10 Sifat Negatif Anak yang Harus Diperhatikan Orang Tua

Jumat 22 Desember 2023, 14:00 WIB
Ilustrasi - Sifat negatif pada anak dapat muncul karena berbagai faktor, seperti faktor genetik, lingkungan, atau pola asuh orang tua. (Sumber : Pixabay.com/@KurtSebastian).

Ilustrasi - Sifat negatif pada anak dapat muncul karena berbagai faktor, seperti faktor genetik, lingkungan, atau pola asuh orang tua. (Sumber : Pixabay.com/@KurtSebastian).

SUKABUMIUPDATE.com - Anak-anak adalah makhluk yang polos dan belum sempurna. Mereka masih belajar untuk memahami dunia dan cara berperilaku di dalamnya. Oleh karena itu, wajar jika anak-anak terkadang menunjukkan sifat-sifat negatif.

Setiap anak sendiri memiliki sifat dan karakter yang berbeda-beda. Ada anak yang memiliki sifat positif, ada pula yang memiliki sifat negatif. Sifat negatif anak dapat berupa perilaku yang merugikan diri sendiri, orang lain, atau lingkungan.

Orang tua perlu memperhatikan sifat negatif anak agar dapat segera diatasi. Berikut adalah 10 sifat negatif anak yang harus diperhatikan orang tua:

Baca Juga: 10 Kebiasaan Kecil yang Membuatmu Disegani dan Dihormati Orang Lain

1. Marah-marah

Marah-marah adalah salah satu sifat negatif anak yang paling umum. Marah-marah dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti frustrasi, tidak mendapatkan apa yang diinginkan, atau merasa dirugikan.

Orang tua perlu mengajarkan anak cara mengekspresikan kemarahan dengan cara yang sehat. Misalnya, dengan berbicara dengan orang lain tentang perasaannya, melakukan aktivitas fisik, atau menenangkan diri dengan cara yang positif.

2. Menyalahkan Orang Lain

Anak yang suka menyalahkan orang lain biasanya memiliki rendah diri dan tidak bertanggung jawab atas tindakannya. Mereka cenderung mencari kambing hitam ketika terjadi kesalahan atau masalah.

Baca Juga: 10 Cara Mengetahui Seseorang yang Diam-diam Tidak Suka Kepadamu

Sifat negatif anak ini perlu orang tua ajarkan untuk bertanggung jawab atas tindakannya sendiri. Misalnya, dengan menjelaskan bahwa setiap orang bertanggung jawab atas pilihan dan tindakannya sendiri.

3. Bohong

Bohong adalah salah satu sifat negatif anak yang paling merugikan. Anak yang suka berbohong akan sulit dipercaya oleh orang lain. Mereka juga akan kesulitan untuk mengembangkan karakter yang positif, seperti kejujuran dan integritas.

Orang tua perlu mengajarkan anak untuk jujur sejak dini. Misalnya, dengan memberikan contoh kejujuran dalam kehidupan sehari-hari dan memberikan konsekuensi yang tegas ketika anak berbohong.

Baca Juga: 10 Cara Mengubah Orang yang Benci Agar Berbalik Suka dengan Kita

4. Mencuri

Mencuri adalah salah satu bentuk pelanggaran hukum yang dapat merugikan orang lain. Sifat negatif Anak yang suka mencuri biasanya memiliki masalah dengan pengendalian diri dan tidak memiliki rasa empati terhadap orang lain.

Orang tua perlu mengajarkan anak untuk menghargai milik orang lain sejak dini. Misalnya, dengan memberikan contoh menghargai milik orang lain dan memberikan konsekuensi yang tegas ketika anak mencuri.

5. Mengganggu Orang Lain

Sifat negatif anak selanjutnya adalah suka mengganggu orang lain biasanya memiliki masalah dengan empati dan tidak memiliki kesadaran sosial. Mereka cenderung tidak peduli dengan perasaan orang lain dan hanya memikirkan diri sendiri.

Baca Juga: 7 Cara Berkelas dan Elegan Saat Menghadapi Orang-orang yang Sering Meremehkan

Orang tua perlu mengajarkan anak untuk menghormati orang lain sejak dini. Misalnya, dengan memberikan contoh menghormati orang lain dan memberikan konsekuensi yang tegas ketika anak mengganggu orang lain.

