4 Wisatawan Asal Cianjur Nyaris Tewas Terseret Ombak Pantai Karang Hawu Sukabumi

Minggu 03 Maret 2024, 19:00 WIB
4 wisatawan berhasil diselamatkan tim Balawista usai terseret ombak di pantai Karang Hawu Sukabumi | Foto : Ist

4 wisatawan berhasil diselamatkan tim Balawista usai terseret ombak di pantai Karang Hawu Sukabumi | Foto : Ist

SUKABUMIUPDATE.com - Empat orang wisatawan asal Kecamatan Gekbrong Kabupaten Cianjur hampir tewas usai terseret ombak besar di Pantai Kebon Kelapa Karang Hawu, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi. Empat korban tersebut berhasil diselamatkan oleh petugas Badan Penyelamat Wisata Tirta (Balawista).

Dari informasi yang dihimpun, peristiwa terjadi pada Minggu (3/3/2023) sekira pukul 08.30 WIB. Adapun nama keempat wisatawan tersebut adalah Rizky (14 tahun), Alvin (14 tahun), Alif (14 tahun) dan Davin (13 tahun).

"Tadi pagi sekitar pukul 08.30 WIB, telah terjadi laka laut dimana terdapat empat wisatawan yang sedang berenang pantai kebon kalapa karang hawu, tiba-tiba datang ombak besar dan keempat korban tersebut langsung terseret arus ke tengah," ujar Kasat Pol Airud Polres Sukabumi AKP Tenda Sukendar.

Tenda menjelaskan, para petugas Balawista yang berada di sekitar pantai tersebut langsung melakukan pertolongan kepada empat korban tersebut dan berhasil diselamatkan.

Baca Juga: Sambut Ramadhan, Puluhan Anak Yatim Papajar ke Obyek Wisata di Kota Sukabumi

Sementara itu, Ketua Korwil Wilayah Barat, Balawista Kabupaten Sukabumi, Sandi Rentana, mengatakan bahwa saat itu para korban berenang dan mandi di titik arus.

Kata Sandi, para korban itu sempat di imbau agar tidak berenang di titik tersebut, namun tidak didengar.

"Mereka (korban) ini mandi di titik arus, sudah beberapa kali di imbau dan geser oleh petugas kami, tapi bandel ngeyel, sudah diperingati, jangan mandi di titik arus. Tidak lama kemudian datang gelombang besar, selain dia mandi di gelombangnya besar itu makanya hanyutnya ke tengah cepat sekali," ujar Sandi.

Setelah itu, Sandi menjelaskan, dari keempat korban tersebut dihantam bertubi tubi ombak besar sehingga para petugas kesulitan menyelamatkan para korban.

"Lalu datang gelombang bertubi tubi sampai empat kali yang besarnya, di gelombang yang ke empat baru dia kelihatan muncul ke permukaan air, hampir-hampir yang satu tidak kelihatan, saya menyangka bahwa yang tadi itu sudah tidak tertolong oleh anak-anak (tim) kami," terangnya.

Baca Juga: Perjuangan Janda Besarkan Anak Kembar Idap Disabilitas di Waluran Sukabumi

"Alhamdulillah dengan kegigihan anggota kami, akhirnya keempatnya bisa terselamatkan, lalu setelah hampir ke darat teman-temannya bergandengan tangan, tentunya tujuannya untuk menyambut korban dari tengah," sambungnya.

Setelah korban di selamatkan oleh para petugas, Sandi mengatakan, korban langsung dilarikan ke Puskesmas Cisolok.

"Setelah sampai di darat dilakukan pertolongan pertama, dikasih nafas buatan, dipompa jantung, kemudian dibawa ke Puskesmas Cisolok, yang satunya ini tidak sanggup, lalu kami rujuk ke RSUD Palabuhanratu, alhamdulillah korban sudah pulang ke alamatnya masing masing," tandasnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Life16 April 2024, 21:46 WIB

Tingkatkan Kualitas Tidur, Ini 8 Cara yang Harus Kamu Lakukan

Tidur adalah kegiatan yang alami dan penting bagi kesehatan manusia. Ini adalah periode istirahat yang diperlukan oleh tubuh untuk memperbaiki dan memulihkan diri setelah beraktivitas sepanjang hari.
Ilustrasi tidur. (Sumber : Pixabay)
Sukabumi16 April 2024, 21:36 WIB

