12 Sikap Baik Anak yang Bisa Orang Tua Kenali Sejak Ia Masih Balita

Jumat 22 Desember 2023, 16:30 WIB
Ilustrasi - Sikap baik anak dapat orang tua kenali saat mereka menunjukan ciri-ciri yang hebat dibanding anak-anak seusianya. (Sumber : Pixabay.com/@Vika_Glitter).

Ilustrasi - Sikap baik anak dapat orang tua kenali saat mereka menunjukan ciri-ciri yang hebat dibanding anak-anak seusianya. (Sumber : Pixabay.com/@Vika_Glitter).

SUKABUMIUPDATE.com -Anak-anak adalah anugerah yang berharga bagi setiap orang tua. Mereka memiliki potensi yang besar untuk menjadi pribadi yang baik dan sukses. Orang tua memiliki peran penting dalam membantu anak-anak mengembangkan sikap-sikap baik sejak mereka masih balita.

Sikap baik anak dapat membantu sang anak menjadi pribadi yang bertanggung jawab, peduli dan berempati. Sikap baik anak sebenarnya dapat dikenali orang tua sejak ia masih balita.

Berikut adalah 12 sikap baik anak yang bisa orang tua ketahui sejak ia masih balita:

Baca Juga: 10 Sifat Negatif Anak yang Harus Diperhatikan Orang Tua

1. Jujur

Jujur adalah salah satu sikap baik yang penting untuk ditanamkan sejak dini pada anak. Orang tua dapat mengajarkan anak untuk jujur dengan memberi contoh dan memberikan pujian saat anak bersikap jujur. 

Sikap baik anak ini dapat diketahui orang tua sejak ia masih balita. Misalnya, ketika anak mengatakan "tidak" saat ia tidak mau melakukan sesuatu, orang tua sebaiknya tidak memaksanya dan memberikan pujian atas kejujurannya.

2. Sopan Santun

Sopan santun juga merupakan sikap baik yang ada pada anak. Orang tua dapat mengajarkan anak sopan santun dengan memberi contoh dan memberikan pujian saat anak bersikap sopan santun.

Baca Juga: 10 Kebiasaan Kecil yang Membuatmu Disegani dan Dihormati Orang Lain

Ini merupakan sikap baik anak yang dapat orang tua kenali saat ia masih balita. Jika anak sudah memiliki sopan santun meskipun masih kecil, maka anak sudah memiliki sikap baik yang diajarkan orang tuanya.

3. Mengucapkan Salam

Mengucapkan salam adalah salah satu sikap baik yang paling dasar. Apabila anak sudah mengerti dan mengucapkan salam ketika bertemu orang, maka ia memiliki sikap yang baik.

Sikap baik anak bisa diajarkan untuk mengucapkan salam kepada orang tua, saudara, guru, dan orang lain yang lebih tua.

Baca Juga: 7 Cara Berkelas dan Elegan Saat Menghadapi Orang-orang yang Sering Meremehkan

4. Bertanggung Jawab

Bertanggung jawab termasuk sikap baik anak yang bisa dilihat sejak mereka dini. Anak yang bertanggung jawab atas apa yang dilakukannya maka ia termasuk anak yang memiliki sifat baik.

Orang tua dapat mengajarkan anak bertanggung jawab dengan memberi tugas-tugas sederhana yang sesuai dengan usianya. Misalnya, orang tua dapat meminta anak untuk membereskan mainannya sendiri atau membantu mengerjakan pekerjaan rumah tangga.

5. Empati

Empati termasuk kemampuan untuk memahami dan merasakan perasaan orang lain. Anak yang sejak balita sudah bisa menerapkan rasa empati maka ia termasuk anak hebat.

Baca Juga: 7 Cara Hidup Bahagia Meskipun Sendirian Tanpa Harus Kesepian

Orang tua dapat mengajarkan sikap baik anak dengan memberi contoh dan mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang dapat melatih empati anak. Misalnya, ketika anak melihat orang lain menangis, orang tua dapat bertanya kepada anak mengapa orang tersebut menangis dan bagaimana perasaannya.

