7 Fakta Menarik Film Buya Hamka, Disebut Film Termahal Hingga Bertabur Bintang

Jumat 31 Maret 2023, 13:15 WIB
7 Fakta Menarik Film Buya Hamka, Disebut Film Termahal Hingga Bertabur Bintang. | (Sumber : Instagram/@vinogbastian__.)

7 Fakta Menarik Film Buya Hamka, Disebut Film Termahal Hingga Bertabur Bintang. | (Sumber : Instagram/@vinogbastian__.)

SUKABUMIUPDATE.com - Film Buya Hamka mengangkat kisah tentang salah satu tokoh penting dalam perkembangan Islam di Indonesia. Ya, film ini menceritakan bagaimana perjuangan hidup seorang Haji Abdul Malik Karim Amrullah atau Buya Hamka.

Buya Hamka sendiri adalah sosok ulama besar, sastrawan dan politikus Indonesia yang sudah mendapat gelar Pahlawan Nasional. Bahkan, dengan kefasihan dakwahnya, Buya Hamka sudah diakui didalam negeri maupun luar negeri.

Film Buya Hamka karya rumah produksi Falcon Pictures dan Starvision ini dijadwalkan akan tayang pada 20 April 2023 mendatang di seluruh Bioskop Indonesia. Film ini juga sangat ditunggu-tunggu oleh para pecinta film tanah air.

Baca Juga: Film Buya Hamka Rilis Teaser Poster, Dijadwalkan Tayang Saat Libur Lebaran

Nah, sebelum kamu nonton film Buya Hamka nanti di bioskop, simak dulu 5 fakta menarik film Buya Hamka berikut ini yang dikutip via Tempoc.o.

1. Sinopsis Film Buya Hamka tentang Kisah Perjalanan Sang Ulama Besar

Film Buya Hamka mengisahkan kehidupan Buya Hamka sejak masa kanak-kanak, remaja, hingga berkeluarga. Pria kelahiran 17 Februari 1908 ini telah melewati berbagai fase kehidupan.

Buya Hamka merupakan seorang ulama, filsuf, dan sastrawan Indonesia yang berprofesi sebagai wartawan, pengajar, dan penulis dan berhasil menciptakan novel Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck.

Baca Juga: 5 Artis Non Muslim yang Ikutan Puasa di Bulan Ramadan, Toleransi yang Indah

Film biografi ini akan berfokus pada penyampaian dakwah, pandangan pluralisme, serta pentingnya menjaga keutuhan bangsa semasa hidupnya Buya Hamka.

Bukan hanya itu, film ini akan menjelaskan segala pencapaian membanggakan yang berhasil diraihnya selama menjadi sosok paling disegani oleh masyarakat Indonesia.

2. Proses Produksi Selama 9 Tahun

Buya Hamka memiliki nama lengkap Haji Abdul Malik Karim Amrullah yakni tokoh ulama, sastrawan, dan politikus yang menjabat sebagai Ketua Majelis Ulama (MUI) pertama.

Ide cerita film biografi ini muncul sejak 2014, saat produser Starvision bernama Chand Parwez bertemu dengan mantan Ketua MUI bernama Din Syamsuddin.

Baca Juga: Apakah Merokok Saat Puasa Ramadan Bikin Batal? Simak Penjelasannya

Sejak saat itu, proses produksi film Buya Hamka dimulai dan naskahnya ditulis oleh Alim Sudio dan Cassandra Massardi, namun prosesnya mengalami kendala karena seringkali mengalami perubahan.

Hingga akhirnya, membutuhkan waktu tiga tahun untuk memperkuat alur cerita dan konsep sebelum memulai casting.

3. Pemain Film Buya Hamka Bertabur Bintang Populer

Film biografi Buya Hamka diperankan oleh bintang populer dan berbakat seperti Vino G. Bastian, Laudya Cynthia Bella, Desy Ratnasari, Donny Damara, Rey Bong, Mawar Eva, Reza Rahadian, Mathias Muchus, Roy Sungkono, Cok Simbara, Yoriko Angeline, Marthino Lio, Wafda Lubis, dan Anjasmara.

