Tol Bocimi Seksi 2 Terkendala PHO, Apa Itu Provisional Hand Over?

Jumat 30 Juni 2023, 12:30 WIB
Kendala Operasional Tol Bocimi Seksi 2, Apa Itu Provisional Hand Over (PHO)?| Foto : SU

Kendala Operasional Tol Bocimi Seksi 2, Apa Itu Provisional Hand Over (PHO)?| Foto : SU

SUKABUMIUPDATE.com - Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) Seksi 2 ruas Cigombong - Cibadak adalah satu diantara Jalan tol yang pernah dibuka secara fungsional guna mendukung Arus Mudik Lebaran Idul Fitri 2023. Sayangnya, Tol Bocimi saat libur Idul Adha 2023 belum bisa operasional seperti Idul Fitri.

Akibatnya, masyarakat yang berencana menggunakan jalan tol Bocimi saat libur Idul Adha harus mengatur ulang rencana perjalanan. Hal ini disebabkan oleh proses Provisional Hand Over (PHO) atau Penyerahan Sementara.

Baca Juga: Jejak Ponpes Al Zaytun di Cisaat Sukabumi, Panji Gumilang Diduga Islamophobia

Lantas, apa itu Provisional Hand Over (PHO) atau Penyerahan Sementara? Berikut penjelasannya sebagaimana dikutip via pengadaan.web.id!

Kegiatan Provisional Hand Over (PHO) adalah kegiatan serah terima pekerjaan, selain masa pemeliharaan (warranty period) dan FHO (Final Hand Over).

Tahapan PHO diperlukan oleh pengelola proyek maupun atasannya dalam rangka pengendalian proyek. Ini karena setelah serah terima selesai, pekerjaan akan masuk ke tahap berikutnya berupa tahap pemanfaatan atau pengoperasional dan pemeliharaan.

Di lingkup proyek pemerintah, proses serah terima pekerjaan mencakup serah terima hasil pekerjaan pertama (PHO), masa pemeliharaan (warranty period), dan serah terima pekerjaan akhir (FHO). Kegiatan tersebut dilakukan oleh Kontraktor Pelaksana dan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK).

Pengertian Provisional Hand Over (PHO)

Serah Terima Sementara Pekerjaan (Provisional Hand Over-PHO) adalah suatu kegiatan serah terima seluruh pekerjaan yang dilakukan secara resmi. PHO dilakukan dari penyedia jasa kepada direksi pekerjaan setelah diteliti terlebih dahulu oleh Panitia Penilai Hasil Pekerjaan.

Hal tersebut menggambarkan bahwa prosedur Serah Terima sementara Pekerjaan (PHO) di Sektor Swasta dilakukan antara pihak terkait yang bertanggung jawab, diantaranya Kontraktor, Direksi Teknik, Pemimpin Proyek, Panitia Penilai Hasil Pekerjaan dan Tim Teknis.

Kegiatan-kegiatan yang dilakukan dalam proses PHO meliputi pemeriksaan pertama, penentuan cacat dan kekurangan (defects and deficiencies) dan pemeriksaan ulang. Kemudian ada proses penandatanganan Berita Acara Serah Terima Sementara Pekerjaan, mulai dari usulan kontraktor, pemeriksaan awal oleh Direksi Teknik dan dilanjutkan dengan pembentukan Panitia Pemeriksaan Hasil Pekerjaan sampai pada pelaksanaan Serah Terima Sementara (PHO).

Provisional Hand Over (PHO) dalam Perpres No. 16 Tahun 2018 tentang Pengadaan Barang/Jasa

Tata cara serah terima pekerjaan yang secara teknis dilakukan dalam dua tahap diatur dalam proyek pemerintah.

Pertama, PHO yang merupakan serah terima dari penyedia kepada PPK (Pasal 57 Perpres 16/2018). Kedua, adalah serah terima pekerjaan dari PPK kepada PA/KPA (Pasal 58).

Ruang lingkup PHO/FHO ini mencakup mutu dalam beberapa hal yaitu administrasi, visual dan kuantitas.

Baca Juga: 6 Rekomendasi Toko Baju Murah di Sukabumi, Buka Setiap Hari!

Sebelumnya diberitakan, Humas PT Waskita Karya Edi Abas menjelaskan soal kabar belum beroperasionalnya seksi 2 Tol Bocimi ini. Pihaknya, kata Edi, masih dalam proses Provisional Hand Over (PHO) dengan pihak terkait. Proses PHO sendiri merupakan tahap penting sebelum suatu jalan tol dapat dioperasikan secara resmi.

Selain itu, pihak terkait juga perlu memastikan bahwa infrastruktur jalan tol tersebut telah memenuhi standar keselamatan dan keamanan yang ditetapkan.

Menurut Edi, proyek pembangunan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi seksi II sepanjang 11,9 kilometer ini semakin mendekati penyelesaian yang ditandai dengan hanya tertinggalnya proses finishing dengan target Agustus harus sudah finish.

