Mau Liburan ke Palabuhanratu, Geopark Ciletuh dan Ujung Genteng Sukabumi? Ini Rutenya

Kamis 13 Mei 2021, 18:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Bicara tempat wisata di Kabupaten Sukabumi seakan tak ada habisnya karena di setiap kecamatan, ada saja tempat wisata yang bisa dikunjungi. Tapi dari sekian banyak lokasi itu, objek wisata di Geopark Ciletuh, Palabuhanratu dan Ujung Genteng tetap menjadi tujuan favorit bagi wisatawan yang liburan.

Bagi wisatawan luar daerah yang ingin berkunjung ke tiga lokasi itu, berikut ini adalah panduan menuju objek wisata Geopark Ciletuh, Palabuhanratu dan Ujung Genteng.

Pantai Palabuhanratu

Pantai Palabuhanratu bukan nama yang asing lagi bagi masyarakat. Tak hanya saat hari libur saja, setiap hari pantai ini selalu ramai dikunjungi wisatawan. Di Palabuhanratu ini terdapat pantai-pantai yang menawarkan keindahan yang luar biasa diantaranya Karanghawu dan Citepus. Tak hanya pantai saja ternyata, ada juga objek wisata lain seperti Pemandian air panas Cisolok dan Goa Lalay.

Untuk menuju ke Palabuhanratu ada dua jalur pertama lewat Cikidang. Rutenya dari arah Jakarta masuk ke jalan raya Sukabumi-Bogor. Kemudian sebelum memasuki daerah Cibadak ada simpang Cikidang. Patokannya itu Pos TMC Elang Cikidang. Dari sana masuk ke jalan Cikidang, ikuti jalan tersebut karena ujungnya di Palabuhanratu. Melalui jalan Cikidang memang banyak memangkas waktu, namun kendaraan yang bisa melalui jalan ini hanya mobil kecil dan motor saja. Sedangkan bus dilarang masuk jalur Cikidang karena banyak tikungan tajam, tebing dan jurang. 

Selain jalur Cikidang, ada pilihan jalur lain untuk ke Palabuhanratu yaitu jalur Cikembar. Adapun rutenya dari arah Jakarta masuk jalan raya Sukabumi-Bogor kemudian ketika di daerah Cibadak setelah pasar Cibadak masuk ke simpang ratu. Persimpangan ini yang mengarah ke Palabuhanratu. Dari simpang ratu lanjutkan perjalanan ke arah Cikembar, kemudian ke arah Warungkiara, lalu Bantargadung dan perjalanan pun sampai di Palabuhanratu. Untuk jalur Cikembar ini memang waktu tempuh cukup lama dan jauh. Tapi jalur ini aman untuk kendaraan apapun. 

Geopark Ciletuh

Siapa yang tak tahu keindahan Geopark Ciletuh. Objek wisata ini menyajikan panorama alam yang bikin decak kagum, ada pantainya dan sejumlah air terjun yang menyejukan. 

Berniat ke Geopark Ciletuh, ini adalah rute yang bisa dilalui. Bisa masuk melalui jalur Cikidang menuju Palabuhanratu. Jalur ini hanya bisa dilalui kendaraan kecil dan sepeda motor tidak dengan bus atau mobil besar. Jalur lainnya untuk menuju Palabuhanratu adalah lewat Cikembar. Jalur ini lebih aman dari jalur Cikidang karena lebih landai.

Apabila sudah berada di Palabuhanratu, arahkan kendaraan menuju simpang Bagbagan kemudian melanjutkan perjalanan masuk ke Jalan Simpenan. Sampai di simpang Loji terdapat pertigaan. Dari sana Anda akan bisa memilih untuk melalui jalur kanan menuju Geopark Ciletuh.

Dari sana teruskan perjalanan mengikuti jalan. Melalui jalur tersebut, sepanjang perjalanan Anda akan dimanjakan pemandangan sisi pantai yang indah. Tanda bahwa anda sampai di kawasan Geopark Ciletuh adalah Puncak Darma, Kecamatan Ciemas. Setelah tiba di Geopark Ciletuh silahkan Anda menjelajahi kawasan wisata ini sepuasnya.

Pantai Ujung Genteng

Ujung Genteng adalah salah objek wisata di wilayah selatan Kabupaten Sukabumi. Pantai Ujung Genteng ini tepatnya berada di Desa Ujunggenteng, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi. Tak sabar ingin berwisata kesana? ini jalur yang bisa dilalui.