Saber Pungli Gelar Kordinasi Pencegahan Praktik Pungli di Sukabumi

Pungutan liar (Pungli) masih menjadi masalah serius di beberapa wilayah di Kabupaten Sukabumi.
Unit Pemberantasan Pungutan Liar (UPP) Saber Pungli Kabupaten Sukabumi, sedang melakukan rapat kordinasi | Foto : Ilyas Supendi
Kecantikan16 April 2024, 21:21 WIB

Cara Mudah Agar Kulit Bersinar dengan Alami, Ini yang Harus Dilakukan

Kulit yang bersinar dan sehat adalah impian setiap orang. Namun, dengan banyaknya produk perawatan kulit di pasaran, seringkali kita lupa bahwa alam menyediakan segala yang kita butuhkan untuk merawat kulit kita dengan baik.
Ilustrasi kulit wajah bersinar. (Sumber : Pixabay)
Sukabumi Memilih16 April 2024, 21:20 WIB

Habib Mulki Resmi Daftar di PDI Perjuangan untuk Maju di Pilkada Sukabumi 2024

Habib Mulki resmi mendaftarkan diri ke Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) sebagai Bacalon Bupati / Wakil Bupati pada Pilkada 2024.
Habib Mulki, resmi mendaftar di PDIP untuk maju di Pilkada Sukabumi 2024 | Foto : Ist
Sehat16 April 2024, 21:00 WIB

8 Manfaat Kacang Kedelai Bagi Kesehatan, Salah Satunya Turunkan Kolesterol

Kacang kedelai adalah jenis kacang-kacangan yang berasal dari tanaman kedelai (Glycine max), yang merupakan bagian dari keluarga kacang-kacangan (Fabaceae).
Ilustrasi kacang kedelai. (Sumber : Pixabay)
Sehat16 April 2024, 21:00 WIB

Mengatur Kadar Gula Darah! Alasan Mengapa Anda Harus Tidur Nyenyak di Malam Hari

Alasan tidur nyenyak di malam hari membantu mengatur kadar gula darah dalam tubuh.
Ilustrasi - Alasan tidur nyenyak di malam hari membantu mengatur kadar gula darah dalam tubuh. (Sumber : Freepik.com/@wavebreakmedia_micro).
Sukabumi Memilih16 April 2024, 20:49 WIB

Jadi Pendaftar Ketiga di Demokrat, Zaenul Siap Maju di Pilkada Sukabumi 2024

Mantan Kadis Perizinan Kabupaten Sukabumi, Zaenul, secara resmi mendaftar menjadi peserta dalam konstestasi Pilkada Sukabumi 2024 melalui Partai Demokrat, hari ini, Selasa (16/4/2024).
Zaenul resmi mendaftar sebagai calon bupati/wakil bupati Sukabumi dari Partai Demokrat, Selasa (16/4/2024) | Foto : Ist
Life16 April 2024, 20:31 WIB

9 Cara Agar Betah Saat Merantau, Ini yang Harus Dilakukan

Merantau adalah praktik tradisional di banyak budaya di mana seseorang meninggalkan tempat asalnya untuk tinggal sementara atau secara permanen di tempat yang jauh.
Ilustrasi merantau. (Sumber : pixabay/goesto)
Sehat16 April 2024, 20:30 WIB

Resep Seduhan Daun Alpukat untuk Menurunkan Kadar Gula Darah

Seduhan daun alpukat dipercaya dapat membantu menurunkan kadar gula darah.
Ilustrasi - Seduhan daun alpukat dipercaya dapat membantu menurunkan kadar gula darah. (Sumber : Pixabay.com/@FoodieFactor/Istimewa).
Nasional16 April 2024, 20:14 WIB

Pendeta Gilbert Minta Maaf Usai Singgung Zakat dan Salat Saat Ceramah di Gereja

Viral di media sosial, Khotbah Pendeta Gilbert menyinggung tata cara umat Islam beribadah. Iya menyebut zakat 2,5 persen, dan menirukan adegan salat.
Pendeta Gilbert Lumoindang | Foto : Ist