7 Ide Usaha Menguntungkan yang Selalu Ramai Jelang Hari Kemerdekaan

Sabtu 06 Agustus 2022, 22:15 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Momen Hari Kemerdekaan Republik Indonesia banyak dimanfaatkan oleh pelaku usaha untuk menarik pelanggan sehingga menghasilkan lebih banyak penjualan dan keuntungan.

Antusiasme masyarakat pada perayaan 17 Agustus memang menjadi salah satu hal yang paling ditunggu sebab akan ada berbagai rangkaian kegiatan yang dilaksanakan, mulai dari upacara bendera, perlombaan, bazaar, sampai konser musik di berbagai wilayah. 

Momentum ini bisa menjadi peluang menarik karena banyak orang akan mencari berbagai pernak-pernik atau jasa yang bertemakan kemerdekaan.

Lantas, ide bisnis 17 Agustus apa saja yang menguntungkan? Berikut beberapa ide yang bisa dijadikan inspirasi seperti dikutip dari Tempo.co.

Baca Juga :

photo(Ilustrasi) perayaan hari kemerdekaan - (Antara)</span

1. Layanan sewa kostum adat dan jasa tata rias

Salah satu cara memaknai kemerdekaan dengan membuat pawai menggunakan pakaian daerah atau kostum profesi, mulai dari tingkat RT/RW, sekolah, universitas, perusahaan, hingga instansi.

Tujuannya untuk memperkenalkan pakaian adat, memahami keberagaman, menunjukkan keindahan budaya, dan menjaga kelestarian budaya. Sehubungan dengan itu, sewa kostum profesi dan baju tradisional menjadi pilihan usaha menjelang Hari Kemerdekaan yang cukup laris.

Sediakan berbagai model, ukuran, dan jenis baju, terutama baju adat dan profesi untuk anak-anak karena pawai baju adat paling sering diselenggarakan di tingkat TK dan SD. Sambil menyewakan baju, yang memiliki keahlian merias bisa memanfaatkan sebagai peluang mencari uang tambahan. 

2. Jasa fotografi dan videografi 

Selain berupa barang, Anda juga bisa mengembangkan ide bisnis Hari Kemerdekaan berupa jasa seperti fotografi. Di momen seperti itu, tentunya banyak hal-hal yang ingin didokumentasikan, seperti upacara bendera, perlombaan warga, atau acara kemerdekaan di berbagai skala.

Untuk mendapatkan peluang ini, Anda bisa mengiklankan diri untuk menyewakan jasa fotografi ataupun videografi di media sosial. Adapun, target pasar yang biasa menyewa fotografter di suatu acara adalah instansi swasta, lembaga pemerintahan lingkungan masyarakat, atau bahkan organisasi.

Fotografer ataupun videografer juga bisa dengan sukarela mengambil gambar momen kemerdekaan untuk menjualnya ke situs stok foto dan video di internet untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Baca Juga :

3. Jual bendera dan pernak pernik kemerdekaan 

Menyambut Hari Kemerdekaan, biasanya setiap rumah maupun gedung akan memasang bendera merah putih. Artinya, atribut ini sangat dibutuhkan sehingga kebutuhan akan bendera pun meningkat. Pada momen ini, Anda bisa menjual bendera kain dengan berbagai ukuran.

Tak hanya itu, berbagai macam dekorasi yang bertemakan merah putih pasti akan laku di Agustus karena masyarakat membutuhkannya untuk menghias jalanan, lapangan, hingga ruangan di kantor, sekolah, dan lainnya.

Anda bisa berbisnis bendera plastik dan bendera kain berbagai macam ukuran, umbul-umbul merah putih, balon, bendera hiasan warna-warni, lampion, hiasan pita merah putih, hiasan dinding bertema Pancasila, pigura Pancasila, pahlawan, atau tokoh negara. 

4. Merchandise bertemakan Indonesia 

Salah satu ide bisnis di Hari Kemerdekaan yang bisa dicoba yaitu merchandise bertemakan Indonesia. Berbagai produk bisa dijadikan merchandise, mulai dari kaus, jaket, topi, tas belanja, payung, jam dinding, hingga masker.

Anda bisa menyediakan produk-produk bertema Indonesia tersebut dengan desain umum dan sentuhan yang lebih modern tanpa mengurangi nilai-nilai kebangsaan sehingga bisa tetap cocok digunakan kapan saja. 

5. Jasa desain dan percetakan 

Bagi yang menjalankan bisnis jasa percetakan sekaligus desain, bisa dipastikan keuntungan akan berlipat sepanjang Agustus ini karena menjelang Hari Kemerdekaan, jasa percetakan dan desain akan mendapatkan banyak sekali pesanan untuk plakat, piagam, spanduk, dan umbul-umbul dari berbagai instansi swasta maupun pemerintah. 

6. Pengrajin piala dan medali 

Menjelang perayaan HUT RI, akan ada berbagai perlombaan, baik yang diadakan oleh kelompok karang taruna maupun instansi seperti sekolah dan perusahaan, mulai dari lomba yang berhubungan dengan olahraga, peragaan busana, atau perlombaan aneka permainan tradisional seperti panjat pinang, tarik tambang, balap karung, dan sebagainya.

Sejalan dengan tradisi tersebut, permintaan piala dan medali sebagai hadiah bagi pemenang ikut meningkat. Biasanya, pemesanan dilakukan dalam jumlah yang cukup banyak.

Karena itu, Anda perlu memperhatikan ketepatan waktu dan juga kualitas produk. Desain piala atau trofi sendiri bisa dibuat atau mengikuti permintaan pelanggan. Untuk materialnya, piala atau trofi dapat dibuat dari bahan logam, akrilik, resin, fiber, hingga kayu. 