6. Menghargai Orang Lain

Sikap baik anak selanjutnya adalah bisa menghargai orang lain. Ini merupakan sikap baik yang penting untuk diajarkan pada anak. Misalnya, ketika anak berbagi mainan dengan teman-temannya, orang tua sebaiknya memberikan pujian atas sikap menghargainya.

7. Bersikap Ramah

Misalnya, ketika anak menyapa orang lain dengan tersenyum, ini merupakan sikap baik anak yang bisa dilihat sejak ia balita. Bersikap ramah adalah sikap baik yang penting untuk diajarkan pada anak

Orang tua dapat mengajarkan anak bersikap ramah dengan memberi contoh dan memberikan pujian saat anak bersikap ramah.

Baca Juga: 7 Tanda Pria yang Telah Jatuh Cinta Kepadamu Sejak Lama

8. Membantu Orang Lain

Membantu orang lain tak hanya bisa dilakukan oleh orang dewasa saja, namun anak-anak pun bisa melakukannya. Misalnya, orang tua melihat anaknya membantu membawakan barang-barang kakaknya atau tetangganya.

Sikap baik anak ini penting untuk diajarkan dan dimiliki anak. Orang tua dapat mengajarkan anak membantu orang lain dengan memberi tugas-tugas sederhana yang dapat membantu orang lain. 

9. Bersikap Rendah Hati

Orang tua bisa melihat sikap baik anak saat mereka mengakui kesalahannya dan meminta maaf. Ini merupakan sikap rendah hati pada anak yang bisa orang kenali sejak ia balita.

Baca Juga: 12 Alasan Dibalik Generasi Muda Sekarang Gampang Terkena Stres dan Depresi

10. Berani Pada Hal Positif

Berani mencoba hal-hal baru yang positif merupakan ciri sikap baik anak. Orang tua dapat mengenalinya saat dirinya mencoba hal baru seperti berani tidur sendirian, menggosok gigi dan lainnya.

Berani adalah sikap baik yang penting untuk diajarkan pada anak. Orang tua dapat mengajarkan anak berani dengan memberi contoh dan memberikan pujian saat anak bersikap berani. 

11. Bersyukur

Bersyukur adalah anak yang memiliki sikap baik.Orang tua dapat mengenalinya saat mereka berterima kasih saat diberi hadiah atau saat menu makanan tidak ada favoritnya.

Bersyukur adalah sikap baik anak yang penting untuk diajarkan pada buah hati. Orang tua dapat mengajarkan anak bersyukur dengan memberi contoh dan mengajarkan anak untuk bersyukur atas apa yang ia miliki. 

Baca Juga: 11 Ciri Orang yang Stres Karena Masalah Hidupnya Sudah Terlalu Berat

12. Bersabar

Bersabar adalah sikap baik yang penting untuk diajarkan pada anak. Orang tua dapat mengenali anak yang sabar saat mereka harus menunggu giliran untuk mendapatkan yang diinginkannya.

Mengajarkan sikap baik anak sabar bisa dengan memberi contoh dan mengajarkan anak untuk bersabar dalam menghadapi situasi yang sulit. 

Orang tua dapat mengajarkan sikap-sikap baik anak  tersebut dengan cara yang menyenangkan dan tidak memaksa. Orang tua juga perlu memberikan contoh yang baik bagi anak. Dengan mengajarkan sikap-sikap baik sejak dini, orang tua dapat membantu anak menjadi pribadi yang baik dan sukses.

