Profil Gitasav atau Gita Savitri, Influencer yang Bilang Childfree Bikin Awet Muda

Rabu 08 Februari 2023, 12:30 WIB
Profil Gitasav atau Gita Savitri, Influencer yang Bilang Childfree Bikin Awet Muda . | (Sumber : Instagram/@gitasav).

Profil Gitasav atau Gita Savitri, Influencer yang Bilang Childfree Bikin Awet Muda . | (Sumber : Instagram/@gitasav).

SUKABUMIUPDATE.com - Nama Gitasav atau pemilik nama asli Gita Savitri adalah seorang Youtuber sekaligus influencer asal Indonesia yang kini sedang ramai diperbincangkan warganet.

Gitasav kembali dikritik oleh warganet karena ungkapannya tentang Childfree yang dianggap tidak tepat. Awalnya Gitasav membalas komentar salah satu warganet yang mengatakan dirinya tampak awet muda.

Gitasav menjawab komentar warganet tersebut jika rahasianya tampak awet muda adalah tak memiliki anak atau Childfree. Akibat jawabannya itu, Gitasav menjadi bulan-bulanan warganet di media sosial.

Baca Juga: Sinopsis Film Survivor Dibintangi Milla Jovovich Akan Tayang di Bioskop Trans TV

Lantas siapa sih Gitasav ini? Berikut profil dan kontroversi Gita Savitri yang mengutip Suara.com dari berbagai sumber.

1. Profil Gita Savitri

Gita Savitri Devi lahir pada 27 Juli 1992 di Palembang, Sumatera Selatan. Dikenal dengan nama Gitasav, perempuan berusia 30 tahun ini eksis sebagai YouTuber, penyanyi, dan penulis buku.

Baca Juga: Apa Itu PMO? Bahasa Gaul TikTok yang Wajib Diwaspadai

Gita Savitri menikah dengan Paul Andreas Partohap yang juga seorang kreator konten asal Indonesia pada 2018. Setelah menikah, keduanya memutuskan untuk menetap di Jerman dan tidak memiliki anak.

2. Karier Gita Savitri

Gita Savitri memulai kariernya sebagai YouTuber pada 17 Desember 2009 untuk mengisi waktu luang sebelum berkuliah. Gita pindah ke Jerman pada 2010 dan berkuliah di Berlin.

Vlog pertama Gita Savitri diunggah ke kanal YouTube pribadinya pada 24 Maret 2016. Sejak itu, dia rajin membuat konten yang kebanyakan seputar pengalamannya jadi mahasiswa di Berlin.

Baca Juga: Gacor Bersama Persib Bandung, Ciro Alves Masih Ingin Terus Cetak Gol

Selain YouTuber, Gita Savitri juga merilis beberapa buku, salah satunya Rentang Kisah (2017) tentang pengalamannya selama berkuliah di Jerman. Buku tersebut sudah difilmkan dengan Beby Tsabina dan Bio One menjadi pemeran utama.

Gita juga merambah dunia tarik suara bersama suaminya. Dengan nama Paul & Gita, mereka merilis single berjudul Seandainya yang dijadikan soundtrack film Rentang Kisah (2020).

3. Kontroversi Gita Savitri

a. Childfree atau Tidak Punya adalah Obat Awet Muda Alami

Gita Savitri menuai kontroversi lantaran komentarnya tentang childfree adalah anti-aging alami mengingat dia tak akan stres mendengarkan teriakan anak kecil. Karena tidak ada tanggungan lain untuk dibiayai, dia mampu membayar perawatan seperti botox.

Baca Juga: Tampil Lebih PD Tanpa Perut Buncit, Ini 4 Tips untuk Mengecilkan Lemak Tubuh

"Not having kids is indeed natural anti-aging. You can sleep for 8 hours every day, no stress hearing kids screaming. And when you finally got wrinkles, you have the money to pay for botox," tulis Gitasav dikutip dari komentarnya, Rabu (8/2/2023).

b. Tidak Mau Punya Anak

Kontroversi pertama yang dilontarkan oleh Gita Savitri adalah tidak mau punya anak dan hanya ingin hidup berdua bersama suaminya yang bernama Paul. Pernyataan itu kemudian menimbulkan perdebatan di antara warganet dan melahirkan istilah baru yaitu childfree.

