Sejarah Alkohol di Drakor See You in My 19th Life Dikritik Netizen Iran

Sabtu 01 Juli 2023, 21:00 WIB
Poster | Sejarah Alkohol di Drakor See You in My 19th Life Dikritik Netizen Iran (Sumber : Instagram/@seeyouinmy19thlifee)

Poster | Sejarah Alkohol di Drakor See You in My 19th Life Dikritik Netizen Iran (Sumber : Instagram/@seeyouinmy19thlifee)

SUKABUMIUPDATE.com - See You in My 19th Life termasuk salah satu drama korea yang diadaptasi dari webtoon. Drakor bertema reinkarnasi ini bahkan masuk dalam jajaran drakor populer Juni 2023 lalu, hingga trending topik di media sosial.

Peran Ahn Bo Hyun dalam drakor See You in My 19th disebut-sebut melebihi ekspektasi dengan aktingnya  yang dinilai sangat apik dalam drama Korea tersebut.

Sayangnya, kekinian Drama Korea See You in My 19th Life menuai kritik dari penonton Iran. Ini karena kesalahan dalam salah satu adegannya yang dianggap mendistorsi sejarah negara Timur Tengah tersebut.

Baca Juga: Tol Bocimi Seksi 2 Terkendala PHO, Apa Itu Provisional Hand Over?

Mengutip dari Sportskeeda dan Allkpop via Tempo.co, drama yang tayang di Netflix itu menyebut penemu alkohol berasal dari Arab, padahal berdasarkan sejarah, alkohol justru pertama kali ditemukan di Iran.

Netizen Protes Sejarah Penemuan Alkohol di Drakor See You in My 19th Life

Netizen mengungkapkan kemarahan mereka terhadap See You in My 19th Life setelah tokoh utama yang diperankan oleh Shin Hye Sun menceritakan kehidupan keempatnya sebagai laki-laki Arab yang menemukan arak.

"Zakaria Razi merupakan orang Iran, bukan Arab, dan alkohol pertama kali ditemukan di Iran. Ini merupakan distorsi sejarah dan menyinggung orang Iran. Tolong perhatikan ini," tulis @Sayena_min di unggahan Netflix Korea, dikutip Sabtu (1/7/2023).

Tak hanya itu, netizen juga berharap Netflix Korea dapat memberikan pernyataan resmi terkait isu ini.

"Saya keberatan (karena) alkohol ditemukan oleh ilmuwan Iran dan Anda memperkenalkannya sebagai minuman dari Arab pada film. Ini diartikan sebagai pencurian. Pilih berhentikan penayangan serial atau buat pernyataan soal ini," kata @kimraoon_of, dikutip dari Sportskeeda.

Sementara itu, dikutip dari Allkpop, alkohol pertama kali ditemukan oleh Abu Bakar al-Razi atau Abu Bakar Mohammad bin Zakaria Razi yang merupakan ilmuan dari Iran. Hasil penemuannya ini berasal dari distilasi anggur dan dinamakan sebagai alkohol. Kemudian, 'arak' juga dikenal sebagai minumal ikonik yang berasal dari Iran.

Sinopsis See You in My 19th Life

Drakor Populer 2023: Sinopsis dan Link Nonton See You in My 19th LifeDrakor Populer 2023: Sinopsis dan Link Nonton See You in My 19th Life

Drama ini menceritakan tentang seorang wanita yang terus terlahir kembali atau reinkarnasi sebagai remaja berusia 12 tahun dengan pahit manis kehidupan sebelumnya. Memasuki masa reinkarnasi ke-18, gadis itu terlahir sebagai Yoon Joo-won (Kim Ji A), gadis berusia 12 tahun dari keluarga kaya raya.

Kala itu, ia diminta bermain dengan bocah laki-laki berusia 9 tahun bernama Moon Seo-ha (Jeong Hyun Jun) yang memiliki watak keras.

