Lintang Kusuma Pratiwi, Anak Muda Indonesia yang Masuk Forbes 30 Under 30 Asia 2023

Kamis 02 November 2023, 11:15 WIB
Lintang Kusuma Pratiwi adalah salah satu anak muda Indonesia yang masuk 30 Under 30 Asia 2023 versi Forbes. (Sumber : Akun LinkedIn Lintang Kusuma Pratiwi).

Lintang Kusuma Pratiwi adalah salah satu anak muda Indonesia yang masuk 30 Under 30 Asia 2023 versi Forbes. (Sumber : Akun LinkedIn Lintang Kusuma Pratiwi).

SUKABUMIUPDATE.com - Forbes meirilis daftar 30 Under 30 Asia 2023 atau daftar 30 orang berpengaruh di Asia dibawah 30 tahun. Di tahun ini, tercatat ada 19 anak muda asal Indonesia yang berhasil masuk dalam Forbes 30 Under 30 2023.

19 anak muda asal Indonesia tersebut masuk kedalam beberapa kategori seperti  Retail & E-Commerce; Industry, Manufacturing & Energy; The Arts; Finance & Venture Capital; Enterprise Technology; dan Social Impact.

Dihimpun via laman resmi forbes, anak-anak muda ini rata-rata memiliki usia di kisaran 27 tahun dan paling yang termuda adalah 12 tahun. Mereka semua terdiri dari pebisnis, pengusaha, inovator maupun pemimpin yang masuk ke dalam daftar Forbes.

Baca Juga: Mengapa Semakin Dewasa Kita Merasa Kesepian? Ini 10 Alasannya

Lintang Kusuma Pratiwi Co Founders, Elevarm

Lintang Kusuma Pratiwi adalah co-founder dan Chief Agriculture Officer dari Elevarm, yaitu bisnis ‘agritech’ yang berfokus untuk membangun pertanian berkelanjutan di Indonesia maupun di luar negeri.

Namanya Lintang Kusuma Pratiwi masuk kedalam daftar 30 Under 30 Asia 2023 yang dirilis Forbes. Meskipun usianya baru 26 tahun, ia sukses menjadi salah satu anak muda yang berpengaruh dan menginspirasi semua orang.

Lintang sendiri adalah Co-Founder Elevarm yakni sebuah perusahaan startup AgriTech dengan pertumbuhan tercepat di Indonesia dan salah satu dari sedikit perusahaan yang berfokus pada sisi hulu, memberikan solusi dan layanan komprehensif yang mengangkat derajat petani. 

Baca Juga: 10 Ciri Orang yang Kesepian dalam Hidupnya, Apa Kamu Mengalaminya?

Elevarm membangun ekosistem yang didukung oleh data dan teknologi berbasis AI untuk merevolusi efisiensi produksi di sektor pertanian, memastikan kualitas, kuantitas, dan pasokan yang konsisten bagi pelanggan bisnis. 

Didirikan pada tahun 2022, saat ini kami beroperasi di - Bandung, Cianjur, Sukabumi, Tasikmalaya, Cilacap, Wonosobo, Temanggung, Magelang, dan Sleman - dengan ribuan petani di jaringan layanan kami dan tujuan kami adalah menghadirkan layanan kami kepada 1 juta petani pada tahun 2022 hingga 2025.

Mengutip laman Forbes, Elevarm meluncurkan aplikasi guna membantu petani di Indonesia mengidentifikasi penyakit tanaman dan mendapatkan panduan yang dipersonalisasi menggunakan data seperti satelit dan prediksi cuaca. 

Baca Juga: 10 Ciri-ciri Orang yang Mudah Stres, Apakah Kamu Salah Satunya?

Elevarm menawarkan lebih dari sekedar nasihat tanaman kepada petani, menambahkan akses pasar, ekspor dan pembiayaan. Sejauh ini, perusahaan telah bekerja sama dengan petani di sembilan wilayah di Provinsi Jawa Barat dan Tengah. 

