The Nun dalam Semesta Conjuring, Urutan Munculnya Sosok Iblis Valak

Rabu 11 Januari 2023, 20:00 WIB
Film The Nun-Sosok Iblis Valak dalam Semesta The Conjuring (Sumber : Instagram/@thenunmovie)

Film The Nun-Sosok Iblis Valak dalam Semesta The Conjuring (Sumber : Instagram/@thenunmovie)

SUKABUMIUPDATE.com - Istilah Semesta The Conjuring tentu sudah tidak asing bagi para pecinta horror movie.

The Nun, Conjuring hingga Annabelle termasuk tiga judul film horor populer di dunia termasuk Indonesia.

Semesta The Conjuring memuat kronologi kisah menyeramkan yang melibatkan tiga istilah tersebut.

Sebelumnya perlu diketahui, penciptaan semesta Conjuring terbukti lewat produksi kisah lepasan atau spin-off tokoh, kisah, dan iblis yang hadir dalam Conjuring, seperti dikutip via Tempo.co.

Film The Nun, disutradarai Corin Hardy menjadi lepasan ketiga, berfokus pada kisah Valak—sosok iblis yang muncul di The Conjuring 2 (2016) dan Annabelle Creation (2017).

Baca Juga: Sinopsis The Conjuring 1, Film Horor Terbaik yang Diadaptasi dari Kisah Nyata

Pertama kali muncul pada 2013, The Conjuring berhasil menyajikan tontonan horor lewat kisah pasangan paranormal, Ed Warren (Patrick Wilson) dan Lorraine Warren (Vera Varmiga) di awal tahun 70-an. Kisah keduanya terinspirasi dari kisah nyata.

Sejak saat itu, sudah hadir lima film dalam semesta The Conjuring yakni The Conjuring (2013), Annabelle (2014), The Conjuring 2 (2016), Annabelle: Creation (2017), dan The Nun (2018). Namun jika melihat garis waktu dari kisah yang disajikan di masing-masing film, urutan peristiwa dan kemunculan iblis sejak awal tidak dimulai dari The Conjuring.

Berikut Kronologi Munculnya The Nun, Sosok Iblis Valak dalam Semesta The Conjuring

1. Kemunculan Valak di Abad Kegelapan (The Nun-2018)

Disebutkan ada seorang Duke di Carta Monastery, Rumania yang membuka gerbang neraka di sebuah gereja dan memanggil salah satu iblis yakni, Valak. Kemunculan Valak yang belum utuh segera dihentikan pihak Vatikan dengan meneteskan darah Yesus Kristus melalui retakan lantai katakomba.

2. Sejarah Bathseba, 1863 (The Conjuring-2013)

Bathseba merupakan iblis pertama yang muncul dalam semesta Conjuring saat pertama kali film ini tayang. Kisah tentang Bathseba Sherman—penyembah setan—yang mengorbankan bayinya tersebut terjadi di tahun 1863. Sebelum mati bunuh diri, Bathseba mengucap ikrar selalu setia menyembah setan. Ia mengorbankan anaknya yang baru lahir kepada iblis dan mengutuk semua orang yang berani hidup di tanah tempat ia tinggal. Setelah itu rohnya terus menghantui manusia hingga ke abad berikutnya.

3. Sejarah Annabelle, 1943 (Annabelle: Creation-2017)

Kisah ini bermula dari seorang pembuat boneka, Samuel Mullins dan istrinya Esther yang ditinggal mati putri mereka, Annabelle yang mati terlindas mobil. Pasangan ini berduka hingga bertahun-tahun dan berharap putri kesayangan mereka bisa kembali. Doa itu rupanya didengar iblis yang menyerupai Annabelle dan merasuk dalam salah satu boneka buatan Samuel.

Baca Juga: Moviegoers, Ini Rekomendasi Film dan Serial Terbaru Netflix Januari 2023!

4. Penutupan Gerbang Neraka di Carta Monastery, 1952 (The Nun-2018)

Seorang pastur dan calon biarawati dikirim Vatikan untuk menyelidiki kasus kematian misterius seorang biarawati. Rupanya kematian ini berkaitan dengan kemunculan Valak usai retakan gerbang neraka yang berhasil ditutup Vatikan, kembali terbuka lantaran perang besar.

Dua tokoh utama, Pastur Burke dan suster Irene mengupayakan agar gerbang neraka bisa kembali ditutup dan Valak tak mengganggu kehidupan manusia. Tapi rupanya, Valak berhasil menemukan jalan lain sehingga ia bisa berhadapan dengan Ed dan Lorraine Warren.

