Liburan Melepas Penat ke Sukabumi Aja, Rekomendasi 5 Pantai yang Wajib Dikunjungi

Kamis 09 Mei 2024, 16:00 WIB
Pantai Karang Gantungan - Libur panjang di bulan Mei ini mending dimanfaatkan untuk liburan ke pantai yang ada di Sukabumi. (Sumber : Instagram/@a_pennn).

Pantai Karang Gantungan - Libur panjang di bulan Mei ini mending dimanfaatkan untuk liburan ke pantai yang ada di Sukabumi. (Sumber : Instagram/@a_pennn).

SUKABUMIUPDATE.com - Liburan panjang memberikan kesempatan untuk melepaskan diri dari kesibukan sehari-hari yang penuh dengan stres dan penat. Kamu dapat menjauh dari rutinitas dan menghabiskan waktu untuk bersantai dan melakukan hal-hal yang disukai. 

Hal ini juga dapat membantu meningkatkan kesehatan mental dan fisik kamu. Salah satu pilihan untuk mengisi waktu libur panjang yang seru dan penuh kenangan adalah dengan berwisata ke pantai di Sukabumi.

Keindahan pantai di Sukabumi yang mempesona, dengan pasir putihnya yang halus, air lautnya yang jernih, dan ombaknya yang menenangkan, menawarkan pengalaman yang berbeda dan menyegarkan. 

Baca Juga: Libur Panjang Mei 2024 Telah Tiba, Yuk Kunjungi 7 Tempat Wisata Indah dan Menarik di Sukabumi

Nah, bagi kamu yang belum punya rencana menghabiskan libur panjang ini kemana aja, berikut kami rekomendasikan sejumlah destinasi wisata pantai di Sukabumi dengan panorama yang indah.

Merangkum dari berbagai sumber, inilah 7 wisata pantai di Sukabumi yang cocok untuk mengisi waktu liburanmu.

1. Pantai Karang Gantungan

Pantai Karang Gantungan. | Instagram/@rasitapermataPantai Karang Gantungan. | Instagram/@rasitapermata.

Mirip seperti tanah lot Bali, Pantai Karang Gantungan adalah pantai yang memiliki keindahan berupa karang-karang yang terlihat menggantung di atas air. Letak pantai tersebut berada di Jalan Surade-Ujung Genteng, Desa Pasiripis, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Tempat itu juga sangat cocok untuk spot foto instagramable dengan bentuk pantai yang mirip piramida, atau orang Jampang sendiri menyebutnya bentuk Aseupan. Deburan ombak yang menyentuh karang dan pasir pantai membuat Pantai Karang Gantungan semakin menarik untuk dinikmati.

2. Pantai Ujung Genteng

Pantai Ujung Genteng. | Instagram/@kemanaa.idPantai Ujung Genteng. | Instagram/@kemanaa.id.

Pantai Ujung Genteng yang berlokasi di Desa Ujung Genteng, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat ini, sangat cocok untuk menjadi destinasi wisata untuk mengisi waktu libur.

Jika kamu datang dari Jakarta, waktu tempuh untuk sampai ke pantai Ujung Genteng sekitar 4 jam. Untuk menuju tempat ini kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi seperti motor atau mobil.

Lokasi pantai ini sangat jauh dari keramaian, oleh karenanya pantai Ujung Genteng sangat cocok bagi kamu yang ingin menikmati suasana ketenangan. Meskipun lokasinya terpencil, pantai Ujung Genteng menawarkan panorama indah dengan nuansa pepohonan yang menyejukan.

Untuk masuk ke pantai Ujung Genteng, pengunjung hanya harus mengeluarkan biaya sebesar Rp 10.000 rupiah saja. Lalu jika kamu membawa kendaraan pribadi, biaya parkirnya hanya sebesar Rp 2.000 untuk motor dan Rp 5.000 untuk mobil.

Saat berkunjung ke tempat ini, kamu bisa melakukan berbagai kegiatan seperti surfing, berenang, bermain pasir dan berswafoto yang instagramable.