Elevarm telah mengumpulkan $1,4 juta dan didukung oleh investor seperti Insignia Ventures dan 500 Global serta pengusaha lokal termasuk Gibran Huzaifah dari Efishery dan Arip Tirta dari Evermos

Dilansir laman worldbank, Lintang Kusuma Pratiwi mengungkapkan bahwa pekerjaan sebagai Co-Founder Elevarm sangat berarti baginya dan ia bangga memimpin tim yang mampu mengembangkan solusi inovatif di sektor pertanian.

Baca Juga: 11 Ciri-ciri Orang Stres Karena Tekanan Hidup, Kamu Salah Satunya?

“Sebagai salah satu Startup AgTech yang tumbuh pesat di Indonesia, Elevarm telah memengaruhi mata pencaharian ribuan petani, dan ini baru di tahap permulaan saja. Saya sangat senang dengan potensi dampak yang dapat kami wujudkan di sektor ini,” ungkap Lintang dikutip via laman resmi worldbank.

Semua anak muda termasuk Lintang tersebut dinilai berpengaruh dan berhasil dalam melakukan perubahan di bidangnya masing.masing. Berikut adalah 19 anak muda Indonesia yang terbagi dalam beberapa Kategori.

Berdasarkan kategorinya, Retail & E-Commerce menjadi kategori dengan talenta muda Indonesia terbanyak di Forbes 30 Under 30 Asia 2023. Tercatat, jumlahnya mencapai tujuh orang. 

Baca Juga: 7 Manfaat Mengonsumsi Kopi Hitam Tanpa Gula Bagi Kesehatan Tubuh

Retail & E-Commerce

  • Clara Carina Lukito 29 (Cofounders Little Joy)
  • Claudia Sastra 28 (Cofounders Little Joy)
  • Clinton Augusto Kartawijaya 27 (Cofounders Muscle First)
  • Sally Varsly 27 (Cofounders Muscle First)
  • Tiffany Danielle 27 (Cofounder Rosé All Day Cosmetics)
  • Eko Pujianto 29 (CEO Sari Kreasi Boga)
  • Felix Saputra 28 (Cofounder Satu Dental)

Industry, Manufacturing & Energy

  • Andre Septiano 28 (Cofounder Fresh Factory)
  • Bayu Anggara 28 (Cofounder FishLog)
  • Febi Ifdillah 25 (Cofounder Elevarm)
  • Lintang Kusuma Pratiwi 26 (Cofounder Elevarm)

 

Finance & Venture Capital

  • Alwyn Rusli 26 (Investor, Trihill Capital)
  • Giovanni Wilson 26 ( Senior Investment Analyst, AC Ventures)

Baca Juga: 10 Gejala Autis Pada Anak yang Sangat Mudah Dikenali, Yuk Bunda Perhatikan!

The Arts

  • Silvano Christian 29 (Ceo Dapur Cokelat)
  • Benita Setyawan 26 (Cofounders Maquinn)
  • Janice Setyawan 26 (Cofounders Maquinn)

 

Enterprise Technology

  • Mirsa Sadikin 27 (Cofounders Biteship)
  • Afra Sausan. 25 (Cofounders Biteship)

 

Social Impact

  • Steffina Yuli 29 (Chief Business Officer Kippin)

Baca Juga: 8 Gejala Anak Autis yang Wajib Dikenali Oleh Orang Tua, Yuk Simak dan Kenali!






Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi09 Mei 2024, 00:31 WIB

Hati-hati Jadi TKW! Belajar Rugi dari Warga Sukabumi yang Hamil Sepulang dari Dubai

Camat Gunungguruh Kabupaten Sukabumi, Kusyana menanggapi hal tersebut, pihaknya menyebut peristiwa ini harus menjadi contoh (pelajaran) bagi seluruh masyarakat ketika hendak menjadi TKW.
Camat Gunungguruh Kabupaten Sukabumi, Kusyana saat diwawancarai sukabumiupdate.com, Rabu (8/5/2024) | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi08 Mei 2024, 23:30 WIB