6. Merasa Paling Benar

Anak yang merasa paling benar biasanya memiliki ego yang tinggi dan tidak mau mendengarkan pendapat orang lain. Mereka cenderung tidak bisa menerima kritik dan selalu ingin menang sendiri.

Sifat negatif anak ini perlu orang tua ajarkan agar anak dapat menghargai pendapat orang lain sejak dini. Misalnya, dengan mengajak anak berdiskusi dan memberikan kesempatan kepada anak untuk menyampaikan pendapatnya.

Baca Juga: 10 Cara Menghilangkan Sifat Pendiam dan Pemalu Agar Menjadi Orang Berani

7. Malas

Malas adalah salah satu sifat negatif anak yang dapat menghambat perkembangannya. Anak yang malas biasanya tidak memiliki motivasi untuk belajar dan mengembangkan diri.

Orang tua perlu mengajarkan anak untuk disiplin dan bertanggung jawab sejak dini. Misalnya, dengan memberikan contoh disiplin dan bertanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari.

8. Mementingkan Diri Sendiri

Anak yang mementingkan diri sendiri biasanya tidak memiliki empati dan tidak peduli dengan orang lain. Mereka cenderung hanya memikirkan kepentingan diri sendiri dan tidak mau membantu orang lain.

Baca Juga: 10 Cara Hidup Bahagia dan Tenang Meskipun Belum Punya Pasangan

Sifat negatif anak ini wajib orang tua ajarkan agar anak bisa peduli dengan orang lain sejak dini. Misalnya, dengan memberikan contoh peduli dengan orang lain dan memberikan konsekuensi yang tegas ketika anak mementingkan diri sendiri.

9. Tidak Bertanggung Jawab

Sifat negatif anak lainnya ialah tidak bertanggung jawab, biasanya tidak memiliki kemauan untuk menyelesaikan tugas atau tanggung jawabnya. Mereka cenderung menunda-nunda pekerjaan dan tidak menyelesaikan pekerjaan dengan baik.

Orang tua perlu mengajarkan anak untuk bertanggung jawab sejak dini. Misalnya, dengan memberikan tugas dan tanggung jawab kepada anak sesuai dengan usianya.

Baca Juga: 7 Cara Hidup Bahagia Meskipun Sendirian Tanpa Harus Kesepian

10. Mengabaikan Peraturan

Anak yang mengabaikan peraturan biasanya memiliki masalah dengan pengendalian diri dan tidak memiliki rasa disiplin. Mereka cenderung melanggar peraturan yang ada tanpa memikirkan konsekuensinya, dan ini merupakan salah satu sifat negatif anak yang perlu diperhatikan orang tua.

Orang tua perlu mengajarkan anak untuk mematuhi peraturan sejak dini. Misalnya, dengan memberikan contoh mematuhi peraturan dan memberikan konsekuensi yang tegas ketika anak mengabaikan peraturan.

Jika anak memiliki sifat negatif, orang tua perlu segera memberikan perhatian dan penanganan yang tepat. Orang tua dapat berkonsultasi dengan psikolog anak untuk mendapatkan bantuan dalam mengatasi sifat negatif anak.

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Life04 Mei 2024, 12:00 WIB

Stres Termasuk 7 Penyebab Berat Badan Turun Drastis, Kamu Mengalaminya?

Stres fisik yang disebabkan oleh cedera, operasi, atau trauma, serta stres emosional yang berkepanjangan, dapat menyebabkan penurunan berat badan karena tubuh mengalami kelelahan dan kekurangan energi.
Ilustrasi. Orang Mengalami Stres Sehingga Menyebabkan Berat Badan Turun Drastis (Sumber : Pexels/NathanCowley)
Jawa Barat04 Mei 2024, 11:43 WIB

Jarkom PDs Canangkan Dana Abadi Berbasis Wakaf Bersama LW Doa Bangsa

Pengurus Lembaga Pendamping Proses Produk Halal (LP3H) Edukasi Wakaf Indonesia (EWI) Provinsi Jawa Barat bersilaturahmi kepada Pengurus Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Jaringan Komunikasi Pembangunan Desa (Jarkom PDs)
Perwakiln LP3H Provinsi Jawa Barat Agus Kamil dan Entus Wahidin serta Ketua Umum Jarkom PDs Pusat, Ayi Kosasih, dan Sekretaris Jenderal Jarkom PDs Pusat, Dasep Saepuloh | Foto : Ist
Life04 Mei 2024, 11:30 WIB