Sejak kecil, Yoon Joo Woo memang terlihat lebih dewasa dari anak-anak sebayanya. Ia juga terbilang tertutup dan tidak tertarik memiliki hubungan mendalam dengan orang lain karena merasa tidak mendapat respon baik dari orang-orang ketika mengungkapkan jati dirinya.

Alhasil, Joo Won senantiasa berdoa supaya ia bisa melupakan kehidupan di masa sebelumnya saat sudah berada di ujung masa hidupnya. Namun, Moon Seo Ha membuatnya menemukan kebahagiaan itu, Joo Won bisa merasakan kebahagiaan seperti anak-anak seusianya.

Sayangnya di tengah kebahagiaan itu, ada kecelakaan yang membuatnya harus terpisah dengan Moon Seo Aa. Itu adalah pertama kali Joo Won berdoa supaya ia masih bisa mengingat Seo Ha di kehidupannya selanjutnya.

Baca Juga: 4 Rekomendasi Tempat Wisata Sekitar Bocimi, Lewat Tol Ciawi Sukabumi

Singkat cerita, Joo Won terlahir kembali menjadi Ban Ji Eum (Shin Hye-sun), seorang gadis dari keluarga misan.  Di kehidupannya yang ke 19 ini ia berhasil bertemu Seo-ha (Ahn Bo Hyun) berkat kerja kerasnya yang bahkan rela menjadi karyawan di kantor milik keluarga Seo Ha.

Selama kehilangan Joo Won, Seo Ha menghabiskan waktunya di luar negeri. Ji Eum tidak menyadari bahwa apa yang terjadi di masa lalu telah mengubah Seo-ha dan membuatnya merasa trauma. Usai kembali ke Korea, Seo Ha ditugaskan di anak perusahaan.

Akhirnya Ji Eum pun memohon untuk dipindahkan ke sana meski harus turun pangkat. Keduanya pun berhasil kembali dengan sosok yang tentunya sama-sama berubah, terlebih Seo-ha tidak mengetahui bahwa Ji Eum adalah Joo Won.

Meski lambat laun keduanya menjadi cukup dekat, Ji Eum merasa ragu saat melihat luka dan trauma yang dimiliki Seo Ha karena ia sadar akan kembali meninggalkannya.

Daftar Pemain See You in My 19th Life

  • Shin Hye Sun sebagai Ban Ji Eum
  • Ahn Bo Hyun sebagai Moon Seo Ha
  • Ha Yoon kyung sebagai Yoon Cho Won
  • Lee Chae Min sebagai Kang Min Ki
  • Ahn Dong Goo sebagai Ha Do Yoon
  • Lee Bo Young sebagai Lee Sang Ah
  • Cha Chung Hwa sebagai Kim Ae Kyung

Link Nonton See You in My 19th Life

Link: https://bit.ly/3Nmuavb 

See You in My 19th Life sudah tayang sejak 17 Juni 2023, dan bisa disaksikan melalui layanan streaming Netflix.

Namun sebelum itu, pastikan sudah berlangganan layanan streaming untuk bisa menyaksikan episode baru See You in My 19th Life setiap Sabtu dan Minggu pukul 19.20 WIB.

SUMBER: TEMPO.CO | GABRIELLA AMANDA | SPORTSKEEDA | ALLKPOP 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Keuangan29 April 2024, 21:32 WIB

6 Cara Melatih Anak Pandai Mengelola Uang Sejak Dini, Ikuti Langkah Ini

Mengajarkan anak pandai mengelola uang sangat berguna untuk masa depannya. Hal ini membantunya dewasa dalam memili uang.
Ilustrasi. Cara mengajari anak mengelola uang. | Sumber foto : Pexels/cottonbro studio
Sehat29 April 2024, 21:00 WIB

Hidup Sehat Bebas Asam Urat: Rekomendasi Makanan Sehat dan Pantangan yang Perlu Diketahui

Bagi penderita asam urat, ada sejumlah makanan yang dipantang dan beberapa diantaranya di rekomendasikan.
Ilustrasi daging merah - Bagi penderita asam urat, ada sejumlah makanan yang dipantang dan beberapa diantaranya di rekomendasikan. (Sumber : pexels.com/@Eduardo Krajan)
Life29 April 2024, 20:53 WIB

