3 Orang dari Band Populer, 25 Artis Diduga Terlibat Pencucian Uang Rafael Alun

Kamis 06 April 2023, 12:00 WIB
Rafael Alun Trisambodo berada di gedung merah KPK untuk klarifikasi terkait LHKPN yang mencapai Rp 56 miliar. | 3 Orang dari Band Populer, 25 Artis Diduga Terlibat Pencucian Uang Pejabat Pajak (Sumber : Istimewa)

Rafael Alun Trisambodo berada di gedung merah KPK untuk klarifikasi terkait LHKPN yang mencapai Rp 56 miliar. | 3 Orang dari Band Populer, 25 Artis Diduga Terlibat Pencucian Uang Pejabat Pajak (Sumber : Istimewa)

SUKABUMIUPDATE.com - Rafael Alun Trisambodo, Mantan Pejabat Ditjen Pajak telah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus gratifikasi oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Namanya ikut terseret usai sang anak, Mario Dandy terlibat kasus perkelahian dengan anak petinggi GP Ansor yaitu David Ozora.

Meski keduanya terlibat kasus hukum, kasus Rafael Alun dan Mario Dandy ini tidak lah sama. Adapun kasus Rafael Alun Trisambodo sendiri adalah soal harta kekayaan hingga Pencucian uang yang diduga melibatkan beberapa artis tanah air.

Indonesian Audit Watch (IAW) melaporkan bahwa setidaknya ada 25 artis yang terlibat dalam kasus pencucian uang mantan Pejabat Ditjen Pajak Rafael Alun Trisambodo, salah satunya berinisial 'R'. Ya, sosok tersebut disebut-sebut dilaporkan terlibat dalam kasus gratifikasi eks Pejabat Ditjen Pajak, Rafael Alun Trisambodo.

Baca Juga: Diskon 20 Persen, Cek Besaran Tarif Tol Mudik Lebaran 2023 Terbaru

Lebih lanjut, dari 25 artis tersebut, tiga orang di antaranya termasuk ke dalam sebuah grup band Indonesia yang cukup populer.

"Yang terkonsolidasi, yang terakses atau terkorelasi langsung atau tidak langsung minimal 25 (artis). Ada tiga band besar juga," kata perwakilan IAW, Iskandar Sitorus, dikutip via Suara.com, Kamis (6/4/2023).

Saat ini, KPK masih mendalami siapa saja artis yang diduga terlibat kasus pencucian uang eks Pejabat Ditjen Pajak, Rafael Alun Trisambodo.

Namun demikian, terkait hal tersebut, Guru Besar FEB Universitas Indonesia, Rhenald Kasali sempat menjelaskan 10 ciri-ciri bisnis artis yang diduga terlibat dalam Pencucian uang.

"Ini ada 10 tanda-tandanya, yang pertama tiba-tiba usaha menjadi besar, yang kedua uangnya easy seakan-akan mudah sekali (mendapatkannya), yang ketiga mereka selalu punya alibi bahwa ini adalah hasil dari usaha," kata Rhenald Kasali, mengutip unggahan @real.dramahaluu, Kamis (6/4/2023).

Baca Juga: 1000 Orang, PMI Ilegal Dijanjikan Upah 1.200 Riyal/Bulan Kerja di Arab Saudi

Selanjutnya, menurut Rhenald Kasali, mereka tidaklah membangun usaha, melainkan kerajaan bisnis. Bahkan dalam waktu singkat.

Ciri berikutnya yaitu pembisnis biasanya akan mengaku bahwa modal mereka berasal dari warisan. Padahal dari sokongan dana Pencucian uang.

"Yang berikutnya nomor enam tersembunyi, siapa orang di belakang mereka. Yang ketujuh punya usaha tumbuh menjadi besar tetapi enggak punya keahlian bisnis," lanjutnya.

Tidak hanya itu, mereka juga ternyata lkerap membagi-bagikan sedekah.

"Kemudian yang ke-8, mereka juga dikelilingi oleh media komunikasi. Yang ke-9, bagi-bagi duit itu sering kali kita lihat. Yang ke-10. tiba-tiba banyak masalah yang muncul di tempat mereka," tandas Rhenald Kasali.