3. Pantai Cicaladi

Pantai Cicaladi. | Instagram/@biondasinchlairPantai Cicaladi. | Instagram/@biondasinchlair.

Nama pantai ini memang terdengar sedikit asing oleh wisatawan lokal, Pantai Cicaladi sangat berbeda dengan kebanyakan pantai lainnya yang ada di sukabumi. Keunikan dari Pantai Cicaladi adalah lautannya berada di bawah tebing batu.

Pantai Cicaladi lokasinya berada di Desa Sukatani, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, dan berdekatan dengan pantai Karang Bolong yang sudah lebih dulu populer.

Meskipun masuk ke tempat ini gratis, wisatawan masih bisa menikmati fasilitas yang tersedia seperti Saung, Mushola dan Warung makan. Daya tarik dari Pantai Cicaladi adalah tebing batu yang berlubang di sekitar pantai dan menjadi spot foto favorit pengunjung.

Pantai ini juga menjadi menyuguhkan panorama indah dengan keindahan sunrise dan sunset yang terlihat menawan. Nah, pemandangan cantik inilah yang jadi nilai plus bagi para pengunjung.

4. Pantai Karang Hawu

Pantai Karang Hawu. | Instagram/@tijanatimebombPantai Karang Hawu. | Instagram/@tijanatimebomb.

Pantai ini juga aksesnya tergolong cukup mudah. Berlokasi di Desa Cisolok, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Pantai Karang Hawu memiliki panorama unik yaitu kumpulan bukit karang yang menjorok ke laut.

Hal itulah yang menjadikan ciri khas dari Pantai Karang Hawu. Bagi para pengunjung yang ingin datang ketempat ini hanya harus membayar sekitar Rp 2.500 rupiah per orang.

Selain menyuguhkan pemandangan alam laut yang eksotis, pengunjung juga dapat menikmati indahnya matahari terbenam. Pantai ini sangat cocok untuk mengisi waktu liburan bersama keluarga.

5. Pantai Citepus

Wisatawan sedang bermain di objek wisata pantai Istikomah, Desa Citepus, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ilyas SupendiPantai citepus | Foto : Ilyas Supendi.

Akses untuk masuk ke lokasi ini memang terbilang sangat mudah, Pantai Citepus berada di daerah kawasan Jalan Raya Cisolok-Pelabuhan Ratu. Pantai ini memiliki daya tersendiri dibanding pantai-pantai yang ada di Pelabuhan Ratu.

Pantai Citepus memiliki garis pantai mencapai 3-5 km dan karakteristik dari pasir pantainya berbentuk lebih landai. Selain itu, warna pasirnya juga putih cenderung gelap yang membuat para wisatawan banyak berdatangan ke tempat ini.

Namun, bagi pengunjung yang ingin bermain air laut di Pantai Citepus, sebaiknya berhati-hati. Sebab, pantai ini memiliki deburan ombak yang cukup besar.

Fasilitas di Pantai Citepus bisa dibilang cukup lengkap dengan tersedianya toilet, mushola, warung makan, hingga toko cinderamata.

Itulah beberapa pantai indah di Sukabumi yang bisa mengisi waktu libur. Selamat Liburan

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Life20 Mei 2024, 12:15 WIB

5 Tata Krama yang Perlu Diajarkan pada Anak agar Menjadi Orang Baik saat Dewasa

Tata Krama sejatinya persoalan dasar yang mesti diajarkan kepada anak sejak kecil. Dalam hal ini, orang tua sudah harus mengajarinya agar terbiasa saat dewasa
Ilustrasi - Tata Krama yang harus diajarkan orang tua kepada anak sejak kecil (Sumber : Pexels.com/@Ketutsubiyanto)
Bola20 Mei 2024, 12:00 WIB

Jadwal Lengkap Final Championship Series, Persib Bandung Main Kandang Lebih Dulu

Persib Bandung akan memainkan laga kandang lebih dulu di Final Championship Series.
Persib Bandung akan memainkan laga kandang lebih dulu di Final Championship Series. (Sumber : x/@MaduraUnitedFC/@persib).
Life20 Mei 2024, 11:45 WIB

