Libur Panjang Mei 2024 Telah Tiba, Yuk Kunjungi 7 Tempat Wisata Indah dan Menarik di Sukabumi

Rabu 08 Mei 2024, 16:00 WIB
Ilustrasi Pantai Panganten Sukabumi - Libur panjang di bulan Mei 2024, mending mengunjungi tempat wisata yang ada di Sukabumi saja. (Sumber : Instagram/@muhammadsidik99).

Ilustrasi Pantai Panganten Sukabumi - Libur panjang di bulan Mei 2024, mending mengunjungi tempat wisata yang ada di Sukabumi saja. (Sumber : Instagram/@muhammadsidik99).

SUKABUMIUPDATE.com - Libur panjang di bulan Mei 2024 akhirnya sudah ada didepan mata. Ada satu tanggal merah dan satu cuti bersama pada Kamis-Jumat yakni pada tanggal 9-10 Mei 2024. 

Berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 8 Tahun 2024 mengenai hari libur yang diteken Presiden Jokowi pada 29 Januari 2024, Kamis, 9 Mei 2024 diperingati sebagai hari libur memperingati Kenaikan Yesus Kristus, dan 10 Mei 2024 cuti bersama.

  • Tanggal merah: Kamis, 9 Mei 2024
  • Cuti bersama: Jumat, 10 Mei 2024

Nah, biasanya libur panjang ini dimanfaatkan untuk mengunjungi wisata indah dan menarik. Liburan merupakan waktu yang tepat untuk melepas penat dan bersantai setelah bekerja keras selama beberapa bulan. 

Ada banyak pilihan tempat wisata yang bisa dikunjungi untuk menghabiskan waktu liburan panjang, salah satunya dengan mengunjungi Sukabumi. Disini kamu bisa mengunjungi berbagai tempat wisata alam seperti pantai dan curug dan banyak lagi. 

Libur panjang waktu yang tepat mengunjungi Sukabumi. Dijamin kamu akan terpuaskan dengan wisata-wisata murah dan indah yang ada di Sukabumi. Yuk langsung saja berikut ini tempat wisata yang bisa kamu kunjungi di Sukabumi.

1. Pantai Ujung Genteng

Pantai Ujung Genteng. | Instagram/@kemanaa.idPantai Ujung Genteng. | Instagram/@kemanaa.id.

Pantai Ujung Genteng yang berlokasi di Desa Ujung Genteng, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat ini, sangat cocok untuk menjadi destinasi wisata untuk mengisi waktu libur panjang.

Jika kamu datang dari Jakarta, waktu tempuh untuk sampai ke pantai Ujung Genteng sekitar 4 jam. Untuk menuju tempat ini kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi seperti motor atau mobil.

Lokasi pantai ini sangat jauh dari keramaian, oleh karenanya pantai Ujung Genteng sangat cocok bagi kamu yang ingin menikmati suasana ketenangan. Meskipun lokasinya terpencil, pantai Ujung Genteng menawarkan panorama indah dengan nuansa pepohonan yang menyejukan.

Untuk masuk ke pantai Ujung Genteng, pengunjung hanya harus mengeluarkan biaya sebesar Rp 10.000 rupiah saja. Lalu jika kamu membawa kendaraan pribadi, biaya parkirnya hanya sebesar Rp 2.000 untuk motor dan Rp 5.000 untuk mobil.

Saat berkunjung ke tempat ini, kamu bisa melakukan berbagai kegiatan seperti surfing, berenang, bermain pasir dan berswafoto yang instagramable.

2. Curug Bibijilan

Curug Bibijilan menjadi salah satu air terjun unik di Sukabumi yang harus masuk ke dalam list kunjungan saat liburan nantiCurug Bibijilan menjadi salah satu air terjun unik di Sukabumi yang harus masuk ke dalam list kunjungan saat liburan.

Curug Bibijilan Sukabumi harus menjadi salah satu destinasi liburan ketika berkunjung ke selatan Sukabumi. Air terjun ini menawarkan pengalaman rekreasi yang menyenangkan dengan suasana alam yang masih sangat asri.

Curug Bibijilan juga menjadi air terjun unik di Sukabumi karena kita akan datang dari atas air terjun, bukan dari bawah seperti pada umumnya. Jadi kita bisa menikmati keindahan air terjun dari atas, dan jika ingin menikmatinya dari bawah, kita harus turun ke bawah melewati jalan setapak di samping air terjun.