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Nasional03 Mei 2024, 01:02 WIB

Jokowi Teken UU Desa Baru, Kades Dapat Uang Pensiun dan Bisa Menjabat Hingga 16 Tahun

Presiden Jokowi menandatangani pengesahan UU Desa baru, Kades dapat uang pensiun hingga jabat 2 periode.
Ilustrasi Kepala Desa atau Kades. | Foto : Sukabumi Update
Jawa Barat03 Mei 2024, 00:01 WIB

Bahas UHC, Sekda Kabupaten Sukabumi Hadiri Monev Implementasi JKN

Sekda Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman hadiri acara monev Implementasi Inpres Nomor 1 Tahun 2022 tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program JKN di Bandung.
Sekda Kabupaten Sukabumi didampingi perangkat daerah hadiri acara monev implementasi inpres terkait JKN di Bandung. (Sumber : Dokpim Pemkab Sukabumi)
Sukabumi02 Mei 2024, 22:39 WIB

Longsor di Parungkuda Sukabumi, Akses Jalan Desa Langensari Tertutup Dapuran Bambu

Akses jalan Desa Langensari Parungkuda Sukabumi tertutup longsor dapuran bambu.
P2BK bersama sejumlah relawan tengah melakukan penanganan longsor dapuran bambu yang menutup badan jalan di Kampung Sindangsari RT 1/2, Desa Langensari, Parungkuda Sukabumi, Kamis (2/5/2024). (Sumber : Istimewa)
Opini02 Mei 2024, 22:12 WIB

Mengarahkan Kompas Pendidikan: Sebuah Renungan di Hari Pendidikan Nasional

Sistem pendidikan harus menyediakan ruang yang cukup untuk pembelajaran empati, kejujuran, dan keberanian moral.
Ilustrasi. Seputar Hardiknas 2024 | Foto: Pixabay/sasint
Keuangan02 Mei 2024, 21:56 WIB

Masih Dibuka, Pendaftar Tahara di BPR Cicurug Sukabumi Diprediksi Terus Meningkat

Pendaftaran calon nasabah Tabungan Hari Raya (Tahara) Perumda BPR Sukabumi cabang Cicurug masih dibuka hingga 8 Mei 2024.
Kepala Pemasaran BPR Sukabumi Cabang Cicurug, Jujun Junaedi. (Sumber : SU/Ibnu)
Opini02 Mei 2024, 21:33 WIB

Menjadi Pembaca Kritis: Memilah Informasi di Era Media Baru

Pembaca kritis tidak hanya menerima informasi mentah-mentah, tertapi mampu memahami konteks informasi, menganalisis isi dan sumbernya, serta mengevaluasi kebenarannya.
Ilustrasi memilah informasi di zaman hadirnya media baru. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi02 Mei 2024, 21:17 WIB

Pengantar ke Neraka! Bank Emok-Rentenir Dilarang Keras Masuk Kutamara Sukabumi

Spanduk tolak rentenir dan bank emok terbentang di Kampung Kutamara Surade Sukabumi. Praktik riba disebut sudah rusak rumah tangga dan pengantar ke neraka.
Spanduk penolakan hadirnya praktik riba akibat rentenir hingga bank emok yang dipasang ormas Gempa di Kampung Kutamara Surade Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Bola02 Mei 2024, 21:00 WIB

Link Live Streaming Timnas Indonesia vs Irak di Perebutan Tempat ke-3 Piala Asia U-23 2024

Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Liga 1 2023/2024 antara Timnas Indonesia U-23 vs Irak U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya.
Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Liga 1 2023/2024 antara Timnas Indonesia U-23 vs Irak U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya. (Sumber : Instagram/@jagad_stadium/Ist).
Sehat02 Mei 2024, 20:30 WIB

Sulit Tidur dan Sangat Mengganggu! 4 Cara Mengobati Sakit Asam Urat di Malam Hari

Ada beberapa cara mengobati sakit asam urat di malam hari.
Ilustrasi - Ada beberapa cara mengobati sakit asam urat di malam hari. (Sumber : Freepik.com/DC Studio).
Life02 Mei 2024, 20:15 WIB

6 Minuman yang Bisa Menenangkan Pikiran saat Stres, Cemas dan Galau, Yuk Dicoba!

Sejumlah minuman bermanfaat untuk membantu menenangkan pikiran di saat sedang mengalami stres, cemas dan galau. Patut menjadi rekomendasi sebagai menu harian.
Ilustrasi minuman yang menenangkan pikiran. | Sumber foto : Pexels/Anna Tarazevich