Asal Usul Nama Rubicon, Mobil Jeep MDS Barang Bukti Penganiayaan David

Rabu 01 Maret 2023, 12:15 WIB
Mobil Jeep Rubicon (Sumber : oto.com)

Mobil Jeep Rubicon (Sumber : oto.com)

SUKABUMIUPDATE.com - Nama Rubicon mulai ramai diperbincangkan warganet usai Kasus penganiayaan David Ozora oleh tersangka Mario Dandy Satriyo atau MDS viral di media sosial.

Mario Dandy, Anak Pejabat Pajak Rafael Alun Trisambodo, diketahui kerap pamer kekayaan. Saat aksi penganiayaan David Ozora MDS menggunakan Mobil Jeep Rubicon yang kini disita polisi sebagai salah satu barang bukti.

MDS mengemudikan Mobil Jeep Rubicon untuk menjumpai korban D yang sedang berada di rumah temannya, R. Jeep Rubicon tersebut kini berada di Polres Metro Jakarta Selatan.

Baca Juga: Cara Ikut Tren Instagram National Little You Day, Nostalgia Foto Masa Kecil

Rubicon, salah satu merk mobil pabrikan Amerika Serikat ini diketahui memiliki berbagai macam jenis mobil lainnya seperti, Jeep Gladiator Rubicon hingga Wrangler Sahara.

Tidak bisa dipungkiri, Rubicon menjadi salah satu jenis mobil Jeep yang memiliki kesan elegan dan mewah. Selain harganya yang cukup tinggi, mobil ini juga memiliki spesifikasi yang mumpuni.

Tak heran Mario Dandy disebut sebagai anak pejabat pajak yang kerap pamer kekayaan usai Mobil Jeep Rubicon yang dikemudikannya viral di media sosial.

Namun demikian, ditilik dari sisi yang lain, dibalik kemewahannya, Rubicon juga memiliki nilai historis, khususnya nama yang dipakai hingga saat ini, dilansir via Tempo.

Asal Usul Nama Rubicon, Mobil Jeep MDS Barang Bukti Penganiayaan David

Pada zaman Romawi, untuk menandai perbatasan antara Italia dan Cisalpine Gaul (wilayah selatan Pegunungan Alpen yang diperintah Julius Caesar), masyarakat menggunakan sungai kecil yang disebut dengan Rubicon menjadi sebuah patokan.

Menurut hukum Romawi, gubernur yang memerintah dan membawa pasukan menuju Italia melintasi sungai Rubicon akan dinyatakan sebagai musuh publik. Lebih lanjut, seseorang ataupun kelompok yang menyeberangi sungai ini sebagai simbol pernyataan perang.

Baca Juga: Si Kebluk Plus Insomnia, Kenapa Remaja Susah Tidur dan Bangun Tepat Waktu?

Pada awal 49 SM, pengaruh Julius Caesar yang semakin kuat membuat senat Pemerintah Romawi menginstruksikan pada masyarakat untuk mengesampingkan perintahnya. Caesar yang berniat untuk melewati perbatasan tersebut mengerti betul konsekuensi yang akan ia terima ketika melanggar aturan senat.

Julius percaya akan terhadi perang saudara ketika ia melintasi Sungai Rubicon, bahkan ia menyadari akan melawan mantan sekutunya, Pompey. Jika Caesar menyeberangi Rubicon, maka tidak ada jalan kembali untuknya.

Berdasarkan kanal jeep.ca, nama Rubicon untuk jenis mobil Jeep ini memiliki makna off-road dengan percaya diri. Filosofi ini diambil dari kisah Julius Caesar yang berani mengambil konsekuensi ketika menyeberangi Sungai Rubicon, walaupun sudah dapat larangan dari pemerintah Romawi dan menerima risiko untuk berperang.

Baca Juga: Picu Gempa Guncang Sukabumi, Sesar Cimandiri Aktif dan Tertua di Jawa Barat

Sebelumnya diketahui pada kasus penganiayaan David Ozora anak petinggi GP Ansor, Polres Metro Jakarta Selatan telah menetapkan MDS sebagai Tersangka kekerasan yang dilakukan pada Senin, 20 Februari 2023.

MDS ditetapkan sebagai Tersangka pada Selasa, 21 Februari 2023 dan telah dilakukan penahanan berdasarkan keterangan saksi, barang bukti dan data yang ada. Sementara itu, ayah MDS yang disebut-sebut sebagai pejabat Direktorat Jenderal Pajak (Ditjen Pajak) bernama Rafael Alun Trisambodo juga sedang dalam proses pemeriksaan.

