7 Ide Usaha Menguntungkan yang Selalu Ramai Jelang Hari Kemerdekaan

Sabtu 06 Agustus 2022, 22:15 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Momen Hari Kemerdekaan Republik Indonesia banyak dimanfaatkan oleh pelaku usaha untuk menarik pelanggan sehingga menghasilkan lebih banyak penjualan dan keuntungan.

Antusiasme masyarakat pada perayaan 17 Agustus memang menjadi salah satu hal yang paling ditunggu sebab akan ada berbagai rangkaian kegiatan yang dilaksanakan, mulai dari upacara bendera, perlombaan, bazaar, sampai konser musik di berbagai wilayah. 

Momentum ini bisa menjadi peluang menarik karena banyak orang akan mencari berbagai pernak-pernik atau jasa yang bertemakan kemerdekaan.

Lantas, ide bisnis 17 Agustus apa saja yang menguntungkan? Berikut beberapa ide yang bisa dijadikan inspirasi seperti dikutip dari Tempo.co.

Baca Juga :

photo(Ilustrasi) perayaan hari kemerdekaan - (Antara)</span

1. Layanan sewa kostum adat dan jasa tata rias

Salah satu cara memaknai kemerdekaan dengan membuat pawai menggunakan pakaian daerah atau kostum profesi, mulai dari tingkat RT/RW, sekolah, universitas, perusahaan, hingga instansi.

Tujuannya untuk memperkenalkan pakaian adat, memahami keberagaman, menunjukkan keindahan budaya, dan menjaga kelestarian budaya. Sehubungan dengan itu, sewa kostum profesi dan baju tradisional menjadi pilihan usaha menjelang Hari Kemerdekaan yang cukup laris.

Sediakan berbagai model, ukuran, dan jenis baju, terutama baju adat dan profesi untuk anak-anak karena pawai baju adat paling sering diselenggarakan di tingkat TK dan SD. Sambil menyewakan baju, yang memiliki keahlian merias bisa memanfaatkan sebagai peluang mencari uang tambahan. 

2. Jasa fotografi dan videografi 

Selain berupa barang, Anda juga bisa mengembangkan ide bisnis Hari Kemerdekaan berupa jasa seperti fotografi. Di momen seperti itu, tentunya banyak hal-hal yang ingin didokumentasikan, seperti upacara bendera, perlombaan warga, atau acara kemerdekaan di berbagai skala.

Untuk mendapatkan peluang ini, Anda bisa mengiklankan diri untuk menyewakan jasa fotografi ataupun videografi di media sosial. Adapun, target pasar yang biasa menyewa fotografter di suatu acara adalah instansi swasta, lembaga pemerintahan lingkungan masyarakat, atau bahkan organisasi.

Fotografer ataupun videografer juga bisa dengan sukarela mengambil gambar momen kemerdekaan untuk menjualnya ke situs stok foto dan video di internet untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Baca Juga :

3. Jual bendera dan pernak pernik kemerdekaan 

Menyambut Hari Kemerdekaan, biasanya setiap rumah maupun gedung akan memasang bendera merah putih. Artinya, atribut ini sangat dibutuhkan sehingga kebutuhan akan bendera pun meningkat. Pada momen ini, Anda bisa menjual bendera kain dengan berbagai ukuran.

Tak hanya itu, berbagai macam dekorasi yang bertemakan merah putih pasti akan laku di Agustus karena masyarakat membutuhkannya untuk menghias jalanan, lapangan, hingga ruangan di kantor, sekolah, dan lainnya.

Anda bisa berbisnis bendera plastik dan bendera kain berbagai macam ukuran, umbul-umbul merah putih, balon, bendera hiasan warna-warni, lampion, hiasan pita merah putih, hiasan dinding bertema Pancasila, pigura Pancasila, pahlawan, atau tokoh negara. 

4. Merchandise bertemakan Indonesia 

Salah satu ide bisnis di Hari Kemerdekaan yang bisa dicoba yaitu merchandise bertemakan Indonesia. Berbagai produk bisa dijadikan merchandise, mulai dari kaus, jaket, topi, tas belanja, payung, jam dinding, hingga masker.

Anda bisa menyediakan produk-produk bertema Indonesia tersebut dengan desain umum dan sentuhan yang lebih modern tanpa mengurangi nilai-nilai kebangsaan sehingga bisa tetap cocok digunakan kapan saja. 

5. Jasa desain dan percetakan 

Bagi yang menjalankan bisnis jasa percetakan sekaligus desain, bisa dipastikan keuntungan akan berlipat sepanjang Agustus ini karena menjelang Hari Kemerdekaan, jasa percetakan dan desain akan mendapatkan banyak sekali pesanan untuk plakat, piagam, spanduk, dan umbul-umbul dari berbagai instansi swasta maupun pemerintah. 

6. Pengrajin piala dan medali 

Menjelang perayaan HUT RI, akan ada berbagai perlombaan, baik yang diadakan oleh kelompok karang taruna maupun instansi seperti sekolah dan perusahaan, mulai dari lomba yang berhubungan dengan olahraga, peragaan busana, atau perlombaan aneka permainan tradisional seperti panjat pinang, tarik tambang, balap karung, dan sebagainya.

Sejalan dengan tradisi tersebut, permintaan piala dan medali sebagai hadiah bagi pemenang ikut meningkat. Biasanya, pemesanan dilakukan dalam jumlah yang cukup banyak.

Karena itu, Anda perlu memperhatikan ketepatan waktu dan juga kualitas produk. Desain piala atau trofi sendiri bisa dibuat atau mengikuti permintaan pelanggan. Untuk materialnya, piala atau trofi dapat dibuat dari bahan logam, akrilik, resin, fiber, hingga kayu. 