Keputusan Gita Savitri lalu menuai hujatan karena pernyataan tidak mau punya anak sangat tak lazim di Indonesia. Ia pun mengungkapkan jika mempunyai seorang anak adalah tanggung jawab besar sehingga Gita dan suaminya bersepakat untuk tidak mau punya anak.

c. Kontroversi Karena Aksi Popo Barbie

Gitasav pernah terseret dalam masalah yang melibatkan artis TikTok Popo Barbie. Gita Savitri sejatinya tidak mengenal seleb TikTok tersebut, namun karena dirinya ikut mengomentari Popo Barbie yang menyamar dan masuk kedalam toilet perempuan, ia pun dikritik oleh netizen.

Popo Barbie adalah seorang transpuan yang dianggap Gitasav tidak salah jika ia masuk kedalam toilet perempuan. Menurut Gita Savitri, di negara Jerman banyak toilet campur antara laki-laki, perempuan dan semuanya tidak menjadi masalah.

d. Tanggapan Kontroversial tentang isu LGBT di Piala Dunia Qatar 2022

Gelaran Piala Dunia 2022 terdapat aksi yang menyorot publik, Timnas Jerman melakukan aksi tutup mulut sebagai protes dilarangnya kampanye LGBT di negara Qatar.

Salah seorang netizen kemudian meminta Gita Savitri untuk mengomentari atas aksi tersebut. Gita lalu melayangkan komentar yang dianggap netizen sangat pro LGBT, ia seolah-olah menuduh tuan rumah Piala Dunia 2022 Qatar menyebarkan isu homophobia.

e. Hina Netizen Stunting

Kontroversi ini berawal dari salah satu netizen yang mengkritik gaya hijab dari Gita Savitri. Influencer itu sebelumnya menggugah pose dirinya dengan hijab model turban yang hanya tutupi rambutnya saja, sementara leher dan telinganya terlihat.

Lalu banyak netizen menyoroti perubahan gaya berhijab Gitasav yang dianggap terlalu berani. Karena dapat kritik yang memenuhi kolom komentarnya, Gitasav akhirnya terpancing emosi dan menyebut netizen tersebut stunting.

Baca Juga: 5 Cara Mencegah Perut Buncit Agar Tampil Lebih PD, Yuk Simak!

Stunting sendiri bisa diartikan perkembangan anak yang gagal tumbuh karena kurang mendapatkan gizi.

Itu dia profil Gita Savitri atau Gitasav, YouTuber yang kini dikritik karena menyebut childfree sebagai anti-aging alami.

Sumber: Suara.com (Chusnul Chotimah)

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sehat20 April 2024, 09:00 WIB

5 Bahan Alami untuk Menurunkan Kadar Kolesterol dalam Tubuh, Tanpa Obat!

Manfaat bahan herbal seperti daun kemangi atau surawung ternyata sangat baik untuk kesehatan seperti untuk kolesterol.
Ilustrasi - Manfaat bahan herbal seperti daun kemangi atau surawung ternyata sangat baik untuk kesehatan seperti untuk kolesterol.| Foto: Pixabay/_Alicja_
Sehat20 April 2024, 08:00 WIB

Bisa Menurunkan Gula Darah, 5 Manfaat Kencana Ungu untuk Kesehatan

Selain sebagai tanaman hias, beberapa spesies kencana ungu juga memiliki nilai pengobatan tradisional dalam beberapa budaya.
Ilustrasi. Cek Diabetes. Gaya Hidup Sehat untuk Mencegah Gula Darah Naik (Sumber : Pexels/PhotoMixCompany)
Life20 April 2024, 07:00 WIB

