7 Rekomendasi Pantai di Sukabumi untuk Liburan Natal dan Tahun Baru

Sabtu 23 Desember 2023, 10:00 WIB
Pantai Karang Gantungan -Rekomendasi Pantai di Sukabumi yang bisa menjadi alternatif liburan Natal dan Tahun Baru. | Foto: Instagram/@infoujunggenteng_

Pantai Karang Gantungan -Rekomendasi Pantai di Sukabumi yang bisa menjadi alternatif liburan Natal dan Tahun Baru. | Foto: Instagram/@infoujunggenteng_

SUKABUMIUPDATE.com - Libur Natal dan Tahun Baru biasanya dimanfaatkan wisatawan untuk liburan bersama keluarga atau teman-teman. Pada masa liburan ini, kebanyak orang akan pergi berlibur dan melakukan kegiatan salah satunya mengunjungi pantai.

Liburan di pantai adalah salah satu cara yang paling menyenangkan untuk menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman-teman. Pantai menawarkan pemandangan yang indah, udara yang segar, dan berbagai kegiatan yang dapat dilakukan.

Nah, bagi kamu yang belum punya rencana menghabiskan libur Natal dan Tahun Baru, berikut kami rekomendasikan sejumlah destinasi wisata pantai di Sukabumi dengan panorama yang indah.

Baca Juga: 12 Alasan Dibalik Generasi Muda Sekarang Gampang Terkena Stres dan Depresi

Merangkum dari berbagai sumber, inilah 7 wisata pantai di Sukabumi yang cocok untuk mengisi waktu Libur Natal dan Tahun Baru.

1. Pantai Ujung Genteng

Pantai Ujung Genteng. | Instagram/@kemanaa.idPantai Ujung Genteng. | Instagram/@kemanaa.id.

Pantai Ujung Genteng yang berlokasi di Desa Ujung Genteng, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat ini, sangat cocok untuk menjadi destinasi wisata untuk mengisi waktu libur Natal dan Tahun Baru.

Jika kamu datang dari Jakarta, waktu tempuh untuk sampai ke pantai Ujung Genteng sekitar 4 jam. Untuk menuju tempat ini kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi seperti motor atau mobil.

Lokasi pantai ini sangat jauh dari keramaian, oleh karenanya pantai Ujung Genteng sangat cocok bagi kamu yang ingin menikmati suasana ketenangan. Meskipun lokasinya terpencil, pantai Ujung Genteng menawarkan panorama indah dengan nuansa pepohonan yang menyejukan.

Baca Juga: 11 Ciri Orang yang Stres Karena Masalah Hidupnya Sudah Terlalu Berat

Untuk masuk ke pantai Ujung Genteng, pengunjung hanya harus mengeluarkan biaya sebesar Rp 10.000 rupiah saja. Lalu jika kamu membawa kendaraan pribadi, biaya parkirnya hanya sebesar Rp 2.000 untuk motor dan Rp 5.000 untuk mobil.

Saat berkunjung ke tempat ini, kamu bisa melakukan berbagai kegiatan seperti surfing, berenang, bermain pasir dan berswafoto yang instagramable.

2. Pantai Karang Gantungan

Pantai Karang Gantungan. | Instagram/@rasitapermataPantai Karang Gantungan. | Instagram/@rasitapermata.

Mirip seperti tanah lot Bali, Pantai Karang Gantungan adalah pantai yang memiliki keindahan berupa karang-karang yang terlihat menggantung di atas air. Letak pantai tersebut berada di Jalan Surade-Ujung Genteng, Desa Pasiripis, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Baca Juga: 10 Kebiasaan Kecil yang Membuatmu Disegani dan Dihormati Orang Lain

Tempat itu juga sangat cocok untuk spot foto instagramable dengan bentuk pantai yang mirip piramida, atau orang Jampang sendiri menyebutnya bentuk Aseupan. Deburan ombak yang menyentuh karang dan pasir pantai membuat Pantai Karang Gantungan semakin menarik untuk dinikmati.

3. Pantai Cicaladi

Pantai Cicaladi. | Instagram/@biondasinchlairPantai Cicaladi. | Instagram/@biondasinchlair.

Nama pantai ini memang terdengar sedikit asing oleh wisatawan lokal, Pantai Cicaladi sangat berbeda dengan kebanyakan pantai lainnya yang ada di sukabumi. Keunikan dari Pantai Cicaladi adalah lautannya berada di bawah tebing batu.

Pantai Cicaladi lokasinya berada di Desa Sukatani, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, dan berdekatan dengan pantai Karang Bolong yang sudah lebih dulu populer.