Apabila memulai dari Bogor maka jalan pertama yang dilintasi adalah jalur Sukabumi-Bogor. Saat masuk di daerah Cibadak, arahkan kendaraan menuju Simpang Ratu. Kemudian saat berada di daerah Cikembar belok kiri ke arah Yonif 310 lalu cari jalan masuk ke arah Jampang Tengah. Dari Jampang Tengah perjalanan dilanjutkan ke arah Lengkong, masuk Kiaradua kemudian ke Jampang Kulon dan Surade. Dari Surade lanjutkan perjalanan menuju Ujung Genteng.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sehat29 Maret 2024, 06:00 WIB

6 Buah-buahan yang Sebaiknya Dihindari Penderita Asam Lambung, Yuk Simak Apa Saja!

Berikut ini buah-buahan yang sebaiknya dihindari oleh penderita asam lambung agar tidak menimbulkan masalah kesehatan
Ilustrasi - 6 Buah-buahan yang Sebaiknya Dihindari Penderita Asam Lambung, Yuk Simak Apa Saja! (Sumber : pexels.com/Melike A.)
Science29 Maret 2024, 05:30 WIB

Sedia Payung! Prakiraan Cuaca Jabar 29 Maret 2024 Didominasi Hujan Saat Siang

Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya 29 Maret 2024
Ilustrasi. Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya 29 Maret 2024 (Sumber : Unplash/Gabriel Garcia Marengo)
Sukabumi29 Maret 2024, 04:06 WIB

Buka Jalur Darurat di Dekat Jalan Amblas, Warga Simpenan Sukabumi Patungan Sewa Lahan

Warga Desa Mekarasih Simpenan Sukabumi patungan menyewa lahan agar bisa memakai dan membuka jalan darurat di dekat jalan yang amblas.
Jalan alternatif penghubung Kecamatan Warungkiara dan Kecamatan Simpenan Kabupaten Sukabumi amblas pada Jumat (15/3/2024) (Sumber : SU/Ilyas)
Life29 Maret 2024, 04:00 WIB

9 Manfaat Rutin Bangun Pagi untuk Kesehatan, Bantu Jaga Kondisi Mental

Meskipun tidak semua orang harus bangun pagi untuk merasakan manfaat kesehatan ini. Akan tetapi, bagi banyak orang, bangun pagi secara konsisten dapat menjadi langkah penting dalam menjaga kesehatan dan kesejahteraan mereka secara keseluruhan.
Ilustrasi. Bangun Tidur. Manfaat Rutin Bangun Pagi untuk Kesehatan, Bantu Jaga Kondisi Mental. Sumber: Freepik/freepik
Sukabumi29 Maret 2024, 03:21 WIB

Terekam CCTV, Dua Pria Beraksi Pecah Kaca Mobil Lalu Gondol Tas Sekolah di Brawijaya Sukabumi

Waspada, korban pecah kaca mobil yang terekam CCTV ini mengaku sudah kedua kalinya mengalami kejadian serupa di Brawijaya Sukabumi.
Tangkapan layar video CCTV dua pria beraksi pecah kaca mobil di Jalan Brawijaya Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Food & Travel29 Maret 2024, 03:00 WIB

Resep Kue Nastar Keju 6 Kuning Telur Khas Lebaran Idul Fitri

Yuk Recook Resep Kue Nastar Keju 6 Kuning Telur Khas Lebaran Idul Fitri!
Ilustrasi. Resep Kue Nastar Keju 6 Kuning Telur Khas Lebaran Idul Fitri. Sumber Foto : Instagram/@sukabikinkue
Life29 Maret 2024, 00:57 WIB

Jangan Salah Kaprah, Ini 6 Etika Makan di Depan Calon Mertua Agar Tidak Canggung

Saat makan dengan calon mertua, etika makan yang benar sangat penting untuk diperhatikan dan dapat memengaruhi kesan pertama yang Anda buat pada mereka.
Ilustrasi makan makan bersama calon mertua. (Sumber : Pixabay)
Life29 Maret 2024, 00:51 WIB

6 Cara Ampuh Hilangkan Kecoak di Rumah Dalam Sekejap

Pengendalian kecoak di dalam rumah merupakan salah satu langkah penting dalam menjaga kebersihan dan kesehatan rumah tangga.
Ilustrasi kecoak. (Sumber : Pixabay)
Life28 Maret 2024, 23:54 WIB

7 Skill yang Wajib Dimiliki oleh Mahasiswa, Harus Bisa Beradaptasi

Sebagai seorang mahasiswa, terdapat banyak tuntutan dan tantangan dalam menghadapi dunia akademik dan persiapan untuk karir masa depan.
Ilustrasi mahasiswa. (Sumber : Pixabay)
Produk28 Maret 2024, 23:16 WIB

Pekan Ketiga Ramadan, Beras dan Cabai-cabaian Turun Harga di Pasar Parungkuda Sukabumi

Harga komoditas pangan di Pasar Parungkuda Sukabumi seperti beras dan cabai-cabaian kompak alami penurunan di pekan ketiga ramadan.
Ilustrasi Cabai. (Sumber : SU/Ibnu)