Silaturahmi Kepala Desa Se-Dapil V, Satukan Langkah untuk Kemajuan Sukabumi

Silahturahmi dan Halal Bihalal Apdesi Kabupaten Sukabumi bersama para kepala desa, para istri kepala desa, dan aparat desa se Dapil V di gelar di Agro Park, Kecamatan Nyalindung, Rabu (8/5/2024).
Halal Bihalal dan Silaturahmi Apdesi dan Para Kepala Desa Se Dapil V Kabupaten Sukabumi, Rabu (8/5/2024) | Foto : Dok. Apdesi
Sukabumi08 Mei 2024, 23:23 WIB

Diduga Sopir Main HP saat Berkendara, Angkot di Sukabumi Seruduk Mobil Penjual Cireng

Angkot seruduk mobil penjual cireng di Goalpara Sukabumi, diduga gegara sopir asyik main HP saat berkendara.
Angkot seruduk mobil penjual cireng di Goalpara Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
DPRD Kab. Sukabumi08 Mei 2024, 22:54 WIB

DPRD Sukabumi Raker soal Pencabutan Status UHC Non-Cut Off, Ini Hasilnya

Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi Hera Iskandar ungkap hasil raker soal pencabutan status UHC Non-Cut Off bersama Pemda.
Raker Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi dan Pemda soal pencabutan status UHC Non-Cut Off oleh BPJS Kesehatan. (Sumber : Diskominfosan Kab. Sukabumi)
Sukabumi08 Mei 2024, 21:16 WIB

Banyak Kasus Kriminal Libatkan Anak, Bupati Sukabumi Soroti Dampak Medsos hingga Ekonomi

Bupati Sukabumi, Marwan Hamami menyebut pengawasan perserta didik harus diperketat mulai dari pengawasan orang tua, lembaga pendidikan hingga lingkungan sosial
Bupati Sukabumi, Marwan Hamami | Foto : Asep Awaludin
Sehat08 Mei 2024, 21:00 WIB

Tanaman Jelatang: Nutrisi dan 5 Khasiatnya untuk Mengobati Beragam Penyakit

Jelatang adalah tanaman kurus dari keluarga jelatang yang disebut Urticaceae.
Ilustrasi - Jelatang adalah tanaman kurus dari keluarga jelatang yang disebut Urticaceae. (Sumber : pexels.com/@Simon Gough).
Sukabumi08 Mei 2024, 20:59 WIB

Kamboja Belajar soal Pencegahan Perkawinan Anak ke Pemkab Sukabumi

Kabupaten Sukabumi jadi tempat belajar soal pencegahan perkawinan anak bagi delegasi Kamboja.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami saat berbagi cenderamata dengan delegasi pemerintah Kamboja. (Sumber : Diskominfosan Kab. Sukabumi)
Sukabumi08 Mei 2024, 20:14 WIB

Kebakaran Rumah di Lengkong Sukabumi Diduga Akibat Korsleting Listrik, Penghuni Mengungsi

Kerugian akibat kebakaran rumah di Lengkong Sukabumi ini capai Rp65 Juta. Penyebab diduga akibat korsleting listrik.
Kondisi rumah di Lengkong Sukabumi yang hangus terbakar. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi Memilih08 Mei 2024, 20:09 WIB

Pleno DPD Nasdem Putuskan Ayep Zaki Bacalon Wali Kota/Wakil Wali Kota Sukabumi

DPD Partai Nasdem Kota Sukabumi menetapkan Ayep Zaki sebagai satu-satunya nama bakal calon wali kota / wakil wali kota Sukabumi yang lolos penjaringan.
Pleno DPD Partai Nasdem Kota Sukabumi memutuskan H Ayep Zaki satu-satunya yang lolos penjaringan dan akan diusulkan ke DPW Nasdem Jabar, Rabu (8/5/2024) | Foto : Syams
Sehat08 Mei 2024, 20:00 WIB

12 Bahan Alami untuk Mencegah Asam Lambung Naik di Malam Hari

Selain mengonsumsi bahan alami, penderita asam lambung juga penting untuk menghindari makanan dan minuman yang dapat memicu refluks asam, seperti makanan pedas, berlemak, kafein, dan minuman berkarbonasi.
Ilustrasi. Beberapa bahan alami dapat membantu mencegah asam lambung naik dan meredakan gejalanya (Sumber : Freepik/diana.grytsku)