Baca Juga: 7 Cara Berkelas dan Elegan Saat Menghadapi Orang-orang yang Sering Meremehkan

Meskipun masuk ke tempat ini gratis, wisatawan masih bisa menikmati fasilitas yang tersedia seperti Saung, Mushola dan Warung makan. Daya tarik dari Pantai Cicaladi adalah tebing batu yang berlubang di sekitar pantai dan menjadi spot foto favorit pengunjung.

Pantai ini juga menjadi menyuguhkan panorama indah dengan keindahan sunrise dan sunset yang terlihat menawan. Nah, pemandangan cantik inilah yang jadi nilai plus bagi para pengunjung.

4. Pantai Karang Bolong

Pantai Karang Bolong. | UJ Sukma WijayaPantai Karang Bolong. | UJ Sukma Wijaya.

Pantai Karang Bolong sebelumnya merupakan bekas galian penambangan pasir yang akhirnya dijadikan tempat wisata. Letaknya di Desa Cibitung, Kecamatan Cibitung, Kabupaten Sukabumi, adalah pantai indah yang wajib dikunjungi.

Baca Juga: 7 Tanda Pria yang Telah Jatuh Cinta Kepadamu Sejak Lama

Daya tarik dari Pantai Karang Bolong selain suasananya yang sejuk, tentunya deburan ombaknya yang sangat ganas. Pantai indah nan eksotis ditambah spot-spot camping dengan hamparan rumput hijau, membuat wisatawan akan betah ketika berada disana.

5. Pantai Citepus

Pantai Citepus. | Instagram/@kiwsnaphotoPantai Citepus. | Instagram/@kiwsnaphoto.

Akses untuk masuk ke lokasi ini memang terbilang sangat mudah, Pantai Citepus berada di daerah kawasan Jalan Raya Cisolok-Pelabuhan Ratu. Pantai ini memiliki daya tersendiri dibanding pantai-pantai yang ada di Pelabuhan Ratu.

Pantai Citepus memiliki garis pantai mencapai 3-5 km dan karakteristik dari pasir pantainya berbentuk lebih landai. Selain itu, warna pasirnya juga putih cenderung gelap yang membuat para wisatawan banyak berdatangan ke tempat ini.

Baca Juga: 12 Sikap Baik Anak yang Bisa Orang Tua Kenali Sejak Ia Masih Balita

Namun, bagi pengunjung yang ingin bermain air laut di Pantai Citepus, sebaiknya berhati-hati. Sebab, pantai ini memiliki deburan ombak yang cukup besar.

Fasilitas di Pantai Citepus bisa dibilang cukup lengkap dengan tersedianya toilet, mushola, warung makan, hingga toko cinderamata.

6. Pantai Cimaja

Pantai Cimaja. | Instagram/@dennieramonPantai Cimaja. | Instagram/@dennieramon.

Pantai ini cocok bagi pengunjung yang ingin berselancar. Berlokasi di Desa Cimaja, Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi, Pantai Cimaja dikenal dengan ombak besar dan tempat favorit untuk peselancar lokal maupun mancanegara.

Baca Juga: 10 Sifat Negatif Anak yang Harus Diperhatikan Orang Tua

Pantai Cimaja memiliki daya tarik yang dapat memikat pengunjung seperti ombak besar dan air laut yang jernih berwarna biru. Selain untuk berselancar, pantai ini juga menyajikan panorama sunset yang indah dengan deretan bebatuan cantik di sekitar pantai.

Maka dari itu, Pantai Cimaja bisa jadi rekomendasi untuk mengisi waktu libur Natal dan Tahun Baru sebelum kembali beraktivitas.

7. Pantai Karang Hawu

Pantai Karang Hawu. | Instagram/@tijanatimebombPantai Karang Hawu. | Instagram/@tijanatimebomb.

Pantai ini juga aksesnya tergolong cukup mudah. Berlokasi di Desa Cikakak, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Pantai Karang Hawu memiliki panorama unik yaitu kumpulan bukit karang yang menjorok ke laut.

Hal itulah yang menjadikan ciri khas dari Pantai Karang Hawu. Bagi para pengunjung yang ingin datang ketempat ini hanya harus membayar sekitar Rp 2.500 rupiah per orang.

Selain menyuguhkan pemandangan alam laut yang eksotis, pengunjung juga dapat menikmati indahnya matahari terbenam. Pantai ini sangat cocok untuk mengisi waktu liburan bersama keluarga.

Itulah beberapa pantai indah di Sukabumi yang bisa mengisi waktu libur Natal dan Tahun Baru. Selamat Liburan.

