Lowongan Kerja di BUMN: Jobseeker Wajib Tahu, Beda CV Kreatif dan CV ATS Friendly

Jumat 02 Desember 2022, 19:05 WIB
Ilustrasi freepik: contoh Curriculum Vitae atau Daftar Riwayat Hidup

Ilustrasi freepik: contoh Curriculum Vitae atau Daftar Riwayat Hidup

SUKABUMIUPDATE.com - Curriculum Vitae atau Daftar Riwayat Hidup tak pernah absen menjadi syarat lamaran kerja, termasuk Rekrutmen Bersama BUMN Batch 2 yang resmi dibuka pada Kamis, 1 Desember 2022 lalu.

Jobseeker terkadang kebingungan CV jenis apa yang dibutuhkan oleh para perusahaan guna bersaing dengan kandidat lain dalam tahap seleksi berkas administrasi.

Saat ini, ada dua jenis Curriculum Vitae yang marak digunakan yakni CV Kreatif dan CV Applicant Tracking System atau CV ATS Friendly.

Lantas apa perbedaan antara CV Kreatif dan CV ATS Friendly?

Melansir dari cxomedia.id, ada 3 Perbedaan Antara CV Kreatif dan CV ATS Friendly!

1. Template dan Desain Curriculum Vitae (CV)

Penggunaan Template dan Desain Curriculum Vitae (CV) kreatif cenderung bebas. Artinya CV Maker atau jobseeker yang membuat CV bebas warna, gambar hingga tata letak tulisan yang digunakan.

Sesuai namanya, CV Kreatif. Kreativitas dituntut dalam pembuatan CV jenis ini, sehingga semakin menarik desainnya, semakin besar peluang CV tersebut dilirik oleh recruiter atau HRD.

Sementara untuk CV ATS Friendly, desain biasanya lebih sederhana dengan warna dasar hitam putih serta dibuat tanpa grafis atau gambar.

Hal ini dikarenakan CV ATS Friendly bertujuan hanya menunjukkan ragam kualitas diri untuk menarik perekrut.

2. Jenis Font Curriculum Vitae (CV)

CV kreatif selalu mengedepankan unsur kreativitas, sehingga jobseeker bebas memilih font yang paling sesuai dengan jenis desain. Berbeda dengan CV ATS, jenis-jenis font justru harus yang mudah terbaca oleh sistem komputer. Rekomendasi Font untuk CV ATS Friendly diantaranya Arial, Times New Roman, dan Helvetica.

Baca Juga: Loker di 30 BUMN, Rekrutmen Bersama Batch 2 Dibuka! Syarat, Seleksi dan Pendaftaran

3. Penggunaan Keywords dalam Curriculum Vitae (CV)

Relevansi penggunaan keywords dengan posisi yang dilamar tentunya sama-sama penting baik dalam CV kreatif maupun CV ATS Friendly.

Akan tetapi, karena CV ATS Friendly menggunakan sistem komputer untuk membaca informasi, maka penggunaan keywords cenderung lebih diutamakan.

Sehingga sebaiknya pada CV ATS Friendly gunakanlah kata kunci sebanyak mungkin sesuai dengan persyaratan dan kualifikasi yang dicari oleh perusahaan.

Contohnya posisi yang dilamar adalah Staff Administrasi maka usahakan cantumkan kata yang berkaitan dengan kualifikasi Staff Administrasi, seperti kemampuan manajemen, skill software tertentu dan hal lain yang dicantumkan dalam persyaratan perusahaan.

Lantas, Kapan Waktu Terbaik untuk Menggunakan CV kreatif dan CV ATS Friendly?

Jawabannya adalah penggunaan CV kreatif dan CV ATS Friendly wajib disesuaikan dengan jenis perusahaan yang dilamar oleh Jobseeker.

Jika jobseeker melamar melalui website perusahaan dan job portal (contoh: LinkedIn) maka jenis CV yang direkomendasikan adalah CV Applicant Tracking System atau CV ATS Friendly.

Kemudian perusahaan besar lain seperti Perusahaan BUMN, korporasi multinasional, atau instansi pemerintahan lain juga sebaiknya menggunakan CV ATS Friendly.

**INFO: Rekrutmen Bersama BUMN Batch 2 direkomendasikan menggunakan CV ATS Friendly.

Sementara itu, CV Kreatif menjadi alternatif ketika jobseeker mengirim lamaran langsung kepada recruiter seperti dikirim berkas fisik atau Walk In Interview.
CV Kreatif sangat direkomendasikan terutama saat jobseeker melamar untuk posisi yang berkaitan dengan bidang kreatif seperti Digital Marketing, Creative Officer dan Video Editor.

Sumber : cxomedia.id

Writer: Nida Salma M

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Nasional27 Februari 2024, 21:49 WIB

Makan Siang Gratis Dijatah Rp15 Ribu per Anak, Menkes Berkelakar: Kenyang Gak?