4. Vino G. Bastian Berusaha Keras untuk Mendalami Karakter Buya Hamka

Vino G. Bastian awalnya adalah seorang model yang melakukan debut aktor dalam film 30 Hari Mencari Cinta pada 2004. Aktor populer ini sudah beberapa kali berperan dalam film biografi.

Sebab itu pula, ia memahami dan berusaha untuk mendalami karakter agar tidak mengurangi atau melebihkan kalimat yang diucapkan oleh Buya Hamka.

Baca Juga: 5 Tips Aman Berkendara Selama Bulan Suci Ramadan, Atur Kecepatan!

Apalagi, Buya Hamka merupakan tokoh yang sangat disegani hingga Vino G Bastian berusaha untuk tetap hati-hati mengucapkan setiap dialognya.

5. Laudya Cynthia Bella Mengaku Terkendala Bahasa Daerah

Laudya Cynthia Bella berperan sebagai Siti Raham yakni istri dari Buya Hamka. Laudya mengaku jika ia cukup kesulitan untuk menggunakan bahasa daerah sebagai percakapan sehari-hari.

Apalagi reading naskah hanya diberikan waktu singkat, yakni sekitar 20 hari. Sebab itulah, Laudya Cynthia Bella belum memperbanyak riset untuk mendalami karakternya, namun ia tetap berusaha semaksimal mungkin menampilkan yang terbaik dalam film Buya Hamka ini.

6. Durasi Film 7 Jam

Film Buya Hamka secara total memiliki durasi hingga 7 jam. Nantinya film ini akan dibagi menjadi 3 bagian. Hal itu dikarenakan kisah perjalanan hidup seorang Buya Hamka sangat panjang.

Baca Juga: Doa dan Cara untuk Menghilangkan Kecanduan Film Porno, Insyaallah Bisa!

Oleh karenanya, film ini membutuhkan durasi waktu 7 jam gara pesan dari kisah Buya Hamka dapat tersampaikan kepada masyarakat.

7. Disebut Sebagai Film Indonesia Termahal

Disebutkan, jika proses produksi film Buya Hamka membutuhkan waktu yang lama dan butuh biaya produksi yang tidak sedikit. Pasalnya, untuk membangun suasana saat kehidupan Buya Hamka dulu, membutuhkan set bangunan yang dananya sangat besar.

Nah, itu dia 7 fakta menarik film Buya Hamka yang akan segera tayang di seluruh bioskop Indonesia pada 20 April 2023. Film tentang biografi seorang ulama besar dan sastrawan ini menjadi salah satu film termahal di Indonesia.

Sumber: Tempo.co (Nur Qomariyah)

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Life19 Maret 2024, 14:00 WIB

Kecemasan yang Berlebihan, 11 Ciri Seseorang Mengalami Gangguan Kesehatan Mental

Gangguan kesehatan mental adalah kondisi yang memengaruhi pikiran, perasaan, dan perilaku seseorang.
Ilustrasi - Gangguan kesehatan mental adalah kondisi yang memengaruhi pikiran, perasaan, dan perilaku seseorang. (Sumber : Freepik.com)
Life19 Maret 2024, 13:42 WIB

Apakah Cuka Sari Apel Bisa Mengobati Sakit Kepala? Simak Ulasan Berikut

Sakit kepala adalah gangguan umum bagi kebanyakan orang. Ada banyak klaim mengenai manfaat cuka sari apel, termasuk kemampuannya dalam membantu mengatasi sakit kepala.
Ilustrasi wanita merasakan sakit kepala. | Foto: Freepik/@stocking
Food & Travel19 Maret 2024, 13:34 WIB

Takjil Puasa Super Gurih, Ekonomis, dan Nikmat! Cek Resep Lengkap Martabak Internet Ini

Membuat takjil puasa memang selalu menguras tenaga dan pikiran, apalagi di tengah kenaikan harga bahan pokok seperti sekarang ini.
Martabak Internet yang wajib dicoba. | Foto: YouTube Kreasi Bogasari
Food & Travel19 Maret 2024, 13:34 WIB

Minuman Super Segar Buat Takjil Puasa Nih, Bun! Cek Resep Lengkap Es Buah Hongkong Ini, Yuk!