7. Kuliner 

Di hari kemerdekaan, mayoritas masyarakat akan merayakannya dengan berbagai kegiatan, seperti upacara bendera, lomba panjat pinang, acara konser musik, dan sebagainya.

Apalagi, setelah mengikuti perlombaan biasanya peserta atau panitia merasa dahaga dan lapar sehingga dengan adanya orang berkumpul, Anda bisa memanfaatkan momen ini untuk mendulang untung dengan berjualan makanan atau minuman ringan di sekitar lokasi keramaian.

Agar lebih menarik, Anda bisa mencoba menyajikan menu khas kemerdekaan. Misalnya, es merah putih dan jajanan tradisional khas Nusantara.

SUMBER: TEMPO.CO

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Food & Travel14 Juni 2024, 06:00 WIB

5 Resep Menu Makan Pagi Ramah Kolesterol, Sarapan Sehat dan Simpel di Rumah!

Penderita kolesterol sebaiknya memilih makanan yang tinggi serat seperti oats, buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian untuk membantu mengurangi kolesterol.
Ilustrasi. Ilustrasi. Resep Menu Makan Pagi Ramah Kolesterol, Sarapan Sehat dan Simpel di Rumah! (Sumber : Pexels/RFStudio)
Science14 Juni 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 14 Juni 2024, Sukabumi Siang Hingga Malam Berpotensi Hujan

Prakiraan cuaca Sukabumi hari ini dan sekitarnya pada 14 Juni 2024, berpotensi mengalami hujan pada siang hari hingga dini hari.
Ilustrasi - Prakiraan cuaca Sukabumi hari ini dan sekitarnya pada 14 Juni 2024, berpotensi mengalami hujan pada siang hari hingga dini hari. (Sumber : Freepik)
Jawa Barat13 Juni 2024, 23:30 WIB

Terima 150 Aduan, Ombudsman Ungkap Potensi Kecurangan di PPDB Jabar 2024 Tahap 1

Ombudmsan menerima 150 aduan dari masyarakat tentang PPDB Jabar 2024 tahap 1 tingkat SMA/SMK. Ditemukan adanya potensi kecurangan.
Ilustrasi. Penerimaan Peserta Didik Baru atau PPDB Jabar 2024. (Sumber : Istimewa)
DPRD Kab. Sukabumi13 Juni 2024, 21:55 WIB

Harapan DPRD untuk Kades di Sukabumi yang Masa Jabatannya Diperpanjang Dua Tahun

Paoji menekankan bahwa perpanjangan masa jabatan ini harus dimanfaatkan sebaik mungkin oleh para kades untuk meningkatkan kinerja.
Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Sukabumi, Paoji Nurjaman. (Sumber : Dok. SU)
Sukabumi13 Juni 2024, 21:31 WIB

Sungai Cipangasahan Dangkal dan Sempit, Puluhan Jiwa Terancam Banjir di Cibadak Sukabumi

5 unit rumah warga yang dihuni 5 KK 30 jiwa di Cibadak Sukabumi terdampak banjir akibat luapan Sungai Cipangasahan pada Rabu 12 Juni 2024.
Aliran anak Sungai Cipangasahan yang menyempit dan alami pendangkalan mengakibatkan bencana banjir di Desa Sukasirna, Cibadak Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi13 Juni 2024, 21:28 WIB

SPI Sukabumi Soal Penyerahan 31 Hektar Tanah HGU Suka Karet: Pelepasan atau Plasma?

Serikat Petani Indonesia (SPI) Sukabumi menyikapi penyerahan tanah HGU PT. Perkebunan Karet Suka Karet seluas 31 Hektar di Desa Bantarkalong Kecamatan Warungkiara.
Rozak Daud, Ketua SPI Sukabumi. | Foto: Sukabumi Update
Sehat13 Juni 2024, 21:00 WIB

9 Pengobatan Alami untuk Mengatasi Asam Lambung, Dijamin Efektif!

Dengan mengikuti panduan ini dan memilih metode yang paling sesuai untuk Anda, gejala asam lambung dapat dikelola secara efektif dan alami.
Ilustrasi - Dengan mengikuti panduan ini dan memilih metode yang paling sesuai untuk Anda, gejala asam lambung dapat dikelola secara efektif dan alami.(Sumber : Freepik.com).
Sukabumi13 Juni 2024, 20:29 WIB

Tingkatkan Pengairan, UPTD Pertanian Cicurug Perbaiki 6 Saluran Irigasi di Sukabumi Utara

Kepala UPTD Pertanian Wilayah III Cicurug, Hasari menyatakan bahwa saat ini para petani membutuhkan pengairan yang baik. Oleh karenanya monitoring dan perbaikan irigasi menjadi prioritas saat ini.
Hasari, Kepala UPTD Pertanian Wilayah III Cicurug di kantor UPTD, Kamis (13/6/2024) | Foto : Ibnu Sanubari
Aplikasi13 Juni 2024, 20:08 WIB

Di Sukabumi, Menteri Teten Ungkap Potensi Ancaman Aplikasi Temu asal Cina Bagi UMKM

Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki bicara ancaman kehadiran aplikasi Temu yang berpotensi mengganggu pasar produk dalam negeri dan UMKM.
Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki saat ditemui di Kota Sukabumi pada Kamis (13/6/2024). (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Sehat13 Juni 2024, 20:00 WIB

4 Langkah Penting yang Harus Anda Lakukan Setelah Didiagnosis Pradiabetes

Didiagnosis pradiebetes bukanlah alkhir dari segalanya dan Anda pun dapat hidup sehat dan senang di masa depan.
Ilustrasi - Didiagnosis pradiebetes bukanlah alkhir dari segalanya dan Anda pun dapat hidup sehat dan senang di masa depan. (Sumber : Freepik.com).