Selain itu, di atas air terjun ini juga terdapat camping ground yang bisa digunakan untuk berkemah. Tempatnya cukup nyaman dan luas dengan dinaungi rimbunnya pepohonan pinus.

Tak hanya itu, pengunjung juga bisa menikmati segarnya air yang mengalir dari air terjun ini dengan berenang. Karena di bawah air terjun ini terdapat beberapa kolam alami yang bisa digunakan untuk bermain air.

Alamat Curug Bibijilan

Curug Bibijilan berlokasi di Kampung Lebaknangka, Desa Kertaangsana, Kecamatan Nyalindung, Kabupaten Sukabumi. Lokasinya tidak jauh dari objek wisata Goa Buniayu.

Baca Juga: Tak Perlu Capek Trekking, Curug di Sukabumi Ini Turun Mobil Langsung Disambut Indahnya Air Terjun. Tempat wisata ini berjarak sekitar satu jam perjalanan dari pusat Kota Sukabumi ke arah Selatan.

Harga Tiket Curug Bibijilan

Untuk menikmati keindahan air terjun ini, pengunjung harus membayar harga tiket masuk (HTM) sebesar Rp 8.000 per orang. Kemudian untuk biaya parkir sebesar Rp Rp 5.000 (motor) dan Rp 10.000 (mobil).

Di sini telah disediakan berbagai fasilitas untuk menunjang kenyamanan mulai dari lokasi parkir, mushola, toilet, warung, camping ground dan lainnya.

3. Pantai Karang Gantungan

Pantai Karang Gantungan. | Instagram/@rasitapermataPantai Karang Gantungan. | Instagram/@rasitapermata.

Mirip seperti tanah lot Bali, Pantai Karang Gantungan adalah pantai yang memiliki keindahan berupa karang-karang yang terlihat menggantung di atas air. Letak pantai tersebut berada di Jalan Surade-Ujung Genteng, Desa Pasiripis, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Tempat itu juga sangat cocok untuk spot foto instagramable dengan bentuk pantai yang mirip piramida, atau orang Jampang sendiri menyebutnya bentuk Aseupan. Deburan ombak yang menyentuh karang dan pasir pantai membuat Pantai Karang Gantungan semakin menarik untuk dinikmati.

4. Curug Sodong

Objek Wisata Curug Sodong di Geopark Ciletuh Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi.Objek Wisata Curug Sodong di Geopark Ciletuh Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi. | SU/Ragil

Curug Sodong atau ada juga yang menyebutnya dengan nama Curug Panganten, karena di sini terdapat dua air terjun yang berdampingan seperti sepasang pengantin.

Curug Sodong sendiri menjadi salah satu air terjun unggulan di kawasan Geopark Ciletuh Palabuhanratu. Air terjun ini seolah menjadi spot wajib yang masuk list kunjungan wisatawan saat pergi ke Geopark Ciletuh.

Selain itu, di dekat Curug Sodong juga terdapat air terjun yang tak kalah indah dan menjadi salah satu ikon Geopark Ciletuh yakni Curug Cikanteh.

Air terjun ini posisinya berada di atas Curug Sodong dan masih memiliki satu aliran sungai yang sama. Jadi, di satu lokasi, pengunjung bisa menikmati beberapa air terjun sekaligus.

Selain itu, disana juga terdapat camping ground yang bisa digunakan pengunjung untuk berkemah.

Curug Sodong berlokasi di Kampung Cikanteh, Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Untuk menikmati keindahan Curug Sodong, pengunjung hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 12.000 per orang (dewasa), dan Rp 7.000 per orang (anak-anak).

Kemudian, jika ingin camping di sekitar Curug Sodong, pengunjung hanya perlu membayar biaya tambahan sebesar 12.000 per orang.

5. Pantai Cicaladi

Pantai Cicaladi. | Instagram/@biondasinchlairPantai Cicaladi. | Instagram/@biondasinchlair.

Nama pantai ini memang terdengar sedikit asing oleh wisatawan lokal, Pantai Cicaladi sangat berbeda dengan kebanyakan pantai lainnya yang ada di sukabumi. Keunikan dari Pantai Cicaladi adalah lautannya berada di bawah tebing batu.

Pantai Cicaladi lokasinya berada di Desa Sukatani, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, dan berdekatan dengan pantai Karang Bolong yang sudah lebih dulu populer.