Temukan Akar Masalahnya, 3 Cara Membantu Anak yang Memiliki Harga Diri Rendah

Harga diri pada anak sangatlah penting. Namun bagaimana cara membantu apabila harga diri anak rendah?
Ilustrasi. Membantu Anak Yang Memiliki Harga Diri Rendah. Sumber : pexels.com/@Annushka
Sukabumi04 Mei 2024, 11:21 WIB

Pria Dipanggil Ceuceu, Korban Pembunuhan di Citepus Sukabumi Diduga Penyuka Sesama Jenis

ria yang menjadi korban penganiayaan hingga terjadi pembunuhan di sebuah perumahan di Desa Citepus, Kecamatan Pelabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, pada Sabtu (4/5/2024) diduga penyuka sesama jenis.
Evakuasi korban pembunuhan di perumahan di Citepus Sukabumi | Foto : Ist
Sehat04 Mei 2024, 11:00 WIB

6 Makanan Berlemak yang Masih Boleh Dikonsumsi Penderita Asam Urat

Ketahui Sederet Makanan Berlemak yang Masih Boleh Dikonsumsi Penderita Asam Urat. Yuk, Simak!
Ilustrasi. Alpukat dan Telur - Makanan Berlemak yang Masih Boleh Dikonsumsi Penderita Asam Urat. (Sumber : Pexels/FoodieFactor)
DPRD Kab. Sukabumi04 Mei 2024, 10:58 WIB

Anggota DPRD Janji Perjuangkan Kebutuhan Perahu untuk Siswa ke Sekolah di Cibitung Sukabumi

Harapan warga adanya bantuan perahu untuk siswa dan pengajar ke sekolah (SMPN 4 Cibitung), Kecamatan Cibitung, Kabupaten Sukabumi, mendapat respon positif dari anggota DPRD Kabupaten Sukabumi, Andri Hidayana.
Andri Hidayana, Anggota Komisi I DPRD Kabupaten Sukabumi | Foto : Istimewa)
Sukabumi04 Mei 2024, 10:30 WIB

Kantongi Identitas, Polisi Buru Pelaku Pembunuhan Pembantu Pria di Citepus Sukabumi

Satreskrim Polres Sukabumi melakukan pengejaran terhadap terduga pelaku penganiayaan atau pembunuhan di sebuah perumahan di Desa Citepus, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi
Rumah (TKP) pembantu ditemukan tewas di Citepus Palabuhanratu | Foto : Ilyas Supendi
Life04 Mei 2024, 10:30 WIB

6 Cara Mengajarkan Anak Tatakrama Agar Punya Budi Pekerti Luhur Sejak Kecil

Mengajarkan anak tentang tatakrama tentu menjadi keharusan bagi orang tua. Pendidikan ini harus diajarkan sejak kecil kepada anak-anak.
Ilustrasi. Cara mengajarkan anak tatakrama. Sumber foto : Pexels/Monstera Production
Sukabumi04 Mei 2024, 10:14 WIB

Geger Pria di Citepus Sukabumi Tewas Telanjang Berlumuran Darah di Rumah Majikan

Seorang pria bernama Ajo Sutarjo ditemukan tewas di ruang tamu rumah majikannya yang berada di sebuah perumahan di Desa Citepus, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (4/5/2024) sekitar pukul 04.15 WIB
Rumah (TKP) pembantu ditemukan tewas di Citepus Palabuhanratu | Foto : Ilyas Supendi
Life04 Mei 2024, 10:00 WIB

Berikan Contoh yang Baik! 12 Cara Mendidik Anak Laki-laki Agar Disiplin dan Penurut

Beberapa cara dapat membantu anak laki-laki agar memiliki sikap disiplin dan penurut.
Ilustrasi. Beberapa cara dapat membantu anak laki-laki agar memiliki sikap disiplin dan penurut. (Sumber : Unplash.com)