5. Teror di Kediaman Samuel Mullin, 1955 (Annabelle: Creation-2017)

Dua belas tahun setelah kepergian Annabelle, Samuel Mullins mempersilahkan rumahnya untuk ditinggali seorang biarawati, Charlotte bersama enam anak perempuan yatim piatu. Seorang anak, Janice menerobos sebuah kamar rahasia tempat boneka Annabelle disimpan. Petaka pun tak bisa dihindarkan. Lewat Janice, roh jahat di dalam boneka merasuk dan membuatnya berhasil kabur mencari tempat dan korban baru.

6. Aksi Horor Annabelle, 1967 (Annabelle-2014)

Seorang dokter, John Form menghadiahi istrinya, Mia sebuah boneka langka. Rumah mereka pun mulai diteror peristiwa mistis. Janice, perempuan yatim piatu yang membawa boneka Annabelle kabur, menjadi penganut sekte sesat.

Bersama pasangannya, ia berusaha membunuh orang tua angkatnya yang merupakan tetangga John dan Mia. Ia pun mulai menyerang John dan Mia, pemilik boneka Annabelle. Singkat cerita Janice bunuh diri sembari membawa boneka Annabelle, hal itu membuat roh iblis kembali ke dalam boneka.

John dan Mia sempat pindah ke sebuah apartemen. Namun Annabelle rupanya mengincar sesuatu dari mereka. DI tempat tinggal barunya Mia bertemu dengan Evelyn yang meyakini Mia dihantui roh jahat. Di akhir, Evelyn menggantikan posisi Mia untuk melakukan pengorbanan dengan melompati bangunan sambil membawa boneka Annabelle.

Usai peristiwa tersebut, boneka Annabelle muncul di sebuah toko antik. Ia ditemukan seorang perempuan bernama Debbie yang turut alami peristiwa gaib. Ia lantas meminta bantuan paranormal, Ed dan Lorraine untuk menghentikan teror yang dialaminya.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Film dan Drama Korea yang Tayang di Viu Bulan Januari 2023

7. Kisah Investigasi Ed dan Lorraine, 1971 (The Conjuring-2013)

Ini kisah yang mulanya berdiri sendiri lalu jadi peletak dasar dimulainya semesta The Conjuring. Berlatar tahun 1971, pasangan Warrens pergi ke Harrisville, Rhode Island, untuk membantu keluarga Perron yang belum lama pindah dan senantiasa diganggu makhluk halus. Di film ini roh Bathseba hadir menghantui. Rupanya rumah yang didiami keluarga Perron merupakan rumah Bathseba, penyihir dan menyembah setan sebelum ia bunuh diri pada 1863.

8. Kisah Pembantaian di Rumah Amityville, 1976 (The Conjuring 2-2016)

Ed dan Lorraine melakukan investigasi di rumah Amityville, lokasi pembunuhan tragis terhadap satu keluarga. Lorraine menyaksikan bagaimana peristiwa pembunuhan itu terjadi. Kisah ini baru muncul sekilas di Conjuring 2. Kisah berdarah di Amityville tampaknya berpeluang berkembang menjadi cerita tersendiri dalam semesta Conjuring berikutnya.

9. Munculnya Gangguan Valak, 1970 (The Conjuring 2-2016)

Lorraine menceritakan penglihatannya kepada Ed soal bahaya besar mengancam nyawa suaminya. Saat melakukan eksorsis dari seorang pria bernama Maurice Theriault di tahun 1970—yang ternyata dirasuki Valak—Lorraine mendapat penglihatan tentang kematian Ed. Pengalaman itu membuat Lorraine kerap dihantui Valak dan membuatnya enggan melanjutkan aktivitas mengusir arwah bersama suaminya.

10. Kisah Keluarga Hodgson, 1977 (The Conjuring 2-2016)

Pasangan Warren dimintai bantuan untuk mengatasi gangguan makhluk halus yang dialami keluarga Hodgson di London. Lorraine sempat menolak lantaran ia semakin yakin bahaya besar mengintai suaminya. Keluarga Hodgson diganggu roh di rumah mereka. Anggota keluarga yang paling terdampak adalah Janet, putri kedua mereka.

Penelusuran membuktikan Valak menjadi dalang dari teror di keluarga Hodgson. Valak mengendalikan roh seorang lelaki tua di rumah tersebut yang aslinya tidak begitu berbahaya. Lorraine berhasil mengusir Valak setelah menyebut namanya yang tercatat dalam Alkitab.

Kisah The Conjuring tak berhenti di sini. Sudah sempat tersebar cuplikan kisah yang akan hadir dalam The Conjuring 3 dan beberapa bocoran film lepasan lain di antaranya The Crooked Man yang muncul di The Conjuring 2.