Meskipun masuk ke tempat ini gratis, wisatawan masih bisa menikmati fasilitas yang tersedia seperti Saung, Mushola dan Warung makan. Daya tarik dari Pantai Cicaladi adalah tebing batu yang berlubang di sekitar pantai dan menjadi spot foto favorit pengunjung.

Pantai ini juga menjadi menyuguhkan panorama indah dengan keindahan sunrise dan sunset yang terlihat menawan. Nah, pemandangan cantik inilah yang jadi nilai plus bagi para pengunjung.

6. Bumi Perkemahan Mandalawangi

Buper Mandalawangi bisa dijadikan pilihan untuk menghabiskan waktu libur lebaran bersama keluargaBuper Mandalawangi bisa dijadikan pilihan untuk menghabiskan waktu libur lebaran bersama keluarga. | GOOGLE MAPS THEMOEL DEDI MULYADI.

Buper (bumi perkemahan) Mandalawangi bisa dijadikan salah satu destinasi wisata saat menikmati momen libur panjang. Lokasinya yang tidak terlalu jauh dari Ibu Kota Jakarta juga menjadikan tempat ini cukup disukai wisatawan asal Ibu Kota dan sekitarnya.

Selain udara yang sejuk, pemandangan alam menyegarkan mata juga menjadi salah satu alasan banyak orang menjadikan bumi perkemahan Mandalawangi sebagai tujuan menghabiskan waktu libur mereka.

Melansir dari laman mandalawangicibodascampground.com, di sini pengunjung bisa memilih menyusuri sungai untuk melihat pemandangan yang indah dan hijau maupun langsung menuju ke areal  Danau Mandalawangi.

Selain menikmati danau dari tepian, pengunjung juga bisa menyusuri danau dengan menggunakan kano. Selain itu, ada pula air terjun di kawasan ini yang disebut  air terjun Rawa Gede. Ada pula flying fox, lintas danau, lintas tali pohon, dan spider net yang bisa dicoba pengunjung.

Pengunjung juga tidak perlu khawatir dengan sumber air karena air tersedia banyak di tempat ini, toilet dan sarana ibadah pun tersedia dan mudah dijangkau.

Jika berniat berkunjung ke bumi perkemahan Mandalawangi, pengunjung bisa memasuki area kawasan Wisata Cibodas. Setelah itu tinggal lurus ke arah pendakian  Gunung Gede Pangrango.

Pintu masuk area perkemahan ini terletak tepat di samping Kantor Balai  Taman Nasional Gunung Gede Pangrango Gunung Gede Pangrango.

Untuk harga tiket berkemah (camping) di sini pengunjung hanya perlu membayar Rp. 27.500/Orang untuk satu Malam berkemah. Namun jika tidak berniat berkemah dan hanya berkunjung, harga tiketnya yaitu Rp. 13.500/orang, harga tersebut sudah termasuk asuransi.

7. Pantai Citepus

Pantai Citepus. | Instagram/@kiwsnaphotoPantai Citepus. | Instagram/@kiwsnaphoto.

Akses untuk masuk ke lokasi ini memang terbilang sangat mudah, Pantai Citepus berada di daerah kawasan Jalan Raya Cisolok-Pelabuhan Ratu. Pantai ini memiliki daya tersendiri dibanding pantai-pantai yang ada di Pelabuhan Ratu.

Pantai Citepus memiliki garis pantai mencapai 3-5 km dan karakteristik dari pasir pantainya berbentuk lebih landai. Selain itu, warna pasirnya juga putih cenderung gelap yang membuat para wisatawan banyak berdatangan ke tempat ini.

Namun, bagi pengunjung yang ingin bermain air laut di Pantai Citepus, sebaiknya berhati-hati. Sebab, pantai ini memiliki deburan ombak yang cukup besar.