10 Ciri Orang yang Mengalami Gangguan Kesehatan Mental, Apakah Kamu Salah Satunya?

Orang yang mengalami gangguan kesehatan mental dapat menunjukkan berbagai ciri-ciri, baik secara emosional, perilaku, maupun pikiran.
Ilustrasi - Orang yang mengalami gangguan kesehatan mental dapat menunjukkan berbagai ciri-ciri, baik secara emosional, perilaku, maupun pikiran. (Sumber : Freepik.com)
Food & Travel20 April 2024, 06:00 WIB

Cara Membuat Rebusan Asam Jawa untuk Menurunkan Gula Darah, Ini 8 Langkahnya!

Begini Cara Membuat Rebusan Asem Jawa untuk Menurunkan Gula Darah, Ikuti 8 Langkahnya Yuk!
Asam Jawa. Cara Membuat Rebusan Asem Jawa untuk Menurunkan Gula Darah, Ini 8 Langkahnya! (Sumber : Freepik/jcomp)
Science20 April 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 20 April 2024, Cek Dulu Sebelum Berakhir Pekan!

Prakiraan cuaca hari ini Sabtu 20 April 2024, Sukabumi dan sekitarnya.
Ilustrasi - Prakiraan cuaca hari ini Sabtu 20 April 2024, Sukabumi dan sekitarnya. (Sumber : Freepik)
Sukabumi20 April 2024, 00:14 WIB

Usai Lebaran, Pasien Membludak di RSUD Palabuhanratu Sukabumi

Humas RSUD Palabuhanratu Sukabumi sebut pasien yang datang rata-rata mengeluhkan penyakit demam, pencernaan, metabolik, serta penyakit dalam.
Kondisi di sekitar IGD RSUD Palabuhanratu Sukabumi, Jumat (19/4/2024). (Sumber : SU/Ilyas)
Sukabumi Memilih19 April 2024, 23:48 WIB

Yudi Suryadikrama Respon Perundingan Kebonpedes Soal Dukungan Maju Pilkada Sukabumi

Ketua DPC PDIP Kabupaten Sukabumi, Yudi Suryadikrama merespon pernyataan sejumlah kader partai yang memintanya untuk maju dalam kontestasi Pilkada Sukabumi 2024.
Yudi Suryadikrama Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Keuangan19 April 2024, 23:24 WIB

Upaya Bapenda Sukabumi Mudahkan Layanan Perpajakan Bagi Wajib Pajak di Desa

Kepala Bapenda Kabupaten Sukabumi Herdy Somantri mengatakan inovasi tersebut menekankan pentingnya integrasi sistem administrasi pajak daerah dari tingkat desa hingga kabupaten.
Kepala Bapenda Kabupaten Sukabumi Herdy Somantri. | Foto: SU/Ilyas (Sumber : SU/Ilyas)
DPRD Kab. Sukabumi19 April 2024, 22:01 WIB

DPRD Minta Bakesbangpol Usut Penyebab Meninggalnya Peserta Seleksi Paskibraka Sukabumi

Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi Hera Iskandar turut berbelasungkawa atas meninggalnya Kayla Nur Syifa saat mengikuti seleksi Paskibraka.
Jenazah siswi SMAN Negeri 1 Cisaat saat akan diberangkatkan dari RSUD Palabuhanratu menuju rumah duka di Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi, Jumat (19/4/2024). | Foto: SU/Ilyas Supendi
Opini19 April 2024, 21:44 WIB

Menjadi Lelaki Berkualitas: Inspirasi dari Kartini

Sosok Kartini, seorang pejuang kesetaraan gender dari Indonesia pada abad ke-19, memberikan pandangan yang menarik dan relevan, bukan saja bagi perempuan, bahkan bagi kaum laki-laki masa kini.
Dr. Ari Riswanto, M.Pd., MM / Dosen Universitas Linggabuana PGRI Sukabumi/Pengurus DPW Forum shilaturahmi Doktor Indonesia | Foto : Sukabumi Update