Bisa Berasal Dari Kemarahan, Ini 3 Penyebab Agresi Pada Balita

Ingin tahu mengapa balita Anda begitu marah dan agresif? Pelajari lebih lanjut tentang agresi balita, dan kapan harus khawatir.
Ilustrasi agresi pada balita / Sumber Foto: Freepik/@stocking
Life29 April 2024, 20:48 WIB

6 Cara Mendidik Anak Agar Jadi Orang Disiplin Seumur Hidupnya

Melatih anak agar menjadi orang disiplin tentu sangat diidamkan semua orang tua. Oleh sebabnya, perlu dilakukan beberapa langkah mewujudkannya.
Ilustrasi. Cara melatih anak menjadi orang disiplin. | Sumber foto : Pexels/Gustavo Fring
Bola29 April 2024, 20:30 WIB

Link Live Streaming Timnas Indonesia vs Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23 2024

Timnas Indonesia hari ini akan menghadapi Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23 2024.
Timnas Indonesia hari ini akan menghadapi Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23 2024. (Sumber : Instagram/@jagad_stadium/Ist).
Sukabumi29 April 2024, 20:29 WIB

Dibiayai Donatur, Siswa MI Gelarsari Sukabumi Setiap Hari Dapat Makan Siang Gratis

Kepala Sekolah (Kepsek) MI Gelarsari, Solahhudin Sanusi mengatakan program makan siang gratis tersebut merupakan bantuan dari lembaga swasta Indonesia Food Security Review (IFSR) yang berlokasi di Jakarta.
Para siswa MI Gelarsari Bantargadung Sukabumi saat menikmati makan siang gratis program lembaga swasta | Foto : Ilyas Sanubari
DPRD Kab. Sukabumi29 April 2024, 20:22 WIB

Terpukau dengan Gaya Main Timnas U-23, Badri Yakin Indonesia Bisa Taklukan Uzbekistan

Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi Badri Suhendi prediksi Timnas Indonesia U-23 menang lawan Uzbekistan dengan skor 2-1.
Badri Suhendri, MH / Anggota DPRD Fraksi Partai Demokrat Kabupaten Sukabumi | Foto : sukabumiupdate
Sukabumi Memilih29 April 2024, 20:03 WIB

Antusias, 7 Orang Daftar Maju Pilkada Kota Sukabumi Lewat PDIP

Sejumlah tokoh sangat antusias mengikuti penjaringan bakal calon Walikota\Wakil Walikota dalam perhelatan Pilkada Kota Sukabumi 2024 melalui DPC PDIP Kota Sukabumi.
Iwan Kustiawan, saat mendaftar menjadi bakal calon wali kota Sukabumi di Pilkada Sukabumi 2024 | Foto : Sukabumi Update
Life29 April 2024, 20:02 WIB

Temukan Alasannya Dengan Segera, Terapkan 10 Cara Berikut Agar Balita Berhenti Memukul

Meskipun balita belum memahami dampak dari memukul, namun sebenarnya mereka tidak memiliki niat jahat. Begini cara menangani agar mereka berhenti memukul.
Ilustrasi cara balita berhenti memukul / Sumber Foto : pexels.com/@Tatiana Syrokova
Sehat29 April 2024, 20:00 WIB

Cara Diet Sehat untuk Diabetes Tipe 1: Bantu Menjaga Gula Darah Tetap Stabil

Penderita diabetes tipe 1 harus berhati-hati dalam mengatur pola makannya untuk menjaga kestabilan kadar gula darah karena tubuhnya tidak dapat memproduksi insulin secara alami.
Ilustrasi. Penderita diabetes tipe 1 harus berhati-hati dalam mengatur pola makannya untuk menjaga kestabilan kadar gula darah karena tubuhnya tidak dapat memproduksi insulin secara alami. (Sumber : Pexels/NataliyaVaitkevich)