Fasilitas di Pantai Citepus bisa dibilang cukup lengkap dengan tersedianya toilet, mushola, warung makan, hingga toko cinderamata.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Jawa Barat19 Mei 2024, 23:43 WIB

Tak Hanya Sukabumi, Status UHC Non-Cut Off Dua Daerah di Jabar Ini Juga Tengah Dicabut

BPJS Kesehatan ungkap ada dua daerah di Jabar yang status UHC Non-Cut Off nya dicabut selain Kabupaten Sukabumi.
Ilustrasi. kartu BPJS Kesehatan | Foto: Istimewa
Sukabumi19 Mei 2024, 22:26 WIB

Bapenda Sukabumi Terima Kunker DPRD Kota, Bagikan Kiat dalam Optimalisasi PAD

Konsultasi terkait optimalisasi PAD, Bapenda Kabupaten Sukabumi terima kunker Komisi II DPRD Kota Sukabumi.
Bapenda Kabupaten Sukabumi terima kunker rombongan Komisi II DPRD Kota Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi19 Mei 2024, 21:16 WIB

Meninggal saat Ngojek, Cerita Pilu Istri di Sukabumi yang Kehilangan Suami Akibat Kecelakaan

Istri Hendi, korban kecelakaan di Cibadak Sukabumi ungkap cerita pilu detik-detik sebelum suaminya tewas terlindas mobil.
Tangkapan layar video saat Hendi (35 tahun) dievakuasi warga. Hendi meninggal dunia setelah kecelakaan di Jalan Suryakencana, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (27/4/2024). | Foto: Istimewa
Life19 Mei 2024, 21:00 WIB

13 Tips Menenangkan Pikiran yang Sering Overthinking Agar Hidup Kembali Bahagia

Begini Tips Menenangkan Pikiran yang Sering Overthinking Agar Hidup Kembali Bahagia. Segera Lakukan!
Ilustrasi. Berpikir | Cara Menenangkan Pikiran yang Sering Overthinking  (Sumber : pixabay.com/@DanaTentis)
Sukabumi19 Mei 2024, 20:15 WIB

Industri Retail Pakaian Sukabumi Terus Berkembang, PLN Energize Perubahan Daya PT Doosan Jaya

Pada tahun 2024, PT Doosan Jaya Sukabumi kembali mengajukan permohonan penambahan daya menjadi 1.730 kVA.
PLN Sukabumi Energize Perubahan Daya PT Doosan Jaya Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Food & Travel19 Mei 2024, 20:00 WIB

7 Kategori Makanan Agar Sakit Asam Urat Tidak Menganggu Tidur, Konsumsi Yuk!

Dengan memilih kategori makanan-makanan ini, penderita asam urat dapat membantu mengurangi gejala asam urat dan mendukung tidur yang lebih nyenyak.
Ceri adalah salah satu dari tiga obat alami yang dipercaya bisa mengobati penyakit asam urat. (Sumber : freepik.com/@azerbajian_stockers)
Sukabumi Memilih19 Mei 2024, 19:27 WIB

Tetap dan Tepat, Filosofi Logo Achmad Fahmi Menuju Pilkada Kota Sukabumi 2024

Kontinuitas menunjukkan Achmad Fahmi berkomitmen melanjutkan program dan kebijakan yang sudah berjalan baik pada masa sebelumnya.
Achmad Fahmi resmi dideklarasikan oleh DPD PKS Kota Sukabumi sebagai bakal calon Wali Kota Sukabumi di Pilkada 2024. | Foto: Istimewa
Nasional19 Mei 2024, 19:09 WIB

Pesawat Latih yang Jatuh di BSD Tangerang Selatan Sempat Hilang Kontak

Pesawat latih milik Indonesia Flying Club dengan nomor registrasi PK-IFP tersebut memiliki rute Tanjung Lesung-Pondok Cabe.
Kondisi pesawat latih yang jatuh di BSD Tangerang Selatan. (Sumber Foto : Akun X TMC Polda Metro Jaya)
Life19 Mei 2024, 19:00 WIB

15 Sikap Seenaknya yang Membuatmu Dibenci Orang, Jangan Lakukan!

Inilah Sederet Sikap Seenaknya yang Membuatmu Dibenci Orang, Jangan Pernah Lakukan!
Ilustrasi. Sikap Seenaknya yang Membuatmu Dibenci Orang (Sumber : Pexels/KeiraBurton)
Sukabumi19 Mei 2024, 18:28 WIB

Kawanan Monyet Resahkan Warga Nagrak Sukabumi, Masuk Warung hingga Kejar Anak Kecil

Kawanan monyet liar memasuki permukiman warga Kampung Kubang RT 03/RW05, Desa Cisarua, Nagrak Sukabumi, Minggu (19/5/2024).
Tangkapan layar video kawanan monyet ekor panjang memasuki warung warga di Nagrak Sukabumi, Minggu (19/5/2024). (Sumber : Istimewa)