Sumber: Suara.com

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi25 April 2024, 21:19 WIB

Pemkot Sukabumi Beri Hadiah Untuk SKPD dengan Pendaftaran Pekerja Rentan Terbanyak

SKPD yang menerima hadiah dianggap telah menunjukkan komitmen yang kuat dalam mendorong pendaftaran pekerja rentan ke dalam program jaminan sosial.
Pemberian hadiah bagi SKPD Pemkot Sukabumi dengan Pendaftaran Pekerja Rentan Terbanyak. (Sumber : Istimewa)
Bola25 April 2024, 21:00 WIB

Link Live Streaming Timnas Indonesia vs Korea Selatan di Piala Asia U-23 2024, Klik Disini!

Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Piala Asia 2024 antara Timnas Indonesia U-23 vs Korea Selatan U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya.
Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Piala Asia 2024 antara Timnas Indonesia U-23 vs Korea Selatan U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya. (Sumber : Instagram/@jagad_stadium/Ist).
Life25 April 2024, 20:59 WIB

Dapat Tekanan dari Orang Tua Lain, Berikut 4 Penyebab Penerapan Pola Asuh Helikopter

Pola asuh helikopter berarti orang tua sepenuhnya menyetir anak mereka agar menjadi orang yang mereka inginkan karena beberapa penyebab.
Ilustrasi penyebab penerapan pola asuh helikopter. | Sumber Foto: Freepik/@freepik
DPRD Kab. Sukabumi25 April 2024, 20:29 WIB

DPRD Sukabumi Apresiasi Capaian Otonomi Daerah dan Harapan untuk Kemajuan Lebih Mandiri

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sukabumi, Usep Wawan, menyampaikan apresiasi atas capaian otonomi daerah yang mandiri
Usep Wawan, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Nasional25 April 2024, 20:03 WIB

Surya Paloh Deklarasikan NasDem Dukung Penuh Pemerintahan Prabowo-Gibran

Hal itu disampaikan Surya Paloh usai melakukan pertemuan dengan Prabowo Subianto, Kamis, 25 April 2024.
Presiden terpilih 2024-2029 Prabowo Subianto saat menerima kedatangan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh. (Sumber : IG Sufmi Dasco)
Sehat25 April 2024, 20:00 WIB

11 Kebiasaan Ini Bantu Jaga Gula Darah Anda Tetap Normal, Yuk Lakukan

Beberapa kebiasaan ini harus dimulai dari sekarang jiga ingin menjaga gula darah tetap normal.
Ilustrasi - Beberapa kebiasaan ini harus dimulai dari sekarang jiga ingin menjaga gula darah tetap normal.  (Sumber : Freepik/Lifestylememory)
Life25 April 2024, 19:46 WIB

Hindari 8 Aktivitas Berikut Agar Hubungan Orang Tua Dengan Anak Lebih Erat Harmonis

Ikuti tips berikut untuk memiliki hubungan yang lebih sehat dengan anak-anak Anda dalam jangka panjang.
Ilustrasi hubungan orang tua dengan anak | Foto : Sumber : Freepik/@tim kita
Sukabumi25 April 2024, 19:36 WIB

Peringati Hari Bumi, Pemuda Pabuaran Sukabumi Tebar 15.000 Bibit Ikan di Sungai Cikaso

Dalam rangka memperingati Hari Bumi, sejumlah pemuda di Pabuaran Sukabumi tebar ribuan bibit ikan di Sungai Cikaso.
Sejumlah pemuda di Pabuaran Sukabumi tebar ribuan bibit ikan di Sungai Cikaso. (Sumber : Istimewa)
Life25 April 2024, 19:32 WIB

Dapat Menurunkan Rasa Percaya Diri, Ini 5 Dampak Pola Asuh Helikopter Pada Anak

Pola asuh helikopter dapat berdampak negatif pada anak, karena penerapan pola asuh ini melibatkan orang tua sepenuhnya terhadap kegiatan anak.
Ilustrasi dampak pola asuh helikopter | Foto : Freepik/@jcomp
Sukabumi Memilih25 April 2024, 19:04 WIB

Fikri Abdul Aziz Daftar ke PAN: Siap Dampingi Asjap di Pilkada Sukabumi

Daftar ke PAN, Fikri Abdul Aziz memiliki keinginan untuk mendampingi Asep Japar (Asjap) di Pilkada Kabupaten Sukabumi 2024.
Fikri Abdul Aziz mendaftarkan diri ke Desk Pilkada DPD PAN Kabupaten Sukabumi, Kamis (25/04/2024). (Sumber : Istimewa)