7. Kuliner 

Di hari kemerdekaan, mayoritas masyarakat akan merayakannya dengan berbagai kegiatan, seperti upacara bendera, lomba panjat pinang, acara konser musik, dan sebagainya.

Apalagi, setelah mengikuti perlombaan biasanya peserta atau panitia merasa dahaga dan lapar sehingga dengan adanya orang berkumpul, Anda bisa memanfaatkan momen ini untuk mendulang untung dengan berjualan makanan atau minuman ringan di sekitar lokasi keramaian.

Agar lebih menarik, Anda bisa mencoba menyajikan menu khas kemerdekaan. Misalnya, es merah putih dan jajanan tradisional khas Nusantara.

SUMBER: TEMPO.CO

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Sukabumi24 April 2024, 20:30 WIB

Bupati Sukabumi Antarkan 150 Penerima Beasiswa Bupati Tahun 2024 ke Universitas Nusa Putra

Sebanyak 150 penerima beasiswa Bupati Sukabumi tahun 2024 di Universitas Nusa Putra tersebut merupakan hasil seleksi dari ribuan peserta.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami, Civitas Akademika Universitas Nusa Putra dan 150 penerima beasiswa tahun 2024. (Sumber : Istimewa)
Sehat24 April 2024, 20:30 WIB

7 Cara Sehat dengan Perubahan Gaya Hidup untuk Menurunkan Gula Darah

Perubahan gaya hidup sederhana ini untuk meminimalkan perubahan gula darah dan mengontrol kadar gula Anda.
Ilustrasi - Perubahan gaya hidup sederhana ini untuk meminimalkan perubahan gula darah dan mengontrol kadar gula Anda. (Sumber : Freepik/freepik)
Sukabumi Memilih24 April 2024, 20:25 WIB

4 Bakal Calon Bupati Sukabumi Resmi Mendaftar ke PKB

Ketua Desk Pilkada DPC PKB Kabupaten Sukabumi, Bayu Permana mengatakan selama proses penjaringan sejak dibuka hingga saat ini sudah ada 4 kandidat yang mendaftar untuk maju Pilkada Sukabumi melalui PKB.
Ketua Desk Pilkada PKB Bayu Permana saat menerima penyerahan berkas pendaftaran dari salah satu kandidat | Foto : Ist
Sehat24 April 2024, 20:22 WIB

2 Penyebab Sakit Punggung Pada Ibu Hamil, Simak Juga Cara Diagnosisnya Berikut Ini

Nyeri punggung bawah dan nyeri panggul adalah masalah paling umum yang terjadi selama kehamilan. jika Anda sedang hamil dan mengalami gejala-gejala ini, Anda tidak sendirian.
Ilustrasi penyebab sakit punggung ibu hamil. (Sumber : pexels.com/@Helena Lopes)
Arena24 April 2024, 20:17 WIB

10 Atlet Madrasah di Surade Terpilih Wakili Sukabumi ke Popwilda Jabar 2024

Sepuluh pelajar MAN 3 Sukabumi terpilih menjadi atlet yang mewakili Kabupaten Sukabumi pada Popwilda Jabar 2024. Berikut daftar namanya
Atlet bola voli putri MAN 3 Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sehat24 April 2024, 20:00 WIB

Usir Rasa Sakitnya Jauh-Jauh! 5 Rahasia Sederhana untuk Mencegah Asam Urat Kambuh Lagi

Mengantisipasi asam urat yang sering kambuh, Anda bisa mencoba tips sehat untuk mengurangi frekuensi serangannya.
Ilustrasi minum air putih - Mengantisipasi asam urat yang sering kambuh, Anda bisa mencoba tips sehat untuk mengurangi frekuensi serangannya. | (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi24 April 2024, 19:32 WIB

Pria Paruh Baya Ditemukan Tewas Tergantung di Kontrakan Bojonggenteng Sukabumi

Berikut kronologi pria paruh baya ditemukan tewas tergantung di kontrakan yang berada di Bojonggenteng Sukabumi.
Ilustrasi gantung diri. Pria paruh baya di Bojonggenteng Sukabumi ditemukan tewas tergantung di kontrakan. (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi Memilih24 April 2024, 19:21 WIB

Diantar Apdesi Jabar, Kades Deden Lengkapi Berkas Maju Pilkada Sukabumi di Demokrat

Ketua Apdesi Kabupaten Sukabumi Deden Deni Wahyudin di antar sejumlah fungsionaris Apdesi menyerahkan kelengkapan berkas pendaftaran bakal calon untuk maju di Pilkada Sukabumi 20
Deden Deni Wahyudin saat menyerahkan berkas pendaftaran bcalon kepada daerah ke DPC Partai Demokrat | Foto : Ilyas Supendi
Motor24 April 2024, 19:00 WIB

Ciri-ciri V Belt Motor Matic Harus Segera Diganti, Pengendara Harus Tahu Nih!

Menunda penggantian V-Belt yang rusak dapat berakibat fatal, seperti V-Belt putus di jalan yang dapat menyebabkan kecelakaan.
Ilustrasi - Menunda penggantian V-Belt yang rusak dapat  berakibat fatal,  seperti V-Belt putus di jalan yang  dapat  menyebabkan kecelakaan. (Sumber : wahanahonda.com)
Sehat24 April 2024, 18:35 WIB

5 Cara Berikut Dapat Meredakan Sakit Punggung saat Hamil, Salah Satunya Olahraga dan Terapi Fisik

Sakit punggung sering dikeluhkan oleh ibu hamil karena beberapa penyebab, namun ada cara yang dapat meredakan sakitnya.
Ilustrasi meredakan sakit punggung saat hamil. (Sumber : Freepik)