Dalam upaya penyelesaian proyek ini, Edi menyatakan fokus saat ini adalah pada pembangunan Tol Gate Parungkuda. Gerbang tol ini akan menjadi akses penting bagi pengguna Jalan Tol Bocimi yang ingin masuk atau keluar dari seksi II.

Selain itu, sambung Edi, kantor yang akan menjadi pusat operasional bagi tol Bocimi seksi II juga sedang dalam tahap penyelesaian.

Dalam perkembangan terbaru, Ia menyebut pemasangan lampu di sepanjang ruas jalan tol Bocimi seksi II telah selesai dilakukan. Selain itu, badan jalan tol Bocimi seksi II juga telah diselesaikan sepenuhnya.

Sumber: pengadaan.web.id

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi04 Mei 2024, 00:01 WIB

Bayi Baru Lahir Ditemukan Menangis di Semak-semak Gegerkan Warga Gunungguruh Sukabumi

Berawal dari suara tangis, Warga Gunungguruh Sukabumi temukan bayi baru lahir berlumuran darah di semak-semak.
Penemuan bayi laki-laki baru lahir di Gunungguruh Sukabumi. Ditemukan menangis di semak-semak kebun. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi03 Mei 2024, 21:46 WIB

5 Perangkat Daerah Kabupaten Sukabumi Akan Dinilai Ombudsman, Ini Arahan Sekda

5 perangkat daerah Kabupaten Sukabumi yang akan dinilai Ombudsman yaitu DPMPTSP, Dinsos, Dinkes, Disdik dan Disdukcapil.
Sekda kabupaten Sukabumi Ade Suryaman, memimpin rapat pembahasan persiapan penilaian pelayanan publik oleh Ombudsman. (Sumber : Dokpim Pemkab Sukabumi)
Life03 Mei 2024, 21:00 WIB

12 Tips Menghadapi Orang Egois yang Selalu Merasa Benar

Berikut Beberapa Tips Menghadapi Orang Egois yang Selalu Merasa Benar. Meskipun Hati Sangat Kesal pada Mereka, Coba untuk Tetap Empati Ya!
Ilustrasi. Pasangan bertengkar. Tips Menghadapi Orang Egois yang Selalu Merasa Benar. (Sumber : Freepik.com)
Sehat03 Mei 2024, 20:30 WIB

7 Daun yang Berkhasiat Membantu Menurunkan Kadar Gula Darah dalam Tubuh

Daun-daun ini dipercaya dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.
Ilustrasi daun kelor. Daun-daun ini dipercaya dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. (Sumber : Instagram/@dina_dara_chadank)
Sukabumi03 Mei 2024, 20:08 WIB

Kronologi Pasutri Tewas Tertabrak KA Siliwangi di Sukabumi, Korban Sudah Diteriaki

Warga ceritakan detik-detik suami istri tewas tertabrak kereta api KA Siliwangi di Kebonpedes Sukabumi.
Tempat Kejadian Perkara Pasutri tertabrak kereta api di Kampung Babakansirna, Rt 03/04, Desa/Kecamatan Kebonpedes, Sukabumi. (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Keuangan03 Mei 2024, 20:00 WIB

10 Kebiasaan Sepele yang Bisa Membuat Hidupmu Miskin, Jangan Lakukan!

Waspada Terhadap Kebiasaan Sepele yang Bisa Membuat Hidupmu Miskin, Jangan Lakukan!
Finansial Terbatas. Kebiasaan Sepele yang Bisa Membuat Hidup Miskin | Foto : Karolina Grabowska/Pexels
Gadget03 Mei 2024, 19:30 WIB

Begini Langkahnya, 7 Tips Mengatasi Memori Internal yang Penuh di HP Android

Ada beberapa cara untuk mengatasi memori internal HP yang penuh.
Ilustrasi. Ada beberapa cara untuk mengatasi memori internal HP yang penuh.(Sumber : Freepik/@rawpixel.com)
DPRD Kab. Sukabumi03 Mei 2024, 19:11 WIB

Pelajar Sukabumi Darurat Kekerasan Seksual, DPRD: Penguatan Ilmu Agama, Sekolah dan Rumah

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Budi Azhar merespon dua kasus kekerasan seksual yang melibatkan pelajar.
Budi Azhar Mutawalli, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi | Foto: Aji
Sukabumi Memilih03 Mei 2024, 19:10 WIB

50 Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi Hasil Pemilu 2024 Ditetapkan, Berikut Daftar Namanya

Sah! Berikut daftar nama Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi hasil Pemilu 2024.
KPU gelar rapat pleno terbuka penetapan perolehan kursi parpol dan penetapan calon angggota DPRD Kabupaten Sukabumi hasil Pemilu 2024, Kamis 2 Mei 2024. (Sumber : Istimewa)
Life03 Mei 2024, 19:00 WIB

Biasa Menjadi Luar Biasa: 10 Kebiasaan Kecil yang Membuatmu Dihormati dan Disegani

Menjadi orang yang disegani dan dihormati membutuhkan waktu dan usaha.
Ilustrasi -Menjadi orang yang disegani dan dihormati membutuhkan waktu dan usaha. (Sumber : pexels.com/Alexander Suhorucov)