SUMBER: TEMPO.CO | GERIN RIO PRANATA

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Food & Travel29 Februari 2024, 12:30 WIB

Taman Buah Mekarsari, Wisata Ramah Anak Bisa Liburan Sambil Belajar

Taman Buah Mekarsari merupakan destinasi wisata yang cocok untuk liburan anak-anak, dan berikut informasi terbaru tempat wisata tersebut
Taman Buah Mekarsari merupakan destinasi wisata yang cocok untuk liburan anak-anak, dan berikut informasi terbaru tempat wisata tersebut (Sumber : mekarsari.com)
Produk29 Februari 2024, 12:03 WIB

Harga Beras Turun Rp1.000 Per Kg di Palabuhanratu Sukabumi, Ini Penyebabnya

Harga beras di Pasar Palabuhanratu mulai alami tren penurunan setelah adanya pasokan beras SPHP.
Lapak pedagang beras di Pasar Palabuhanratu Sukabumi. (Sumber : Dok. SU)
Motor29 Februari 2024, 12:00 WIB

Harus Cermat! Simak Langkah-langkah Sebelum Membeli Ban Motor Baru

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat mengganti ban motor dengan cermat dan memastikan keamanan dan performa berkendara Anda.
Ilustrasi - Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat mengganti ban motor dengan cermat dan memastikan keamanan dan performa berkendara Anda. (Sumber : pexels.com/@Prakash Chavda).
Life29 Februari 2024, 11:00 WIB

10 Hal yang Harus Dipersiapkan Menjelang Datangnya Bulan Suci Ramadan

Dengan mempersiapkan diri dengan baik, diharapkan bulan Ramadhan dapat menjadi bulan yang penuh berkah dan ampunan bagi kita semua.
Ilustrasi - Dengan mempersiapkan diri dengan baik, diharapkan bulan Ramadhan dapat menjadi bulan yang penuh berkah dan ampunan bagi kita semua. (Sumber : Freepik.com).
Inspirasi29 Februari 2024, 10:15 WIB

Lowongan Volunteer Tenaga Kesehatan di KAI Services, Cek Kualifikasinya

Apabila kamu tertarik dengan lowongan volunteer ini, yuk daftarkan diri sekarang juga!
Ilustrasi - Apabila kamu tertarik dengan lowongan volunteer ini, yuk daftarkan diri sekarang juga! (Sumber : Freepik.com/@ rawpixel.com).
Jawa Barat29 Februari 2024, 10:09 WIB

Gandeng Penggiat dan Komunitas EV, PLN Touring Lambretta Konversi Listrik Sejauh 170 Km

PLN UID Jabar menggelar kegiatan komunitas kendaraan hobi yakni Lambretta Vakansi Vol. 1.
PT PLN (Persero) UID Jawa Barat mengajak Bengkel Konversi GBESCOOT dan komunitas kendaraan listrik lakukan touring. | Foto: PLN
Life29 Februari 2024, 10:00 WIB

11 Kebiasaan Orang Sukses di Pagi Hari yang Harus Anda Tiru

Orang sukses memiliki berbagai kebiasaan yang membantu mereka mencapai tujuan mereka.
Ilustrasi. Orang sukses memiliki berbagai kebiasaan yang membantu mereka mencapai tujuan mereka.| Foto: Pixabay
Sukabumi29 Februari 2024, 09:49 WIB

Pembayaran Klaim BPJS Ketenagakerjaan Hingga Rp384 M

Sebanyak 23.807 dari 48.204 klaim merupakan pencairan program Jaminan Hari Tua kepada para peserta baik klaim yang dilakukan secara online melalui lapak asik dan yang langsung datang ke kantor cabang.
Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Sukabumi | Foto : Istimewa
Film29 Februari 2024, 09:46 WIB

6 Drama Korea yang Dibintangi Lee Jae Wook, Teman Kencan Karina AESPA

Namanya kembali menjadi perbincangan karena kabar kencannya dengan idol Karina AESPA. Berikut 6 Drama Korea yang dibintangi oleh Lee Jae Wook.
Lee Jae Wook, aktor ternama di Korea Selatan. Sumber Foto: Instagram/@jxxvvxxk
Nasional29 Februari 2024, 09:40 WIB

44 Petugas Pemilu Meninggal dan Kecelakaan Kerja Dapat Santunan BPJS Ketenagakerjaan

Ketiga ahli waris mendapatkan santunan BPJS Ketenagakerjaan.
Penyerahan santunan kepada keluarga di Kantor Kemenko PMK, Jakarta, pada 27 Februari 2024. | Foto: Istimewa