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin berkelakar saat ditanya terkait kadar gizi program makan siang gratis dengan jatah Rp15 Ribu per anak.
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin buka suara terkait program makan siang gratis Prabowo-Gibran yang dibahas dalam Sidang Kabinet Jokowi. (Sumber Foto: Kementerian Kesehatan.)
Sukabumi Memilih27 Februari 2024, 21:18 WIB

Petahana Bertumbangan, Inilah 7 Caleg Diprediksi Lolos DPRD di Dapil 1 Sukabumi

Rapat pleno rekapitulasi perolehan suara calon anggota DPRD Kabupaten Sukabumi daerah pemilihan (Dapil) 1 tingkat kecamatan selesai dilaksanakan. Tujuh orang diprediksi melenggang menjadi anggota DPRD
Caleg DPRD dengan suara terbanyak di Dapil I Kabupaten Sukabumi | Foto : Sukabumi Update
Life27 Februari 2024, 21:00 WIB

Cake Resume Quiz Sedang Viral, Ini 7 Manfaat Manfaat Bermain Quiz

Berikut ini beberapa manfaat bermain quiz seperti Cake Resume Quiz atau What Cake R U
Ilustrasi - Berikut ini beberapa manfaat bermain quiz seperti Cake Resume Quiz atau What Cake R U (Sumber : ooopenlab.cc)
Sukabumi Memilih27 Februari 2024, 20:40 WIB

Digelar di Jajaway, Ini Jadwal Pleno Rekapitulasi Suara Tingkat Kabupaten Sukabumi

KPU Kabupaten Sukabumi akan mengadakan rapat pleno rekapitulasi suara Pemilu 2024 tingkat Kabupaten dengan target penyelesaian dalam waktu 4 hari.
Kantor KPU Kabupaten sukabumi | Foto Sy
Film27 Februari 2024, 20:10 WIB

5 Fakta Menarik Ruy Iskandar, Aktor dari Indonesia di Avatar The Last Airbender

Berikut fakta-fakta menarik dari Ruy Iskandar, aktor Indonesia yang menarik perhatian karena berperan menjadi Letnan Zee di Avatar The Last Airbender.
Ruy Iskandar (tengah) berfoto dengan Paul Sun Hyun Lee dan Dallas Liu ketika Syuting Avatar The Last Airbender. Sumber Foto: Instagram/@ruyiskandar
Aplikasi27 Februari 2024, 20:00 WIB

Link Download Gambar Ramadan 2024, Desain Baru dan Menarik

Berikut ini kumpulan link download Ramadan 2024 yang bisa digunakan secara gratis
Link Download Gambar Ramadan 2024, Desain Baru dan Menarik (Sumber : Freepik/pikisuperstar)
Sukabumi27 Februari 2024, 19:48 WIB

Dinkes Sukabumi: Total Siswa Korban Keracunan Capai 35 Orang, 3 Dirujuk ke RS

Dinkes Kabupaten Sukabumi mengirimkan sampel jajanan penyebab keracunan massal siswa SD untuk diuji di Labkesda Jabar.
Penyidik dari Polres Sukabumi Kota saat mengamankan sampel jajanan yang menyebabkan puluhan Siswa SD Sukabumi keracunan. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi Memilih27 Februari 2024, 19:42 WIB

Kantongi 91 Ribu Suara, Hergun Optimis Kembali Melenggang ke Senayan

Caleg petahana DPR RI dari Partai Gerindra Heri Gunawan kembali mengukir prestasi gemilang dengan meraih suara terbanyak di Dapil Jawa Barat IV, melingkupi Kabupaten dan Kota Sukabumi.
Heri Gunawan, Caleg petahana DPR RI dari Partai Gerindra di Dapil Jabar IV (Kokab Sukabumi) | Foto : Sukabumi Update
Kecantikan27 Februari 2024, 19:00 WIB

Hindari Kebotakan! 7 Cara Perawatan Rambut Rontok dengan Bahan Alami

Berikut ini cara merawat rambut rontok dengan menggunakan bahan-bahan alami
Ilustrasi - Berikut ini cara merawat rambut rontok dengan menggunakan bahan-bahan alami (Sumber : Freepik.com/@stockking)
Sukabumi Memilih27 Februari 2024, 18:52 WIB

10 PPK di Kota Sukabumi Diperiksa Bawaslu, Dugaan Pemindahan Suara Caleg PDIP

10 Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) terlapor dihadirkan di tengah persidangan kasus dugaan pemindahan suara Pileg 2024 DPRD Kota Sukabumi
Proses Persidangan dugaan pemindahan suara yang digelar di Kantor Bawaslu Kota Sukabumi pada Selasa (27/2/2024). (Sumber : SU/Asep Awaludin)