Saat berbuka puasa, akan terasa segar jika tenggorokan kita dibasuh dengan minuman manis dan segar. Banyak resep minuman segar yang bisa jadi takjil puasa, salah satunya adalah Es Buah Hongkong atau Ximilu.
Salah satu minuman super segar yang cocok jadi takjil puasa keluarga, resep lengkap Es Buah Hongkong atau Ximilu yang manis dan nikmat | Foto : YouTube / Frisian Flag Indonesia
Life19 Maret 2024, 13:30 WIB

Pentingnya Menghargai Waktu, 10 Kunci Hidup Bahagia Ini Jarang Disadari Banyak Orang

Berikut ini beberapa kunci hidup bahagia yang jarang disadari banyak orang
Ilustrasi - Pentingnya Menghargai Waktu, 10 Kunci Hidup Bahagia Ini Jarang Disadari Banyak Orang (Sumber : Freepik/freepik)
Sukabumi Memilih19 Maret 2024, 13:21 WIB

Akui Ada yang Menyarankan, Pj Wali Kota Sukabumi Bicara Soal Maju di Pilkada 2024

Kusmana mengakui ada beberapa pihak yang menyarankan dirinya ikut mancalonkan.
Pj Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji bicara soal pilkada serentak tahun 2024. | Foto: Dokpim Kota Sukabumi
Sehat19 Maret 2024, 13:00 WIB

Asam Urat di Jari Tangan: Gejala, Orang yang Berisiko Terkena dan Mencegahnya Agar Tidak Kambuh

Asam urat di jari bisa menjadi kondisi yang melumpuhkan yang menyebabkan pembengkakan, nyeri hebat, kemerahan, dan rasa hangat pada buku-buku jari dan sendi jari yang lebih kecil.
Ilustrasi -Asam urat di jari bisa menjadi kondisi yang melumpuhkan yang menyebabkan pembengkakan, nyeri hebat, kemerahan, dan rasa hangat pada buku-buku jari dan sendi jari yang lebih kecil. (Sumber : Freepik.com).
Life19 Maret 2024, 12:30 WIB

10 Kebiasaan Sehat yang Bisa Membantu Mengatasi Stres, Lakukan Sekarang!

Menggabungkan beberapa kebiasaan sehat ke dalam rutinitas sehari-hari Anda dapat membantu mengatasi stres dengan lebih efektif dan meningkatkan kesejahteraan hidup secara keseluruhan.
Ilustrasi. Yoga untuk Relaksasi. Kebiasaan Sehat yang Bisa Membantu Mengatasi Stres (Sumber : Freepik/stocking)
Food & Travel19 Maret 2024, 12:15 WIB

4 Spot City Light Terbaik di Bandung, Cocok Ni Jadi Tempat Bukber Bareng Bestie

Berikut ini spot city light Kota Bandung yang bisa dijadikan tempat menikmati malam di bulan Ramadan seperti sekarang
4 Spot City Light Terbaik di Bandung, Cocok Ni Jadi Tempat Bukber Bareng Bestie (Sumber : Istimewa via Nible)
Food & Travel19 Maret 2024, 12:00 WIB

7 Makanan Tinggi Purin yang Bisa Menyebabkan Asam Urat Naik

Beberapa sayuran seperti bayam, asparagus, jamur, dan kembang kol mengandung purin dalam jumlah yang cukup tinggi, meskipun tidak sebanyak pada daging atau makanan laut sehingga bisa Menyebabkan Asam Urat Naik.
Jeroan, Makanan Tinggi Purin yang Bisa Menyebabkan Asam Urat Naik (Sumber : Instagram/@jeroan.jagoan)