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Science30 April 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 30 April 2024, Siang Hari Hingga Malam Potensi Diguyur Hujan

Sukabumi dan sekitarnya diprediksi diguyur hujan dari siang hingga malam pada 20 April 2024.
Ilustrasi Hujan. Sukabumi dan sekitarnya diprediksi diguyur hujan dari siang hingga malam pada 20 April 2024. (Sumber : Pixabay)
Internasional30 April 2024, 01:55 WIB

Novel A Mask, the Color of the Sky Karya Penulis Palestina Menangkan Hadiah Arab Bergengsi

Basim Khandaqji yang dipenjara 20 tahun lalu di Israel,  lahir di kota Nablus di Tepi Barat yang diduduki Israel pada 1983, dan menulis cerita pendek hingga penangkapannya pada 2004 ketika berusia 21 tahun.
Penulis Palestina, Basim Khandaqji | Foto : Ist
Sukabumi30 April 2024, 01:01 WIB

Nobar di Cibadak, Begini Komentar Wabup Iyos Soal Hasil Timnas Indonesia U-23 vs Uzbekistan

Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri dukung perjuangan Timnas Indonesia U-23 rebut posisi ketiga Piala Asia U-23 agar bisa lolos ke olimpiade Paris 2024.
Wabup Sukabumi Iyos Somantri Nobar di Mal Ramayana Cibadak. (Sumber : SU/Ibnu)
Bola29 April 2024, 23:59 WIB

Kalah dari Uzbekistan 0-2, Timnas Indonesia Gagal ke Final Piala Asia U-23

Meski gagal ke final Piala Asia U-23 2024, Timnas Indonesia masih berpeluang raih jatah tiket olimpiade Paris 2024.
Timnas Indonesia U-23 gagal ke Final Piala Asia U-23 usai kalah dari Uzbekistan. (Sumber : IG AFC Asian Cup)
Life29 April 2024, 23:31 WIB

Bisa Bunda Coba di Rumah, 6 Tips yang Bisa Diterapkan Agar Anak Tidur Nyenyak

Waktu tidur tidak harus menjadi mimpi buruk. Para ahli menawarkan tips bagaimana membuat waktu tidur menjadi mudah, sehingga Anda semua bisa beristirahat.
Ilustrasi anak tidur nyenyak / Sumber : pexels.com/@Giianni Orefice
Life29 April 2024, 22:45 WIB

6 Cara agar Anak Tidak Kecanduan Main HP Setiap Waktu, Ini Solusinya

Mencegah anak agar tidak kecanduan bermain HP sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangannya. Orang tua harus paham cara mencegahnya.
Ilustrasi. Cara mencegah anak tidak kecanduan main HP. | Sumber foto : Pexels/Liliana Drew
Sukabumi29 April 2024, 22:40 WIB

Rumah Rusak Terdampak Gempa Garut di Surade Sukabumi Akan Diperbaiki Swadaya

Pemerintah Kelurahan Surade, Sukabumi akan memperbaiki rumah semi permanen ukuran 6 x 4 meter, milik Maemunah (74 tahun) seorang jompo, warga Kampung Cibarehong RT 13 /13 yang mengalami rusak berat terdampak getaran gempa Garut
Kondisi rumah Maemunah Warga Kelurahan / Kecamatan Surade yang rusak terdampak gempa Garut | Foto : Ragil Gilang
Life29 April 2024, 22:19 WIB

Jangan Gunakan Ancaman Bund! Begini 9 Cara Mengatasi Perilaku Balita yang Agresif

Perilaku agresif adalah hal yang normal ketika balita belajar tentang pengendalian diri dan pengaturan emosi. Penting untuk memberikan respons yang tenang dan konsisten.
Ilustrasi mengatasi perilaku balita agresif / Sumber Foto: pexels.com/@Yan Krukau
Sukabumi Memilih29 April 2024, 22:17 WIB

Omesh Masuk Wacana Usungan Gerindra di Pilkada Sukabumi, Bagaimana dengan Yudha?

Aktor dan komedian Indonesia kelahiran Sukabumi, Ananda Omesh diakui masuk dalam wacana bursa Pilkada Sukabumi dari Partai Gerindra.
Ananda Omesh dan Yudha Sukmagara | Foto : Sukabumi update
Keuangan29 April 2024, 21:32 WIB

6 Cara Melatih Anak Pandai Mengelola Uang Sejak Dini, Ikuti Langkah Ini

Mengajarkan anak pandai mengelola uang sangat berguna untuk masa depannya. Hal ini membantunya dewasa dalam memili uang.
Ilustrasi. Cara mengajari anak mengelola uang. | Sumber foto : Pexels/cottonbro studio