6 Alasan Kenapa Orang Tua Tak Boleh Memanjakan Anak, Ini Dampaknya

Memanjakan anak adalah pola asuh yang sebaiknya dihindari oleh orang tua. Ini akan membahayakan bagi perkembangan psikologis dan karakter anak ketika dewasa nanti
Alasan Memanjakan Anak Tidak Disarankan kepada Orang Tua (Sumber : Pexels.com/@kampusproduction)
Internasional20 Mei 2024, 11:44 WIB

Presiden Iran Ebrahim Raisi Meninggal dalam Kecelakaan Helikopter

Kementerian Luar Negeri RI belum memberikan pernyataan atas kejadian ini.
Presiden Iran Ebrahim Raisi dikabarkan meninggal dalam kecelakaan helikopter. | Foto: Istimewa
Kecantikan20 Mei 2024, 11:30 WIB

10 Cara Alami Mengurangi Flek Hitam di Wajah dengan Cepat, Gampang Banget!

Selalu gunakan sunscreen dengan SPF tinggi untuk melindungi kulit dari sinar UV yang dapat memperburuk flek hitam.
Ilustrasi. Cara Alami Mengurangi Flek Hitam di Wajah dengan Cepat (Sumber : Pexels/RonLach)
Life20 Mei 2024, 11:15 WIB

6 Perlakukan Orang Tua yang Merusak Kejiwaan dan Mental Anak, Yuk Hindari!

Orang tua sesungguhnya perlu menghindari perlakukan buruk di hadapan anaknya. Sebab dampaknya berbahaya bagi perkembangan si kecil
Ilustrasi Perlakuan orang tua yang tidak boleh dilakukan kepada anak-anaknya (Sumber : Pexels.com/@augustderichelieu)
Nasional20 Mei 2024, 11:06 WIB

Tidak Semua! Daftar 19 Operasi yang Ditanggung BPJS Kesehatan

BPJS Kesehatan tidak menanggung semua jenis penyakit, termasuk operasi.
(Foto Ilustrasi) Berdasarkan Permenkes Nomor 28 Tahun 2014, hanya beberapa operasi yang ditanggung BPJS Kesehatan. | Foto: Freepik
Life20 Mei 2024, 11:00 WIB

10 Karakter yang Membuat Wanita Cantik dari Dalam, Apa Kamu Memilikinya?

Kerendahan hati menunjukkan bahwa seseorang tidak sombong atau terlalu bangga akan dirinya. Sikap ini membuat orang lebih mudah didekati dan disukai.
Ilustrasi - Karakter yang Membuat Wanita Cantik dari Dalam. (Sumber : Pexels/TuấnKiệtJr.)
Sukabumi20 Mei 2024, 10:33 WIB

Hari Kebangkitan Nasional ke-116 Kota Sukabumi: Semangat Menuju Indonesia Emas 2045

Hari Kebangkitan Nasional merupakan momen untuk mengenang perjuangan para pendiri bangsa dan membangkitkan semangat untuk melanjutkan cita-cita mereka.
Upacara Hari Kebangkitan Nasional ke-116 di Lapang Apel Setda Kota Sukabumi, Senin (20/5/2024). | Foto: Dokpim Kota Sukabumi
Life20 Mei 2024, 10:30 WIB

5 Kebiasaan Buruk Perusak Ketenangan Batin yang Harus Dihindari Setiap Hari

Kebiasaan tertentu buruk yang tanpa disadari sering dilakukan dapat merusak ketenangan batin seseorang. Makanya, perlu hati-hati dalam melakukan kebiasaan dalam kehidupan sehari-hari
Ilustrasi seseorang yang hidupnya tidak tenang karena memiliki kebiasaan buruk dalam kehidupan sehari-hari (Sumber : Pexels.com/@anthonishkrabaproduction