Sumber : Tempo.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi13 Mei 2024, 22:49 WIB

Belasan Murid SD di Sukaraja Sukabumi Diduga Keracunan Jajanan, Ini Kronologinya

Polisi ungkap kronologi belasan murid SD di Sukaraja Sukabumi diduga keracunan makanan usai santap jajanan asal China.
Belasan murid SD di Sukaraja Sukabumi yang diduga keracunan jajanan saat dibawa ke Puskesmas oleh pihak sekolah. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi Memilih13 Mei 2024, 22:23 WIB

Waktu Persiapan Mepet, Fahmi Gagal Melaju di Pilkada Kota Sukabumi dari Perseorangan

Seorang anak muda yang peduli terhadap kemajuan Kota Sukabumi, Fahmi Dzikri gagal meneruskan perjuangannya untuk maju dalam Pilkada Kota Sukabumi melalui jalur perseorangan (calon independen).
Fahmi Dzkri, Bakal Calon Wali Kota/Wakil Wali Kota Sukabumi dari jalur perseorangan | Foto : SU
Sukabumi13 Mei 2024, 21:55 WIB

Buka Bimtek Strategi Pemasaran Pariwisata Lewat Medsos, Ini Harapan Plt Kadispar Sukabumi

Plt Kadispar Kabupaten Sukabumi Jujun Juaeni membuka kegiatan Bimbingan Teknis Strategi Komunikasi Pengembangan Pemasaran Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Melalui Media Sosial.
Plt Kadispar Kabupaten Sukabumi Jujun Juaeni saat membuka bimtek strategi pemasaran pariwisata dan Ekraf melalui medsos. (Sumber : Istimewa)
Sehat13 Mei 2024, 21:15 WIB

11 Jenis Ikan Laut dengan Kandungan Tinggi Purin yang Tidak Aman untuk Asam Urat

Ikan laut tinggi purin sangat dilarang dikonsumsi untuk penderita asam urat.
Ilustrasi - Ikan laut tinggi purin sangat dilarang dikonsumsi untuk penderita asam urat. (Sumber : pexels.com/@energepic.com).
Sukabumi13 Mei 2024, 21:14 WIB

Menderita Hidrosefalus, Bayi Asal Ciracap Sukabumi Butuh Bantuan

Siti Syazia Almaira (1 tahun) asal Kecamatan Ciracap Kabupaten Sukabumi menderita penyakit Hidrosefalus dan membutuhkan biaya untuk pengobatan.
Siti Syazia Almaira (1 tahun) asal Ciracap Sukabumi menderita penyakit  Hidrosefalus dan membutuhkan biaya untuk berobat | Foto : Ist
Sukabumi13 Mei 2024, 21:12 WIB

Tindaklanjuti SE Pj Gubernur Jabar, Disdik Sukabumi Perketat Izin Study Tour Sekolah

Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi resmi terbitkan surat himbauan terkait study tour. Berikut isinya
Ilustrasi study tour naik bus. | Sumber Foto: Pixabay
Sehat13 Mei 2024, 21:00 WIB

7 Herbal untuk Mengatasi Nyeri Sendi, Kurkumin hingga Kulit Jeruk

Inilah Jenis-jenis Herbal untuk Mengatasi Nyeri Sendi, Mulai Dari Kurkumin hingga Kulit Jeruk.
Ilustrasi. Radang Sendi | Ketahui Sederet Herbal untuk Mengatasi Nyeri Sendi (Sumber : Freepik/@freepik)
Aplikasi13 Mei 2024, 20:22 WIB

Mau Foto Makin Oke? Hapus Saja Objek Enggak Pentingnya dengan Pica AI!

Pica AI bukanlah sekedar aplikasi biasa untuk mengedit foto. Berikut keunggulan dan cara penggunaannya.
Ilustrasi penghapusan objek foto oleh Pica AI. | Sumber Foto: Istimewa
Sukabumi13 Mei 2024, 20:04 WIB

Dispar Sukabumi Soal Penataan Warung Tenda Biru di Geyser Cisolok Jelang Healthy City Summit

Dispar Kabupaten Sukabumi sebut pedagang tenda biru di Geyser Cisolok segera direlokasi jelang Healty City Summit 2024.
Objek wisata Geyser Cisolok dipenuhi warung tenda biru | Foto : Ilyas Supendi
Life13 Mei 2024, 20:00 WIB

10 Ciri Orang yang Akan Menyesal di Masa Depan, Apa Kamu Salah Satunya?

Orang yang mungkin akan menyesal di masa depan adalah mereka yang tidak mengambil kesempatan untuk tumbuh dan belajar.
Ilustrasi - Orang yang mungkin akan menyesal di masa depan adalah mereka yang tidak mengambil kesempatan untuk tumbuh dan belajar. (Sumber : Pixabay.com/@Pexels).