofolio untuk memudahkan Anda dalam mengaksesnya.

Baca Juga: Profil Adipratnia Satwika Asmady, Engineer Indonesia Dibalik Satelit SATRIA-1

10. Tampilkan sikap positif

Tunjukkan sikap yang positif, ramah, dan bersahabat kepada pewawancara. Berikan senyuman, sapaan, dan jalin komunikasi yang baik selama wawancara.

Selain itu, ingatlah bahwa setiap wawancara kerja adalah kesempatan untuk belajar dan berkembang. Evaluasilah pengalaman Anda setelah wawancara dan perbaiki diri jika diperlukan.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sehat15 Mei 2024, 16:30 WIB

Merasakan Gejala Asam Urat Pada Lutut? Lakukan 5 Perawatan Ini di Rumah!

Asam urat merupakan penyakit yang menyerang persendian di tubuh, salah satunya sering terjad pada lutut. Maka dari itu, kenali cara merawat asam urat di lutut begitu kambuh agar tidak semakin parah
ika terkena gejala asam urat pada lutut, lakukan 5 perawatan di rumah yang sederhana ini (Sumber : Freepik.com)
Sehat15 Mei 2024, 16:15 WIB

Bisakah Jempol Tangan Terkena Gejala Asam Urat? Ini 5 Tandanya!

Ternyata asam urat tidak hanya menyerang persendian di kaki saja, tetapi juga bisa ke tangan. Salah satu yang sering terkena adalah bagian ibu jari. Sebaiknya untuk mengenali tanda-tanda asam urat di jempol tangan
Waspadai bila ada 5 tanda berikut ini di jempol tangan, karena kemungkinan gejala asam urat. (Sumber : Freepik.com)
Sehat15 Mei 2024, 16:00 WIB

Berapa Seharusnya Kadar Kolesterol Tinggi dan Normal Pada Lansia? Simak Disini

Mengetahui kadar kolesterol tinggi dan normal pada lansia sangat penting dilakukan.
Ilustrasi - Mengetahui kadar kolesterol tinggi dan normal pada lansia sangat penting dilakukan. (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi15 Mei 2024, 15:37 WIB

Kronologi, Identitas dan Dugaan, Lansia Tergeletak Tak Bernyawa di Nanggeleng Sukabumi

Seorang lansia Christina Tampubolon (71 tahun) ditemukan tergeletak tak bernyawa tepat di depan kantor Kelurahan Nanggeleng, Rabu 15 Mei 2024, sekira pukul 08:00 WIB, pagi.
Jenazah Christina Tampubolon (71 tahun) saat di rumah sakit | Foto : Ist
Sehat15 Mei 2024, 15:30 WIB

Inilah 7 Makanan Tinggi Lemak yang Masih Aman Dikonsumsi Penderita Kolesterol

Minyak zaitun adalah sumber lemak sehat, terutama asam lemak tak jenuh tunggal. Konsumsi minyak zaitun dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL dan mengurangi risiko penyakit jantung.
Telur Dadar Bayam. Makanan Tinggi Lemak yang Masih Aman Dikonsumsi Penderita Kolesterol (Sumber : Royco.co.id)
Sukabumi15 Mei 2024, 15:23 WIB

BPJS Ketenagakerjaan Sukabumi Peringati May Day Bersama Pengusaha dan Buruh

BPJS Ketenagakerjaan Cabang Sukabumi, Oki Widya Gandha mengatakan pengusungan tema kolaborasi, kebersamaan serta gotong royong itu menandakan hubungan erat antara pemerintah, pengusaha serta para buruh.
BPJS Ketenagakerjaan Sukabumi peringati May Day | Foto : Dok. BPJS Ketenagakerjaan
Life15 Mei 2024, 15:15 WIB

8 Cara Membesarkan Anak Agar Memiliki Hati yang Baik, Yuk Bunda Terapkan

Ketika anak-anak melakukan tindakan kebaikan, Anda mungkin tidak mendorong mereka hanya karena orang lain tidak lagi dapat dipercaya.
gambaran membesarkan anak yang baik hati (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi15 Mei 2024, 15:08 WIB

Ayah Dihabisi Isu Dukun Santet, Kisah Tragis Dibalik Anak Bunuh Ibu di Sukabumi

Belum diketahui secara pasti apa motif Rahmat nekat membunuh ibu kandungnya.
Aparat memegang garpu yang digunakan Rahmat (25 tahun) untuk membunuh ibunya, Inas (43 tahun). Foto ini berlokasi di rumah korban dan tersangka di Kecamatan Kalibunder, Kabupaten Sukabumi, Selasa, 14 Mei 2024. | Foto: Istimewa
Inspirasi15 Mei 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja di Sukabumi Sebagai Chef/Cook, Cek Kualifikasinya Disini

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Ilustrasi - Lowongan Kerja di Sukabumi Sebagai Chef/Cook, Cek Kualifikasinya Disini. (Sumber : Freepik.com/@wirestock)
Keuangan15 Mei 2024, 14:57 WIB

BPJS Ketenagakerjaan Sukabumi Sosialisasikan Perlindungan Sosial Ke Organisasi Pekerja

BPJS Ketenagakerjaan Cabang Sukabumi menggelar sosialisasi perlindungan sosial kepada para buruh yang tergabung dalam Organisasi Pekerja Seluruh Indonesia (OPSI) Sekretariat Daerah Sukabumi Raya.
BPJS Ketenagakerjaan Cabang Sukabumi saat sosialisasi perlindungan sosial kepada para buruh yang tergabung dalam Organisasi Pekerja Seluruh Indonesia (OPSI) Sekretariat Daerah Sukabumi Raya | Foto : Dok. BPJS Ketenagakerjaan